Sosialisasi Kemudahan Mendapatkan Izin Edar Pangan Olahan untuk Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK)

CSO – Tyas tuh nama budaya salam kebajikan Selamat pagi dan tentunya Trans sejahtera bagi kita semua yang terhormat narasumber yg buruk Ivan naik ke STP MSI koordinator kelompok substansi peningkatan peran pemerintah daerah di bidang pangan olahan badan pengawas Obat dan Makanan yang telah hadir secara virtual dan juga kepada yang terhormat narasumber Bapak Rahmat Ramdani

Relationship Manager BNI KC Mataram beserta jajaran dari Bank Panin Mataram serta Bapak Ibu seluruh pelaku UMKM perseorangan yang berbahagia korek recordings recording kami ucapkan selamat datang di Grand Imperial ballroom kota Mataram tentunya senang sekali dan dengan berbangga hati saya Dita Martiani kembali hadir menemani bapak ibu semua dalam rangkaian acara

Sosialisasi setelah pemberian Edge yang telah dilakukan hari kemarin Hai dan juga tak lupa kami menyapa kepada seluruh pelaku UMKM perseorangan Bapak Ibu yang masih setia mengikuti kami secara daring dikenal YouTube kami Kementerian investasi bkpm dan juga OSS Indonesia Hai baik Bapak Ibu Sebelum kita mulai acara ini sosialisasi hari ini merupakan

Tindak lanjut dari pemberian NIP yang telah Bapak Ibu dapatkan dan juga telah kita ikuti bersama acaranya hari kemarin dimana setelah mendapatkan NIP ini banyak dari pelaku usaha bertanya apakah memang cukup hanya sampai mendapatkan EB saja ataukah ada perizinan perizinan lain atau mungkin ada keuntungan lain dari enip yang bisa kita dapatkan hari

Ini kita akan bersama-sama Mengikuti sosialisasi dan tentunya sosialisasi ini juga merupakan rangkaian acara Kota Mataram merupakan kota keenam pelaksanaan NIP di Tahun 2022 oleh Kementerian investasi bkpm dan masih akan berlanjut di kota-kota berikutnya dan bagi Bapak Ibu yang ingin mengetahui materi-materi sebelumnya pasti ada beberapa dari bapak ibu Hai yang

Mengurus sertifikasi halal entah itu mengurus SNI entah itu ingin juga mengurus perizinan terkait spp-irt dan lain-lain Bapak Ibu boleh Hai silakan untuk subscribe YouTube kami di Kementerian investasi bkpm ataupun OSS Indonesia disitu keseluruhan materinya dapat Bapak Ibu nonton dapat Bapak Ibu lihat dan pastinya peka akan bermanfaat untuk bapak ibu semua Sebelum

Kita mulai biar kita semangat nih karena bapak ibu kepada sudah hadir ya Di acara sini ya Jadi boleh kita kasih yel-yelnya dulu ya Bapak Ibu Ya boleh ya siap ya bye pelaku UMKM perseorangan Oh luar biasa boleh Tepuk tangan buat kita semua [Musik] cce dan untuk menambah semangat Bapak

Ibu boleh saya kasih pantun satu aja boleh enggak Bu boleh nggak Hai ah ah Ketika saya ajukan pantun perbaitnya boleh dijawab cakep ya cakep jangan sekarang Pak nanti nanti saya terus Ipung Halo lagi Oke baik kita mulai ya jalan-jalan ke Mandalika jangan lupa membeli mutiara apa kabar para pelaku UMKM semua

Semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tentunya berbahagia terima kasih Hai bye bye Bukit akan segera masuk ke pada sesi paparan dari narasumber kita yang sudah hadir secara daring namun sebelumnya saya akan menjelaskan terlebih dahulu mekanisme tanya-jawab setelah nanti sesi paparan dimulai Bapak Ibu atau kita akan melakukan sesi

Diskusi atau tanya jawab gimana pertanyaan dapat Bapak Ibu ajukan secara langsung kepada narasumber dan kita juga menerima pertanyaan dari bapak-ibu yang mengikuti kami secara daring silahkan untuk mengetik pertanyaan di livechat Kementerian investasi bkpm YouTube kami dengan mengirimkan nama spasi pertanyaan dan juga bapak ibu yang hadir di sini boleh langsung angkat tangannya nanti

Kita akan langsung lanjutkan untuk sesi diskusi Baik untuk selanjutnya kita akan langsung saja mengundang narasumber kita yang pertama Hai banget terkait materi yang tentunya akan bermanfaat bagi kita Hai Bagaimanakah kemudahan untuk mendapatkan izin edar pangan olahan untuk pelaku UMK dan untuk narasumber yang pertama telah hadir secara daring mungkin boleh kita menyapa terlebih

Dahulu belum terhubung baik jadi untuk materi yang pertama ini kita akan mendapatkan penjelasan Bagaimanakah terkait kemudahan untuk mendapatkan izin edar Bapak Ibu di sini bidang usahanya atau kalau boleh tahu Hai ada yang kuliner Hai olahan makanan Hai kerajinan juga terkait olahan makanan tentunya akan menjadi bahasan kita untuk izin edar ini karena memang

Untuk perizinannya seperti yang tadi sudah saya sampaikan Bapak Ibu tidak hanya akan mendapatkan ebook saja tapi terkait bidang usaha yang dijalani tentunya akan ada perizinan perizinan yang harus diurus ya Bapak Ibu ya Sesuai dengan kewenangan dari Kementerian lembaga masing-masing mungkin boleh kita coba untuk narasumber Ibu Rocky fanai ke

Baik selamat pagi buruk Ivan naik ke Selamat pagi Selamat pagi Bu mohon izin suara saya terdengar jelas ya Bu ya ya terdengar baik-buruk terdengar Ya sudah terdengar Ibu sangat jelas terdengar ya Bapak Ibu ya terdengar baik-buruk kita bertemu lagi nih kemarin kita udah ketemu di Banyuwangi ya Bu sekarang kita

Ketemu lagi di Mataram akhirnya kabar Ibu baik-baik Alhamdulillah baik Sebelum kita mulai saya akan membacakan secara singkat TV dari ibu Rocky Valley ke ibu Kiva naik ke beliau lahir di Jakarta merupakan lulusan S2 ilmu pangan IPB yang sudah berkarir di BPOM dari tahun 2002 dan sampai saat ini beliau telah

