Ini Baru Sultan! Tapi Simak Rahasia Suksesnya! | Helmy Yahya Bicara

CSO – [Musik] saya tidak pernah membuat episode seperti ini ya pamer-pamer kekayaan atau apapun Saya sekarang berada di rumah satu orang yang sangat saya kagumi memang hidupnya wow luar biasa ya lihat di belakang saya ini koleksi beliau hanya sebagai beliau ya saya tunjukin ini mungkin di dalam ini

Aja 100 miliaran nih ini ada Ferrari ini ada Lamborghini di situ Aston Martin di belakang itu adalah meibah ya dan adalah Jeep Mercy belum di luar ya seorang tokoh yang perlu kita belajar bagaimana beliau sampai ini karena beliau ini nggak tamat SD ya ibunya nanti akan diceritakan siapa

Ibunya dan beliau ini dulu kalau saya tidak salah pernah jadi kenek angkot dan sebagainya tapi sekarang bisnis apa yang beliau tidak punya punya Mall punya hotel punya peternakan punya perkebunan punya bisnis daging ya punya tambang Wow dan kita lihat saya lebih tertarik untuk menyampaikan di sini lagi ya untuk

Menyampaikan Bagaimana udah kita satu ini beliau berasal dari Pariaman mencapai semua ini biar menjadi inspirasi dan dalam hidup ini tidak ada yang tidak mungkin ya ini koleksi beliau Beliau juga seneng banget berolahraga joging sepedaan ini siapa bener peleknya aja 100 juta ya ngomong apapun tapi beliau pantas beliau

Mendapatkan dengan cara yang luar biasa kita bongkar semua Bagaimana beliau Nama beliau adalah basrizal Koto Ya udah Basko kita menyebutnya ya hidup menikmati hidup Kemarin baru pulang dari Itali dan Mari kita melihat lebih daripada Sisinya ya bagaimana beliau bisa mencapai itu sekarang beliau main golf gila golf ya dan menikmatin hidup

Saya pikir kalau mau menikmati itu asal kita bermanfaat untuk orang lain adalah sesuatu yang harus kita teladani Ya saya akan masuk ke rumah beliau ngobrol-ngobrol dengan beliau kita bongkar habis Semoga menjadi inspirasi kita Semoga kita bisa mendapatkan manfaat Semoga kita belajar banyak Semoga kita ketularan Sukses juga

Ingat ya burung yang sama hinggap di dahan yang sama hari ini pun saya ingin bertemu dengan orang sukses semoga ketularan inspirasi inspirasi Bagaimana udah bahas kok mencapai semua Ya saya akan masuk ke rumah beliau ini dia tadi saya udah kasih prolog udah ya lebih tua sedikit dari saya saldo jauh udah

Berapa minggu di Itali saya di Italia seminggu Bang tapi totalnya semuanya 21 hari ke 7 negara 7 negara jadi setelah pergi Ferrari udah selesai [Tertawa] setelah berjuang demikian susah dari berat gitu loh karena saya kalau teman bilang saya tuh kenapa kok terlalu cepat mundur Semua perusahaan dan langsung

Saya pensiun umur 55 tahun disarankan ya jadi jadi 55 tahun itu udah aku udah mundur tuh udah memasuki 9 tahun jalan Jadi sebelum Pendem itu banyak di luar negeri saya mutar-mutar dulu kan Nggak kebayang sama kita gitu loh bisa Allah memberikan jalan yang seperti ini sama kita kan sudah itu apa yang

Diamanahkan orang tua pun sudah kita laksanakan amanah orang tua yang ketiga itu kalau kita berski jangan lupa di sana jangan lupa ama dan jangan lupakan pengalaman jangan lupa ama ama keluarga ya orang tua terutama dan jangan lupakan pengalaman nanti kita akan explore di kampung halaman itulah makanya saya udah bangun mall yang

Pertama saya bangunnya tahun 94 sampai sekarang hanya satunya mulai Padang ada hotel di sampingnya gabung Hotel juga Insya Allah waktu dekat katakan bangun lagi satu bang di Pekanbaru juga ada hotel nggak di Pekanbaru ya 71 dan suksesnya itu di Pekanbaru Iya saya dengar koleksi yang hebat ya

Nah apa namanya tuh galau Hobi saya galaunya hobi seminggu berapa kali tiga berapa [Tertawa] dari tahun 86 saya iri betul kalau melihat Instagramnya ya jadi teman-teman harus lihat Instagram beliau ya bahasa luarnya banyak bang hehehe peleknya ada yang 100 juta menikmati aja Bang jadi usaha saya serahkan keadaan anak kebetulan

Kebetulan anak-anak yang perempuan punya suami dan tentara ada anak juga yang punya suami saya kan dari dulu kan tidak pernah berbisnis pemerintah murni swasta jadi satu perdagangan jadi enggak ada Oh maksudnya kenal sama Gubernur minta proyek karena memang enggak ada tuh Jadi kalau anda mau kaya dengan cara

Yang lurus-lurus ya jadi enggak perlu nyogong enggak perlu apa Ini contoh enggak ada saya jago jadi saya enggak punya keterikatan dengan dengan pejabat tapi menantu punya tentara melanjutkan melanjutkan apa yang kita buat jadi dia punya usaha 60 lebih umurnya siapa Udah 60 ya sekarang 64 tapi fisiknya kuat sekali

OTW 64 Bang OTW nampak karena Oke jadi saya suka Jalan kemarin pun kita di Eropa pagi-pagi Kita juga Sama siapa aja sama ibu sama ibu 3 ya sama yang paling kecil tadi jogging di apa di mana ya turunnya di anu turunnya di Milan habis eee kalau milad itu sudah keliling pakai

Ferrari semua kan pakai Ferrari semua Oke ini semua lengkap habis ya Habis itu kita kasih hmm habis itu kita kayak cembur lu cemburu bahagia Belanda kenaikan harga minyak tiga kali lipat Jadi mendingan di sini Pak kita nggak dapat orangnya suka jalan Jadi satu hari itu sama anak istri itu kita targetkan kita

Jalan 15 sibuk jalan kaki Oke Alhamdulillah 5000 langkah Alhamdulillah sampai sekarang saya 5.15.000 15.000 langkah kan ada alatnya itu ya Iya ada makan obat dada artinya nggak punya jadwal ke dokter lah bang jadi dengan tertib olahraga saya kan Tapi saya pikir udah nggak punya penyakit karena berpikirnya positif

Dan saya juga nggak masuk di dunia dunia politik enggak masuk saya hidup saya ada pilihan Saya tahu saya bilang sama kakak saya Tantowi jadi saya bilang udah politik kau aja aku di luar Jadi kalau ada apa-apa yang kenal cuman satu aja aku juga kita hidupkan pilihan banget

Saya pernah baca buku dari Mizan dia bilang rumus bahagia satu stay away from politik Iya jadi pusing jadi kalau politik itu kan kalau kita udah masuk kaki kan enggak bisa ketemu mundur lagi pak Jadi kalau ada anak saya silahkan tapi kita berteman dengan orang-orang politik kita kilas balik saya biar anda tahu ya

