Cerita Sukses Pengusaha Wanita Naik Kelas, Rintis Usaha Dari SMA Hingga Mencapai Kesuksesan

CSO – [Musik] ketika Modal saya sudah habis semuanya buat produksi barang terus buat dikasih ke distributor saya pembayarannya nampai 7 bulan gitu belum balik angkanya mungkin yang di luar nyampailah 1 M lebih mungkin kalau misalkan enggak ada pertolongan dari allah gitu ya terus belum ada rezekinya saya itu mungkin

Dalam waktu 7 bulan itu udah bangku [Musik] pas awal-awal jualan Kan di kelas tuh kan ada yang enggak suka ada yang enggak mau sekelas karena ah engak mau sekelas sama a bau beledak gimana gitu terus saya tuh dulu ya kalau misalkan jualan kalau yang ada sisa tuh dikasih ke

Teman-teman Soalnya kalau dibawa ke rumah takut orang tua sedih lah kayak [Musik] gitu Perkenalkan nama saya Ai Iip Apipah bisa dipanggil Ai atau teh Iip gitu biasanya umur 25 tahun orang Ciamis asli Kawali awal mula membangun tuh mungkin karena ada kesempatan terus ada peluang di mana kesempatannya tuh Mungkin pas

Waktu dulu kan banyak punya teman gitu ya di sekolah teman di sekolah tuh dijadiin peluang buat bisnis kebetulan Mama tuh di rumah jago masak suka bikin cemilan-cemilan atau makanan-makanan yang unik-unik gitu ya Nah bikin inovasi dari beledag inovasi cara pengolahannya segala macamnya dirubah saya coba nah pas waktu itu Udahlah saya bawa ke

Sekolah buat dijual gitu besoknya langsung tanpa modal besar gitu ya r0 lah bisa dikatakan soalnya kan cuma menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah kayak gitu jadi Pas awal Mul anya ngebangun usah ini itu dari jualan di sekolah ya dari ke teman terus ke guru-guru ke alumni terus [Musik]

Menyebar awal-awal merintis tuh saya tuh sering nangis tapi nangisnya tuh dipendam sendiri karena kalau misalkan saya harus misalkan curhat ke orang tua atau misalkan cerita ke orang tua saya takutnya enggak dibolehin lagi buat jualan ya pas sering nangis tuh pas awal-awal jualan saya kan di kelas tuh

Kan ada yang enggak suka ada yang enggak mau sekelas karena ah Aka mau sekelas sama Ai bau beledak gimana gitu terus ditolak sama kantin kan di kantin tuh ada beberapa tokoh-toko kayak gitu kan di kantin teh menitip ditolak ya udah weh di jadiadi jualan di kelas di belakang bangku Jadi mereka tuh pada

Ngambil-ngambil bayar gitu itu pas di sekolah terus nyampai guru Tuh kan mungkin enggak tahu kalau saya jualan atau gimana sering ngumumin jangan suka beli seblak beledag nanti sakit perut gimana Itu tuh kan otomatis mental saya tuh kan gimana gitu ya Allah saya kan jualan gitu ya apa besok jualan lagi

Atau enggak gitu terus saya tuh dulu ya kalau misalkan kalau yang ada sisa jualan itu dikasih ke teman-teman Soalnya kalau dibawa ke rumah takut orang tua sedih lah kayak gitu Jadi kalau misalkan kondisinya lagi ngedown gitu Paling bilang besok mau libur dulu soalnya di kelas bakalan ada acara apa

Gitu anak-anaknya enggak pada di kelas jadi enggak bakalan jajan gitu Padahal m itu tuh Lagi ngumpulin semangat gitu buat jualan lagi dari keluarga enggak ada yang background-nya pengusaha gitu ya Ibu saya dulunya TKW ke Arab Bapak peternak ayam keluarga sederhana jadi ngulik sendiri aja langsung enggak ada belajar