Menjabat sebagai koordinator kelompok substansi peningkatan peran pemerintah daerah di bidang pangan olahan di Direktorat pemberdayaan makanan pemberdayaan masyarakat mohon maaf dan pelaku usaha pangan olahan untuk itu kita langsung saja silakan Ibu Ruki untuk menyapa terlebih dahulu para peserta yang hadir di Mataram ini di Grand Imperial ballroom dan juga para

Peserta yang mengikuti kami dengan Setia tentunya melalui kanal YouTube kami persilahkan yg buruk Ivan nikel Oh ya king king king Hai assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Selamat pagi bapak dan ibu semua eh senang sekali pada kesempatan pagi hari ini saya bisa bertemu dengan Bapak Ibu pelaku usaha di kota Mataram

Eh pada ke Pada kesempatan kali ini saya akan membawakan terkait dengan kemudahan untuk mendapatkan izin edar pangan olahan semoga ini berguna ya buat bapak ibu semua terutama untuk pelaku usaha yang bergerak di bidang makanan tapi tidak menutup kemungkinan juga untuk bapak ibu pelaku usaha di bidang lain nanti apa-apa bisa menggunakan informasi

Ini jika suatu saat bapak ibu akan eh bapak-bapak memulai usaha juga ya di bidang pangan olahan Eh pake Bapak dan Ibu Mungkin kita bisa langsung Raisa ia materinya silakan lele flight I make ehem ehem Pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan terkait dengan nanti ada sedikit pendahuluan kemudian eh apaan eh perizinan sertifikat

Pembunuhan komitmen produksi pangan olahan usus rumah tangga untuk spp-irt kemudian juga registrasipangan olahan di Badan POM dan juga nanti penutup Oke sebagai sebagai pendahuluan naik slide hai hahaha bapak ibu semua sesuai dengan undang-undang nomor 18 tahun 2012 tentang pangan eh make setiap eh pangan yang diedarkan di wilayah kita ya di

Wilayah Indonesia itu semua harus mempunyai eh izin edar apakah apakah nanti yo terkait kejadian pangan itu apakah pangan segar pangan pangan segar itu bisa berasal dari pangan segar asal tumbuhan kemudian pangan segar eh salah-salah hewan juga ada pangan sejarah sang ikan eh kemudian juga pangan olahan Nah untuk pangan olahan ini pangan olahan

Terkemas ya orang-orang olahan berkemas dan jasanya diberikan label ya Nah untuk untuk yang seperti ini ini juga perlu mendapatkan eh apa hai izin izin edar itu ya Hah contoh-contohnya Apa saja Nah ini bisa dilihat ya Bapak Ibu untuk yang pangan segar asal tumbuhan kemudian asal hewan eh kemudian Eh asal ikan ini

Contohnya seperti ini Nah ada beberapa yang eh cutter kategori pangan segar walaupun sudah mengalami pengolahan minimal misalnya kalau dilihat disini misalnya eh apa-apa eh madu murni itu masuk di dalam apa-apa di dalam pangan segar asal hewan ya kemudian ada yang sudah dibekukan seperti misalnya kita ikan segar beku udang segar eh

Pilat ikan beku hunaka juga masuk ke dalam kategori pangan segar nah Pada kesempatan kali ini saya akan membahas terkait dengan yang pangan oleh nyata untuk pengolahan ini ada dua izin edar itu tapi sertifikat pemenuhan komitmen produksi pangan industri rumah tangga dan sudah juga sertifikat izin edar untuk eh makan makanan dalam negeri atau

Makanan luar negeri yang dikeluarkan oleh Badan POM nah ini berlaku untuk semua jenis pangan olahan Nah mana saja nanti yang bisa spp-irt atau mana saja yang harus Ride atau email Nah kita akan lihat ya Pada kesempatan kali ini oke eh Hai ini mohon maaf Apakah slide nya tuh dari saya atau bisa Naya

Hai polisi Sepertinya itu tampilan dari tempat Ibu ruqyah eh bukan sih atau saya sini ya saya serius lem ya Oke Baik silakan ibu Hai kejunya coba Caesar Oh ya sebentar hai hai Oh ya oke Pada kesempatan kali ini kita akan lebih mendalami tauhid dengan eh bersertifikat pembunuhan komitmen untuk

Produksi pangan olahan this rumah tangga atau spp-irt dan juga apa izin edar dari Badan POM nah oke kita lihat selanjutnya nah perbedaan antara izin edar badan.pom dengan spp-irt kita bisa lihat di sini nah biasanya untuk spp-irt ini spp-irt dikeluarkan oleh Pemda ya pemerintah daerah oleh dinas kesehatan dpm-ptsp dan juga nanti Dinas Kesehatan

Setempat nah disini biasanya untuk spp-irt ini telepon nomornya ada kode Tei nomor sekian sekian ini biasanya 15 digit nah kemudian kalau untuk Badan POM yang juga ada Om ini biasanya ada folder badan.pom atau BPOM RI MD kemudian diikuti dengan 12 digit kemudian Badan POM RI email untuk 12

Digit layang MD ini adalah untuk makanan dalam negeri sedangkan yang email ini adalah makanan luar negeri artinya makanan yang diimpor ya Nah kemudian bapak ibu semua tak pernah perbedaan lainnya adalah untuk spp-irt kriterianya adalah tempat usahanya di tempat tinggal jadi kalau bapak dan ibu punya usaha di rumah di rumah tinggal

Maaf Bapak dan Ibu eh apa Hai bisa email bisa mengajukan Eh nomor izin edarnya adalah spp-irt nah kemudian eh untuk pangan olahan yang diluar tempat tinggal maka Bapak dan Ibu harus mengurus izin mb atau ML itu hai hahaha Hai uang Kemudian untuk yang lain adalah eh pangan olahan ya diproduksi secara

Manual sehingga semi-otomatis nah ini terkait dengan alatnya ya Eh apa Ya udah ntar Oh ya oke oke apakah sudah yo siap oke oke ya enggak pergi ya Eh ini pangan olahan yang diproduksi secara manual hingga semi-otomatis ini artinya alatnya ya alat yang dipergunakan manual hingga semiotomatis Nah ini bisa mendapatkan