Udah basirizal Koto ini siapa jadi dia enggak perlu lah kesultan ini Real sultan sultan bagindo saya gelar saya udah tahu gelar saya bagi Indosat itu jadi yang selera bagindo jadi This is the real Sultan memang kalau lihat apa posting-postingnya di IG ya memang beliau menunjukkan ke mana makai apa

Memang pantas walaupun saya saya bilang saya enggak tertarik dengan itunya ya mungkin saya tertarik Bagaimana beliau mencapai itu dan beliau ini wow dulu udah dulu ayah ibu Apa pekerjaan saya ketika saya lahir Ibu itu membantu rumah tangga orang pembantu rumah tangga nyuci baju untuk orang ya Oh jadi gini jadi

Ada di kampung satu di Padusunan namanya jadi Bapak tuh Ee kalau saya cerita sedikit dari awal Mama itu dari kecil udah yatim piatu Mama oke nah sedangkan abak saya itu dari kecil 4 4 bulan dari kandungan bapaknya merantau ke Padang itu tidak pernah kembali lagi jadi Bapak agak lambat kawin nama anaknya dititipkanlah

Di rumah dari dari apa namanya Dari mamanya Mama itu dagang lah dari kampung ke Pariaman akhirnya ada apanya mamanya dia kerjanya tukang ini dan dititipkan nikah di tempat orang kawin juga nggak ada biaya nggak ada biaya kan yang sangat menyedihkan yang Saya dengar waktu itu yang amat cerita ketika dia

Nikah dititipkan itu padahal saudara ketika itu yang yang luar biasa itu kalau Emak cerita tuh nangis abang saya itu orang juga suami jadi Naruto lebih lebih gagah lebih rancak daripada suami si anu malam diusir di rumah itu diusir karena tersinggung orang yang di tempat dititipan malam itu dia pergi itu

Tidurnya digulung-ulang sawah itu tempat orang bersawah akhirnya di sawah orang urutan di sawah dan kalau dia hanya di dapurnya dapurnya yang masak orang kaya orang kaya itulah nah ketika dia panen panen apa namanya panen padi ini Sibuk masak ama lagi hamil nah orang itu kalau dulu itu kan tempat padi itu kan

Ada tukang yang tinggi itu gitu nah bak lagi ke masjid hama Amil ndak kemana minta tolong nggak mungkin ke majikan nah lahirlah saya di atas tumpukan padi itu Jadi kalau menurut Dukun itu Mestinya aku tuh tidak tidak ada karena ketuban aku yang lahir itu tuh aku tuh ada satu jam lebih dalam ketuban

Itu mestinya tidak selamat tidak tidak Kalau menurutku apa pulang dari lahir baru dipanggil dukun baru dibuka ketuban itu baru saya muncul jadi satu lahir di rumah majikan nama tapi di atas inilah pertanyaan Apakah ini salah satu pertanda juga bahwa yang bayi lahirnya akan menjadi ya kalau ada orang bilang seperti itu

Ada juga tapi saya kan Ya saya pasrah aja dengan hidup tapi yang Saya bangga sama emak saya itu dia bisa membesarkan saya biarpun dengan hidup yang sangat susah di sekolahin ya Sebenarnya saya Ketika saya umur 7 tahun teman-teman udah pada sekolah saya minta sekolah sama anak kata emak sama

Jangan sekolah dulu ya Nak ya saya tunda Akhirnya saya bilang sama Mama kalau gitu sekolah tapi buat dagangan jadi saya tidak masuk sekolah tapi ikut bersekolah sama teman-teman tapi saya dagang pedagang apa udah nah saya bilang sama mama dagang apa Pak di belakang rumah waktu kan ada singkong Singkong itu nanti ama buatan

S daun-daun pisang daun kerisik itu di dekat Mama diikat jadi namanya dagang itu Jadi udah nggak sekolah waktu itu belum sekolah jadi Udah umur hampir 8 tahun umur 7 tahun umur 6 tahun tapi tetap berdagang pedagang pokoknya sekolah itu tidak pernah tidak tidak berdagang jadi kadang-kadang habis eee

Sekolah namanya menumbuk padi orang kan bukan orang punya padi nih padi itu kan yang belum dijadikan beras Bang kan pakai langsung gini-ginikan saya yang yang bantu Kalau ayamnya lah satu kelas dua berjalan udah kelas 3 itu sudah tidak mampu lagi Bang untuk membayar iuran sekolah itu akhirnya guru-guru iuran untuk bayar sekolah saya

Karena saya dipikir sama guru itu anak pintar ya itu tapi setelah kelas 5 saya lihat nggak ada perubahan ketika itu saya pulang sekolah itu dari jauh saya ya kira-kira berapa meter lah ya Saya berdiri di balik batang kelapa udah bawa beras nih kan udah jual untuk masa anak mereka

Saya ketika itu bang air mata saya bercucuran nangis tambah Tegar Saya minta sama Emak saya Mama harus mengizinkan lampu Merantau Jadi udah izin enggak Pak Merantau tiga bulan Awak di rantau tiga bulan Kenapa tujuan membuka Pekanbaru dulu di Pariaman itu tujuan itu Merantau itu Medan Pekanbaru Palembang Jambi Pekanbaru Medan Medan

Pulang menjahit pulang pakai kalung emas segala macam Berapa hari yang lalu di kampungmu itu ada namanya motor Purnama Raya Motor Purnama Raya menambangnya Pariaman Pekanbaru sapi di tengah jalan di tengah perjalanan ditibodi kira-kira lampion sampai itu di rute kan Pekanbaru Padang dua kali ini pelayanan tuh Bang dari Padang oke

Dulu kan ada stoker ada controlle ada sopir nya kotor mobilnya kotor ambil air cuci mobil jadikan setiap dulu bus itu kalau makan rumah makan kan mejanya beda sendiri Kami lebih makan makan jadi sisa dari makan makan juga sampai di Pekanbaru karena rajin 2 hari lagi perjalanan semuanya Bongkar aja kan

Tampaknya suruh cuci mobil segala macam sampai di Pekanbaru yang kecil enggak mau ah rajin banana 12 tahun 12 tahun tapi kalau begitu saya bilang 12 tahun di Tangerang Jadi kalau mobil Pekanbaru itu tengah malam saya sangat membara siapa ya tekad yang kuat dan saya tidak pernah gentar umur 12 tahun

Bagi saya mencoba itu udah satu keberhasilan dari dulu tuh Dari dulu saya mencoba jadi makanya kadang-kadang saya masuk ke perusahaan ini saya bikin Hotel bisa bikin Mall siap masuk ke perusahaan asing kontraktor segala macam sebesar itu saya tidak pernah gentar gitu loh yang perlu saya berani mencoba berani mencoba itu udah sukses jadi

