Mengemas Produk Desa

CSO – [Musik] produk yang kita punya kalau didasarkan pada kemasannya itu secara garis besarnya itu bisa dibagi dua satu produk yang dikemas sebelum transaksi kemudian dipajang untuk menarik minat calon konsumen ada yang kedua produk yang dikemas setelah transaksi ini biasanya kode-kodok yang seperti makanan atau apa yang kita datang satu restoran untuk

Dibawa pulang Nah itu baru dimasukkan dalam kemasan tetapi dua-duanya tetap menggunakan pembungkus lagi yang kita biasa disebut dengan kemasan Nah kalau begitu apa sih sebenarnya kemasan itu jadi kemasan adalah bagian yang membungkus suatu produk dengan tujuan untuk satunya melindungi produk dari cuaca guncangan dan benturan terhadap benda lain

Sehingga setiap kita bawa itu isinya atau produknya sendiri menjadi aman ya itu adalah makna dari sebetulnya dari kemasan jadi mengemas supaya produknya menjadi tadi aman dari gangguan-gangguan dari luar gitu ya Ada fungsi kemasan yang harus kita perhatikan bahwa satu tadi sebagai proteksi untuk produk yang kedua juga memproteksi untuk konsumen

Protection bagi konsumen tadi bisa di jalan dibawa seperti itu kemudian menjadi kemudahan dalam transportasi dan penyimpanan jika pakai kemasan produk-produk tersebut kita bisa simpan dengan lebih aman lebih nyaman apakah mungkin nanti di sebuah katakan kalau makanan mungkin di freezer di apa pendingin makanan atau digerak atau apa itu menjadi mudah kemudian fungsi

Lainnya lagi dari kemasan tersebut adalah menyampaikan informasi ya biasanya kalau produk-produk obat-obatan bahkan ada eee apa bahan-bahannya ya Ini ingredient-nya juga yaitu ada di situ menyiapkan informasi sehingga menjadi kalau orang pegang kemasan produk kita itu kita paham ini isinya apa saja terbuat dari apa seperti itu kemudian tadi kenyamanan untuk

Konsumen dan penjual yang keenamnya lagi adalah dia menjadi sarana promosi ya tidak hanya sekedar dikemas tidak hanya sekedar dibungkus tetapi juga menjadikan sosialisasi produk bahkan berikutnya lagi itu menjadi sebuah Citra ya dari produk yang kita punya itulah fungsi kemasan Nah sekarang jenis-jenis kemasannya lagi itu ada berbagai macam pertama ada yang kemasannya sifatnya

Primer itu yang utama membungkus produk kita kadang mungkin kemasan primer ini punya lagi misalkan kemasan utamanya adalah berbentuk kardus bisa jadi di dalamnya ada lagi produk itu dibungkus dulu dengan plastik misalnya ya Nah kemudian kemasan sekunder punya satu produk kalau kita kemas misalkan per 10 produk itu ada kemasannya lagi biasanya

Itu untuk mempermudah pengangkutan ya kayak misalkan produk kaleng susu kalau kita beli banyak lebih dari satu kemungkinan untuk transportasi itu ada berikutnya lagi kemasan primer bahkan setelah itu kalau untuk transportasi yang kayak jauh itu ada namanya sebutan kemasan tersier atau yang kuarter nah komponen-komponen Apa saja sih yang harus kita perhatikan kalau kita

Mengemas produk nih ya Satu yang Pasti komponen estetis estetis itu ukuran bentuk dan fisik ya Bahkan ukuran bentuk dan fisik ini bisa menjadi ciri khas 1 produk sebagai contoh Katakanlah kita memegang botol teh botol Sosro kalau saja dihabiskan itu ya tidak ada tulisan Teh Botol kita akan tahu itu punya siapa

Punya teh botol sosok karena dari bentuk kemasan Nah itulah yang menjadikan komponen estetika dan menjadi ciri khas kemudian apalagi materialnya ya mau dari apakah apakah ada yang kaleng atau dari kertas dan lain-lain sebagainya kemudian warna mencitrakan karakter atau style dari produk kita ya Huruf juga menjadi karakter grafis juga menjadi style dari