Dulu atau gimana belajar dari siapa Enggak cuma bawa barang dijualin ke orang gitu membangun usaha aja kan enggak ada modal jadi pabrik yang sekarang berdiri tuh semuanya juga berjalan terus misalkan ada nambah nih modal dibangun modal dibangun gitu nambah modal lagi Bangun lagi ngereyuh kalau bahasa Sundanya mah dari 2013

Sudah 10 tahun 3 tahun pertama itu memperkenalkan dari mulut ke mulut karena pas dulu kan belum terlalu booming sosmed terus belum terlalu booming online shop kayak gitu 3 tahun kedua itu mudah mulai ngebangun sedikit-sedikit pabrik itu bikin dapur nah udah mau 3 tahun terakhir Jadi pas covid tuh lagi muncak-muncaknya jadi

Saya bisa punya karyawan banyak punya penghasilan banyak tuh pas covid produksi itu 1 hari bisa 2 ton 300 pas covid tuh orang pada ngantri orderannya jadi yang 2 tahun 300 otomatis keluar nyampai ada yang nginp di sini S nunggu nungguin barang [Musik] gitu pas covid itu nyampai 52 orang dari

Tadinya tuh mungkin belasan lah Nah dari kota Tuh kan mereka tuh ada yang jualan terus pada bangkrut pada tutup intinya ya Terus yang kerja pada di PHK mereka Tuh kan kembali ya ke kampung gitu karena enggak ada pekerjaan atau apa e mereka weh kerja di sini Alhamdulillah mungkin mudah-mudahan bisa membantu

Masyarakat sekitar lah gitu meskipun ya bukan semuanya harus ke sini Tapi sekarang kan menjadi banyak bermunculan pabrik pabrik gitu ya udah berapa pabrik Mungkin yang bikin keripik kaca gitu nampak kampungnya tuh beledag nah jadi keripik kaca tuh sejarahnya konsumen say yang di Madura jadi dia tuh menamai beledak sayat dengan nama keripik kaca

Dibawa ke Cirebon sama Bandung Majalengka nah dari situ semuanya kan jadi ngenalnya teh keripik kaca itu teh alumni sekolah dulu pas saya jualan di sekolah e Si Teteh itu yang bawa ke luar kota dikasih nama kpik kaca baru booming semuanya tuh sekarang tuh ngemanggilnya keripik kaca jadi konsumen saya yang

Ngamain keripik kaca brand dia dibikin sama keripik kaca nah awalnya brand jadi masyarakat luas tuh ngenalnya tuh keripik kaca bukan beledag jadi kan dulu Emang yang bikinnya Mama cuma bawa ke sekolah doang jadi satu kresek awalnya terus karena banyak yang pesan dari guru kan punya saudara atau punya teman terus teman juga punya

Saudara nah dari situ kan mulai mulai tuh dua kresek tiga kresek kresek yang besar ditengteng mulai dari punya satu karyawan terus nambah nambah lagi gitu nyampai puncak-puncaknya tuh pas kemarin covid-19 nampah jadi 52 karyawan itu yang 52 tuh yang langsung dipabrik kalau pengupul itu kan beda lagi mereka kan

Enggak terikat langsung ke sini bebas mau ngisi barang ke mana aja terus dari pengepul itu kan ada beberapa yang tadi yang pengrajin itu itu meskipun enggak langsung di pabrik sendiri tapi setidaknya saya tuh merasa bahagia gitu melihat banyak orang yang jadi punya produksi sendiri gitu di rumahnya ibu-ibu yang nganggur sekarang mereka

Jadi pengrajin keripik kaca terus malahan yang suaminya di kota tuh pada pulang buat bantuin istrinya gitu tapi yang dipertahankan tuh kualitas Waktu Sekolah Intinya bisa balik modal yang pertama uang jajan udah sendiri keperluan keluarga udah bisa ditanggung sama sendiri bisa nyicil beli hp Beli apa gitu kelas 1 SMA semester 2