Kalau kita tidak berani mencoba kita ragu-ragu dan kita undurkan mencoba kita atau kita batalkan kita orang gagal pada hari itu jadi Merantau pun aku berani Saya ndak ndak Keder Saya ndak sekolah biarpun orang di sekolah saya 3 bulan terbukti nggak sampai sampai 3 bulan Jadi udah Akhirnya sampai

Juga sampai Pekanbaru oke sekarang sopir bisa gerak itu dari Tangerang itu ke Terminal itu jalan kaki Jam 2 malam berapa pagi jam 05.00 pagi kan datang mobil mobil oplet namanya iril iril 32 sehingga sopirnya orang Lintau baju baju masuk pada hari itu terus jadi Mau nggak kamu jadi ke naik mobil aku katanya

Satu hari apa enggak sampai menganggur Pekanbaru jadi kenek tidur di mobilnya kita rajin cuci mobil sehabis salat subuh cuci mobil bersih-bersih Nah apa beda kita dengan orang ketika jadikan naik waktu ketika jadikan naik kita orang yang mau naik ke mobil kita bawa barang kita angkatkan barangnya turun barangnya kita

Angkat kan kalau rumahnya dekat ke kantor kan ke rumahnya segala macam dan lain sebagainya setelah itu kalau kita Antri di terminal orang tuh nunggu Ah ada dan mobil siapa sajalah katanya yang stokarnya Oh gitu jadi 5 mobil 3 mobil orang nunggu yang mobil aku karena Jadi kalau umpamanya datang eee itu jalan

Gang Lili ini turun ya ini kan barang lemon entar aja kan karena dagingnya putih saja segala macam jadi pendapatan mobil tua tuh tuh 50 rupiah per hari itu meningkat eh meningkat ya bola jadi habis subuh mobilnya mau cuci mobil lock suruh merajin apapun udah syukur namanya orang syukur

Syukur itu kerajo di Garuda sampai Ambo sukses dia lihat pemilik pemilik mobil itu sejarah jadi kalau saya potong nih jadi udah itu selalu memberikan lebih daripada jadi saya tuh gini bang yang pertama sampai sekarang saya tuh 24 jam telepon saya tidak pernah mati sampai sekarang sampai sekarang tidak pernah orang bisa

Telepon cepat oke siapapun siapapun termasuk apalagi orang kenal saya telepon dan cepat cobalah Saya enggak pernah Ya udah aja itu langsung langsung respon Pak karena Komunikasi itu penting bagi saya itulah dikomunikasi itulah kita mendapatkan sesuatunya ini Angka kedua budaya Saya dengar udah itu rumus suksesnya ada tiga kaya kedua itu komunikasi dengan

Komunikasi dengerin ya harus pintar berkomunikasi dengan siapa saja kadang-kadang orang [Musik] jangan terlalu melihat orang orang di bawah kita atau orang di atas kita atau satu orangnya kan begini aja orang telepon ambil oke Halo juga gitu Kadang orang enggak tahu oke ya yang saya bilang sama Abang tadi

Kalau kita punya lima berarti orang enggak tahu sebenarnya kita juga punya apa-apa orang punya kita punya juga cuman kita kan ya biasa aja orang bilang Kenapa Basko sekarang eee Dia memiliki ini dia pakai segala macam saya tidak saya yang saya pakai itu saya punya saya bukan beli kredit yang saya pakai itu

Rasanya menikmati hasil kerja saya masalah lalu dan semuanya halal halal dan saya kan udah susah waktu muda waktu kecil masa di usia saya tua saya susah juga enggak lah Bang saya pingin aja saya bahagia gitu loh luar biasa jadi jadi seperti itu bang jadi kalau saya eee saya selalu saja bersahabat dengan

Orang saya ada Enggak penting bagi saya saya susah dicari segala macam sampai sekarang saya tidak pernah ada sekretaris kantor yang ngatur-ngatur jadwal saya dengan orang segala macam saya ajak Oke kapan ini ini kita balik ke perjalanan jadi setelah 3 bulan hampir 2 bulan setengah jadi duit ada saya pulang ke kampung itu tips

Kadang-kadang sopir makan tunggu sampai habis makan makan jadi untuk Semanggi kita yang punya mobil sayang saya jadi kita makan di rumahnya juga nah ada duit jemput sama jemput adik pulang ke kampung bawa ke Pekanbaru di terminal Pekanbaru Jalan Nangka terus jadi sejarah Saya sewa karena rumah petak di situ rumah petak

Ya saya kasih modal belikan apa namanya tuh panci tempat goreng belikan minyak belikan singkong sekarang mama bikin goreng pisang di depan Terminal itu ada Adik sayalah Jojo di terminal terminal itu karena Alhamdulillah saya terus bang setelah itu yang yang luar biasa itu setelah saya umur 14 tahun 2 tahun jadi

Akan Naik oplet saya ditawarkan oleh Sopir itu sangat rajin [Musik] ndak ada lagi katanya Jadi dia berminat dan sangat berniat umur 15 tahun kan melihat untuk membuat saya itu mengajak saya jadi sopir terus ketika dia bilang diutarakan niatnya kepada saya siapa utara kemudian udah mohon maaf Ambo tidak mau belajar jadi sopir dan

Cuci tambah bukan jadi sopir Ambo ingin memiliki mobil kok lompat jadi Ambo berhenti pada hari ini juga malu udah kalau bertahan Jadi bukan malu kita kan ingin ini target antara sementara jadi istilahnya Kalau bahasa bahasa kerennya itu jadi saya tidak tidak tidak pingin saya bisa bagus bukan jadi tukang petai dan bukan jadi

Tukang jahit bukan pedagang mobil dan pedagang ini dan seperti itu dan seterusnya terus jadi menjahit Jadi udah udah saya belajar menjahit belajar motong aja habis itu saya udah bisa menjahit saya udah sewa kedai di apa di segala macam di Pekanbaru 3.500 tidak mau saya fokus ya saya belajar menjahit itu

Belajar menjahit saya udah punya mesin jahit nah tergantung modal nggak ada kalau yang baru kita beli mesin sewa satu kita punya kita bisa belajar jadi apa caranya kalau dulu kalau orang dulu saya ada kilang nakal saya saya datang ke Toko kainnya Saya mau beli kain anda tapi saya pingin sampelnya saya dulu

Saya ambil itu saya lihat nah siapa pelanggan saya pertama pelajar pertama sopir offline itu tahun 77 sampai berangkat ke Padang menjahit di Padang rasa ilmu saya belum cukup saya menuntut ilmu Ketika saya sewa tempat di separuh Padang tuh orang bilang orang padat bilangnya gila semuanya tapi saya nggak Nggak putus asa Saya

Sewa tempat saya sewa mesin saya segala macam itu tahun 78 setelah itu saya datang ke toko-tokoh di pasar pasar padang itu Yang jual kain itu saya minta sampai-sampai kainnya yang ada stok saya taruh di meja saya karena orang yang menjahit dulu itu kan dia tuh kan taruhnya tokonya Dia nunggu orang satu menyerang