Komponen-komponen estetis tersebut kemudian selain komponen estetis kemasan ini mempunyai namanya komponen fungsional ya jadi tentunya minuman fungsional itu kalau kita minuman Sekali minum atau yang kita langsung teguk itu harus memperhatikan komponen fungsional sebagai tempat minum itu ya jadi tidak bisa mungkin Katakanlah minuman dalam kemasan berbentuk yang membahayakan mulut

Misalkan karena susah diminum atau seperti itu gitu ya kemudian juga fungsional ini menjadikan juga sebagai identitas atau brand personality dari produk yang kita punya nah kemasan sendiri kalau kita dilihat dari bahan banyak sekali saat ini ya jadi dengan kreasi-kreasi terbaru itu terus berkembang tapi pada intinya kemasan yang pertama biasanya ada yang

Terbuat dari logam itu ya minuman kaleng itu dari logam kue-kue kering gitu ya pakai logam juga Maksudnya kue kalian tuh bukan dari kaleng gitu jadi memang kemasan produknya pakai kaleng ada juga pakai gelas atau kaca tadi botol minuman gitu ya Ada terbuat juga dari plastik kemudian ada yang kertas yang dari bahan kertas

Ya sekarang bahkan ada yang gabungan antara kertas dengan aluminium ya itu jadi di luarnya kertas dalamnya aluminium itu biasanya untuk produk-produk makanan kemudian ada lagi juga kemasan alami biasanya kemasan alami ini untuk produk-produk tradisional ya kata kalian misalkan lontong ya pembakaran tradisional Bugis ya kalau bisa lihat itu kemasannya alami

Menggunakan daun dan lain-lain mungkin apalagi ya Kalau mungkin zaman dulu itu tape peuyeum gitu juga ada pakai daun jati dan lain-lain Nah jadi akan terus berkembang karena sesuai dengan situasi yang ada sekarang bahkan kita bisa lihat kemasan-kemasan yang gabungan tadi aluminium dengan kertas dan juga ada plastik dengan dan lain-lain

Lalu apa sih kewajiban dari sebuah kemasan dia harus bertindak sebagai apa satu harus bisa menstimulasi nih jadi istilahnya apa kalau kita Katakanlah datang ke sebuah toko kita cari suatu produk besaran Katakanlah susu bayi atau apa gitu misalnya gitu ya maka kemasan kita ini kemasan produk kita yang memang mungkin

Sama sebagai produk snack atau apa itu harus menstimulasi menarik perhatian ya kemudian lagi kemasan ini harus juga memperlihatkan segmentasi kalau produknya buat cewek misalnya gitu ya maka kita akan membuat kemasan yang ke cewek-cewek ya mungkin dengan warna pink kah atau ada bunga-bunga dan lain gitu ya Bisa Anda lihat lah kalau misalnya dari

Produk yang deodoran tuh untuk ketek gitu ya padahal saya lihat kadangkala isinya sama tapi karena segmentasinya beda ya satu buat perempuan yang satu buat cowok yang cowok biasanya dikasih warna hitam ada peraknya gitu ya Nah itulah kemasan yang disesuaikan dengan segmenting kemudian juga harus disesuaikan dengan lingkungan katakan ini produk mau didistribusikan

Lewat mana atau mulai supermarket di content Store di warung dan lain-lain mungkin juga dari segi kemasan dia juga harus berbeda yang paling menarik lagi bahwa kemasannya juga seperti makan faktor ekonomisnya faktor costnya jangan sampai harga produknya Rp1.000 harga kemasannya 50.000 itu artinya orang bukan mau beli produk itu Beli kemasan

Bonus apa produknya gitu Nah itu harus kita perhatikan nah kemudian apalagi tips dari saya ini ya terutama untuk secara UKM nih Kita juga harus menyelaraskan ya menyelaraskan antara produk dan kemasan misalkan kemasan itu pertama kemasan harus sesuai dengan produknya ya Misalnya nih ada tapi tidak bisa kita mengemas satu produk

