Tata Cara Pengisian Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) Non UMK dan UMK

CSO – Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh salam sejahtera bagi kita semua Shalom Om Swastiastu nama budaya salam kebajikan Halo Bapak Ibu apa kabarnya semua tentunya kami berharap bapak ibu dalam keadaan sehat Terima kasih telah bergabung bersama kami pada hari ini senang sekali saya kasih matupang kembali hadir menemani anda dalam acara sosialisasi tata cara

Penyampaian laporan kegiatan penanaman modal Atau biasa kita sebut sebagai lkpm untuk triwulan 2 Pada hari Kamis 22 Juni 2023 dan acara hari ini kami siarkan secara langsung melalui channel YouTube kami yaitu di Kementerian investasi bkpm dan juga OSS Indonesia sosialisasi ini merupakan upaya dari Kementerian investasi bkpm sebagai upaya

Untuk mengedukasi para pelaku usaha khususnya bagi pelaku kecil yang bermodalkan sekitar satu hingga 5 miliar rupiah dan juga pelaku non UMK yang memiliki modal sekitar 5 hingga 10 miliar rupiah terkait tentang penyampaian lkpm seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa penyampaian lkpm ini telah diatur di dalam undang-undang

Nomor 25 tahun 2007 tentang penanaman modal dimana para pelaku usaha wajib melaporkan ataupun juga membuat laporan terkait penanaman modal yang disampaikan kepada pkpm dan juga penyampaian lkpm ini disampaikan dan tertuang di dalam peraturan kepala bkpm nomor 5 tahun 2021 tentang pedoman dan tata cara pengawasan perizinan berusaha berbasis risiko

Dimana pelaku usaha wajib menyampaikan lkpm secara daring melalui sistem atau OSS Baiklah bapak ibu Sebentar lagi kita akan masuk ke dalam sosialisasi pada hari ini tapi sebelumnya saya ingin menyampaikan bahwa hari ini kita sudah kedatangan dua narasumber yang luar biasa ada dua orang wanita cantik bersama saya senang sekali kita

Kedatangan narasumber langsung dari kedai putihan pengendalian dan pelaksanaan penanaman modal ya langsung saya Perkenalkan yang pertama ada Mbak Esti sadariati dan juga ada Mbak suhaila Marissa Apa kabarnya Mbak baik alhamdulillah kita pastikan bapak ibu semua akan mendapatkan informasi terkait lkpm secara komprehensif Ya baiklah Bapak Ibu yang kami banggakan langsung saja kita

Akan mendengarkan pemaparan materi tentang penyampaian lkpm ossrba yang akan disampaikan oleh ibu Esti sadariati selaku penata kelola penanaman modal ahli muda dari Direktorat wilayah 2 ke deputian pengendalian dan pelaksanaan penanaman modal langsung saja Mbak Esti kami persilahkan Terima kasih Mbak Oke untuk pembukaannya Selamat pagi Bapak Ibu pelaku usaha rekan-rekan pelaku

Usaha Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh jadi memang yang penyampaian kewajiban lkpm di triwulan 2 2023 yang nanti sedianya akan disampaikan pada tanggal 1 sampai 10 Juli 2023 Pagi ini saya dengan Ibu suhaila Marissa akan menyampaikan perihal update perkembangan terutama untuk fitur lkpm OSS rba jadi bapak ibu mohon stay tune tetap di

YouTube agar bisa mengetahui update-update apa saja yang bisa menjadi perhatian khusus terutama dalam penyampaian lkpm triwulan 2 tahun 2023 mungkin sebelum kita masuk ke materi Mbak Oke kita belajar dulu sebenarnya OSS rbi itu apa kemudian pengawasan OSS rba atau pengawasan OSIS yang berbasis resiko Kenapa disebut resiko itu kenapa Nah

Bapak Ibu sekalian mungkin sudah diketahui ya untuk OST saat ini yang berlaku di Kementerian Investasi bkpm adalah OST rba yaitu OSS yang berbasis resiko kalau saat ini bapak ibu saat ini mengetahui di nib di lampiran itu sudah dipetakan atau sudah dikategorikan bidang usaha bidang usaha itu berdasarkan skala risikonya kita

Mengenal ada empat skala risiko di ossrba yaitu skala rendah menengah rendah menengah tinggi dan tinggi dan kemudian pengawasan yang kami laksanakan di Kementerian investasi bkpm itu didasarkan atas skala risikonya jadi misalkan Bapak Ibu memiliki bidang usaha perdagangan secara otomatis sistem akan mengkategorikan Bidang usaha perdagangan sebagai skala usaha rendah karena memang

Skala usaha perdagangan tidak membutuhkan atau tidak mengeluarkan resiko-resiko yang tinggi untuk selama pelaksanaan kegiatan usahanya jadi misalkan Bapak Ibu di usaha perdagangan kan tidak ada apa namanya limbah tidak ada limbah padat limbah gas seperti itu jadi izin lingkungannya pun akan semakin mudah berbeda dengan bidang Konoha yang beresiko tinggi misalkan Bapak Ibu

Memiliki kegiatan usaha di bidang industri pembuatan bahan peledak Nah itu pasti pengawasannya akan lebih ketat akan lebih detail untuk pengawasan daripada yang beresiko rendah seperti itu Jadi selain apa namanya pengawasan berdasarkan resikonya jadi memang kita banjir semakin tinggi resikonya akan semakin ketat pengawasannya pengawasan ini juga dibedakan atas tujuannya jadi

Ada dua pengawasan berdasarkan tujuannya yaitu pengawasan rutin dan pengawasan insidental mungkin di slide berikutnya di pengawasan rutin ini bertujuan untuk mengetahui realisasi investasi atau perkembangan kegiatan usaha pelaku usaha jadi untuk mengetahui sudah sejauh mana kegiatan usaha tersebut direalisasikan kemudian selain mengawasi melakukan pengawasan rutin juga ada namanya pengawasan insidental pengawasan

Insidental ini bersifat sewaktu-waktu bersifat mendadak jadi ini dikenakan kepada pelaku usaha yang diduga atau diindikasi melakukan pelanggaran ini bisa dilakukan ketika ada misalkan pengaduan dari masyarakat sekitar atau pengaduan dari pelaku usaha lain atau bahkan pengaduan yang langsung diberikan oleh dpmptsp di daerah jadi kita melakukan pengawasan secara insidental secara sewaktu-waktu tanpa Pemberitahuan

Kepada pelaku usaha nah penguasaan ini apa hubungannya dengan lkpm yang menjadi materi kita pada pagi hari ini jadi penguasa rutin ini kan dilakukan kepada seluruh pelaku usaha cuma karena keterbatasan kami di unit pengendalian Keterbatasan waktu juga keterbatasan SDM maka salah satu apa namanya media kami untuk melakukan pengawasan rutin adalah

Melalui lkpm laporan kegiatan penanaman modal yang ini dilakukan atau disampaikan para pelaku usaha secara berkala baik secara triwulanan atau secara semesteran yaitu 6 bulan sekali Nah mungkin kita langsung saja masuk ke materi lkpm-nya yang bagi untuk dasar hukumnya tadi sudah disampaikan waktu pembukaan selanjutnya adalah lkpm itu sendiri jadi prinsip-prinsip dasar lkpm

Lkpm Bapak Ibu sekalian adalah merupakan salah satu media komunikasi antara pemerintah pusat dengan dengan pelaku usaha jadi bisa dibilang ini misalkan Bapak Ibu menghubungi pic yang ada di bkpm kemudian email juga tidak dibalas mungkin telepon kontak center tidak diangkat atau whatsApp hanya dibaca doang karena ini lkpm ini bisa menjadi

Salah satu media Bapak Ibu untuk menyampaikan keluh kesah menyampaikan kendala-kendala apa saja yang dihadapi selama melaksanakan kegiatan usahanya jadi nanti di kolom lkpm itu ada kolom permasalahan yang dihadapi oleh pelaku usaha Nah itu bapak ibu bisa menyampaikan unek-unek di situ masalah-masalah apa saja yang dihadapi selama menjalankan kegiatan usahanya kami juga sudah mengkategorikan

Permasalahan-permasalahannya apa saja Kemudian kalau misalkan tidak ada di dalam kategori bisa memilih kolom lain-lain dan nanti bisa didetikan masalahnya Seperti apa Kemudian untuk lktm sendiri Ini juga dibedakan bukan berdasarkan resiko jadi meskipun berbasis resiko tapi untuk lkpm ini tidak didasarkan resiko jadi semua pelaku usaha apapun Re itu tetap menyampaikan lkpm tapi dibedakan

Berdasarkan skala usahanya ada dua di KPM yaitu skala usaha mikro kecil dan skala usaha non UMK atau non mikro kecil atau untuk skala usaha menengah dan besar Nah untuk pelaku usaha kecil ini adalah pelaku usaha yang memiliki rencana investasi antara 1 sampai 5 miliar rupiah itu wajib menyampaikan

Lkpm pada periode semester jadi dua kali dalam satu tahun semester 1 dan semester 2 juga tidak dibedakan tahapannya jadi tahapannya hanya satu yaitu satu mirip dengan KPM tahap produksi di lkpm UMK Kemudian untuk pelaku usaha yang menengah besar atau pelaku usaha non UMK yaitu pelaku usaha yang memiliki rencana investasi

Lebih dari 5 miliar lkpm disampaikan setiap 3 bulan sekali atau setiap triwulan nanti berarti di Bulan Juli tanggal 1 sampai 10 maka Bapak Ibu non UMK menyampaikan kkpm atas triwulan 2 2023 sedangkan Bapak Ibu pelaku usaha UMK akan menyampaikan lkpm periode semester 1 2023 nah kemudian Kapan disampaikan tadi sudah ya untuk

Pelaku usaha non UMK maka akan disampaikan setiap tanggal 1 sampai 10 setiap misalkan triwulan 1 berarti disampaikan pada tanggal 1 sampai 10 April 2020 3 Misalkan tahun 2023 kemudian triwulan kedua berarti nanti disampaikan pada tanggal 1 sampai 10 Juli turunan ketiga tanggal 1 sampai 10 Oktober dan triwulan 4 tanggal 1 sampai