Nah dasar sampel itulah di depan Jepang adu tuh ada Komplek PJK ada Komplek BI segala macam saya masukkan kata saya bawa itu udah datang belum in Bang aku kebetulan orang Jawa dari dari Jawa untuk PJKA lah untuk perbantuan Kalau Mas udah Pilih barangnya ada Mas kalau jahat sama saya kalau nggak bagus

Nggak usah bayar itu beda dengan coba ini Pak Bos segala macam saja gratis semua dari itu saya udah mulai datang Nah puncaknya saya datang ke Indarung Padang Indarung saya masuk ke situ saya dapat 500 tahun terbesar jadi tahun 79 aku beli motor beli beli pertama beli motor

Honda 70 itu 20040.000 beli waktu itu Rp25 besar belilah sepeda motor tahun ’78 ada gaya tuh itu sepeda motor [Tertawa] dari motor satu bla bla dari tukang jahit1 jadi 2 motor 1 motor 2 saya masuk ke Blok A Padang sampai sekarang karena kawan saya semua itu kan ada pedagang-pegang motor tuh

Apa bedanya blok apa dan orang pedagang padang itu dengan saya teman-teman itu dia baru berangkat dari rumah jam 10.00 siang pagi jam 2 baru dia mengolah-olah orang saya tidak saya pagi datang subuh jam 6 pagi saya sampai di bulan harus bangun pagi sebelum matahari terbit sebelum ayam berkokok

Jadi sampai sekarang saya itu itu Jadi kalau udah lewat jam 5 Besok subuh tidak pernah tidur Bang di manapun pasti berjalan dan mengakses istilahnya Nah setelah itu datanglah orang di situ orang ada yang megang uangnya ya dari Solo dari mana ke rumah jam 12 Aku udah jual motor 2 mereka masih mau tanya

Jadi udah waktunya ada sepeda motor satu tapi kan saya kan dari satu sepeda motor saya jadi yang terbesar satu mobil itu tahun 80 saya jadikan satu mobil dari motor jadi mobil Saya pingin beli mobil jual beli mobil dari pakan baru ke Padang ke Palembang 1.800.000 satu mobil mobil Kijang tahun 78

Setelah beli mobil kan timbul persoalan kita kan belum pernah bawa mobil sama sekali [Tertawa] jam 10 malam pertama bobok mobil itu tapi dipastikan sampai pagi jalannya udah lurus Jadi udah tuh kemauan belajar nggak takut mencoba Bagi yang mau mencoba itu bukan anakmu baik mencoba itu 50% kita sudah sukses

Ya kalau kita tidak mencoba 100% gagal tapi kalau mencoba ya ini Ini kata-kata yang luar biasa dan itu membuktikan sekedar bicara teori yang saya ceritakan sama abang tadi mendetail hampir mendetail itu dan Ini perjalanan hidup dan dari mobil itu udah akhirnya menjadi aja dari mobil terjual jadi jual mobil

Satu ada dapat duit jual mobil ini beruntung lagi ke Jakarta Oke beli kodok 3 juta 300.000 terus dibawa ke Pekanbaru sampai ambo butolo di Jambi Jambi mobil itu balik lagi ke Jakarta jadi belum sampai Pekanbaru datang Jadi dari satu mobil sampai dua mobil Nah setelah itu hamba Ambo kembali merantau ke Pekanbaru tahun

82 balik 82 82 setelah menikah balik ke Pekanbaru Abu bertekad Ambo merantau ke kota yang pernah mengalahkan Anda yang belum aksesoris mobil aksesoris mobil di Jakarta banyak di Pekanbaru pertama punya showroom mobil kemudian satu mobil dua mobil sport charter oleh itu mobil itu ada 400 unit tidak bisa dijual sama dia

Itu tuh si Ali tuh kamu ngomong aja ketemu Pak Prabowo kan siapa dagang mobil begini-begini bola punya mobil di kate Pak tapi gini tapi bisa masuk ke jual semua yang panjang ini kita jadikan oplet Pak di Sumatera Barat itu kan banyak oplet itu mobilnya Toyota Toyota Kijang yang

Kotak-kotak kita kasih Sopir Pak pemilik mobil jadi seluruh mereka Jadi gimana caranya saya tagih tiap hari pak jadi sopir jadi pemilik mobil Pak konsepnya langsung pada pemilik satu hari berapa 50.000 50.000 pecah rekor tinggal segini terjual mobil Pak Jakarta semua teken mereka semua KTP segala macam semuanya kelompok

Sama si Mbah punya foto tapi itu segala macam kamu punya dealer Pak mau buat dealer padahal itu jadi jadi yang dileceh Nah sekarang ada lagi mobil 400 unit diperoleh pendek profesor udah udah naik rumput di atas mobil itu kita bikin dealer Pekanbaru nanti bapak pembukaan dealer Bapak Datang ya waktu itu gue suprito

Dulu kalau Pak Prabowo datang ke Pekanbaru itu kan bilang gini Apakah toh mobil Chevrolet kita mau pakai apa kita mau pakai tapi belum ada proposal yang masuk udah saya masuk tender Blade masuk semua mobil itu tender 1000 unit kita ngurusin beginian Dengan apa orang tuanya apa sandi orang tuanya Jeremy Thomas

Akhirnya menjadi dealer mobil dealer mobil sekarang itu masuk ke 15 juta bank garansinya gua minta asuransi jadi setelah saya kita buka di layar September nah saya ketika itu tadi menang untuk pengadaannya ya ayam ayam dengan telur ayam dengan telur mana yang harus saya cari dulu saya cari

Ayam dulu atau gini atau saya cari kredit dulu saya menangkan uangnya belakangan karena apa Saya pernah kenal satu orang ketika itu saya kan udah nasabah bank Saya punya udah punya kredit ketika itu 15 juta 15 juta selain di Bank Riau Sakitnya di Bank Bank Bumi Daya namanya

Pak Imam Wahyudi itu kepalanya Nah kawan saya minggolo oke ketika itu waktu persembahan itu Pak surasa datang ke pasrah Sabang mereka Dirut Bang budidaya dulu sebelum jadi Bank Mandiri salah satu dirutnya oke udah kenal juga Oh kenal waktu Persija di mana Kamu di Pekanbaru tapi masih kecil Pak Tapi

Kalau saya nanti dapat dikotek besar bagaimana saja yang penting kontraknya uangnya masuk ke Bumi Daya semua Oh Siap pak saya bilang saya itu kan itu tuh kan kalau diuangkan 300 miliar Bang jaman itu Zaman itu 808 90 Bang 908 naik itu mobil saya lagi bergerak sama pengusaha bayangkan

Satu juta dollar 1 bulan Wah saya mulai kontrak saya Gini Bang kontrak dollar hutang saya rupiah jadi udah tuh beruntungnya luar biasa ya ya Allah Nah setelah itu setelah itu oke kan saya datangin [Tertawa] Pak Oke Pak oke oke Pak Ibu saya cari teman saya Garuda kan Coba kamu lihat