Kalau jualan tu modal utamanya berani mungkin ya mental gitu ya Maksudnya kan zamannya sekolah kan zaman-zamannya gengsi-gengsian atau gimana nah di situ mungkin harus berani buat beda dari yang lain kan yang lain bawa tas atau bawa apa ini harus bawa kresek tentengan jualan gitu Soalnya kalau saya malu

Orang yang bikin saya malu belum tentu dia itu bisa membiayai dirinya sendiri pakai hasil uangnya sendiri terus kita kalau misalkan mau apa-apa butuh apa-apa enggak akan ada orang ya bakal ngebantu kecuali diri kita gitu jadi makanya saya tuh semangat buat jualan sama ada cita-cita yang dari dulu tuh pengin punya karyawan banyak meskipun

Karyawannya enggak di rumah atau di pabrik saya tapi seluruh masyarakat gitu ya terutama yang di di desa citeereup gitu banyak yang jadi pengranjin keripik kaca dulu pernah mendata pas mau lomba gitu ya dari setiap pengepul keripik kaca ada berapa orang berapa orang pengrajin itu mencapai 500 lebih pengrajin keripik kaca Jadi bukan hanya

Di Kawali saja tapi di kecamatan lain bahkan di kabupaten lain gitu jadi dari satu pengepul tuh dia tuh punya ada 50 pengrajin ada yang 30 pengrajin 20 pengrajin ya Meskipun mereka Tuh kan enggak terikat harus jual produk ke sini atau harus produk ke mana mereka tuh bebas cuma dari adanya pabrik beledag

Atau keripik kaca masyarakat tuh kan jadi punya penghasilan punya pekerjaan mencapai 500 lebih pengrajin secara tidak langsung masyarakat itu jadi pengusaha gitu ya kenapa jadi pengusaha karena dia itu bebas Buat jual ke mana aja terus bebas mau produksi berapa aja gitu ya terus masyarakatnya yang bikin mereka Tuh kebanyakan modalnya tuh dari

Kebun sendiri nanam singkong dipanen sama sendiri diolah terus [Musik] dijual jadi ya pak pas 2020 tuh pas ada kenaikan harga kayak gas kan dari harga 100 berapa gitu jadi rp215.000 itu kan udah ganti harga sedangkan produksi pakai gas terus minyak udah mahal dari harga Rp1.000 jadi nyampai 22 24 terus susah dapatnya

Sedangkan saya tuh enggak bisa menaikkan harga secara langsung nih ke penjual tuh harga masih sama tapi pengeluaran udah bengkak situ saya rugi dihitung tuh nyampai r00 juta tapi mungkin karena ke sininya kan orderannya meningkat gitu ya meningkat meningkat mulai ditaikin harganya jadi 2020 tuh ikut-ikutan harga keripik kaca tuh naik drastis lah gitu

Jadi mahal nah di situ mulai pulih lagi soalnya kan kebantu sama orderan banyak Terus yang kedua mungkin ketika Modal saya tuh semuanya dimasukkan ke produk di penjualan semuanya nah ketika Modal saya sudah habis semuanya buat produksi barang terus buat dikasih ke distributor saya pembayarannya nampai 7 bulan gitu belum balik mungkin kalau misalkan

Enggak ada pertolongan dari allah gitu ya terus belum ada rezekinya saya itu mungkin dalam waktu 7 bulan itu udah bangkrut modal yang saya punya sampai nanam saham di saya gitu ya karena orderannya banyak gitu buat nyumponin pesanan gitu ya ketika barangnya sudah dikirim tapi uangnya belum kembali gitu

Buat muterin nah lagi kan kalau secara matematika manusia itu gimana gitu ya Maksudnya enggak bakalan Jalan lah gitu Tapi selama 7 bulan itu mungkin Allah ngasih pertolongan gitu ada aja uang dari mana dari mana buat muterin lagi terus sedikit-sedikit belanja bahan baku seadanya sesuai dengan pesanan Kalau