10 Januari di tahun berikutnya Begitu juga dengan pelaku usaha UMK maka lkpm disampaikan setiap semester sekali jadi nanti di semester 1 disampaikan di tanggal 1 sampai 10 Juli dan Di semester kedua disampaikan pada tanggal 1 sampai 10 Januari di tahun depan tahun berikutnya kemudian juga mungkin Bapak Ibu bertanya sebenarnya siapa saja yang

Berkewajiban atau tidak berkewajiban untuk menyampaikan lkpm jadi berdasarkan peraturan bkpm nomor 5 tahun 2021 kami membagi Anda tinggal kelas yang bisa dikategorikan antara kewajiban lkpm yang pertama adalah pelaku usaha yang wajib menyampaikan lkpm yaitu pelaku usaha UMK dan non UMK jadi pelaku usaha yang memiliki rencana investasi di atas 5

Miliar itu wajib menyampaikan lkpm Oke kemudian ada juga pelaku usaha yang tidak diwajibkan sama sekali menyampaikan lkpm Oke jadi adalah pelaku usaha di sektor hulumigas itu tidak diwajibkan menyampaikan lkpm Nah Bapak Ibu mungkin bisa cari sendiri ya yang termasuk usaha-usaha Holo Migas itu apa saja Nah itu memang tidak wajib

Menyampaikan kkpm laporan langsung disampaikan kepada kementerian pengampu atau yang berwenang yaitu Kementerian SDM nah juga sektor keuangan juga tidak diwajibkan untuk menyampaikan lkpm seperti perbankan non perbankan kemudian lembaga asuransi seperti itu memang tidak diwajibkan menyampaikan KKM tapi lkpm juga disampaikan langsung kepada lembaga yang berwenang yaitu Otoritas

Jasa Keuangan atau OJK nah selain yang wajib dan tidak wajib juga ada pelaku usaha yang memang tidak diwajibkan tapi disarankan menyampaikan lagi Jadi anda pelaku usaha mikro yang kita kenal yaitu pelaku usaha yang memiliki rencana investasi kurang dari 1 milyar memang tidak diwajibkan dalam peraturan bkpm nomor 5 tahun 2021 tapi kita sarankan

Dan bisa menyampaikan lkpm lkpm-nya mirip dengan pelaku usaha kecil jadi hanya satu tahapan saja jadi lebih simpel penyampaian lkpm-nya itu disarankan untuk tetap dapat menyampaikan lkpm nah fungsinya apa Kok tidak diwajibkan tapi disarankan menyampaikan sesuai amanat dari bapak presiden memang waktu itu bkpm diminta untuk mendorong UMKM bisa naik kelas

Jadi bersama-sama tumbuh dengan usaha besar gitu ya jadi BPKP ini selain sebagai lembaga koordinasi kita itu kadang juga sebagai sales Mbak jadi kandang itu kita menawarkan UMKM UMKM yang berada di sekitar lokasi proyek terutama perusahaan besar ya untuk bisa berkolaborasi dengan perusahaan besar jadi misalkan sebagai contoh di hotel

Ada baru bangun Hotel gitu ya di Jakarta terus menghubungin saya misalkan kebetulan sebagai pic Jakarta bu saya baru bangun hotel nih minta tolong dong dicarikan jasa catering gitu yang berada di sekitar lokasi proyek nah Jika Bapak Ibu menyampaikan lkpm meskipun tadi tidak diwajibkan ya Mbak untuk usaha mikro tapi ketika Bapak Ibu menyampaikan

Bapak Ibu juga memiliki nib kpm-nya rutin disampaikan setiap semester itu bisa menjadi pertimbangan kami untuk ini loh Anda catering di sekitar Jakarta Selatan gitu Jadi kita bisa menyampaikan ke pelaku usaha besar tersebut untuk bisa menggunakan jasa cateringnya ini karena berdasarkan perizinan yang dimiliki perusahaan meskipun usaha mikro Dia memiliki nib Kemudian ijin-ijinnya

Anda kemudian laporan kpm-nya juga disampaikan Nah itu bisa kita apa namanya sebagai rekomendasikan ke perusahaan besar Nah itu salah satu keuntungan untuk pelaku UMKM terutama pelaku usaha mikro yang Meskipun tidak diwajibkan lkpm tapi menyampaikan kemudian selanjutnya ini tahapan realisasi investasi nanti mungkin bisa di skip ke bagian simulasi

Lkpm ya nanti oleh buruh suhaila mungkin langsung ke ini Mas alur verifikasi lkpm jadi ini yang hal yang agak berbeda dengan pelaporan lkpm di periode sebelum-sebelumnya Oke Nah Bapak Ibu sekalian untuk lkpm memang kita ada beberapa status lkpm yang mungkin Bapak Ibu bisa cek ya di beranda lkpm saat ini

Status lkpm Bapak Ibu itu apa Jadi ada beberapa status yang pertama adalah lkpm terkirim artinya lkpm yang Bapak Ibu buat itu sudah dikirimkan kepada bkpm tapi belum diverifikasi oleh verifikator jadi statusnya masih terkirim nah kemudian dari lkpm yang terkirim akan diproses verifikasi oleh verifikator dan itu dicek ya Bapak Ibu jadi Bapak Ibu

Ketika mengirim lkpm itu bukan berarti Selesai tugasnya jadi harus tetap di cek statusnya apa jadi ketika sudah dicek oleh verifikasi oleh verifikator di bkpm misalkan itu bisa berubah menjadi perlu perbaikan atau sudah disetujui antara dua status itu Nah kalau lkpm-nya berubah status menjadi lkpm perlu perbaikan maka harus segera diperbaiki

Kemudian disampaikan lagi kepada bkpm menjadi Laporan sudah diperbaiki baru nanti kembali lagi ke proses verifikasi tapi kalau lkpm-nya sudah disetujui artinya memang sudah selesai kewajiban penyampaian kpm-nya itu adalah alur verifikasi lkpm yang dahulu kita lakukan Mbak sebelumnya seperti itu Nah di triwulan 1 dan 2 mulai tahun 2023 ini

Anda sedikit berbeda jadi memang verifikasi lkpm ini dilakukan secara berjenjang gitu ya kita menyebutnya Jadi Bapak Ibu mungkin di akhir Maret lalu banyak yang mendapatkan surat peringatan tertulis pertama dari lengkap PM Jadi mungkin kita menyebutnya juga surat cinta ya di alur lagi nah ini karena apa waktu itu bisa

Dibilang jadi ketika Bapak Ibu menyampaikan lkpm misalkan di tiruan dua nanti ya Mbak menyampaikan di tanggal 2 Juli 2023 kan memang masih di periodenya kemudian di tanggal 3 statusnya menjadi disetujui gitu kan itu jangan senang dulu Bapak Ibu jangan terus Wah Ayo makan-makan gitu kan itu berbeda sekarang berbeda dengan dulu jadi lkpm

Sekarang yang sudah disetujui tetap harus dicek sampai periode pelaporannya selesai jadi misalkan kita diberikan jeda waktu tanggal 1 sampai 10 Juli Bapak Ibu menyampaikan lkpm-nya tanggal 2 Juli kemudian tanggal 3 nya sudah disetujui bisa jadi tanggal 4 atau tanggal 5 ada perbaikan jadi karena yang tadi sudah disetujui bisa jadi pimpinan

Ketika mengecek lagi lkpm-nya Oh ternyata ini meragukan ya nilainya gitu jadi bisa kita kembalikan yang tadinya sudah disetujui itu bisa dikembalikan jadi ini alurnya Memang agak ada Jadi bisa disetujui kemudian besok bisa berubah menjadi perlu perbaikan Nah itu tetap harus dicek sampai dengan periode pelaporannya itu selesai jadi misalkan

Diberi waktu tanggal 1 sampai 10 cek bener-bener sampai tanggal 10 jam 12 malam itu jadi begini Bapak Ibu laporan disetuju lkpm disetuju itu sebenarnya hanya karena sudah memenuhi kewajiban menutup begitu ya bisa jadi seperti itu atau bisa jadi memang sudah disetujui betul Oh jadi kita melakukan verifikasi itu berjenjang gitu mbak jadi memang

Waktu itu disetujui akhirnya ketika pimpinan melihat memverifikasi kembali setiap mendapatkan surat cinta dari belum jadi masih menjadi perlu perbaikan ya tanggal 2 menyampaikan tanggal 3 disetujui tanggal 4 tanggal 5 itu bisa menjadi perlu perbaikan jadi bener-bener dicek sampai tanggal 10 sampai tanggal periode pelaporan itu selesai kalau perlu sampai jam 12.00 malam mungkin

Karena memang dari tanggal 1 sampai 10 itu kami di unit pengendalian itu Intens sekali melakukan verifikasi lkpm jadi memang sedetail itu kita melakukan verifikasi lkpm Jadi mungkin kalau disetujui jangan senang dulu ayo makan-makan selesai dikatakan benar-benar disetujui itu ketika sudah selesai periodenya itu tanggal 10 pertanyaan sedikit sih Mbak

Enggak apa-apa ya aku potong sebentar lkpm yang sudah diperbaiki ini selama Mbak Esti dan juga Mbak Suhai mungkin ya selama di kedaputian dalam ada tidak ya satu perusahaan atau ada perusahaan yang memang benar-benar tidak benar-benar tidak dikembalikan bener-bener bagus banget semua lkpm-nya itu ada Anda banyak banyak tapi yang dikembalikan dan

Tidak balik lagi perlu perbaikan tapi nggak dicek lagi karena merasa sudah disetujui gitu Jadi saya tekankan sekali lagi bapak ibu untuk KPM benar-benar dicek sampai tanggal 10 sampai tanggal 10 kalau memang sudah statusnya sudah disetujui artinya pengembalian verifikasi dari teman-teman dari dalam 11 bapak ibu untuk benar-benar mengecek status

Lkpm-nya karena nanti kalau bapak ibu misalkan itu tadi ya tanggal 2 mengirimkan lkpm tanggal 3 disetujui tanggal 4 nggak dicek ternyata statusnya perlu perbaikan nah kemudian sampai tanggal 10 udah jalan-jalan misalkan gitu ya Padahal statusnya perlu perbaikan terus baru dicek lagi tanggal 11 pas udah masuk kantor lagi itu sudah tidak bisa