Dulu Pak salah satu dalam waktu dekat ini kan kita ilmu lagi ini bisa ini bagus ya tapi uangnya harus masuk semua ya proses segera saya setuju mereka Pekanbaru pecah dunia Bang kepala cabangnya mobil itu jam 40 400 bus segala macam udah saya pinjamnya Pak jadi panggil saya namanya Ada apa dewi

Punya rupiah karena mau beli mobilnya dolak kan beli mobil di Mitsubishi beli mobil di Mercy semua kan beli mobil Toyota banyak macam-macam mobil lagi kan saya ikutin pakai benang semuanya pakainya sudah itu saya orang bodoh yaitu orang nggak sekolah ndak ngerti ternyata rupiah ternyata di situlah keberuntungan tapi aku punyanya beli mobil rupiah

Saja jadi dikonversilah kopiah itu jadi ke dolar jadi saya jadi artinya kalau mobil itu Saya beli waktu itu 15 miliar atau 30 miliar 30 miliar 30 miliar tuh yang saya bayarkan ke mobil kan 28 m Masih ada sisa itu karena mobil kan ada diskon untuk saya segala macam

2100 menjadi 16.000 17.000 jadi naik dan dari situlah ledakan pertama seorang udah bercerita kontraknya rupiah kalau kita tidak kontrak kita dolar pinjaman rupiah itu orang pintar jadi jadi itu jadi jadi itu bagi saya dan sampai orang kantor saya anda buat saya bilang kan saya tak ada namanya ada Anwar ada John kamu kajian

25 juta jadi beliau boleh tidak tamat SD Tapi beliau mempekerjakan orang-orang yang profesional jadi bagi saya nggak ada masalah kalau mengeluarkan 100 Kalau saya untungnya 200 masalahnya dalam rapat Dia bilang Pak bass bapak bisa dipertimbangkan tidak lagi pak kitanya kan pendapat kita kan dolar Pak ini tidak ada apa benar tapi dalam rumah

Hati saya berbeda saya bilang itu ada istigfar mungkin ada istri satu nggak pokoknya kalau nyebut pinjam rupiah aja udah tergantung jantung banyak mau pinjam dollar aja gitu aja itu saya bilang sama saya Pak kalau awak pinjam itu besar sudah saya putuskan ya pinjamannya tetap rupiah 350 miliar umur 30 tahun jadi perjalanannya seperti

Itulah siap bangun Hotel semua jadi kita tambang aja [Tertawa] udah ini juga ya apa bisnis peternakan daging juga ya cuman saya punya peternakan di Riau Riau Nah setelah perjalanan apa ya saya anggap orangnya Beruntung banget mungkin itu doa Mama saya Bang jadi keberuntungan saya itu dan kemauan satu

Keras dan yang masalah itu saya cinta saya alhamdulillah bagi saya menyenangkan itu apa yang saya dapatkan ama aba saya itu menikmati jadi artinya jadi saya mendapatkan uang di Pekanbaru itu 7 juta ketika itu saya belum punya rumah mendapatkan uang uang hasil dari Komisi lah 7 juta Demak saya bilang mama saya kalau

Jadi negosiasi tanah koma itu tahun 85 Oke kalau jadi Tanah ini saya bilang keturunan kami orang pertama yang di Aji dan pertama di pesawat lama udah izin menunjukkan ini Ibu janin inilah saya pikir Apa sumber dari keberuntungan keberuntungan seorang basrizal Kuto ya saya doanya di manapun saya berada kalau dia tahu

Kontak batin ini luar biasa ketika maksiat ini batu adalah ada satu ketika saya ada acara yang sangat besar sama Pak jualan bersama-sama Pak ama telepon dekat Pak joran Izin Pak saya harus berangkat ke Pekanbaru jadi apapun bentuknya pekerjaan siap-siap penting apapun ketika Mama saya telepon dia kurang sehat

Di Pekanbaru di Pekanbaru dimakamkan di Pekanbaru Pekanbaru dia masih banyak lagi sejarahnya ketika Mama saya ini hidup susah Bapak saya ndak pernah kembali cerita lagi saya Merantau itu tuh apa ndak ada kemiskinan batu pergi merantau merantaunya ke Jambi ke Jambi itu naik kapal ke Pelita namanya suami saya

Jangan sampai saya pesek katanya jangan sampai saya nggak kuat menahan derita ini jangan sampai saya silap atau bunuh diri lah Itulah itu salah satu yang membuat saya apa Jadi begitu juga saya bilang sama mama saya dalam hati saya Ketika saya mulai sukses saya akan cari ya Mbak saya ini

Dan akan saya nikahkan karena maksa kembali dan aku menikahkan anak bangsa Ketika saya menjahit di Padang saya sudah mulai sukses itu ada ada dia sudah punya anak udah punya istri oke di sana orang aja harinya mau di kembali ke Padang dulu Adik saya yang itu tuh

Ada 4 orang saya siap ke rumahnya saya siapkan rumahnya di situ semuanya kan adik saya kan sama saya tuh dia pun dia tidak suka tapi dia tahu waktu dia berdoa Salat Subuh aku kan tidur di samping dia dia berdoa Saya dengar setelah itu ada ketika amak tuh waktu udah

Pulang-pulang suaminya berapa tahun 5 tahun 6 tahun itu ada seorang Datuk namanya di kampung itu Mamak jauh lah karena mama kawin Nan kamu kawin lah sama si karo Dek sama Adella nah habis itu sampai di Padang segala macam sama selalu tak mau ketemu Abah ndak mau dia mungkin sakit hatinya begitulah

Menerima abak Menikah Yuk ama pulang dan menerima adik-adik ibu ada masalah jarang kisah seperti itu luar biasa jadi dan Alhamdulillah Bang karena seperti itu sama orang tuamu tidak boleh merokok sama merokok ya nak jangan dibakar Duit jangan dibakar Piti orang miskin dari awal sampai akhirnya banyak pernah merokok tidak satupun anak-anakmu yang

Merokok dan tidak satupun mengikuti semua semuanya kalau Merantau nanti ndak sampai di rantau urang pandai-pandailah berbicara berbicara di bawah-bawah tidak boleh tinggi-pandai membuatkan diri itu kan tahu dari kita Merantau jadi ini kan ya baru satu kisah dengan Abah saya pribadi sendiri kan punya kisah juga saya kawin pertama yang

Tadi foto tadi hilang itu istri tua saya ponakan mama Ketika saya ke Padang yang yang tua sekolahnya bagus tidak pernah bertengkar Sekali anak mana segala macam tahun 86 tak pernah sekalipun jadi seperti itu kisahnya Bang jadi ketika tahun 86 istri Ambo yang pernah kamu menangis-nangi kayaknya Kan duit banyak ya ke Jakarta [Musik]

Lagi-lagi Bakti Jadi kalau teman-teman nih kita belajar ya Dan saya saya paham betul saya mengangkat ini berkali-kali di balik orang sukses itu ada Bakti kepada ibu berkali-kali Saya mengerti dan ini hari ini saksi termasuk saya Saya begini dengan tante begini karena Ibu saya dulu waktu hidup tiap hari 5 kali sholatnya mendoakan