Dengan bentuk kemasan tertentu karena mungkin tidak sesuai harus Kita sesuaikan pasta gigi ya pasta gigi karena kemudahannya dia akan disimpan di sikat gigi maka berbentuk cube bukan ya berbentuk misalkan kaleng atau berbentuk kotak dengan harapan ada penggunanya apa kalau dalam bahasa Sunda itu pencoakan gitu ya jadi sikat gigi kepada pas lagi

Nggak begitu jadi harus disesuaikan ya kemudian kemasan juga haruskan dengan masa kadaluarsa produk jangan sampai produknya yang kadaluarsanya lambat dikasih kemasannya cepet rusak ya kemudian lagi menentukan kemasan dengan metode penyimpanannya juga ya dia mau disimpan di mana misalkan kalau yang produknya mau kita banyak tumpuk maka harus berbentuknya kemasannya yang bisa

Ditumpuk juga ya termasuk dalam air adalah metode pengiriman produk seakan melihat banyak nih teman-teman UKM gitu ya punya produk misalkan keripik atau apalah makaroni yang digoreng kemudian dia memperlihatkan bahwa kelihatan minyaknya gitu ya minyak minyaknya sehingga pada saat di kemasan dengan kemasan plastik dan transparan membuat tidak enak dilihat maka kita harus

Menyesuaikan produk kemasannya apa yang bagus untuk produk kita ya sebagai contoh apa cilok gitu ya atau apalah gitu kan bentuknya cilok itu tidak terlalu menarik bulat tapi bentuknya kusam gitu ya Nah kita harus bikin kemasan yang tidak mengekspos ciloknya sendiri tapi bikin kemasan gimana ciloknya sudah di dalam bentuk penyajian

Dikasih saus dan lain-lain seperti itu ya Nah kemasan ini juga ini bisa kita fungsikan adalah sebagai salesman ya kalau selemen selama ini mungkin bapak-bapak ibu-ibu Silahkan beli produk kami maka dengan kemasan dia harus menjadikan sebuah salesman yang tidak perlu teriak-teriak atau disebut dengan silent salesman gitu pertama dia harus memiliki penampilan yang menarik

Isinya harus jujur harus proporsional harus punya keyakinan yang tinggi ya kemudian juga harus berempati si ininya apa sih packaging ini kemudian memberikan solusi kepada konsumen memberikan care pada Konsumen juga kemasan tidak boleh terlalu ribet harus simple kemudian juga dia harus memperhatikan persoalan yang higienitas nah dalam kita merancang sebuah kemasan

Atau menentukan kemasan kita harus ada yang kita sebut dengan 3S Power of packaging ya Jadi ada 3S yang harus kita perhatikan Di Dalam mengemas dalam hal kemasan ini pertama kemasan ini harus punya kemampuan tadi stopping power ya memiliki daya tarik sehingga tadinya kita tidak melihat gitu kemasan produk kita begitu ada karena

Kemasannya menarik orang kemudian berhenti menghentikan langkahnya kemudian mencomot kemasan kita itu stopping power yang kedua adalah tracking power ya memiliki daya kejut ada surprise kita pegang Wah ada keluar wow gitu ya ini menarik bagus gitu ya apalagi lihat Oh ini manfaatnya gede nih buat kita jadi ada staking Power membuat

Ada sedikit surprise gitu ya untuk saat setelah kita memegang kemasan itu yang ketiganya lagi yang S3 adalah speaking power in sticking power ini membuat kalau dalam bahasa anak muda mungkin terbayang-bayang nggak bisa move on Aduh tadi saya lihat produk itu kemasannya begini kebayang-bayang terus kalau belum pada saat itu dia

Belum sempat membeli sehingga pada suatu saat nanti dia akan memutuskan saya akan balik lagi akan cari produk yang kemasannya tadi mereknya itu itu adalah sticking powernya jadi ada 3S yang perlu kita perhatikan agar kemasan kita benar-benar bertindak sebagai silent salesman demikian terima kasih [Musik]

Tampilkan produk-produk desa dengan kemasan yang tepat dan menarik.
Oleh: Kang Eep, CEO Gondewa Studio
Produksi: Smart Village Nusantara
Sobat Kang Eep, Info tentang #Mengemas #Produk #Desa ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 00:12:57 detik.