Lagi dan setelah itu kalau misalnya memang lewat dari tanggal 10 itu itu yang mendapatkan surat peringatan pertama karena dianggap tidak menyampaikan Jadi kalau Bapak Ibu tanggal 11 atau tanggal 12 kan kpm-nya Kok jadi perlu perbaikan gitu kan itu sudah tidak bisa lagi disampaikan ke bkpm jadi sudah mati jadi sudah tidak

Sudah tidak dapat lagi melakukan perbaikan rppm jadi KPM itu juga hanya bisa diperbaiki selama periode pelaporan gitu Nah mungkin Bapak Ibu bertanya Bu kok Waktunya pendek banget ya [Musik] itu nanti akan muncul kebijakan-kebijakan baru yang terkait pertambangan jadi diketahui juga sektor-sektor yang dominan di lokasi ini

Apa di wilayah ini apa gitu dan itu bisa didorong juga untuk dilakukan promosi ke investor asing seperti itu Jadi data-data lkpm yang Bapak Ibu sampaikan kepada bkpm kepada kami itu akan menjadi keputusan-keputusan untuk kebijakan-kebijakan baru oleh pemerintah seperti itu ya Nah selanjutnya ya selanjutnya silahkan nah ini hal yang

Perlu diperhatikan oleh pelaku usaha tadi mungkin sudah Disinggung sedikit ya KPN yang perlu perbaikan hanya dapat diperbaiki selama periode pelaporan jadi tadi tanggal 1 sampai 10 jadi kalau bapak ibu anda misalkan menyampaikan kabarnya mepet nih tanggal 9 kemudian tanggal 10 menjadi perbaikan harus segera diperbaiki di tanggal 10 itu juga

Jangan sampai di tanggal 11 gitu Jadi nanti dianggap tidak menyampaikan LKP Oke Kemudian yang kedua pelaku usaha dikatakan telah memenuhi kewajiban pelaporan ketika sudah disetujui hanya itu sudah disetujui yang dianggap menyampaikan lkpm jadi meskipun Bapak Ibu memperbaiki lkpm tapi sudah terlambat periodenya itu juga dianggap tidak menyampaikan lkpm kemudian yang

Ketiga ini pelaku usaha tidak diizinkan memiliki kbli perdagangan besar dan Perdagangan ejaan secara bersamaan ini juga sudah jelas ya Bapak Ibu di Peraturan Menteri perdagangan kemudian nomor 4 juga kurang lebih sama yang kelima adalah pelaku usaha PMA wajib merealisasikan nilai minimum investasi sebesar 10 miliar rupiah di luar tanah

Dan bangunan sesuai pasal 12 peraturan bkpm nomor 4 tahun 2021 kemudian yang terakhir adalah pelaku usaha agar merealisasikan rencana investasinya dalam waktu minimal 1 tahun sejak nib diterbitkan nah ini saya menyinggung sedikit jadi ketika perusahaan atau pelaku usaha itu sudah memiliki nib misalkan Mbak G memiliki nib yang terbit

Bulan ini ya bulan Juni akhirnya itu kewajiban lkpm sudah harus disampaikan di triwulan berikutnya jadi triwulan 3 Juli Agustus September Maka nanti di triwulan 3 sudah wajib menyampaikan lkpm atas nib yang dimiliki meskipun Budi 3 bulan itu kami nggak ada kegiatan usaha sama sekali loh ngapain sih tetap harus disampaikan karena itu kewajiban

Sesuai undang-undang tadi ya karena tetap disampaikan meskipun nilai investasinya masih 0 atau belum kerja Anda kegiatan usaha sama sekali itu tetap disampaikan meskipun nilainya 0 sudah melekat di situ nah ketika Bapak Ibu tidak menyampaikan KPM dua kali berturut-turut 2 periode berturut-turut itu bisa mendapatkan surat peringatan tertulis pertama dari bkpm kemudian

Inisiatif ya peringatan tertulis ada penggantian sementara dan sampai pencabutan nah ini untuk kriterianya peringatan tertulis ini diberikan kepada pelaku usaha yang tidak menyampaikan lkpm selama 2 periode berturut-turut jadi ketika bapak ibu misalkan tadi ya triwulan 2 2023 lkpm-nya perlu perbaikan tuh jadi nggak ngeh jadi nggak segera diperbaiki Mas

Dari bulan ketiga terlambat disampaikan Wah jadi dua kali berturut-turut akan mendapatkan surat peringatan pertama tertulis pertama kemudian kalau itu tidak ditanggapi tidak diberikan tidak disampaikan lkpm-nya di triwulan ketiga akan naik lagi menjadi surat peringatan tertulis kedua seterusnya kalau tidak ditanggapi tidak ditanggapi juga bisa sampai pencabutan perijinan berusahanya

Jadi bisa dicabut oleh bkpm izinnya nah sebelumnya nah ini sanksi administratif itu juga dilakukan secara berjenjang ya Jadi Bapak Ibu sekalian tidak perlu kuatir jika memang apa namanya sanksi surat peringatan tulis pertama itu diberikan bisa diberi ampunan nggak bu Bisa jadi Tidak hanya panjat yang diberi ampunan bagi ampunan Jika Bapak Ibu bertaubat

Yaitu memberikan Efek PM di tahap berikutnya jadi sanksi akan otomatis gugur oleh sistem juga berarti itu tahapan Maaf mbak itu berarti tahapan berikutnya hanya untuk periode berikutnya aja ya periode sebelumnya nggak perlu dilakukan memang sudah tidak akan bisa dilaporkan itu hanya disampaikan pada periode laporannya saja sudah terlambat ya sudah lewat pasti

Sudah makan saja tidak bisa jadi bisa digugurkan jadi untuk sanksi ini memang sudah diberikan secara online jadi sistem OSS akan secara otomatis memfilter perusahaan-perusahaan yang diberikan sanksi jadi tidak lagi secara manual dulu kan kita masih Excel kita pilih manual mana sih yang dua kali berturut-turut nggak menyampaikan terus

Kita Surati secara manual gitu ya karena sudah di OSS Jadi Bapak Ibu tidak bisa mengawak kalau memang tidak menyampaikan lkpm pasti otomatis langsung diberikan surat peringatan nah salah satu fitur juga mungkin di Bapak Ibu sekalian Bisa dicek di oss-nya itu ada fitur sanksi Nah itu bisa dicek di situ sanksi yang

Pernah diberikan oleh bkpm di situ jadi nanti ada tulisannya itu Mbak sanksi apa kemudian tingkat Waktunya berapa lama untuk bisa menyanggah atau memberikan respon gitu ya Kemudian dari Kementerian mana yang memberikan bkpm atau dpmptsp seperti itu jadi Bisa dicek sanksinya bahkan juga ada nomor sanksinya di situ

Nah itu akan gugur ketika Bapak Ibu menyampaikan lkpm di triwulan seperti itu jadi masih bisa diberi ampunan atau beli bisa dimaafkan kemudian nah ini surat peringatan bets pertama itu pernah kita berikan di akhir Maret 2023 lalu di tanggal 29 kalau tidak salah ya itu banyak pelaku usaha yang mungkin kaget

Kok tiba-tiba dapat surat peringatan padahal sebelumnya belum pernah ada gitu jadi memang fitur sangsi ini baru kita berlakukan di awal 2023 Jadi mungkin kaget kok tiba-tiba dapet SD dapat SP gitu kan jadi itu memang baru kita berlakukan di triwulan eee di triwulan 4 202 dan kebetulan 3 2020 jadi untuk

Perusahaan atau pelaku usaha yang tidak menyampaikan lkpm ditiru 63 dan 4 memang waktu itu langsung disuratin peringatan pertama di akhir Maret 2023 jadi berharapnya supaya di triwulan 1 bisa menyampaikan kkpm jadi sangsinya bubur nah ini untuk alurnya ya jadi ketika Bapak Ibu tidak melapor lkpm mendapat surat peringatan kalau surat

Peringatannya ditanggapi dengan melapor Maka sanksinya digugurkan kalau tidak laporan KPM nanti akan mendapatkan SP kedua yaitu dan seterusnya sampai ke bawah yaitu pelanggaran berat yang nantinya sanksinya adalah pencabutan perizinan berusaha kemudian ini untuk kepatuhan pelaku usaha membentuk profil pelaku usaha jadi ini juga salah satu fitur yang baru ada

Di OSS rba mungkin Bapak Ibu bisa cek juga di Oasis masing-masing di beranda selain ada fitur sanksi juga ada fitur profil Mbak jadi profil ini salah satu kriterianya untuk mendapatkan nilai yang baik jadi profilnya seperti rapot seperti rapot anak sekolah jadi nanti Bapak Ibu bisa cek di situ kriterianya

Kurang baik baik atau sangat baik salah satu indikatornya adalah penyampaian lkpm jadi ketika Bapak Ibu tidak rutin menyampaikan lkpm Maka nanti nilainya akan berkurang bisa menjadi kurang baik terus ditanya Bu emang kenapa kalau nilai saya kurang baik ya banyak gitu kan salah satunya yang pertama BKP ini kan memberikan fasilitas

Banyak sekali ya Mbak ada Master list Anda text jalur hijau dan lain-lain memberikan fasilitas banyak sekali yang dimaksudkan untuk memberikan kemudahan kepada para pelaku usaha Nah kalau bapak ibu nilainya kurang baik akan menjadi pertimbangan di bkpm apa kewajibannya aja nggak dipenuhi kok minta hak gitu jadi nanti ini profil akan tetap Kami

Lihat di bkpm ketika Bapak Ibu mengajukan perizinan atau mengajukan fasilitas di KPN Jadi pas kita cek nilainya kurang baik lkpm-nya bolong-bolong gitu karena itu akan menjadi pertimbangan untuk tidak diberikan fasilitas tapi fitur raport itu Mbak Apakah tertulis gamblang maksudnya kurangnya apa itu tertulis semua ya penjelasan evaluasi dari dalam juga ada