Bakti kepada Ibu jadi Kesuksesan kita pasti ada wanita hebat belakang kita ibunda kita dengan istri kita itu orang yang membantu kita kalau saya ya saya katakan Ibu saya nomor 1 Kalau Bang lihatkan foto itu sama saya saya itu pasti air mata Bunda saya ini meninggal umur 82 Tahun Mungkin lama

Saya meninggal umur 94 tahun dimuliakan dimuliakan kalau ke sini itu mobil yang terbaik dia pergi berdua Kemana saja yang diminta belum meminta hasilnya ada sejarah lagi Bang ketika dia ketika dia meninggal kita mau kuburkan datang orang orang bawa Mama ini uang yang saya kasih ke dia Itu dia bikin

Masjid sebesar-besarnya Bang Di tempat yang nggak ada masjid di Pekanbaru di Pekanbaru luar biasa orang tuanya saya datang orang datang ke saya saya harus mengibahkan saja tidak luar biasa hidupnya miskin dia jalani dan dia bisa menyusukan kita dan bisa kita sampai dewasa dari dari pulang Merantau jadi ada adik saya kakak

Saya satu udah waktu Pergi Merantau nya luar biasa ada apa yang menurut udah membuat udah beruntung tadi udah kita jawab mungkin doa ibu ibu kasih sayang ibu dan apa yang buat udah pintar sekalian saya begini Bang saya udah belajar dari mana saya pertama satu belajar di alam takambang yang kedua itu saya sangat

Mendengar hal-hal yang orang tidak tidak mungkin saya dengar dari orang tua saya ketika saya ada sesuatu memecahkan gitu ya saya duduk sama emak saya saya datang Saya bertanya satu contoh tadi itu Mak Ambo ke dapat pinjaman kredit di bank tapi ada tapinya teman-teman anak buahmu profesional masa sarjana banget segala

Macam itu dari 10 anak buah Ambon 9 itu mendukung anda [Musik] [Tertawa] [Tepuk tangan] Sebenarnya saya banyak cerita dari beliau tentang beliau Ya Sukses bangun Mall sukses ada cerita jadi keberuntungan-meruntun untuk orang Basko ini tapi ini panjang banget jadi ini harus episode kedua bagaimana akhirnya dia punya mall dan ada keberuntungan ada

Musibah di Padang pun beliau Selamat ya waktu itu yang waktu gempa ya dan beliau orang hancur dan beliau dapat asuransi yang bermiliar-miliar jadi orang orang hancur dan beliau selamat jadi udahlah jadi hidup ini bukan pintar-pintaran masyarakat Makanya jangan sombong jangan kena sekolahnya tinggi kalau saya ada umpamanya saya pakai Ferrari saya pakai

Ini segala macam selain saya memotivasi anak-anak muda Kalau dengan kita mau kita bertekad juga semuanya bisa kita miliki tidak ada tidak ada yang tidak mungkin saya seorang anak pembantu rumah tangga dilahirkan miskin tidak menamatkan sekolah SD dan saya Merantau sendiri dengan tekad saya membaca dengan kemauan saya yang luar biasa nyatanya Allah

Memberi jalan kepada kita kalau kita pingin sukses memang harus tekad yang kuat Gitu ya baru berani mencoba gitu loh satu yang yang yang mesti kita lakukan adalah berbakti kepada orang tua kita saya kemarin ada seminar seminar di Padang saya selalu dulu ketika masih umur saya 50 saya selalu memberikan diundang oleh oleh

Universitas UI UGM ITB universitas terbaik Saya sudah pernah diundang oleh mereka untuk memberikan ceramah Bagaimana caranya mahasiswa itu kalau dia sekolah tamat ndak usahlah jadi bangunan termasuk hari kinanja berapa kali ngundang saya kan tanya Pak Arifin aja kalau banyak orang ribuan saya itu adalah bukti kalau dia itu teori katanya

Jadi artinya gini ada pertanyaannya Saya mau bertanya ini baru kemarin ini Bang saya dengan Syahroni diundang oleh ya di Padang [Musik] tapi bertanya Pak bass saya ada Tanpa Batas katanya kebetulan katanya saya orang Pariaman dan ada dari kampung kami dia ketika melamar kerja di perusahaan Pak Bas dia tidak lulus ditolak ditolak lamarannya

Sedangkan dia butuh pekerjaan habis itu dan akal Dia pergi ke rumah Pak bass ke rumah Emak saya setelah itu dia langsung diterima di perusahaan Pak Abah dia sampai bekerja 15 tahun Bagaimana perusahaan Pak basket jangankan Mama saya memasukkan orang bekerja di perusahaan Saya batuk saja Emak saya apapun pekerjaan saya pulang

Tapi secara profesional dia tidak masuk tapi kalau anak saya memasukkan lain persoalan saya bilang jadi jangankan Batung saja dia biasa [Tertawa] ini ini penutup nih karena kita udah 1 jam lebih Luar biasa ini penonton banyak sekali dapat ya walaupun saya tadi dari luar tadi ngelihatin meibah Lamborghini Ferrari Aston Martin Jeep

Mercy saya bilang ini satu ruangan 100 miliar lebih tapi bukan itu kita ungkap karena beliau berhak untuk tapi berhasil perjuangan panjang Tapi beliau bilang eh supaya semua terinspirasi tidak ada yang tak mungkin dan saya tertarik udah katanya punya kenapa bisnis ee sukses itu ada tiga k itu kayak yang pertama itu

Komunikasi Nomor dua apa aduh kesempatan Jadi kalau kesempatan hajar jadi jangan ragu yang terakhir itu apa ya komunikasi kesempatan komitmen komitmen komitmen Jadi udah tukang udah berjanji berjanji Apapun yang terjadi enggak sama pokoknya salah kalau janji sama orang jangan sebelah itu Saya tidak mau setengah jam sebelumnya saya sudah harus ada

Makanya ketika Abang datang tadi duluan jam 09.30 saya sampai saya mandi 11 kurang 5 saya sudah ada Saya memang begitu Jadi telepon dia enggak pernah mati Siapa telepon saya angkat saya juga sama orang tidak pernah saya oh jawab Bahasa Jawa enggak ada saya merasa dekat ya sama orang semuanya dan orang respon

Kita kemarin kan Anda telepon saya mau ke rumah bla bla silahkan saja kan kawan juga semuanya jadi Atta juga sering datang ke sini rapi Apalagi kan berarti ya kita berkawannya semua orang kita tidak pernah orang bawa pun kita tidak pernah menganggap melihat mereka bahwa kita itu dari siapa kita tuh apa dasar

Kita ya saya sama abang Sebetulnya saya akan baca juga profil abang berdua berada kan cuman bedanya Abang sempat bersekolah aku tidak ada itu aja bedanya kalau soal ndak ada bagi kita bagi kita orang tua itu nomor satu tapi yang saya bersyukur tebang orang tua saya dua-duanya menikmati apa yang saya hasilkan dan