Nomor spp-irt nah kemudian jenis pangan untuk produksi industri rumah tangga ini mengacu pada lampiran peraturan pada peraturan Badan POM nomor 22 tahun 2018 tentang pedoman pemberian sertifikat produksi pangan justru mah tangga Jadi kalau pangannya tidak ada di lampiran ini maka harus mengurus di Badan POM atau mendapatkan nomor izin edar MD atau

Email aja di Bapak dan Ibu eh perlu diingat kembali ya kalau di rumah tinggal kemudian peralatan Emmanuel hingga semiotomatis Nah ini bisa mendapatkan nomor p-irt tapi tapi kalau bapak dan ibu usahanya udah di luar tempat tinggal sudah bikin ruangan sendiri atau ia menyewa empat sendiri gitu ya untuk produksi pangan maka Bapak

Dan Ibu harus mendaftarkan produk kepada ibu di Badan POM scene-scene x-ride Hai Hah bapak-bapak dan ibu-ibu walaupun tadi dikatakan bahwa semua harus ada izin edarnya tetapi ada beberapa ketentuan yang lapangan ini tidak wajib memiliki izin edar badan.pom ataupun spp-irt nah apa-apa saja yaitu produk pangan yang masa Simpannya kurang dari tujuh hari

Jadi Bapak dan Ibu kalau punya produk kemudian dikemas mau dijual atau atau dititipkan misalnya di minimarket supermarket ya kalau masa Simpannya kurang dari tujuh hari ini sudah Badan induk tidak wajib untuk mendapatkan izin edar atau mempunyai izin edar kemudian diimpor dalam jumlah kecil nah diimpor dalam jumlah kecil ini misalnya untuk

Keperluan sendiri untuk keperluan penelitian dan seterusnya nah kemudian digunakan lebih lanjut sebagai bahan baku Jadi jadi kalau misalnya Bapak dan Ibu membeli produk pangan dalam nah sebelah abshar kemudian digunakan untuk apa-apa mengolah lagi diolah lagi nah ini Eh bisa Bisa tidak mendapatkan sebagai ataupun MD kemudian pangan olahan dalam jumlah besar dan tidak

Dijual secara langsung kepada konsumen akhir Talisa misalnya Bapak Ibu punya rumah makan perlu misalnya eh apa ya kerupuk dalam jumlah besar gitu ya Balki nah ini Bapak dan Ibu bisa membeli dan yang dijual ini karena karena tidak langsung ya tidak langsung dijual ke konsumen akhir Bapak dan Ibu bisa tidak

Menggunakan tidak perlu Yah ada spp-irt kemudian yang lain diolah dan dikemas di hadapan pembeli ini biasanya masuk atau kategori juga pangan siap saji Ya misalnya Bapak dan Ibu bikin makanan kemudian langsung dijual gitu ya lebih makanan siap saji juga tidak bila tidak perlu ada izin edar untuk pangan siap

Saji ini biasanya ada izin produksi tipe-tipe misalnya sangat singkat like hygiene 33 Insan kasih yang dikeluarkan juga oleh pemerintah daerah kenek-kenek slide di Asta and kita masuk ke dalam perizinan untuk spp-irt naik-naik Hai nah bapak dan ibu eh untuk spp-irt ini sebenernya atau Biasanya sih kita sebutnya nomor p-irt ya Nah nomor p-irt

Ini sebenernya perizinannya sudah ada sejak lama ya sejak 2003 apa Eh mulai berlakunya nah Pada kesempatan kali ini dengan adanya penyesuaiannya terbitnya PP Nomor 5 tahun 2021 tentang penyelenggaraan perizinan berusaha berbasis resiko maka namanya sedikit dirubah ya sebelumnya sertifikat produksi pangan gizi rumah tangga saat ini jadi sertifikasi atau sertifikat pemenuhan komitmen produksi

Pangan industri rumah tangga karena Pada kesempatan kali ini saya saya informasikan bahwa untuk spp-irt ini masuk di tingkat resiko perizinannya menengah rendah sehingga saat ini Bapak dan Ibu bisa mengajukan Eh nomor p-irt dan dan eh warna satu seratnya adalah hanya mengajukan komitmen bapak dan ibu dengan adanya

Komitmen dari bapak dan ibu itu langsung disaat orbit nomor p-irt nya makanya di sini kita sebut esertifikasi eh pemenuhan komitmen kenek-kenek slide Hai untuk regulasi terkait spp-irt bisa dilihat saja Bapak dan Ibu tapi untuk secara teknisnya eh Bapak Ibu bisa mempelajari peraturan Badan POM nomor 22 tahun 2018 tentang beberapa eh tentang

Pedoman pemberian sertifikat spp-irt kemudian peraturan Badan POM Nomor 10 Tahun 2021 tentang standar kegiatan usaha dan produk CV sektor obat dan makanan oke nah slide Hai untuk perizinan Eh ini into regulasi-regulasi lainnya Bapak dan Ibu bisa melihat beberapa regulasi yang ada di sini ya Eh sini nga Biasanya sih Eh ini bisa Sambil

Jalan aja ya Bapak Ibu lihat tapi tapi yang paling penting Sebenarnya ada apa aturan tentang cara-cara produksi pangan olahan yang baik untuk industri rumah tangga atau cppb-irt itu bapak ibu harus pahami juga karena nanti suatu saat akan diperiksa ya sarananya oleh Dinas Kesehatan kemudian Jika Bapak Ibu menggunakan BTP harus sesuai dengan

Takarannya sesuai dengan peraturan BPP itu bahan tambahan pangan ya misal pakai pengawet pewarna dan seterusnya tiada slide Hai gagah terkait dengan ketentuan untuk industri dan produk next saja di daerah ini tadi tadi sudah disebutkan ya kalau untuk industri rumah tangga untuk spp-irt ataupun pirt nah ini harus di tempat tinggal kalau produksinya

Sudah tidak di tempat tinggal maka Bapak Ibu harus mengurusnya di Badan POM untuk mendapatkan MD Kenken flight Hai Nah sekarang kita lihat produknya sangat apa saja Nah untuk yang spp-irt ini Bapak dan Ibu tadi sudah di awal Ya sudah sesuai dengan peraturan Badan POM Nomor 22 Tahun 2008 itu yang kita pegang