Jadi di situ dijelaskan misalkan kepatuhan lkpm-nya nilainya sekian kemudian bahkan yang sanksi tadi misalkan Bapak Ibu mendapatkan sanksi dari bkpm itu akan terbawa juga ke profil jadi kalau pernah mendapatkan sanksi berarti nanti nilai sanksinya di situ akan jelek tapi kalau tidak pernah mendapatkan sanksi nilai sanksinya juga

Akan baik atau hasil raport yang selama ini dikeluarkan itu ada masa sanggah nggak sih maksudnya dari teman-teman perusahaan nih Ada yang pengen menyanggah terkait itu ada nggak kira-kira Adalah sanksinya sanksinya bisa digugurkan nantinya akan terbawa ke profil mempengaruhi nilai profil itu tadi gitu nah itu yang pertama jadi ketika Bapak Ibu

Meminta fasilitas dari bkpm Terus dilihat raportnya kok jelek gitu ya Enggak dong gitu kan ibaratnya seperti itu terus mungkin di sana lagi ah enggak lampu kita enggak perlu fasilitas kita memiliki permasalahan kendala di selama menjalankan kegiatan usahanya ya kan banyak ya masalah yang disampaikan ke bkpm itu pengendalian Nah kita juga akan melihat

Profilnya kalau profilnya memang kurang baik juga menjadi pertimbangan bagi kami di pengendalian lo ini nilainya kurang baik kpm-nya nggak pernah kemudian sanksi sering memberikan gitu kan Kalau sekarang minta dibantu fasilitasi Iya kita pasti akan memprioritaskan pelaku usaha pelaku usaha yang memiliki Nilai raport baik atau bahkan sangat

Baik seperti itu mungkin ini adalah dua fitur baru yang mungkin Bapak Ibu mungkin harus diperhatikan ya di oss-nya di terutama untuk lkpm jadi lkpm akan mempengaruhi sanksi sanksi akan mempengaruhi profil pelaku usaha jadi ini harus diperhatikan jadi ini adalah dua hal yaitu sanksi dan profil adalah hal baru yang mungkin Bapak Ibu selama

Ini belum mendapatkan itu ya sosialisasi untuk ini jadi kalau ditanya buku tiba-tiba pernah sanksi Emang pernah sosialisasi sebelumnya itu banyak Mbak yang disampaikan kepada kami sekarang sudah ada ya di youtube-nya Kementerian investasi jadi Silahkan nonton sosialisasikan nanti akan mempengaruhi di profil tersebut selanjutnya sudah selesai Nah mungkin itu untuk yang

Bisa kami sampaikan ya pada pagi hari ini nanti dilanjutkan dengan Bu sulaimarisa untuk simulasi tentang tata cara penyampaian lkpn baik Terima kasih Mbak Esti atas penyampaiannya ya terkait pelaporan lkpm Bapak Ibu ternyata ada fitur baru yaitu sanksi dan juga profil ya Yang mana itu merupakan raport Jadi

Bagi Bapak Ibu pelaku usaha kami tidak membeda-bedakan Ya baik pelaku usaha kecil maupun non UMK wajib melaporkan lkpm-nya Dan ini juga merupakan salah satu tadi dibocorkan Mbak Esti bahwa bila lkpm-nya baik lkpm-nya bagus tepat waktu itu menjadi salah satu rekomendasi dari kami bkpm untuk bisa mereferensikan kepada perusahaan besar yang ingin

Bermitra begitu ya Ini juga merupakan apa ya Mbak Salah satu fasilitas dari kita untuk teman-teman UMKM di daerah ya memang sesuai amanat dari bapak presiden kan kita diminta untuk mendorong pertumbuhan melihat simulasi lkpm ya tadi sudah dijelaskan secara teori dan juga peraturannya dari Mbak Esti kita langsung beralih ke Mbak suhela Marisa

Nih akan menjelaskan terkait simulasi lkpm pada siang hari ini kepada mbak sila kami persilahkan bye dan Mbak Esti yang sudah memaparkan sebelumnya lengkap sekali tentang kewajiban penyampaian lkpm ya diulang-ulang kewajiban maka akan diikuti dengan adanya sanksi seperti itu dan penyampaiannya pun tepat waktu antara tanggal 1 sampai dengan

Tanggal 10 baik untuk penyampaian akpm Bagaimana sih Nah kali ini saya akan menyampaikan simulasi ya tentang penyampaian lkpm baik non UMK dan UMK untuk yang pertama saya akan mencoba simulasi untuk lkpm non UMK tahap konstruksi lapornya Bapak Ibu pelaku usaha cukup login di OSS masing-masing menggunakan hak akses masing-masing kemudian di

Halaman utama kita lihat ada beberapa menu ya salah satunya itu yang paling mentereng beranda ya warna merah tapi yang kita lihat adalah yang untuk pelaporan karena kita mau laporan lkpm gitu sebelum ke pelaporan tadi yang Disinggung berkali-kali oleh Bu Esti ada profil ya itu ada mempengaruhi nilai

Kepatuhan pelaku usaha itu ada di paling ujung kanan baik kita fokusnya untuk laporan ekpm kita klik menu pelaporan kemudian kita klik laporan lkpm kemudian kita klik laporan baik untuk kita diarahkan ke halaman utama ya Bapak Ibu pelaku usaha untuk halaman utama pada tabel ini memuat data-data lkpm yang pernah disampaikan

Sebelumnya sebagai contoh ya kita ke bawah ini Misalnya ini karena Kita uji coba ya maka ada lkpm yang kita telah uji coba ya untuk konstruksi triwulan 2 dengan status terkirim nilainya ada tercantum juga gitu Nah untuk status terkirim berarti belum disetujui ya berarti belum gugur kewajiban Bapak Ibu pelaku usaha

Kemudian kita ke atas kita membuat laporan lkpm kita klik buat laporan kemudian kita diarahkan ke halaman kedua nah halaman kedua ini akan memuat data-data atau list proyek-proyek yang dimiliki oleh Bapak Ibu pelaku usaha Coba kita Scroll ke bawah ya kita Scroll ke bawah kira-kira kita punya banyak ya

Proyeknya mungkin ada 10 proyek ya kalau ada seperti sampai 10 proyek maka Bapak Ibu pelaku usaha harus menyampaikan ke 10 10 nya ya satu persatu jadi lkpm tidak bisa disampaikan sekaligus tetapi satu persatu perlokasi proyek jadi ini lebih dari 10 ya Coba Kita uji coba untuk yang nomor berapa nih nomor 3

Mungkin ya Nomor 2 Oke Kita uji coba untuk tahap konstruksi kita pilih nomor proyek nomor 2 kita klik selanjutnya kemudian akan ada pop up Apakah kegiatan usaha ini siap operasional dan atau komersial Yang tahu adalah Bapak Ibu pelaku usaha sekalian ya Apakah kegiatan usahanya sudah siap operasional atau belum siap

Operasional disini Artinya bahwa Bapak Ibu usaha udah mulai ini mulai mau melakukan komersial atau melakukan penjualan atau memperoleh keuntungan seperti itu apabila Iya maka dapat diklik ya kemudian nanti ada isian formulir yang selanjutnya akan mengarahkan ke lkpm tahap produksi atau komersial akan tetapi apabila Bapak Ibu pelaku usaha

Merasa bahwa ini masih proyek masih tahap persiapan ya belum komersial maka dapat dipilih tidak kita pilih tidak Oke kemudian kita dialihkan ke halaman selanjutnya nah ini untuk notifikasi saja ya Bapak Ibu untuk pengingat saja bahwa lkpm itu harus disampaikan untuk masing-masing kabel I dan realisasinya tidak boleh double ya

Misalkan ada pembinaan tanah 1 miliar itu untuk 4kbli tapi nanti diisinya masing-masing 4 Jadi totalnya 4 miliar itu kan double counting ya tidak boleh seperti itu Jadi harus diisi masing-masing sesuai peruntukannya di KBRI mana seperti itu Oke untuk yang paling atas sebentar untuk paling atas itu memuat data perizinan berusaha Bapak

Ibu sekalian jadi kita tarik datanya dari perizinan perusahaan yang ada di OSS untuk yang kolam rencana investasi ini juga kita tarik ya ini berdasarkan rencana investasi yang Bapak Ibu sekalian isikan sebelumnya Ketika mendaftarkan kegiatan usahanya kemudian kolom yang kenal itu total realisasi sampai periode sebelumnya jadi kalau di sini dilihat bahwa

Realisasi sampai triwulan 2 2022 jadi atas proyek ini Bapak Ibu sekalian baru menyampaikan lkpm terakhirnya tuh triwulan 2 2022 jadi absen nih triwulan 3 4 2022 tidak disampaikan dan triwulan 1 2023 juga disampaikan gitu dan total realisasinya adalah sebesar 16 miliar sampai dengan triwulan 2 Tahun 2022 baik

Kita ke bawah jadi Bapak Ibu sekalian intinya mengisi lkpm adalah mengisi tambahan realisasi investasi Nah kalau di samping tulisan tambahan realisasi investasi ada tulisan II gitu ya itu bisa di klik atau bisa digeser ke soalnya ke situ itu untuk kita kita ngapain sih Ini diisi apa ya tabel ini

Gitu Nah tabel-tabel yang kita isi itu adalah yang tambahan realisasi investasi untuk tahap konstruksi model tetapnya itu kita bagi ya kita breakdown komponennya menjadi pengeluaran terhadap tanah bangunan atau gedung mesin peralatan dan suku cadang serta lain-lain Nah jadi segala pengeluaran yang dikeluarkan oleh pelaku usaha yang berkaitan dengan tanah baik

Itu survei tanah Land cliring pembahasan lahan beli tanah itu semua dimasukkan di komponen tanah gitu misal ya periode ini kita mau berapa isinya misal kita ada Line clearing ya dapat diisi misal 12 juta kemudian ada bangun bangun toilet kantor misalkan habis berapa itu bisa kita isi Kemudian untuk Komponen yang mencakup mesin

Peralatan kita Klik nanti ada akan ada pop up jadi mesin peralatan ini kita bagi lagi kita breakdown lagi pembelian dalam negeri atau pembelian luar negeri nah pembelian luar negeri juga kita break dan kembali Apakah menggunakan fasilitas atau tidak menggunakan fasilitas itu yang sempat Disinggung busi sebelumnya ya yang tadi kalau kita