Dulu kan nampai ada punya stok terus apa-apa tuh udah tinggal pakai WE gitu ya pas kejadian itu saya mau produksi aja harus nunggu dulu yang mau beli uangnya dulu A buat produksi nah dari situ ngirim dulu uang buat produksi baru bisa ngirim terus-terusan kayak gitu a Posisi saya tuh lagi benar-benar banyak

Hutang karena Emang buat memenuhi pesanan yang tadi itu ya terus Modal saya udah dimasukin ke situ semua secara pemikiran manusia biasa mah bangkrutlah gitu tapi alhamdulillah ke sini ke sininya mulai berjalan lagi merangkak lagi kayak membangun bisnis lagi dari awal rasanya tuh gitu angkanya mungkin yang di luar gitu ya nyampailah 1 M

Lebih nah saya juga punya nih tanggungan ke bank Iya Terus Yang nitip saham juga Iya jadi yang saya pertahankan tuh pengin menghidupkan banyak orang gitu ya mudah-mudahan bisnisnya terus berjalan terus berkembang gitu Soalnya kan kalau misalkan terus berkembang makin banyak masyarakat yang terlibat yang kebantu kayak gitu kalau misalkan penjualannya

Kurang aja gitu nghambat ke semuanya apalagi kalau misalkan nauzubillah berhenti atau gimana makanya saya itu terus bikin produk baru atau bikin terobosan baru atau apa gitu biar usahanya terus-terusan maju kalau sekarang kunci usahanya tuh branding biar orang-orang tuh pada tahu brand saya tuh apa gitu mereka tuh harus

Tahu gitu Jadi yang dulunya bisnis to bisnis sekarang tuh lagi mencoba juga buat bisnis tu customer jadi bisnis ke bisnis saya tu kan punya sedikit konsumen tapi orderannya banyak kalau sekarang sekaligus saya juga lagi merambak bisnis to customer jadi dari satu konsumen Teh kan bisa itu yang 7

Kintal Terus ada yang nyampai 1 ton terus ada 2 kintal terus 1 kintal Emang lumayan cepat kalau bisnis to bisnis soalnya mereka Langsung ngasih uang nih misalkan order satu to t berapa puluh juta kan Itu uangnya bisa langsung diproduksi terus hasilnya tuh langsung kerasa gitu makanya mungkin bisa cepat

Melasat tuh karena bisnis to bisnis kalau bisnis to customer itu prosesnya lama perkenalan ke semua orang kan susah gitu ya harus lewat tahapan-tahapan apa dulu gitu nah tapi kalau bisnis tu customer keuntungannya kalau misalkan hilang satu atau hilang dua masih punya 99 berapa lagi gitu kalau misalkan

Bisnis to bisnis hilang satu karena yang satu itu orderannya banyak si usaha itu bisa enggak seimbang harus mempertahankan itunya ada kekurangan dan [Musik] kelebihannya yang terus istikomah tuh kualitas mungkin ngaruh atau enggaknya enggak tahu ya jadi harus sedekah Terus mungkin dari sana tuh saya sih beroptimis gitu Ya maksudnya percaya

Kalau misalkan saya mengeluarkan tuh Allah bakal ngasih gantinya bahkan lebih kayak gitu karena keripik kaca melibatkan banyak orang jadi ada banyak doa mungkin yang kita enggak tahu doa yang mana yang terkabul dari masyarakat yang mana gitu Kayaknya itu sih saya Mas kalau ibadah jujur aja mungkinnya banyak yang bolong-bolong tapi yang selalu saya

Panjatkan tuh bukan buat diri saya sendiri tapi berdoa buat banyak orang gitu bisa jadi Allah tuh ngasih titipan kesuksesan atau uang ini tuh buat banyak orang salah satunya mungkin harus banyak-banyak bersedekah soalnya yang saya rasain dari Pas awal jualan Tuh kan Misalkan yang gak lakut Saya suka kasih