Saya mengantarkan anak saya ke ke Mekah orang tua kami tidak tahu ya Abang udah Beruntung banget saya dan Tanto bapak dan ibu kami tidak menikmati hasil kerja keras mereka karena beliau meninggal sebelum kami berhasil ketika Mama di Makkah sakit dan kita pesawat kita yang lain tidak belum-belum berseberangan 3 hari sebelumnya itu saya

Ambil bisnisnya pulang [Musik] terima kasih udah basrizal kotor saya pun ya makin Mantap ya bahwa Sekali lagi saya pesan apalagi yang Bapak ibunya masih ada terutama ibu masih ada Bahagiakanlah Minta maaf lah kalau salah Kemarin konten saya ingat ya konten saya tentang bagaimana kita harus merawat ibu kalau ibu kita

Ya orang tua itu Kalau makin tua makin jadi anak kecil dia makin lama badannya mengecil dan kelakuannya pun makin jadi anak kecil jadi ibunda kita itu aduh bedalah dengan istri kita kalau melahirkan pakai Caesar ya ibu kita susu tinggal minta lagi Jadi kalau Ibu di rumah kok makin tua

Makin nyinyir makin rewel gitu ya itu bagian dari ujiannya jadi yang kemarin ada komen-komen di konten saya terakhir waktu saya bilang Ibu maaf itu tentang ada ibu yang tua kok nanya ini Burung apa Nak berulang-ulang sehingga anaknya hilang kesabaran Aduh saya bilang itu saya konten saya dan ada juga yang

Sempat Wah itu Ibu kok nge-prank ibu kok enggak ikhlas terserah apa yang Anda pikirkan apa yang ada sampaikan itu adalah gambaran dari diri anda jangan sampai menyesal kayak saya ya Ini contoh nyata ya karena berbakti kepada ibu dan orang ngomong sama saya orang banyak Pak bass itu pintar ini ini

Apa mungkin saya bilang tanpa doa ibu saya saya bisa jadi begini nggak mungkin saya bilang mungkin usaha-usaha saya saya namanya usaha ada begini-begini dalam suasana yang berat tahu adanya pertolongan ibunya mendoakan Terus sama ada Saya pernah diundang dibahas oleh apa Ustadz apa ngebahas Kenapa helm Kok bisa apa Cemerlang ya apa pendidikannya pada

Waktu kecil nggak pernah minum susu kadang gak mampu beli susu ya jawaban beliau cuma satu ya karena Doa Ibu ya kita jumpa lagi dalam episode selanjutnya barangkali Masih bersama udah terima kasih sudah siap Terima kasih sudah menonton Helmi bicara jangan lupa untuk like comment share dan subscribe [Musik] [Musik] [Musik] [Musik] [Musik]

Halo Viewers! Kembali lagi di channel Helmy Yahya Bicara! Episode ini saya memiliki kesempatan untuk mampir ke rumah salah satu sultan! Yaitu “Basrizal Koto”. Seorang pengusaha Indonesia yang sangat sukses. Pada podcast ini, kami membicarakan tentang bisnis apa saja yang beliau rintis dan cerita dibalik pensiunnya diumur 55 tahun. Saat ini beliau hanya menikmati kenikmatan yang sudah beliau rintis. Mari simak video selengkapnya untuk mengungkap cerita sukses dari seorang Uda Basko! Sangat inspiratif

————————————————

Terima kasih telah menonton video terbaru Saya. Jangan lupa untuk klik tombol Subscribe dan aktifkan lonceng agar tidak ketinggalan notifikasi video-video terbaru dari Channel Saya.

Ikuti juga konten menarik di Media Sosial Saya yang lain di:

Twitter: https://twitter.com/helmyyahya?s=20
Instagram: https://www.instagram.com/helmyyahya/
TikTok: https://www.tiktok.com/@helmyyahyaofficial
Facebook: Helmy Yahya
Tokopedia: Helmy Yahya Store

Salam,
HY

#helmyyahya #pebisnins #basrizalkoto
Sobat Helmy Yahya Bicara, Info tentang #Ini #Baru #Sultan #Tapi #Simak #Rahasia #Suksesnya #Helmy #Yahya #Bicara ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 01:22:33 detik.


Sekedar mengingatkan bahwa, cso.biz.id siap membantu dan melayani berbagai masalah dan berusaha memberikan solusi terbaik untuk anda,

Apabila Dirimu, penggemar setia Helmy Yahya Bicara memiliki MASALAH apapun itu, kamu bisa silahkan dikonsultasikan di website www.cso.biz.id ini guna mendapatkan Solusinya.

Selain itu, Apabila anda membutuhkan peluang untuk mendapatkan PENGHASILAN TAMBAHAN hingga puluhan juta Rupiah setiap bulannya, Sobat bisa bergabung dalam Forum komunitas bisnis indonesia ini. ini.

Punya Masalah Ini Baru Sultan! Tapi Simak Rahasia Suksesnya! | Helmy Yahya Bicara ? ..!! DAPATKAN SOLUSINYA, KLIK DISINI

Begitulah sekilas tentang Ini Baru Sultan! Tapi Simak Rahasia Suksesnya! | Helmy Yahya Bicara yang telah dilihat oleh 1262415 penonton, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. © Helmy Yahya Bicara 4953 | #Ini #Baru #Sultan #Tapi #Simak #Rahasia #Suksesnya #Helmy #Yahya #Bicara

0 Reviews

23 thoughts on “Ini Baru Sultan! Tapi Simak Rahasia Suksesnya! | Helmy Yahya Bicara”
  1. Subkhanalloh… bang Helmi sangat menginspirasi,tolong sampaikan salam dari saya kpd Abangya ini… tapi sayang dg nasib saya yg dari balita dah di tinggal mak saya sa'at melahirkan Adikku,yah…. nasibku jauh dari langit dan bumi seperti Abang Rizal ini…. tolong Abang ini, sbg kenangan /mengingat Emaknya yg sungguh besar jasanya untuk mendengarkan lagunya dari Ms Ebiet Gad yg judulnya Sebuah nyanyian untuk Ibu……sangat pas itu….