Mendapatkan fasilitas maka kita harus menyampaikan kita mesinnya ini menggunakan fasilitas atau tidak bebas biaya masuk ya biasanya kemudian kita simpan kemudian Komponen lain-lain adalah yang mencakup di sini segala bentuk pengeluaran yang tidak berkaitan dengan tanah gedung dan mesin atau peralatan kalau bapak ibu bingung ya ini masuk mana nih kayaknya nggak berkaitan tanah

Nggak berkaitan gedung mesin maka dapat dimasukkan di bagian lain-lain seperti itu kemudian kita ke bawah kita lihat model kerjanya masih terkunci ya Bapak Ibu model kerja terkunci jadi untuk tahap konstruksi Bapak Ibu sekalian belum bisa menyampaikan modal kerja kecuali ini merupakan Tahap terakhir konstruksi tahap berikutnya triwulan 3

Mau lapor tahap produksi gitu Jadi Bapak Ibu sekalian nanti model kerjanya akan terbuka dengan catatan realisasi investasinya itu sudah mencapai sekitar 90% jadi istilahnya kita nganggap Oh sudah siap produksi ini gitu maka model kerjanya dapat diisi seperti itu kemudian ke bawah kita lihat ada tambahan tenaga kerja ya ini yang tidak

Kalah pentingnya dengan isian realisasi investasi yang diisi adalah tambahan tenaga kerja pada periode pelaporan ya periode pelaporan maksudnya kalau triwulan 2 berarti periode April sampai Juni ada tambahan tenaga kerja tidak Gitu Kalau ada kita isikan begitu pula dengan pengurangan ada pengurangan atau tidak kalau ada juga kita isikan kemudian

Kali Mbak boleh kosong atau boleh boleh kosong Oke gitu ya kemudian ini tenaga kerja lokal setempat itu Tenaga Kerja Indonesia Ya maksudnya dari tambahan itu apakah ada yang memperkerjakan atau merekrut tenaga kerja lokal gitu kalaupun ada kita isi Misalkan seperti ini ada 3 orang kemudian Tenaga Kerja

Asing nah Tenaga Kerja Asing ini apakah juga ada dalam periode ini tenaga kerja asing yang datang atau yang dipekerjakan gitu kalau ada kita tulis tambahan dan pengurangan nya Oke kemudian kita beralih ke kategori permasalahan jadi kan tadi Bu Esti menyampaikan bahwa lkpm itu sarana komunikasi kita ya pelaku usaha dengan

Kita di Kementerian investasi maka Bapak Ibu sekalian dapat curhat di sini nih kategori permasalahan pun kita sudah kategorikan banyak ya ada yang termasuk perizinan berusaha persyaratan tenaga Dasar atau tenaga kerja dan lain-lain sebagai contoh kita ada permasalahan di perizinan berusaha ya kita dapat klik perizinan perusahaan kemudian kita dapat

Mengisi keterangannya misal kita kendala dalam pengurusan Izin lingkungan misal ya kita setelah isi free text-nya ini juga boleh kok panjang cukup untuk menampung curhatan Bapak Ibu sekalian nanti kita dapat klik simpan kalau sudah kemudian kategori permasalahan pun mungkin ya kendala perusahaan tuh lebih dari satu gitu permasalahannya banyak

Gitu bisa dipilih lagi misalkan yang lain tenaga kerja ya misal sulit menemukan tenaga kerja lokal misal itu juga bisa ditambahkan kemudian apabila Bapak Ibu juga tidak punya masalah nih kita Run well nih kegiatan usahanya itu juga dapat memilih kategori tidak masalah gitu kemudian sebelum itu kalau Bapak Ibu sekalian tambahan

Realisasi investasi yang di atas tadi kan ada isinya Ya kalau Bapak Ibu sekalian memang kegiatan usahanya belum berlangsung Jadi kita tetap harus lapor nih jadi bukan berarti kalau kita belum ngapa-ngapa ini nggak usah lapor lkpm ah itu tidak bisa ya kita harus tetap lapor dengan mengisi nihil tetapi wajib

Mengisi progress kegiatan usaha Jadi kami verificator pun harus terinformasi Kenapa ini sudah dua kali berturut-turut masih 0 saja gitu Apakah ada masalah kalaupun ada kendala kita juga mungkin bisa memfasilitasi seperti itu kemudian kita ke bawah ini ya yang permasalahannya sudah tersimpan akan ada di tabel atas ya minta tolong ditunjukkan permasalahan nih

Permasalahan yang sudah tersimpan ada di tabel itu kemudian isian selanjutnya yaitu data isian penanggung jawab dari pelaku usaha perlu diingat bahwa yang diisi adalah tetap lkpm ya petugas yang mengisi lkpm Jangan direkturnya nanti kami bingung telepon direkturnya Waduh saya nggak tahu nanti dilempar lagi kan itu text time-nya padahal yang kita hubungi tidak

Hanya satu pelaku usaha jadi terus kemudian Kami menyarankan nomor handphonenya yang ada Whatsappnya ya paling enak jadi kita sambil WhatsApp yang satu sambil WhatsApp yang lain gitu dan emailnya ini tolong diisi email yang benar kemudian kalau udah isi email itu icon tambah itu harus diklik kalau tidak nanti tidak tersimpan biasanya kan Aduh

Saya nggak bisa ngirim lkpm ini Pasti error nih Padahal klik tambahnya Belum diklik nih gitu dan bisa diisi lebih dari satu kemudian kita klik disclaimer apabila ingin perhatiin jauh melihat koreksi lagi bisa belum yakin Nih mau kita pastikan ke tim accounting bisa kita simpan sebagai draft kalau udah yakin saya udah pede

Ini udah karena accounting Enggak Bener nih kita bisa langsung kirim laporan seperti itu oke oke setelah Kirim laporan kita akan kembali ke halaman utama seperti itu baik oke baik Oke jadi Bapak Ibu sekalian Saya mau mengingatkan lagi nih kalau untuk untung email untuk email Bapak Ibu sekalian itu benar-benar ini

Ya diisi yang benar ya kalau mau diisi Saya mau tembusin ke atasan saya itu juga boleh Nah sebagai informasi tadi kan kita harus memantau statusnya ya dari tanggal 1 sampai 10 itu status harus tetap di pantau nih kalau tiba-tiba berubah menjadi perlu perbaikan Selain Kita dapat memantau di

Sistem OSS kita juga dapat memantau melalui email yang kita inputkan nanti kalau ada notifikasi perlu perbaikan segera diperbaiki dalam kurun waktu sampai tanggal 10 seperti itu baik itu untuk uji coba ini ya lkpm Non UMK untuk tahap konstruksi selanjutnya mungkin kita langsung ke uji coba lkpm skala UMK

Ini bertepatan kalau triwulan 2 bedanya dengan triwulan 1 triwulan 1 kita nggak ada untuk skala UMK kita trilon 2 mulai ada untuk UMK Bedanya apa sih kalau non UMK ya usaha besar dan menengah itu wajib dilaporkan untuk 3 bulan sekali jadi per triwulanan Sedangkan untuk skala UMK kita menyampaikannya per 6

Bulan ya lebih di ringankanlah ya untuk usaha mikro dan kecil atau semesteran seperti itu bedanya lagi yang kedua mungkin kita mau lanjut kita lihat formulirnya ya biar kita tahu bedanya kita masuk ke pelaporan lagi tidak berbeda ya masuk ke laporan sama seperti yang non UMK Nah kita di atas udah tau

Nih lkpm untuk pelaku usaha mikro dan kecil halaman utama tetap sama memuat dari yang kita pernah isikan sebagai contoh semester 1 2023 statusnya masih draft gitu kemudian kita mau buat lkpm kita coba buat laporan di halaman kedua juga sama masih memuat data lkpm atau proyek-proyek yang harus disampaikan satu persatu Kita uji coba

Ya salah satunya nomor 1 kemudian kita klik selanjutnya Nah untuk data yang atas ini sama ya ini belum lanjut ya Mohon maaf jadi mungkin Oke jadi untuk bedanya lkpm UMK dan non UMK adalah untuk UMK tadi 6 bulan Kemudian yang kedua model tetapnya nih untuk memudahkan Kalau modal tetap di

Nol UMK kan kita break dan jadi 4 jadi kita harus detail nyatetnya nih pelaku usaha menengah dan besar nyatanya tuh harus detail misalkan tanah berapa bangunan berapa mesin berapa sedangkan kalau UMK tidak perlu detail model tetapnya gelondongan saja kita laporkan Iya kita nggak usah yang breakdown tanahnya berapa kemudian

Gedungnya berapa Tapi komponennya pada dasarnya tetap sama mencakup 4 komponen tersebut cuma digabung semua ini mungkin ya tampilannya kemudian ini sebenarnya hampir sama dengan tampilan lkpm non UMK yang tahap produksi ya Model tetapnya itu hanya gelondongan model kerjanya pun seperti itu kemudian yang lain-lainnya kita tidak jauh berbeda dengan lkpmk

Tetap wajib misi tenaga Indonesia tetap wajib mengisi kategori permasalahan dan data penanggung jawab mungkin kalau UMK lebih ringkas atau lebih simple formulirnya untuk memudahkan para pelaku usaha mikro dan kecil saya rasa seperti itu wah luar biasa bapak ibu ternyata simulasinya juga cukup menarik Ya saya juga agak-agak ini nih baru pertama kali

Ini saya melihat lkpm untuk yang UMK ya ternyata seringkas dan semudah itu jadi untuk bapak ibu pelaku usaha UMK ya khususnya bagi Bapak Ibu yang mungkin saat ini baru seperti tadi Mbak Esti singgung baru mempunyai nib jadi nanti penyampaiannya akan Di semester kedua ya betul ya Jadi mungkin tadi sudah

Disampaikan oleh Mbak suhaila Bagaimana penyampaiannya cukup gelondongan saja Bapak Ibu karena tidak perlu di breakdown seperti pelaku usaha besar jadi Bapak Ibu pelaku UMK ya memang siap untuk naik kelas ayo jangan malas untuk melaporkan lkpm-nya betul ya karena Sekali lagi kami juga mengingatkan bahwa lkpm yang baik patuh dan juga bagus itu