Di pertama ya kemudian produk pangan olahan kering jadi rata-rata produk yang diperbolehkan untuk mendapatkan spp-irt ini adalah kering biasanya yang istilah-istilahnya yang kadar airnya rendah kemudian yang resikonya rendah risiko dari sisi keamanan pangannya rendah susah ditumbuhi oleh bakteri dan seterusnya kita bisa bisa lihat ya di samping ini ada 11 kode jenis tangan

Yang boleh spp-irt kemudian contoh-contohnya namitra misalnya hasil olahan daging sering ya Kalau salah hasil olahan daging lain yang enggak kering itu enggak boleh pirt contohnya misalnya abon sapi dendeng Nah itu masih boleh key RT atau yang lain apa eh tepung dan hasil olahannya disini snack makanan ringan itu boleh Yang cair itu

Gang boleh misalnya apa sirup natalnya kalau sirup masih boleh kalau sky Hai hidup-hidup karena jumlahnya tinggi ya jadi aman gitu lebih lebih aman nah ini boleh mendapatkan spp-irt nah kemudian masa simpan lebih dari tujuh hari tadi ya udah di depan gini katakan kalau kurang dari tujuh hari sebenarnya

Nggak perlu izin edar jadi untuk spp-irt ini lebih dari tujuh hari kemudian pangan berkemas dan berlabel terus terus ada levelnya terkemas merupakan pangan produksi dalam negeri Nah jadi jadi kalau bapak ibu impor produk kemudian langsung dikemas itu tidak boleh mendapat spp-irt untuk produk impor harus daftar di Badan POM

Mendapatkan nomor tadi ya email ya kemudian tidak boleh mencantumkan kredina ini yang paling penting saat ini dengan kondisi adanya kondisi Pande ini ya banyak apa banyak pelaku usaha memproduksi makanan kemudian eh mencantumkan klem masak misalnya meningkatkan imunitas menjaga ketahanan tubuh dan seterusnya nah ini tidak boleh sebenarnya produk YP atau pirt yang

Mendapatkan nomor p-irt ya mencantumkan klem seperti ini slime-nya Hai Nah apa saja yang contoh yang tidak diijinkan untuk dapat pirt kita dilihat disini bisa pangan olahan tertentu biasanya untuk tuh komunitas yang rentan misalnya apa misalnya untuk bayi produk makanan bayi itu tidak boleh pirt atau makanan untuk penderita diabetes

Misalnya nah nah tahu eh apaan kanan lain untuk untuk untuk atau maluna misalnya itu tidak boleh irt kemudian pangan stereo komersial lapangan secara komersial ini biasanya pakai alat sterilisasi pakai retort misalnya Nabila biasanya produk-produk ini kalau di Jogja itu banyak sekali produk-produk dalam kaleng gudeg gudeg dalam challenging kemudian kikil dalam kaleng

Tempe bacem dalam kaleng itu ada nah itu nah itu biasanya pakai prosesnya sterilisasi komersial dan it’s tidak boleh mendapatkan ijinnya pirt nah kemudian yang diproses dengan postur isasi penyimpanannya memerlukan lemari pendingin lah ini juga tidak boleh pangan yang diproses dengan pembekuan penyimpanannya memerlukan lemari pembeku ini juga tidak boleh jadi kalau disimpan

Dingin disimpan di kulkas disimpan di freezer di ketika akan diedarkan Nah itu tidak boleh mendapatkan pirt Nah karena apa Mang karena pangan pangan ini beresiko tinggi kita lihat misal Contoh produknya nugget bakso sosis itu semua bisa dibuat-buat di rumah tangga bisa bisa dibuat dirumah ta tentang enggak tetapi ketika diedarkan dia pasti perlu

Lemari pembeku ataupun lemari pendingin untuk bisa sampai lebih dari tujuh hari Nah untuk kondisi-kondisi seperti ini produknya itu tidak boleh mendapatkan izin edar pirt harus daftar di Badan POM make slide yo yo next Hai tambah bapak dan ibu untuk eh vander untuk pirt ini atau persyaratan pirt ini

Bapak Ibu bisa lihat di sini bisa-bisa juga nanti buka di peraturan Badan POM or 10 tahun 2027 di dengan Lex sebelumnya4567 seorangan boleh juga misalnya Badan Usaha yang didirikan oleh Yayasan koperasi persekutuan komanditer persekutuan firma kemudian pelaku usaha harus mengurus spp-irt di lokasi usaha di kabupatennya Eh kalau di kota Mataram

Yati ya Apaan mengurusnya di di dpmptsp kota Mataram ya enggak kemudian eh apa lagi Eh yang paling penting saat ini adalah persyaratan yaitu pernyataan Mandiri atau sampai Creation of Duty terkait pembunuhan kalau kalau bapak dan ibu nanti bersedia untuk mengikuti penyuluhan keamanan pangan harus bersedia memenuhi persyaratan cara

Produksi pangan yang baik untuk industri rumah tangga dan dan juga bersedia memenuhi ketentuan-ketentuan label dan iklan pangan Nah jadi nggak jadi Hai dan ibu harus punya surat pernyataan kalau bapak dan ibu bersedia untuk berkomitmen gitu ya untuk untuk mengikuti ini semua napas karena persyaratan lain Bapak Ibu harus punya rancangan Label Pangan nah

Rencana rancangan label ini yang harus sesuai ketentuan Nah untuk yang lain juga terkait dengan spp-irt ini kita lihat di bagian pengawasan dana Bapak dan Ibu setelah setelah keluar nomor p-irt nya maka Bapak dan Ibu eh apa-apa akan diawasi ya oleh Dinas Kesehatan nah kenalkan dia wash sih oleh dinas kesehatan

Eh dalam jangka waktu tiga bulan setelah Bapak dan Ibu mendapatkan nomor p-irt nah kemudian Kemudian Bapak dan Ibu jika tidak dipenuhi komitmennya yang tiga tadi maka bapak dan ibu akan diberikan waktu lagi tiga untuk memenuhi komitmen Oke kita Oke kita lihat selanjutnya naik flight Hai next Hahaha Bapak Deni Deni Bu eh