Sekedar mengingatkan bahwa, cso.biz.id siap membantu dan melayani berbagai masalah dan berusaha memberikan solusi terbaik untuk anda,

Apabila Dirimu, penggemar setia Kang Eep memiliki MASALAH apapun itu, kamu bisa silahkan dikonsultasikan di website www.cso.biz.id ini guna mendapatkan Solusinya.

Selain itu, Apabila anda membutuhkan peluang untuk mendapatkan PENGHASILAN TAMBAHAN hingga puluhan juta Rupiah setiap bulannya, Sobat bisa bergabung dalam Forum komunitas bisnis indonesia ini. ini.

Punya Masalah Mengemas Produk Desa ? ..!! DAPATKAN SOLUSINYA, KLIK DISINI

Begitulah sekilas tentang Mengemas Produk Desa yang telah dilihat oleh 9 penonton, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. © Kang Eep 777 | #Mengemas #Produk #Desa

0 Reviews

Tinggalkan Pendapat atau Komentar

Produk dan Layanan

ADITIA NUGRAHA AGEN BISNIS AKTIVITAS AGEN ASURANSI AKTIVITAS AGEN PERJALANAN WISATA AKTIVITAS AKUNTANSI, PEMBUKUAN DAN PEMERIKSA AKTIVITAS ARSITEKTUR AKTIVITAS BIRO PERJALANAN IBADAH UMROH DAN HAJI KHUSUS AKTIVITAS BIRO PERJALANAN LAINNYA AKTIVITAS DEBT COLLECTION AKTIVITAS DESAIN INDUSTRI LAINNYA AKTIVITAS DESAIN INTERIOR AKTIVITAS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL/ DESAIN GRAFIS AKTIVITAS DESAIN KONTEN KREATIF LAINYA AKTIVITAS DESAIN PERALATAN RUMAH TANGGA DAN FURNITUR AKTIVITAS FOTOGRAFI AKTIVITAS HOSTING DAN YBDI AKTIVITAS JASA INFORMASI AKTIVITAS JASA PENUNJANG USAHA LAINNYA Aktivitas Jasa Perorangan Lainnya YTDL AKTIVITAS JASA SISTEM KEAMANAN AKTIVITAS KANTOR BERITA OLEH SWASTA AKTIVITAS KEBERSIHAN BANGUNAN DAN INDUSTRI LAINNYA AKTIVITAS KEHUMASAN AKTIVITAS KEINSINYURAN DAN KONSULTASI TEKNIS AKTIVITAS KONSULTAN HUKUM Aktivitas konsultan kekayaan intelektual AKTIVITAS KONSULTAN KEKAYAAN INTELEKTUAL AKTIVITAS KONSULTANSI PARIWISATA AKTIVITAS KONSULTANSI TRANSPORTASI Aktivitas Konsultasi Bisnis Dan Broker Bisnis Aktivitas Konsultasi Bisnis Dan Broker Bisnis AKTIVITAS KONSULTASI KEAMANAN INFORMASI AKTIVITAS KONSULTASI KOMPUTER DAN MANAJEMEN FASILITAS KOMPUTER LAINNYA AKTIVITAS KONSULTASI MANAJEMEN LAINNYA AKTIVITAS KONSULTASI PAJAK AKTIVITAS MANAJEMEN DANA LAINNYA AKTIVITAS PEMROGRAMAN KOMPUTER LAINNYA AKTIVITAS PENEMPATAN PEKERJA RUMAH TANGGA AKTIVITAS PENEMPATAN TENAGA KERJA DARING (JOB PORTAL) Aktivitas Penerbitan lainnya AKTIVITAS PENERJEMAH ATAU INTERPRETER Aktivitas Pengembangan Aplikasi Perdagangan Melalui Internet (E-Commerce) AKTIVITAS PENGEPAKAN Aktivitas Pengolahan Data AKTIVITAS PENUNJANG ASURANSI, DAN DANA PENSIUN LAINNYA AKTIVITAS PENUNJANG JASA