Akan menjadi salah satu rekomendasi nilai rekomendasi yang baik bagi kami untuk para pelaku usaha besar yang mencari UMKM khususnya di daerah untuk bermitra Oke Baik sudah ada teori sudah ada simulasi Sekarang saatnya kita menjawab pertanyaan yang sudah masuk ternyata sudah cukup banyak dan ini sudah dirangkum oleh tim kami kita

Langsung bacakan saja ya Oke ini ada pertanyaan dari live demo lkpm dari Deni Efendi 12 kalau usahanya belum berjalan Bagaimana ya pengisiannya tadi sedikit Disinggung ya sama mbak suhe ya mungkin bisa di detailkan lagi harus wajib menyampaikan lkpm-nya ya Bapak Ibu sekalian jadi kita wajib menyampaikannya dengan realisasi nihil

Tapi perlu kami ingat kembali ya apakah benar belum berjalan gitu kan kegiatan survei ngurus apa surat-surat notaris itu kan masa kegiatan usaha juga ya dan itu kan menimbulkan rupiah nih Biayanya ada nih yang dikeluarkan itu dicatat tetap dicatat di laporan lkpm apabila memang benar kami belum ngapa-ngapain

Nih gitu kan memang ada kendala makanya kami belum ada pegawai belum ada apa-apa kecuali owner Oke baik gitu kan disampaikan saja nilainya dengan nilai nol kemudian kategori permasalahan pilih progress kita usaha kemudian disampaikan Kenapa ada kendala seperti ini gitu kan kenapa realisasinya nih ya Karena kita untuk jaga-jaga nih karena kalau dua kali

Berturut-turut Eh 4 kali berturut-turut mohon maaf dengan nilai nol dapat sanksi gitu surat peringatan jadi tidak hanya telat lkpm tapi tidak melaporkan progres selama 4 kali itu juga mendapatkan sanksi ya jadi nilainya 0 berkali eh pertama lapor nilainya 0 4 kali berturut-turut dapat sanksi gitu ingat

Ya Bapak Ibu Ya terima kasih Bapak Deni Avenged di atas pertanyaannya Jadi intinya tadi adalah apapun kegiatan yang menghasilkan seperti ada beban rupiah itu bisa disampaikan sebagai progress di lkpm ya walaupun belum melakukan apa usaha yang berkelanjutan ya seperti itu baik selanjutnya oke pertanyaan lagi dari live demo Oh mungkin ini lebih ke

Curhat nih Mbak ya mungkin bisa di tanggapi dari Ibu Fanny risdiani suka error nih pas waktu pelaporan ada kbli yang nggak muncul juga jadi kena sanksi deh Nah mungkin bisa Di bisa disharekan ini Ini kenapa ya Ada Kak beli yang tidak muncul tiba-tiba teman-teman dari perusahaan kaget nih kena sanksi dapat

Dapet sanksi dari bkpm mau gua silahkan Mbak Esti mungkin atau mbak Suhai silahkan karena saking load ini Bapak Ibu pelaku usahakan antusias nih mungkin ya Jadi kita ada Eros sedikit ya tapi jangan khawatir kita kan tanggal 1 Sorry tanggal 26 juni nanti ya 2023 mulai kita

Buka klinik lkpm 26 juni sampai 10 Juli boleh kita nanti lapor ke situ ke klinik lkpm boleh disampaikan nanti dari Tim klinik akan menyampaikan langsung ke tim teknis ya tim it-nya untuk segera diperbaiki jadi tidak akan mengganggu pelaku usaha menyampaikan lkpm-nya dan semoga dapat tepat waktu sehingga tidak

Dapat surat cinta baik Bapak Ibu dicatat ya tanggalnya 26 Juni 2023 sampai tanggal 10 Juli 2023 dari Dallas akan ee membuka klinik lkpm dari jam 9 Hingga jam 12 siang ya mbak ya lewat Zoom ya Jadi silakan Bapak Ibu yang ingin curhat mungkin atau ada yang bertanya ke lu

Kesah bantuan ya Mohon bantuan nih dari teman-teman tim dari lkpm silakan menyampaikan keluku saat Anda pertanyaan anda melalui Zoom meeting yang akan disampaikan nanti ya mungkin akan ditayangkan untuk username-nya di situ bisa Bapak Ibu sampaikan mulai dari jam 9 Hingga jam 12.00 siang Oke kita lanjut ya Ada pertanyaan berikutnya nih Apakah

Dapat dilakukan pembetulan apabila terdapat kesalahan lalu langsung aja pertanyaan kedua ya apakah perusahaan dapat mengedit mengirimkan kembali KPM dengan status perbaikan apabila telah lewat periode pelaporan sudah Disinggung juga oleh Mbak Esti tadi ya mungkin bisa mau disampaikan sekali lagi mbak Terima kasih pertanyaannya Bapak Ibu jadi untuk pembetulan lkpm itu masih

Bisa disampaikan Selama masih dalam periode pelaporan jadi tadi lkpm kan statusnya banyak ya Mbak ada draft ada terkirim anda sudah diperbaiki anda perlu perbaikan ada sudah disetujui Nah bagi Bapak Ibu yang misalkan lkpm-nya masih ragu pengisiannya masih butuh apa namanya klarifikasi lagi ke bagian Finance atau ke bagian accountingnya ini

Sedang betul belum ya punya isiannya yaitu bisa disimpan dulu sebagai draft Jangan dikirim ke bkpm dulu jadi tokonya ketika sudah dikirim ke bkpm kemudian ternyata ada yang salah Kemudian Bapak Ibu mungkin agak kesulitan menghubungi visi bpkpm tapi bisa disampaikan kepada pic bkpm jadi tadi sudah disampaikan juga bahwa kita membuka klinik lkpm

Tanggal 26 juni sampai tanggal 10 Juli 2023 nanti bisa disampaikan ke klinik itu atau juga kefodalam untuk Diberitahukan kepada petugasnya bahwa lkpm yang sampaikan salah minta ditolong dikembalikan seperti asalkan masih dalam periode tanggal 1 sampai 10 itu masih bisa kami kembalikan lkpm-nya kemudian bisa dikembalikan lagi kepada bkpm untuk

Diverifikasi Nah yang kedua adalah apakah perusahaan dapat mengedit atau mengirimkan kembali lkpm status perlu perbaikan apabila telah terlewat periode pelaporannya sekali lagi bapak ibu lkpm disampaikan sesuai periode laporannya sesuai tanggalnya jika diminta tanggal 1 sampai 10 Kemudian Bapak Ibu terlambat tadi ya sudah dijelaskan di depan misalkan tanggal

11 nya baru tanggal 12 nya baru jadi statusnya perlu perbaikan sudah tidak dapat lagi disampaikan kpm-nya jadi akan dianggap tidak menyampaikan lkpm jadi lkpm apapun statusnya harus segera dikembalikan kepada bkpm sebelum tanggal 10 atau sebelum ditutup masa periodenya memang di triwulan 4 2022 lalu Mbak dan di triwulan 1 2023 kita melakukan

Tunjangan waktu untuk penyampaian kkpm sekitar 3 atau 5 hari kerja gitu lumayan jadi karena memang ada cash tertentu ya untuk di bulan 4 waktu itu memang kita baru go live untuknya kemudian di triwulan 1 kita kebetulan berbarengan dengan libur lebaran jadi memang kita beri jangka waktu agak lebih lama dan

Itu kita juga berikan pengumuman di Instagram di YouTube Itu juga kita berikan eee notifikasi bahwa lkpm diberikan jangka waktu tapi tidak selamanya akan diberikan jangka waktu Kalau tidak ada tes-tes tertentu Jadi kalau tidak ada kondisi tertentu yang mengharuskan perpanjangan waktu maka kalian tetap disampaikan di tanggal

1 sampai 10 Oke jadi Bapak Ibu jangan sampai lewat dari tanggal 10 Juli ya untuk pergaulan dulu oke sudah dikasih waktu sangat panjang kurang lebih 10 hari ya Bu ya 10 hari jadi bapak ibu mohon diluangkan waktunya dan disampaikan kepada tim lkpm-nya di perusahaan ya uangkan waktu selama 10

Hari karena saat sudah submit disetujui itu belum tentu disetujui karena harus dicek dulu ya Jadi mohon di luangkan waktunya ya oke lanjut kita ke pertanyaan berikutnya apabila perusahaan tidak ada tambahan realisasi pada periode berjalan apakah perusahaan masih wajib ya tadi sudah mengetahui tetep wajib ya Bapak Ibu tetap wajib disampaikan dengan nilai

Nihil ya kami ulangi kembali Jadi bukan berarti tidak ada tambahan realisasi pada periode berjalan kita tidak menyampaikan lkpr nanti kalau tidak menyangkakan KPM tercatat di sistem bahwa memang tidak lapor ya tidak patuh pada periode berjalan tersebut jadi tetap harus wajib disampaikan disampaikan saja Kenapa tidak ada tambahan realisasi seperti itu Saya rasa

Cukup untuk yang ini ya Ada lagi pertanyaan berikutnya Oke Apakah perbedaan antara tahapan konstruksi dan produksi silahkan mungkin konstruksi seperti kami jelaskan waktu saat tadi ya itu untuk tahap persiapan ya Jadi untuk persiapan untuk nanti ketika mau operasi-operasi komersial tahap persiapan otomatis kita mulai bangun-bangun gedung mulai beli-beli sesuatu untuk menunjang kegiatan usaha

Kita ketika kita udah running gitu Jadi segala tahap persiapan itu masih tahap konstruksi kemudian apabila nanti sudah siap operasional kita nanti ada formulir untuk di clear bahwa kita sudah siap operasional misalnya bangunannya sudah Berdiri kita udah siap untuk menjual gitu kita sudah siap untuk industri ya kita sudah siap untuk produksi gitu itu