Ke teman-teman tuh sampai sekarang tuh ke bawa kalau misalkan beli tuh kita kasih bonus beli berap pun kita kasih bonus gitu jangan pelit ngasih [Musik] Bonus buat orang-orang yang mau bikin usaha harus yang sesuai dengan hobi kalau enggak sesuai dengan hobi Minimal kita tuh suka dulu sama yang kita jual

Terus kalau suka otomatis kan kita tahu kualitasnya Bagaimana kalau kalau makanan berarti enak kalau barang berarti bagus Nah jadi kalau mau jualan atau mau berbisnis itu harus suka dulu Intinya kita menguasai produknya gitu terus motivasi buat wanita-wanita yang lain mungkin kita tuh enggak harus berdiam diri menunggu dikasih suami

Mungkin gitu ya Meskipun Suaminya udah mapan atau kayak gimana misalkan punya waktu senggang atau punya peluang Apa salahnya kita bikin pencaharian baru gitu harapan saya semoga yang habis nonton itu jadi banyak atau bermunculan pengusaha-pengusaha yang lebih sukses dari saya lebih maju dari [Musik] saya saya aib Apipah pemilik dari usaha

Beledang jagara harapan saya buat yang nonton video ini semoga banyak pemuda-pemuda atau pemudi ya terutama wanita gitu e yang tergerak hatinya untuk menjadi pengusaha jugaamat warahmatullahi wabarakatuh

Cerita sukses naik kelas kali ini adalah pengusaha wanita muda sukses, Ai Iip Apipah, pengusaha wanita pemilik beledag jagara

Berawal dari jualan dari bangku sekolah, Ai berhasil hingga di titik kesuksesan seperti sekarang

Ai akan bercerita bagaimana ia merintis usahanya tanpa modal hingga mencapai titik kesuksesan seperti sekarang

Banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari Cerita Sukses Pengusaha Wanita

Tonton video nya sampai habis !
klik SUBSCRIBE !

Naik Kelas Instagram
https://instagram.com/naikkellas/

#naikkelas #pengusahawanita #wanitahebat
Sobat Naik Kelas, Info tentang #Cerita #Sukses #Pengusaha #Wanita #Naik #Kelas #Rintis #Usaha #Dari #SMA #Hingga #Mencapai #Kesuksesan ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 00:17:06 detik.


Sekedar mengingatkan bahwa, cso.biz.id siap membantu dan melayani berbagai masalah dan berusaha memberikan solusi terbaik untuk anda,

Apabila Dirimu, penggemar setia Naik Kelas memiliki MASALAH apapun itu, kamu bisa silahkan dikonsultasikan di website www.cso.biz.id ini guna mendapatkan Solusinya.

Selain itu, Apabila anda membutuhkan peluang untuk mendapatkan PENGHASILAN TAMBAHAN hingga puluhan juta Rupiah setiap bulannya, Sobat bisa bergabung dalam Forum komunitas bisnis indonesia ini. ini.

Punya Masalah Cerita Sukses Pengusaha Wanita Naik Kelas, Rintis Usaha Dari SMA Hingga Mencapai Kesuksesan ? ..!! DAPATKAN SOLUSINYA, KLIK DISINI

Begitulah sekilas tentang Cerita Sukses Pengusaha Wanita Naik Kelas, Rintis Usaha Dari SMA Hingga Mencapai Kesuksesan yang telah dilihat oleh 52743 penonton, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. © Naik Kelas 1026 | #Cerita #Sukses #Pengusaha #Wanita #Naik #Kelas #Rintis #Usaha #Dari #SMA #Hingga #Mencapai #Kesuksesan