Ini kondisi alur penerbitan pirt spp-irt ya kalau sebelumnya Bapak dan Ibu tadi harus lebih lebih dulu mengikuti penyuluhan keamanan pangan harus punya sertifikat PKP Kemudian Kemudian Bapak dan Ibu harus diperiksa dulu sarananya kemudian kalau sarananya sudah sesuai baru bapak dan ibu akan diberikan rekomendasi nomor p-irt nah nah itu

Sebelum-sebelumnya ya sebelumnya ya Nah pada nah pada saat ini pengajuan SPP ini bisa melalui OSS serba harus melalui OSS serba dan dan eh diberikan kemudahan Bapak dan Ibu eh eh nomor p-irt ini terbit dalam jangka waktu satu hari jadi jadi Bapak dan Ibu bisa login ke OSS atau datang ke

Dpm-ptsp ya ke tanaman modal untuk mendapatkan pendampingan kemuna Kemudian Bapak dan Ibu input eh apa-apa input data-data Ibu Yaudah tanpa dan ibu untuk untuk mendapatkan NIP jadi semua yang eh ingin mengajukan nomor p-irt atau spp-irt harus punya n-ide terlebih dahulu Nah setelah setelah Bapak dan Ibu punya enip

Bapak dan ibu Eh bisa eh nanti nanti terhubung langsung ya dengan aplikasi spp-irt dot com.id bapak-bapak Ibu input data produk kemudian upload rancangan label upload pernyataan komitmen tadi yang tiga tadi Nah kalau sudah sesuai semua Bapak dan Ibu langsung bisa terbit nomor p-irt nya bisa bisa langsung digunakan untuk untuk eh apa produksi

Dan izin beredar ya produknya tapi jangan lupa tadi dengan pengawasannya ya dalam waktu tiga bulan Babadan Hai akan dilihat komitmennya Apakah sudah punya sertifikat PKP Apakah sarananya sesuai Apakah label dan iklan pangan yang sesuai seperti itu yaitu ya Bapak dan Ibu kenek-kenek live Hai nah ini ini yang tadi ya Secara

Umumnya seperti ini ya Bapak dan Ibu ketika mengajukan izin tadi pokoknya punya punya dulu data-data produknya Seperti apa punya foto surat pernyataan komitmen yang serius Anda tangani jadi Bapaknya bisa tulis tangan sesuai dengan format yang ada di aplikasi nanti ditulis tangan saja Kemudian ditandatangani difoto atau menggunakan mudian rancangan lebarnya

Juga difoto kalau kalau sudah punya data-data itu Bapa dan ibu Eh bisa langsung iya daftar ya masuk masuk ke OSS kemudian input kelengkapan datanya membuat membuat pemohonan Umpu pada untuk spp-irt kemudian Kemudian klik pemenuhan komitmennya masuk ke aplikasi spp-irt input data ini juga hapa upload rancangan label tadi kemudian upload komitmen nanti langsung

Eh apa nomor piro aku langsung teranalisis dia by system jadi nggak jadi nggak ada nggak ada orang yang analisis dia enggak ada level petugas gitu ya Nah yang sempit langsung terbit21 hari queensland x-ride Hai nabrak Bapak dan Ibu kok eh untuk pengajuan SPP ini hari lagi semua harus

Lewat OSS ya dan harus dan harus punya enip dulu nah ternyata ketika sudah punya elated kbli nya sesuai nanti-nanti di permohonan Umpu itu langsung muncul rw-rt Nah kalau bapak dan ibu klik yang spp-irt nya nanti akan langsung terhubung dengan aplikasi spp-irt dot com.id nah Disini di situ Bapak dan Ibu

Baru mulai Mengapa ya menginput data-data produknya Bapak dan Ibu sesuai sesuai dengan apa yang dingin pak ya di dalam aplikasi tersebut jadi jadi sampai nanti selesai baru kemudian dapat nomor p-irt nah nah kalau Kemudian Bapak dan Ibu punya kesulitan dalam pengajuan spp-irt Bapak dan Ibu bisa menggunakan atau konsultasi ia melalui

Livechat yang ada didalam aplikasi spp-irt jadi jadi bapak dan ibu untuk menggunakan website ini masuk di spp-irt dot com.id kemudian klik yang icon yang ijo yang di bawah ya klik untuk cat nah disitu ada di situ nanti bapak dan ibu bisa langsung konsultasi Ada petugas Tamiya setiap hari kerja dari Malaysia melawan sampai

04.00 video bapak dan ibu bisa mengajukan eh kesulitan ataupun saran ataupun masukkan aduan pun pengaduan gitu ya itu bisa gede Melalui aplikasi ini kenek-kenek slide Hai Nah Bapak dan Ibu nanti kalau mengajukan spp-irt belum belum tentu juga bisa langsung dihubungkan rupiah bisa terbit kadang-kadang kadang juga ditolak Jadi kalau Bapak dan Ibu Eh

Apa-apaan produk-produknya tadi ya disimpan segar kemudian diedit simpan segar sering disimpan di suhu dingin atau atau produknya itu disimpannya di suhu beku Eh kalau bapak ibu mengisi seperti itu maka hahaha hai oh tidak akan terbit nomor p-irt nya Kemudian Kemudian kalau bapak dan ibu mengisi eh apa Masa simpan produk yang

Lebih kurang dari Hai arti dia tidak tidak dapat juga spp-irt tali kejujuran ya dari bapak dan ibu semua kalau kalau memang produknya memang disimpan dingin atau disimpan buku jangan mengajukan pirt karena nanti kalau pada saat pengawasan nanti oleh dinas kesehatan serta Juan maka produknya apa nomor p-irt langsung

Dicabut jadi jadi lebih baik Bapak dan Ibu ketika kondisi produknya adalah tadi disimpan dingin disimpan beku langsung daftar aja di dan pompom Hai anti-anti ya setelah ini kita lihat tata cara pendaftaran di Badan POM TNI makin x-ride Hai nah nah oh untuk spp-irt ini sertifikatnya ya Jadi ada dua lembar di

Halaman pertama ini nanti ada ada pada tab data eh pelaku usaha Iya ada-ada energinya juga ada di halaman pertama kemudian nomor p-irt nya ada di halaman kedua jadi sedih untuk untuk sertifikat spp-irt nya ada dua lembar nomor-nomor pendaftaran atau nomor p-irt bisa dilihat di lembar kedua Nah inilah nanti