Nanti kita lkpm-nya beralih menjadi tahap produksi gitu nanti formulirnya pun juga berbeda ada isian tambahan untuk lkpm tahap produksi Oke silahkan Jadi sebenarnya Bapak Ibu di banyak yang menyampaikan ke kami karena terutama di DKI Jakarta Ya Mbak itu kan banyak perusahaan di bidang usaha jasa entah perdagangan atau jasa konsultan

Atau apa yang berhubungan dengan jasa banyak yang menghubungi kami Bu kami itu tidak berproduksi loh kamu itu hanya menjual jasa menjual barang gitu kan Ini tahu produksi itu maksudnya apa Jadi yang disebut produksi di sini itu hanya tahapannya Jadi bukan proses produksinya jadi apapun apa namanya usaha Bapak Ibu

Sekalian itu Selama masih tahap pembangunan Berarti masuk ke tahap konstruksi ketika sudah komersial maka masuk ke tahap produksi jadi produksi ini bukan proses produksi jadi yang bukan bukan istilah tahapannya saja istilah tahapan ketika masuk ke tahap komersial selesai konsumsi apapun itu bidangnya menjadi jasa atau memang pembuatan seperti di

Industri ada barang itu semua masuknya tahap produksi Oke jadi tidak hanya membuat barang jadi barang jadi gitu kan biasanya termasuk istilah produksi yang sempurna Yaitu tahapan produksi adalah tahapan komersial jadi sudah menjual barang ada pertanyaan oke oke pertanyaan terakhir ya oke perusahaan telah melaporkan lkpm namun terkena belas email peringatan Apa yang harus

Dilakukan oleh perusahaan ini bingung juga nih Mbak nih Baik saya jawab ya Jadi gini mungkin bisa dicek dulu Bapak Ibu lkpm yang dikenain peringatan itu statusnya apa Jadi kalau statusnya memang perlu perbaikan ya pasti kena peringatan karena tidak diperbaiki tidak segera diperbaiki di tanggal 1 sampai 10 itu

Tadi jadi pasti harus diperbaiki Jadi kalau sudah lewat periodenya dan tidak diperbaiki pasti berulang berikutnya akan mendapatkan surat peringatan tadi pertanyaannya Apa yang harus dilakukan oleh perusahaan nah tadi juga sudah disampaikan ya untuk sanksi ini bisa digugurkan masih bisa diberikan ampunan untuk bapak ibu menggugurkan sanksi yaitu dengan memberikan lkpm atau memberikan respon

Untuk lkpm periode berikutnya jadi otomatis sanksi nanti akan gugur di tahap berikut pertanyaannya nih Mbak pada saat lkpm ini dikembalikan itu pasti akan ada evaluasi dari tim Apa yang harus dilakukan oleh perusahaan Jadi Bapak Ibu harusnya lebih jeli lagi membaca apa yang menjadi evaluasinya begitu ya perbaikan dari verifikator itu juga anda

Di notifikasi email yang tadi disampaikan di email pic lkpm Jadi selain dikasih tahu lkpm-nya menjadi perlu perbaikan itu juga dikasih tahu apa yang menjadi catatan dari verifikator apa yang Perlu diperbaiki atau yang apa yang perlu diklarifikasi ulang oleh verifitor seperti itu oke Cukup jelas sekali oke tidak ada lagi

Pertanyaan Ya baik terima dan juga Mbak Esti hari ini yang luar biasa kurang lebih 1 jam kita bersama loh kita sudah ada di penghujung acara tapi mungkin sebelum kita menutup acara hari ini saya mungkin ingin sedikit kata-kata terakhir nih silahkan dimulai dari Mbak Esti dulu kepada bapak ibu pelaku usaha yang

Bergabung bersama kita melalui channel YouTube di Kementerian investasi bkpm dan juga OSS Indonesia silahkan Mbak Esti Bapak Ibu pelaku usaha jangan lupa disampaikan ya kpm-nya untuk triwulan 1 bulan 2 2023 untuk pelaku usaha non UMK dan semester 1 2023 untuk pelaku usaha UMK Jadi jangan sampai terlambat tanggal

1 sampai 10 Juli Jika Bapak Ibu kesulitan dalam menyampaikan lkpm entah apapun itu kendalanya itu bisa menghubungi kami pertama di klinik lkpm itu sudah di share ya di IG oss.go.id untuk linknya jadi tanggal 26 juni sampai tanggal 10 Juli sudah di share di situ kemudian setiap hari setiap tanggal setiap jam 9

Sampai jam 12 siang itu setiap hari kita menerima kurang lebih 100 pelaku usaha yang akan kita apa namanya coaching clinik ya istilahnya jadi one by one Mbak itu jadi antara satu orang bkpm dengan satu pelaku usaha jadi satu persatu kita tanggapi satu persatu mungkin nanti agak menunggu sebentar ya

Karena mungkin petugasnya enggak terlalu banyak kurang lebih durasi curhatnya bisa Berapa lama nih maksimal 10 Oke besok saya ngantri lagi 10 menit berarti sepanjang 26 sampai tanggal 10 saya boleh curhat ya pokoknya kalau dapat nomor antrian bisa masuk silahkan 10 menit curhat ya karena petugasnya mungkin tidak sebanyak tamu

Yang hadir seperti itu kemudian yang perlu diperhatikan lagi adalah mengenai sanksi tadi sudah Disinggung juga ya Bapak Ibu ini adalah hal baru di tahun 2023 ini untuk fitur sanksi itu sudah diberlakukan otomatis oleh sistem OSS jadi tidak bisa mengelak lagi untuk bapak ibu misalkan mengalah Kok saya

Menyampaikan kok Bu mana gitu kan jadi memang sudah diberlakukan oleh sistem jadi Sudah di filter oleh sistem tidak lagi secara manual oleh apa namanya bkpm gitu jadi memang sudah di filter oleh sistem OSS sanksi-sanksi yang diberlakukan kepada para pelaku usaha Jadi kalau kemarin bapak ibu sudah mendapatkan surat peringatan tertulis

Pertama kedua mohon nanti di triwulan keduanya supaya bumbunya sanksinya dan tidak mempengaruhi nilai yang buruk di profil pelaku usahanya makamnya agar segera disampaikan di tanggal tunggu sampai 10 Juli semoga tidak terlambat lagi ya mungkin basraya sedikit ada yang mau disampaikan tadi Bu Esti udah banyak banget ya mungkin selain Kementerian

Investasi bkpm yang tahu lkpm ada rekan-rekan daerah juga nih provinsi kabupaten kota yang mungkin lebih dekat dengan lokasi usaha pelaku usaha ya bisa berkunjung ataupun bisa menghubungi Vic yang di sana ya tentang lkpm panduan lkpm pun juga ada kita udah banyak nyebar nih link-nya ya di mana-mana di

Ataupun ketika kita lagi daftar klinik kita juga ada panduan lkpm by dalam bentuk PDF maupun video Jadi sebelum klinik kita bisa pelajari dulu jadi ketika kita ikut klinik tidak kosong nih jadi kita bisa feedback-nya satu persatu gitu Jadi kita bisa ngomongnya dua arah nih kalau kita masih kosong nanya nanti kita jadi sosialisasi

Padahal cuma 10 menit ya Bapak Ibu ya jadi jangan lupa baca dulu Tonton dulu pasti semua akan ada fasilitasi oleh kita jadi sebelum ketemu dengan dari Galaxy ya Bapak Ibu Silakan cari dulu mungkin di situ ada teori untuk menjawab permasalahannya kalau memang mentok juga nih Silahkan segera konsultasikan melalui Zoom meeting yang

Akan dibuka dari mulai tanggal 26 juni hingga tanggal 10 Juli 2023 jamnya hanya jam 9 sampai jam 12 siang ya Bapak Ibu ya Jadi Bapak Ibu jangan sampai protes nih kok eee Aku enggak bisa dapat sih padahal sudah jam 01.00 itu udah lewat gitu jadi silahkan menunggu besoknya ada

Nomor antrian juga ya mbak ya betul ya Dan waktunya hanya maksimal 10 menit terus juga bisa melalui email ya Mbak ini bisa email bisa berlaku masih masih boleh boleh ya agak lama ya tapi untuk bapak ibu yang mungkin kesabarannya tingkatnya tinggi dan masih ingin curhat belum puas silahkan mengirimkan email

Anda ke dalam @bkpm.go.id secara melalui tims kalau nggak salahnya itu masih kita buka setiap hari juga itu tapi harus ngantri juga jadi memang itu sudah terjadwal kalau fondalak ya jamnya dari jam berapa Mbak kalau biasanya jam 9 sampai jam 12.00 tapi nanti sudah terjadwal jadi Bapak Ibu ketika memilih iPhone galak akan

Diberitahu jam konsultasinya misalkan jam 9.00 sampai 9.20 seperti itu Jadi selain klinik masih kita membuka F4 baik-baik Terima kasih banyak Mbak Esti dan juga untuk hari ini Semoga semua Bapak Ibu pelaku usaha sudah mendapatkan informasi yang lengkap ya terkait penyampaian lkpm dan juga dicatat Bapak Ibu terkait tanggalnya ingat sekali lagi

Penyampaiannya dari tanggal 1 hingga 10 Juli 2023 jangan sampai terlambat karena sekarang sudah ada fitur sanksi dan juga profil sebagai raport bapak ibu semua Ya baiklah Bapak Ibu kita sudah di penghujung acara Terima kasih sekali lagi Mbak Esti dan juga Mbak sudah mampir ke sini untuk memberikan edukasi

Yang bermanfaat bagi para pelaku usaha kita dan terima kasih kami juga ucapkan kepada bapak ibu pelaku usaha yang setia bersama kami dari pagi hingga siang hari ini semoga edukasi yang kami berikan bermanfaat bagi usaha bapak ibu semua dan kami mohon jangan lupa di like dan juga di share tayangan kami hari ini

Jangan lupa dikomen juga bagi Bapak Ibu yang mungkin ingin bertanya sedikit terkait lkpm boleh di eee di kolom komen ya nanti akan ditanggapi semoga juga bapak ibu dapat memberikan konten-konten menarik ini kepada teman-teman pelaku usaha yang lain semoga pelaku usaha yang lain juga mendapatkan informasi yang sama Baiklah

Saya ke semua Tupang selaku MC pada hari ini bersama tim yang bertugas mengucapkan terima kasih dan pamit undur diri wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh sampai jumpa salam semangat bye

Materi papapran dapat diunduh melalui tautan:
https://bit.ly/MateripaparanLKPMTWII
Sobat Kementerian Investasi – BKPM, Info tentang #Tata #Cara #Pengisian #Laporan #Kegiatan #Penanaman #Modal #LKPM #UMK #dan #UMK ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 01:13:26 detik.