KEUANGAN LAINNYA AKTIVITAS PENUNJANG PERDAGANGAN BERJANGKA KOMODITI LAINNYA AKTIVITAS PENYEDIA GABUNGAN JASA PENUNJANG FASILITAS AKTIVITAS PENYEDIAAN TENAGA KERJA WAKTU TERTENTU AKTIVITAS PENYELEKSIAN DAN PENEMPATAN TENAGA KERJA DALAM NEGERI AKTIVITAS PENYELEKSIAN DAN PENEMPATAN TENAGA KERJA LUAR NEGERI AKTIVITAS PENYELIDIKAN AKTIVITAS PENYEWAAN DAN SEWA GUNA USAHA TANPA HAK OPSI ALAT PESTA AKTIVITAS PENYEWAAN DAN SEWA GUNA USAHA TANPA HAK OPSI ALAT REKREASI DAN OLAHRAGA AKTIVITAS PENYEWAAN DAN SEWA GUNA USAHA TANPA HAK OPSI BARANG KEPERLUAN RUMAH TANGGA DAN PRIBADI AKTIVITAS PENYEWAAN DAN SEWA GUNA USAHA TANPA HAK OPSI MESIN PERTANIAN DAN PERALATANNYA AKTIVITAS PROFESIONAL, ILMIAH DAN TEKNIS AKTIVITAS TELEKOMUNIKASI AKTIVITAS TELEKOMUNIKASI TANPA KABEL ASURANSI JIWA KONVENSIONAL ASURANSI UMUM KONVENSIONAL DANA PENSIUN PEMBERI KERJA KONVENSIONAL DIAN RISQI GADIS DESA INDONESIA JAJAK PENDAPAT MASYARAKAT JASA INFORMASI PARIWISATA JASA JUAL KEMBALI JASA TELEKOMUNIKASI JASA KONTEN SMS PREMIUM JASA PENYELENGGARA EVENT KHUSUS (SPECIAL EVENT) JASA PENYELENGGARA PERTEMUAN, PERJALANAN INSENTIF, KONFERENSI DAN PAMERAN (MICE) JASA PRAMUWISATA JASA RESERVASI LAINNYA YBDI Jasa Reservasi Lainnya YBDI YTDL KEGIATAN PENUKARAN VALUTA ASING (MONEY CHANGER) LAYANAN PINJAM MEMINJAM UANG BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI (FINTECH P2P LENDING) KONVENSIONAL Manajer Investasi PEDAGANG BERJANGKA PELATIHAN KERJA BISNIS DAN MANAJEMEN PERUSAHAAN PELATIHAN KERJA PARIWISATA DAN PERHOTELAN SWASTA PELATIHAN KERJA PERTANIAN DAN PERIKANAN SWASTA PELATIHAN KERJA PERUSAHAAN LAINNYA PELATIHAN KERJA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PERUSAHAAN PENASIHAT INVESTASI BERBENTUK PERUSAHAAN Pendidikan Bimbingan Belajar Dan Konseling Swasta PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN SEJARAH/CAGAR BUDAYA PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN SENI PENELITIAN PASAR PENERBITAN SURAT KABAR, JURNAL DAN BULETIN ATAU MAJALAH PENYEWAAN VENUE PENYELENGGARAAN AKTIFITAS MICE DAN EVENT KHUSUS PERANTARA MONETER LAINNYA PERDAGANGAN BESAR BERBAGAI MACAM BARANG Perdagangan eceran bukan di toko, kios, kaki lima dan los pasar PERGADAIAN KONVENSIONAL PERIKLANAN Portal Web Dan/Atau Platform Digital Dengan Tujuan Komersial Portal Web Dan/Atau Platform Digital Dengan Tujuan Komersial Portal Web Dan/Atau Platform Digital Dengan Tujuan Komersial RDP GROUP REAL ESTAT ATAS DASAR BALAS JASA (FEE) ATAU KONTRAK REAL ESTAT YANG DIMILIKI SENDIRI ATAU DISEWA

Holding company

Kontakscreen tag