0 Reviews

31 thoughts on “Cerita Sukses Pengusaha Wanita Naik Kelas, Rintis Usaha Dari SMA Hingga Mencapai Kesuksesan”
  1. Masukan buat para guru/pihak sekolah, kalau ada murid yg jualan tolong disemangati bukannya dimatikan peluangnya atau bahkan dijatuhkan mentalnya. Carikan solusi bagaimana agar tetap bisa jualan tanpa mengganggu pelajaran. Banyak pendidik yg hanya melihat murid dr segi nilai pelajaran mereka, padahal anak2 didik sangat multi dimensi, semua anak punya talenta yg harus didukung. Contoh nyata sdh banyak, termasuk teteh Ai ini, sangat menginspirasi..sukses ya Teh Ai ❤

  2. Background orang tua sangat mendukung,,, ibu jago masak, bapak peternak ayam otomatis punya lahan,,,
    Kalo ngebangun sendiri dari 0 tanpa dukungan ortu kaya nya sulit,,,
    Rincian modal besar untuk lahan, mesin dan lainnya, tidak di jelaskan yah,apakah murni dari dirinya sendiri apa dari ortu juga…

Tinggalkan Pendapat atau Komentar

Produk dan Layanan

ADITIA NUGRAHA AGEN BISNIS AKTIVITAS AGEN ASURANSI AKTIVITAS AGEN PERJALANAN WISATA AKTIVITAS AKUNTANSI, PEMBUKUAN DAN PEMERIKSA AKTIVITAS ARSITEKTUR AKTIVITAS BIRO PERJALANAN IBADAH UMROH DAN HAJI KHUSUS AKTIVITAS BIRO PERJALANAN LAINNYA AKTIVITAS DEBT COLLECTION AKTIVITAS DESAIN INDUSTRI LAINNYA AKTIVITAS DESAIN INTERIOR AKTIVITAS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL/ DESAIN GRAFIS AKTIVITAS DESAIN KONTEN KREATIF LAINYA AKTIVITAS DESAIN PERALATAN RUMAH TANGGA DAN FURNITUR AKTIVITAS FOTOGRAFI AKTIVITAS HOSTING DAN YBDI AKTIVITAS JASA INFORMASI AKTIVITAS JASA PENUNJANG USAHA LAINNYA Aktivitas Jasa Perorangan Lainnya YTDL AKTIVITAS JASA SISTEM KEAMANAN AKTIVITAS KANTOR BERITA OLEH SWASTA AKTIVITAS KEBERSIHAN BANGUNAN DAN INDUSTRI LAINNYA AKTIVITAS KEHUMASAN AKTIVITAS KEINSINYURAN DAN KONSULTASI TEKNIS AKTIVITAS KONSULTAN HUKUM Aktivitas konsultan kekayaan intelektual AKTIVITAS KONSULTAN KEKAYAAN INTELEKTUAL AKTIVITAS KONSULTANSI PARIWISATA AKTIVITAS KONSULTANSI TRANSPORTASI Aktivitas Konsultasi Bisnis Dan Broker Bisnis Aktivitas Konsultasi Bisnis Dan Broker Bisnis AKTIVITAS KONSULTASI KEAMANAN INFORMASI AKTIVITAS KONSULTASI KOMPUTER DAN MANAJEMEN FASILITAS KOMPUTER LAINNYA AKTIVITAS KONSULTASI MANAJEMEN LAINNYA AKTIVITAS KONSULTASI PAJAK AKTIVITAS MANAJEMEN DANA LAINNYA AKTIVITAS PEMROGRAMAN KOMPUTER LAINNYA AKTIVITAS PENEMPATAN PEKERJA RUMAH TANGGA AKTIVITAS PENEMPATAN TENAGA KERJA DARING (JOB PORTAL) Aktivitas Penerbitan lainnya AKTIVITAS PENERJEMAH ATAU INTERPRETER Aktivitas Pengembangan Aplikasi Perdagangan Melalui Internet (E-Commerce) AKTIVITAS PENGEPAKAN Aktivitas Pengolahan Data AKTIVITAS