  2. saya pernah duduk dengan Pak Basco dan ibu di plaza senayan waktu itu beliau ngajak sekalian makan, padahal sy lagi kerja bersama beliau. Beliau sangat menghargai semua idea kita dan mendengarkan dengan teliti, tks Pak Basco

  3. Subhanalloh, cerita pak basco ini, membuat hati ini trenyuh, luar biasa atas izin Alloh, kun fayakunnya,,sekarang dah jd sultan,, ini jd inspirasi buat kita, bahwa manusia hanya berusaha dan berdoa, maka jd manusia kita ngga boleh, meremehkan seseorang, karna kita ngga tahu, kedepannya akan seperti apa, tapi kita yakin , , sesungguhnya setelah kesulitan akan ada kemudahan,,,

Tinggalkan Pendapat atau Komentar

Produk dan Layanan

ADITIA NUGRAHA AGEN BISNIS AKTIVITAS AGEN ASURANSI AKTIVITAS AGEN PERJALANAN WISATA AKTIVITAS AKUNTANSI, PEMBUKUAN DAN PEMERIKSA AKTIVITAS ARSITEKTUR AKTIVITAS BIRO PERJALANAN IBADAH UMROH DAN HAJI KHUSUS AKTIVITAS BIRO PERJALANAN LAINNYA AKTIVITAS DEBT COLLECTION AKTIVITAS DESAIN INDUSTRI LAINNYA AKTIVITAS DESAIN INTERIOR AKTIVITAS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL/ DESAIN GRAFIS AKTIVITAS DESAIN KONTEN KREATIF LAINYA AKTIVITAS DESAIN PERALATAN RUMAH TANGGA DAN FURNITUR AKTIVITAS FOTOGRAFI AKTIVITAS HOSTING DAN YBDI AKTIVITAS JASA INFORMASI AKTIVITAS JASA PENUNJANG USAHA LAINNYA Aktivitas Jasa Perorangan Lainnya YTDL AKTIVITAS JASA SISTEM KEAMANAN AKTIVITAS KANTOR BERITA OLEH SWASTA AKTIVITAS KEBERSIHAN BANGUNAN DAN INDUSTRI LAINNYA AKTIVITAS KEHUMASAN AKTIVITAS KEINSINYURAN DAN KONSULTASI TEKNIS AKTIVITAS KONSULTAN HUKUM Aktivitas konsultan kekayaan intelektual AKTIVITAS KONSULTAN KEKAYAAN INTELEKTUAL AKTIVITAS KONSULTANSI PARIWISATA AKTIVITAS KONSULTANSI TRANSPORTASI Aktivitas Konsultasi Bisnis Dan Broker Bisnis Aktivitas Konsultasi Bisnis Dan Broker Bisnis AKTIVITAS KONSULTASI KEAMANAN INFORMASI AKTIVITAS KONSULTASI KOMPUTER DAN MANAJEMEN FASILITAS KOMPUTER LAINNYA AKTIVITAS KONSULTASI MANAJEMEN LAINNYA AKTIVITAS KONSULTASI PAJAK AKTIVITAS MANAJEMEN DANA LAINNYA AKTIVITAS PEMROGRAMAN KOMPUTER LAINNYA AKTIVITAS PENEMPATAN PEKERJA RUMAH TANGGA AKTIVITAS PENEMPATAN TENAGA KERJA DARING (JOB PORTAL) Aktivitas Penerbitan lainnya AKTIVITAS PENERJEMAH ATAU INTERPRETER Aktivitas Pengembangan Aplikasi Perdagangan Melalui Internet (E-Commerce) AKTIVITAS PENGEPAKAN Aktivitas Pengolahan Data AKTIVITAS PENUNJANG ASURANSI, DAN DANA PENSIUN LAINNYA AKTIVITAS PENUNJANG JASA KEUANGAN LAINNYA AKTIVITAS PENUNJANG PERDAGANGAN BERJANGKA KOMODITI LAINNYA AKTIVITAS PENYEDIA GABUNGAN JASA PENUNJANG FASILITAS AKTIVITAS PENYEDIAAN TENAGA KERJA WAKTU TERTENTU AKTIVITAS PENYELEKSIAN DAN PENEMPATAN TENAGA KERJA DALAM NEGERI AKTIVITAS PENYELEKSIAN DAN PENEMPATAN TENAGA KERJA LUAR NEGERI AKTIVITAS PENYELIDIKAN AKTIVITAS PENYEWAAN DAN SEWA GUNA USAHA TANPA HAK OPSI ALAT PESTA AKTIVITAS PENYEWAAN DAN SEWA GUNA USAHA TANPA HAK OPSI ALAT REKREASI DAN OLAHRAGA AKTIVITAS PENYEWAAN DAN SEWA GUNA USAHA TANPA HAK OPSI BARANG KEPERLUAN RUMAH TANGGA DAN PRIBADI AKTIVITAS PENYEWAAN DAN SEWA GUNA USAHA TANPA HAK OPSI MESIN PERTANIAN DAN PERALATANNYA AKTIVITAS PROFESIONAL, ILMIAH DAN TEKNIS AKTIVITAS TELEKOMUNIKASI AKTIVITAS TELEKOMUNIKASI TANPA KABEL ASURANSI JIWA KONVENSIONAL ASURANSI UMUM KONVENSIONAL DANA PENSIUN PEMBERI KERJA KONVENSIONAL DIAN RISQI GADIS DESA INDONESIA JAJAK PENDAPAT MASYARAKAT JASA INFORMASI PARIWISATA JASA JUAL KEMBALI JASA TELEKOMUNIKASI JASA KONTEN SMS PREMIUM JASA PENYELENGGARA EVENT KHUSUS (SPECIAL EVENT) JASA PENYELENGGARA PERTEMUAN, PERJALANAN INSENTIF, KONFERENSI DAN PAMERAN (MICE) JASA PRAMUWISATA JASA RESERVASI LAINNYA YBDI Jasa Reservasi Lainnya YBDI YTDL KEGIATAN PENUKARAN VALUTA ASING (MONEY CHANGER) LAYANAN PINJAM MEMINJAM UANG BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI (FINTECH P2P LENDING) KONVENSIONAL Manajer Investasi PEDAGANG BERJANGKA PELATIHAN KERJA BISNIS DAN MANAJEMEN PERUSAHAAN PELATIHAN KERJA PARIWISATA DAN PERHOTELAN SWASTA PELATIHAN KERJA PERTANIAN DAN PERIKANAN SWASTA PELATIHAN KERJA PERUSAHAAN LAINNYA PELATIHAN KERJA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PERUSAHAAN PENASIHAT INVESTASI BERBENTUK PERUSAHAAN Pendidikan Bimbingan Belajar Dan Konseling Swasta PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN SEJARAH/CAGAR BUDAYA PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN SENI PENELITIAN PASAR PENERBITAN SURAT KABAR, JURNAL DAN BULETIN ATAU MAJALAH PENYEWAAN VENUE PENYELENGGARAAN AKTIFITAS MICE DAN EVENT KHUSUS PERANTARA MONETER LAINNYA PERDAGANGAN BESAR BERBAGAI MACAM BARANG Perdagangan eceran bukan di toko, kios, kaki lima dan los pasar PERGADAIAN KONVENSIONAL PERIKLANAN Portal Web Dan/Atau Platform Digital Dengan Tujuan Komersial Portal Web Dan/Atau Platform Digital Dengan Tujuan Komersial Portal Web Dan/Atau Platform Digital Dengan Tujuan Komersial RDP GROUP REAL ESTAT ATAS DASAR BALAS JASA (FEE) ATAU KONTRAK REAL ESTAT YANG DIMILIKI SENDIRI ATAU DISEWA

Holding company

Kontakscreen tag