Yang Bapak Ibu pesan tumbuhan di label kemasan ya untuk eh apa identik identitas produk Bapak dan Ibu kenek-kenek slide Hai nah nah ini pengawasannya tadi ya Bagaimana sih cara memenuhi komitmennya kepada bapak dan ibu mengikuti penyuluhan keamanan pangan itu ditandai kalau Ibu sudah punya sertifikat PKP atau sertifikat penyuluhan keamanan pangan bagi

Bagaimana kalau belum punya Abadi Bu menghubungi Dinas Kesehatan atau atau nanti Dinas Kesehatan yang akan menghubungi bapak dan ibu ia dalam rangka pengawasan pemenuhan komitmen Nah kamu Nah kemudian memenuhi cara produksi pangan olahan yang baik nanti ada ada pakai ada persyaratan-persyaratan sarana ya yang Bapak dan Ibu harus penuhi nah kemuna

Kemudian label dan iklan sekali 11 snack slide nge-lag selanjutnya nah ini ini cara-cara produksi pangan yang baik untuk industri rumah tangga bapak-bapak dan ibu-ibu walaupun nanti ruang produksi bapak dan ibu di dapur dapur dapur itu berapa sih luasnya ya Eh ada yang gua kali tiga mungkin ada tiga kali

Tiga adanya dua kali empat eh Nah walaupun ruangan produksi Bapak dan Ibu invite seperti itu Tapi tetap saja harus memenuhi ketentuan sarana atau atau cara produksi pangan yang baik ini Bapak dan Ibu artinya intinya sih semua harus bersih misalnya lantainya harus bersih penyiksaan yang masuk langsung dengan tangan itu harus

Bersih tidak berdebu kotak-kotak Safar tempat sampahnya harus berpenutup harus harus ada misalnya toilet bersih ya kemudian apalagi jadi Jadi intinya sih sebenarnya untuk race ke-4 untuk sarana ini lebih ke kebersihan ya Bapak dan Ibu kita produksinya makanan-makanan itu dikonsumsi ya oleh manusia oleh konsumen dan berpengaruh terhadap kesehatan

Konsumen Oleh Oleh karena itu bapak dan ibu tempat produksinya harus bersih harus harus eh apa minimal ke mission minimal dari kuman jadi jadi tidak boleh ada kontaminasi dari yang bahan-bahan otaknya kotor kotor dan seterusnya jadi nah jadi seperti ini akan dilihat ya oleh dinas kesehatan pada saat pengawasan kenek-kenek slide

Hai naskah-naskah yang untuk Label Pangan olahan nah label-label juga harus sesuai dengan bapak dan ibunya Biasanya kalau usaha UMK RPP itu biasanya eh banyak-banyak permasalahan itu tidak mencantumkan kode produksi kode-kode produksi ini penting ya Bapak dan Ibu eh kemudian tanggal kadaluarsa juga tidak detail tidak ditulis jadi kemasan

Jadi jadi eh semua yang wajib pada label seperti nama produk berat bersih apa alamat produsen-produsen ya kemudian apalagi nomor izin edar pendaftaran tadi yakni RT atau MD loh halal DJ bagi yang dipersyaratkan nah ini semua Bapak dan Ibu wajib mengisi nah 11 lagi yang wajib ada saat ini

Adalah informasi nilai gizi kita lihat di next slide next Hai nah nah ini informasi nilai gizi nah informasi nilai gizi ini saat ini menjadi wajib hanya hanya saja kalau untuk irtp untuk UMK maka informasi nilai gizi ini nanti akan disediakan oleh Badan POM Bapak dan Ibu bisa melihat peraturan Badan POM Nomor 16

Tahun 2020 tentang pencantuman informasi nilai gizi untuk pangan olahan yang diproduksi oleh UMK atau atau Keputusan Kepala Badan POM yang nomor HK sensian ini nomor dua nah ini nah ini diisi di sini Bapak dan Ibu sudah ada informasi nilai gizi untuk 163 jenis pangan karena kalau produk Bapak dan Ibu sudah ada di

163 jenis pangan ini maka Bapak dan Ibu sudah wajib mencantumkan informasi nilai gizi tinggi tinggal ambil saja dari dari peraturan ini jadi Sudah disediakan Berapa sih karbohidratnya Berapa sih lemaknya lainnya gitu ya Nah itu udah ada nih disini jadi tinggal diambil saja itu nanti jadi nanti kalau bapak dan ibu eh

Mau bikin label cek ya produknya ada nggak nih di 163 jenis pangan ini kalau kalau sudah ada jadi label nya dilengkapi dengan informasi nilai gizi pakaian-pakaian x-ride e-cash oke sekarang lagi plastik pangan olahan MD atau email tolong integrasi OS srba bapak-bapak dan ibu-ibu jadi semua produk selain yang tadi diperbolehkan untuk spp-irt

Harus didaftarkannya di MD tadi ya kalau produknya udah simpan dingin simpan beku iya harus daftar gmtps Kemudian Kemudian Eh kalau apa tadi lu apa produksinya sudah tidak di rumah tinggal dia daftarnya daftarnya di dmd ya di Badan POM na re na regulasi terkait dengan perizinan Nah peraturan-peraturannya Bapak dan Ibu ini

Sama saja dengan yang tadi spp-irt kecuali eh peraturan Badan POM nomor 27 tahun 2017 tentang pendaftaran pangan olahan jadi-jadi paparan ini bisa lihat di peraturan ini ya kalau untukmu daftar di Badan POM kenek-kenek slide Hai kenek-kenek nah nah ada-ada pangan yang wajib daftar di Badan POM jadi tadi

Tidak boleh spp-irt pangan olahan dijual dalam kemasan eceran jadi eh tadi ya semua pangan memang harus terus itu izin edar gitu ya Nah kalau diluar industri rumah tangga di rumahku di luar rumah tangga harus daftar di Badan POM pangan pangan fortifikasi pangan fortifikasi ini harus didaftarkan misalnya apa tepung tepung