PENUNJANG ASURANSI, DAN DANA PENSIUN LAINNYA AKTIVITAS PENUNJANG JASA KEUANGAN LAINNYA AKTIVITAS PENUNJANG PERDAGANGAN BERJANGKA KOMODITI LAINNYA AKTIVITAS PENYEDIA GABUNGAN JASA PENUNJANG FASILITAS AKTIVITAS PENYEDIAAN TENAGA KERJA WAKTU TERTENTU AKTIVITAS PENYELEKSIAN DAN PENEMPATAN TENAGA KERJA DALAM NEGERI AKTIVITAS PENYELEKSIAN DAN PENEMPATAN TENAGA KERJA LUAR NEGERI AKTIVITAS PENYELIDIKAN AKTIVITAS PENYEWAAN DAN SEWA GUNA USAHA TANPA HAK OPSI ALAT PESTA AKTIVITAS PENYEWAAN DAN SEWA GUNA USAHA TANPA HAK OPSI ALAT REKREASI DAN OLAHRAGA AKTIVITAS PENYEWAAN DAN SEWA GUNA USAHA TANPA HAK OPSI BARANG KEPERLUAN RUMAH TANGGA DAN PRIBADI AKTIVITAS PENYEWAAN DAN SEWA GUNA USAHA TANPA HAK OPSI MESIN PERTANIAN DAN PERALATANNYA AKTIVITAS PROFESIONAL, ILMIAH DAN TEKNIS AKTIVITAS TELEKOMUNIKASI AKTIVITAS TELEKOMUNIKASI TANPA KABEL ASURANSI JIWA KONVENSIONAL ASURANSI UMUM KONVENSIONAL DANA PENSIUN PEMBERI KERJA KONVENSIONAL DIAN RISQI GADIS DESA INDONESIA JAJAK PENDAPAT MASYARAKAT JASA INFORMASI PARIWISATA JASA JUAL KEMBALI JASA TELEKOMUNIKASI JASA KONTEN SMS PREMIUM JASA PENYELENGGARA EVENT KHUSUS (SPECIAL EVENT) JASA PENYELENGGARA PERTEMUAN, PERJALANAN INSENTIF, KONFERENSI DAN PAMERAN (MICE) JASA PRAMUWISATA JASA RESERVASI LAINNYA YBDI Jasa Reservasi Lainnya YBDI YTDL KEGIATAN PENUKARAN VALUTA ASING (MONEY CHANGER) LAYANAN PINJAM MEMINJAM UANG BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI (FINTECH P2P LENDING) KONVENSIONAL Manajer Investasi PEDAGANG BERJANGKA PELATIHAN KERJA BISNIS DAN MANAJEMEN PERUSAHAAN PELATIHAN KERJA PARIWISATA DAN PERHOTELAN SWASTA PELATIHAN KERJA PERTANIAN DAN PERIKANAN SWASTA PELATIHAN KERJA PERUSAHAAN LAINNYA PELATIHAN KERJA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PERUSAHAAN PENASIHAT INVESTASI BERBENTUK PERUSAHAAN Pendidikan Bimbingan Belajar Dan Konseling Swasta PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN SEJARAH/CAGAR BUDAYA PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN SENI PENELITIAN PASAR PENERBITAN SURAT KABAR, JURNAL DAN BULETIN ATAU MAJALAH PENYEWAAN VENUE PENYELENGGARAAN AKTIFITAS MICE DAN EVENT KHUSUS PERANTARA MONETER LAINNYA PERDAGANGAN BESAR BERBAGAI MACAM BARANG Perdagangan eceran bukan di toko, kios, kaki lima dan los pasar PERGADAIAN KONVENSIONAL PERIKLANAN Portal Web Dan/Atau Platform Digital Dengan Tujuan Komersial Portal Web Dan/Atau Platform Digital Dengan Tujuan Komersial Portal Web Dan/Atau Platform Digital Dengan Tujuan Komersial RDP GROUP REAL ESTAT ATAS DASAR BALAS JASA (FEE) ATAU KONTRAK REAL ESTAT YANG DIMILIKI SENDIRI ATAU DISEWA

Holding company

Kontakscreen tag