Sekedar mengingatkan bahwa, cso.biz.id siap membantu dan melayani berbagai masalah dan berusaha memberikan solusi terbaik untuk anda,

Apabila Dirimu, penggemar setia Kementerian Investasi – BKPM memiliki MASALAH apapun itu, kamu bisa silahkan dikonsultasikan di website www.cso.biz.id ini guna mendapatkan Solusinya.

Selain itu, Apabila anda membutuhkan peluang untuk mendapatkan PENGHASILAN TAMBAHAN hingga puluhan juta Rupiah setiap bulannya, Sobat bisa bergabung dalam Forum komunitas bisnis indonesia ini. ini.

Punya Masalah Tata Cara Pengisian Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) Non UMK dan UMK ? ..!! DAPATKAN SOLUSINYA, KLIK DISINI

Begitulah sekilas tentang Tata Cara Pengisian Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) Non UMK dan UMK yang telah dilihat oleh 42212 penonton, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. © Kementerian Investasi – BKPM 4406 | #Tata #Cara #Pengisian #Laporan #Kegiatan #Penanaman #Modal #LKPM #UMK #dan #UMK

0 Reviews

30 thoughts on “Tata Cara Pengisian Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) Non UMK dan UMK”
  1. Maaf mau tanya ini tu tentang pelaporan apa ya ,.tetangga sy dapat email ini tapi bingung kenapa bisa dapet email maksud y ini pemberiatauan tentang apa ya..terima kasih

  2. Jika tertera pemberitahuan di fitur buat laporan LKPM, bahwa "laporan proyek sudah selesai" padahal kami belum input, sehingga malah jadi tidak bisa input setiap klik buat laporan, selalu keluar pernyataan tersebut, ada solusinya kah

  3. Ma'af, bagaimana dengan kami yg Perusahaan Konstruksi /Kontraktor, yang usahanya berdasarkan perolehan proyek dari Pemerintah/Swasta, bagaimana format kami bisa mengisinya ??? ..karena kategori laporan Produksi dan beroperasi produk yg sdh dihasilkan jual /diekspor ….usaha kami tidak begitu (tender-Konstruksi-diserahkan dan selesai), dan bagaimana kami bisa melaporkan kalau tender kalah ..! …

  4. Terlalu bertele2 bagi usaha kecil kelompok rumah tangga, terlalu banyak aturan lapor melapor, klu yg salah server minta maaf, klu usaha kecil telat kena sanksi, terserah bg kami orang kampung mau sanksi mau tidak kami tetap jalan buat kue, dagang di pasar dln

  5. Gimana klu perusahaan yang baru bergabung akhir tahun kmrn dan baru kmrn diikutkan tender… kalah ! Saya mohon dibantu gimana cara pengisiannya karna saya masih baru (resiko Rendah). Terimakasih

Tinggalkan Pendapat atau Komentar

Produk dan Layanan

ADITIA NUGRAHA AGEN BISNIS AKTIVITAS AGEN ASURANSI AKTIVITAS AGEN PERJALANAN WISATA AKTIVITAS AKUNTANSI, PEMBUKUAN DAN PEMERIKSA AKTIVITAS ARSITEKTUR AKTIVITAS BIRO PERJALANAN IBADAH UMROH DAN HAJI KHUSUS AKTIVITAS BIRO PERJALANAN LAINNYA AKTIVITAS DEBT COLLECTION AKTIVITAS DESAIN INDUSTRI LAINNYA AKTIVITAS DESAIN INTERIOR AKTIVITAS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL/ DESAIN GRAFIS AKTIVITAS DESAIN KONTEN KREATIF LAINYA AKTIVITAS DESAIN PERALATAN RUMAH TANGGA DAN FURNITUR AKTIVITAS FOTOGRAFI AKTIVITAS HOSTING DAN YBDI AKTIVITAS JASA INFORMASI AKTIVITAS JASA PENUNJANG USAHA LAINNYA Aktivitas Jasa Perorangan Lainnya YTDL AKTIVITAS JASA SISTEM KEAMANAN AKTIVITAS KANTOR BERITA OLEH SWASTA AKTIVITAS KEBERSIHAN BANGUNAN DAN INDUSTRI LAINNYA AKTIVITAS KEHUMASAN AKTIVITAS KEINSINYURAN DAN KONSULTASI TEKNIS AKTIVITAS KONSULTAN HUKUM Aktivitas konsultan kekayaan intelektual AKTIVITAS KONSULTAN KEKAYAAN INTELEKTUAL AKTIVITAS KONSULTANSI PARIWISATA AKTIVITAS KONSULTANSI TRANSPORTASI Aktivitas Konsultasi Bisnis Dan Broker Bisnis Aktivitas Konsultasi Bisnis Dan Broker Bisnis AKTIVITAS KONSULTASI KEAMANAN INFORMASI AKTIVITAS KONSULTASI KOMPUTER DAN MANAJEMEN FASILITAS KOMPUTER LAINNYA AKTIVITAS KONSULTASI MANAJEMEN LAINNYA AKTIVITAS KONSULTASI PAJAK AKTIVITAS MANAJEMEN DANA LAINNYA AKTIVITAS PEMROGRAMAN KOMPUTER LAINNYA AKTIVITAS PENEMPATAN PEKERJA RUMAH TANGGA AKTIVITAS PENEMPATAN TENAGA KERJA DARING (JOB PORTAL) Aktivitas Penerbitan lainnya AKTIVITAS PENERJEMAH ATAU INTERPRETER Aktivitas Pengembangan Aplikasi Perdagangan Melalui Internet (E-Commerce) AKTIVITAS PENGEPAKAN Aktivitas Pengolahan Data AKTIVITAS PENUNJANG ASURANSI, DAN DANA PENSIUN LAINNYA AKTIVITAS PENUNJANG JASA KEUANGAN LAINNYA AKTIVITAS PENUNJANG PERDAGANGAN BERJANGKA KOMODITI LAINNYA AKTIVITAS PENYEDIA GABUNGAN JASA PENUNJANG FASILITAS AKTIVITAS PENYEDIAAN TENAGA KERJA WAKTU TERTENTU AKTIVITAS PENYELEKSIAN DAN PENEMPATAN TENAGA KERJA DALAM NEGERI AKTIVITAS PENYELEKSIAN DAN PENEMPATAN TENAGA KERJA LUAR NEGERI AKTIVITAS PENYELIDIKAN AKTIVITAS PENYEWAAN DAN SEWA GUNA USAHA TANPA HAK OPSI ALAT PESTA AKTIVITAS PENYEWAAN DAN SEWA GUNA USAHA TANPA HAK OPSI ALAT REKREASI DAN OLAHRAGA AKTIVITAS PENYEWAAN DAN SEWA GUNA USAHA TANPA HAK OPSI BARANG KEPERLUAN RUMAH TANGGA DAN PRIBADI AKTIVITAS PENYEWAAN DAN SEWA GUNA USAHA TANPA HAK OPSI MESIN PERTANIAN DAN PERALATANNYA AKTIVITAS PROFESIONAL, ILMIAH DAN TEKNIS AKTIVITAS TELEKOMUNIKASI AKTIVITAS TELEKOMUNIKASI TANPA KABEL ASURANSI JIWA KONVENSIONAL ASURANSI UMUM KONVENSIONAL DANA PENSIUN PEMBERI KERJA KONVENSIONAL DIAN RISQI GADIS DESA INDONESIA JAJAK PENDAPAT MASYARAKAT JASA INFORMASI PARIWISATA JASA JUAL KEMBALI JASA TELEKOMUNIKASI JASA KONTEN SMS PREMIUM JASA PENYELENGGARA EVENT KHUSUS (SPECIAL EVENT) JASA PENYELENGGARA PERTEMUAN, PERJALANAN INSENTIF, KONFERENSI DAN PAMERAN (MICE) JASA PRAMUWISATA JASA RESERVASI LAINNYA YBDI Jasa Reservasi Lainnya YBDI YTDL KEGIATAN PENUKARAN VALUTA ASING (MONEY CHANGER) LAYANAN PINJAM MEMINJAM UANG BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI (FINTECH P2P LENDING) KONVENSIONAL Manajer Investasi PEDAGANG BERJANGKA PELATIHAN KERJA BISNIS DAN MANAJEMEN PERUSAHAAN PELATIHAN KERJA PARIWISATA DAN PERHOTELAN SWASTA PELATIHAN KERJA PERTANIAN DAN PERIKANAN SWASTA PELATIHAN KERJA PERUSAHAAN LAINNYA PELATIHAN KERJA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PERUSAHAAN PENASIHAT INVESTASI BERBENTUK PERUSAHAAN Pendidikan Bimbingan Belajar Dan Konseling Swasta PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN SEJARAH/CAGAR BUDAYA PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN SENI PENELITIAN PASAR PENERBITAN SURAT KABAR, JURNAL DAN BULETIN ATAU MAJALAH PENYEWAAN VENUE PENYELENGGARAAN AKTIFITAS MICE DAN EVENT KHUSUS PERANTARA MONETER LAINNYA PERDAGANGAN BESAR BERBAGAI MACAM BARANG Perdagangan eceran bukan di toko, kios, kaki lima dan los pasar PERGADAIAN KONVENSIONAL PERIKLANAN Portal Web Dan/Atau Platform Digital Dengan Tujuan Komersial Portal Web Dan/Atau Platform Digital Dengan Tujuan Komersial Portal Web Dan/Atau Platform Digital Dengan Tujuan Komersial RDP GROUP REAL ESTAT ATAS DASAR BALAS JASA (FEE) ATAU KONTRAK REAL ESTAT YANG DIMILIKI SENDIRI ATAU DISEWA

Holding company

Kontakscreen tag