Terigu itu didasari badan.pom minyak goreng di Badan POM garam di Badan POM karena ada portal fortifikan nya harus harus pakai iodium kalau garam ya atau rusak efek kalau terigu dan seterusnya Kemudian Kemudian pangan wajib SNI kalau Nah kalau sudah ada harus wajib SNI maka ini juga harus daftar di badan-badan

Home contohnya itu ada di sini ya yang Stis mp3gambar Nah kamu kemudian tangan program pemerintah nggak bisa Ada ada program khusus ya dari pemerintah atau atau pangan yang ditujukan untuk uji pasar gadget kalau untuk uji pasar ini biasanya coba-coba gitu ya coba-coba produknya dilaunching di apa dikenal dikenalkan nah ini juga harus lebih

Daftarkan dulu Nah kamu udah kemudian bahan tambahan pangan karena kalau ada perusahaan atau pelaku usaha yang produksi bahan tambahan pangan misalnya pengawet pewarna pemanis dan seterusnya harus harus wajib daftar di Badan POM queensland slide Hai Nah Bapak dan Ibu pada saat ini memang sampai hari ini daftar-daftar an empty email ini memang

Belum di Kya tapi rencananya September kita sudah mulai masuk bisa bapak dan ibu mengajukannya melalui OSS kalau-kalau spp-irt tadi langsung ya semua pengajuan udah di Eva sudah Kya tapi tapi kalau khusus untuk yang MDM Lini eh kita sekarang masih dalam fase sosialisasi dan konsultasi publik ya sampai dengan

September akhir itu ia akhir Agustus rencananya caranya lagi September baru bapak dan ibu bisa mengajukan langsung melalui OSS kenek-kenek like Hai nah bapak dan ibu tapi kalau spp-irt diam menengah rendah ya kalau menengah rendah itu tadi pakai komitmen 11 hari jadi nomornya Nah untuk MD ini jadi ada tiga

Kategori resiko untuk produk bapak bapak dan ibu kalau produknya tadi misalnya kripik singkong kemudian Dian sudah bikin ke tempat produksi sendiri nah di lobi kalau gitu kan harus daftar di Badan POM ya karena tempatnya di sudah tidak di rumah tinggal tapi tetapi karena keripik singkong tanpa BTP Bapak

Dan Ibu nanti masuknya di menengah rendah di badan pom pom nanti pakai komitmen seperti itu nah tapi kalau misalnya produknya bapak dan ibu pakai BTP makan nanti masuk ke tingkat resikonya udah berubah lagi ya jadi menengah tinggi ndak tahu dah menengah tinggi nanti ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dulu ada semacam apa

Ya verifikasi dulu terhadap ke produk Bapa dan ibu nah kemudian Kemudian kalau masuk di resiko tinggi resiko tinggi di ya nanti Misalnya tadi ya produk untuk bayi-bayi untuk kesehatan makanan-makanan kesehatan Nah ini masuk masuk di resiko tinggi Nah kalau resiko tinggi itu benar-benar harus dievaluasi dulu divalidasi dulu prodaknya baru-baru

Nanti bisa dapat nomor Oke kita like kita lihat naik slide Hai nah ini ini jadi kalau jadi kalau nanti bapak dan ibu eh apaan produknya masuk di kategori resiko menengah rendah proses itu sama dengan yang di spp-irt ya cuma satu hari dipakai komitmen juga jadi itu Jadi Bapak dan Ibu jangan takut

Eh apa-apa Jangan memaksakan gitu ya mendaftar atau mengajukan di spp-irt Kalau tempat produksinya sudah tiba di tempat tinggal eh atau ke tadi yang apa-apa produknya simpan dingin simpan beku Karena antara sekarang di Badan POM pull kita sama-sama ya Jadi kalau kalau masuk menengah rendah pakai komitmen

Satu hari jadi gitu Nah kalau kalau yang menengah tinggi memang ada eh ini ya ada sedikit evaluasi ya jadi eh ada ada ini ada agak lama gitu ya untuk proses ininya pengajuannya atau nah kemudian untuk yang resiko tinggi ini full evaluasi jadi memang eh lama ya sekitar Tigapuluh hari baru bisa keluar

Jadi-jadian badan ibu saudara lagi jangan ragu-ragu gitu ya untuk mendaftarkan dan jangan takut gitu karena karena sekarang sudah banyak kemudahan-kemudahan yang diberikan Pak enak-enak slide Hai Nah kepada bapak dan ibu untuk mendapatkan Eh nomor izin edar dari BPOM selain tadi Bapak dan Ibu harus punya enip bapak bapak dan ibu harus daftar

Dulu atau registrasi akun dulu nah registrasi akun ini di Irak brpa nanti-nanti ada proses yang harus dilalui untuk registrasi akun baru kemudian nanti lebih Samen daftar OSS ya untuk apa masuk apa masuk ke PB omku pangan olahan slide Hai nah ini ini registrasi akun tatacaranya bebuka web aplikasi care@three.co.id input input data

Perusahaan selaku sahaya kemudian upload dokumen pendukung tunggu evaluasi nanti dikasih password dan user ID uh ya untuk akun di erek-erek herba dot com.id kenek-kenek slide persyaratan daftar akunnya Bapa dan ibu sebenarnya Cuma tiga ini kalau di sini dilihat ya kecuali kalau bapak dan ibu produknya makanan makanan minuman beralkohol Ya hanya NPWP enip

Sama sapa-sapa sertifikat izin pernah Pance pop Nah cuma-cuma untuk sertifikat izin penerapan cpob I kalau untuk UMK nanti bapak dan ibu juga bisa dapat dengan cepat Hai karena hanya pakai penilaian Mandiri saja Nah Bapak dan Ibu nanti bisa mempelajari Bagaimana tata cara mendapatkan is er tifikasi untuk

Cpob jadi ini sekarang semua kalau dulu semua di awal dilihat dulu sarananya dinilai dulu sarananya kalau sesuai sarananya baru bisa mengajukan MD Tetapi kalau sekarang Bapak dan Ibu bisa mengajukan misteri sertifikasi cpob ini melalui OSS juga jadi-jadian sama kayak gini B ini dengan sukses ya kemudian bahwa ini isi dapat emib Kemudian

Kemudian untuk kalau untuk mendaftarkan ymmd kepada ibuku masuk ke OSS daftar di esertifikasi cpob nanti-nanti untuk kalau usaha menengah kecil tingkat resikonya rendah itu Nah itu bisa eh apa mengisi saves Man untuk sarana kemudian bisa terbit dengan cepat SPP hehehe sertifikat cpob nya ini bisa ini bisa digunakan untuk daftar teknik MB ya

Seperti itu kenek-kenek slide Hai nah nah ini ini yang tadi saya bilang ya Oh masuk dulu di OSS ajukan UMK untuk pangan olahan baru nanti langsung di Samak spp-irt tadi langsung dihubungkan ke fire.co.id kalau-kalau untuk yang MD ini nanti langsung dihubungkan ke irek Erba dot com.id nabrak baru setelah itu Bapa deng

Ibu memilih eh apa-apa perizinan sesuai dengan tingkat resiko tadi Nah kalau kalau yang resikonya menengah rendah Iya tadi bisa langsung satu hari terbit kalau kalau masih Mas produk-produknya di menengah tinggi Maka lima hari kerja kalau kalau masuk ke tinggi itu berarti harus ada evaluasi semuanya terhadap persyaratan itu bisa 15 hari sampai 30

Hari kerja ya next next slide Hai nah ini eh persyaratan ya untuk yang menengah rendah apa saja yang harus disiapkan komposisi produk proses produksinya gimana kode-kode produksi Masa sih Masa Simpannya Berapa lama rancangan-rancangan label resivi kasih bahan bahan bakunya Seperti apa kemudian hasil analisis zat gizi kalau

Bapak ibu mau mencantumkan ymgm kalau ke IMG ada di 163 jenis pangan tadi yang di peraturan BPOM itu juga tinggal diberitahukan kalau kita ambil di situ itu ya kemudian kemudian apalagi foto produk label-label sama freestyle sertifikat ini kalau untuk untuk produk yang eh apa itu tuh produk yang impor kalau

Enggak kalau enggak info Rich gitu seperti itu saja semuanya sama itu sangat aneh dengan yang di spp-irt eh kemudian kalau menengah tinggi menengah tinggi ini biasanya tadi untuk produk-produk yang SNI wajib SNI dan seterusnya ya atau atau produk yang ada BTP nyanyi masuk di menengah tinggi itu itu biasanya ada tambahan-tambahan

Sedikit ya oke dan seterusnya kenek-kenek slide Hai nama-nama petani-petani Bu tadi sama ya kalau yang spp-irt kan memang harus memenuhi komitmen yang tiga tadi ya ikuti penyuluhan terus memenuhi save cpob dan memenuhi ketentuan terhadap iklan lebih label dan iklan Nah kalau yang kalau yang UMK masuk ke MD untuk untuk yang tadi

Menengah rendah ada komitmen juga kan Ya nah di sini Habis ini komitmennya persyaratan penerapan cpob persyaratan keamanan pangan olahan yang memiliki meliputi cemaran mikroba logam berat kimia dan seterusnya dan tidak menggunakan bahan berbahaya Kemudian Kemudian persyaratan mutu pangan olahan dengan memastikan produk memenuhi karakteristik data daftar peserta mutu dan gizi produk yang

Ditetapkan ketentuan peraturan perundang-undangan yg biasanya biasanya kita melihat eh karakteristik model produknya ya Sesuai dengan pusat Urip angan kemudian persyaratan label pangan olahan jadi nggak jadi eh untuk komitmen ini akan dilihat paling lama dua belas bulan jadi jadi kalau Tadi spp-irt dilihat 3-6 bulan kalau-kalau untuk yang MD tepian menengah rendah yang pakai

Komitmen itu akan dilihat pembunuhan komitmennya selama satu tahun bapak-bapak ibu-ibu Nah kalau tidak terpenuhi konfirnya maka akan dibatalkan sertifikat fb-nya pakaian-pakaian website Halo bapak bapak dan ibu unsus untuk MD karena ini di Badan POM Bapak dan Ibu bisa emoh apa ya menggunakan menggunakan ya dukungan dukungan yang diberikan oleh Badan POM

Untuk MKM yang yang pertama coaching Clinic usaha kecil dan mikro Jadi Bapak dan Ibu bisa melakukan konsultasi mendalam gitu ya tiba-tiba Denpom dengan mendaftar untuk ikut coaching Clinic kamu kemudian saat ini untuk lagi pasti BTP juga ada simplifikasi kamu kemudian apalagi untuk MB ini memang masih berlaku ada

Pembayaran ya Ada tarif pnbp nya penting kepentingan negara bukan pajak unta untuk eh UMK nanti dikenakannya hanya 50% dari dari yang tercantum di dalam PP Peraturan Pemerintah ya tentang pnbp jadi Hai biayanya hanya 50% dan pada saat ini kita sedang mengajukan revisi karena karena sesuai dengan PP 7 ya tentang UMKM

Sedang diajukan untuk UMK ini tidak tidak pakai pakai Yaya 0% tahun Pada saat ini masih berlaku untuk pendaftaran 50% tapi sebenarnya sebenernya tidak tidak besar ya karena biasanya sekitar 552 Rp50.000 gitu ya untuk AMD ini tergantung tergantung dari produknya kalau resikonya yang tinggi baru lebih lebih dari satu juta at nangka muda

Kemudian badan.pom atau Balai POM kami di daerah dapat melakukan sampling dan uji produk UMKM Jadi kalau misalnya produk-produk Bapak dan Ibu masuk ke dalam kriteria harus melampirkan uji lab kalau eh apa kalau masuk di dalam itu toko dan ibu bisa menghubungi Balai POM setempat dan bisa minta

Pengujian dari Balai POM tapi tapi ya mudah-mudahan bisa terhenti ya karena fotonya juga enggak terlalu banyak ya enggak terbatas seperti itu kenek-kenek slide Hai nah ah ini informasi untuk pengaduan pelayanan publik untuk pengajuan registrasipangan olahan di Badan POM jadi-jadi yang melakukan di Badan POM ini Direktorat registrasi pengolahan Bapak dan Ibu bisa

Menghubungi beberapa channel yang ada di sini ya semua semua ini bisa untuk konsultasi Eh minta Rossa Ran atau perbaikan dari pengajuan bapak dan ibu atau juga bisa untuk pengaduan kenek-kenek slide di tengah-tengah terakhir sebagai kesimpulan next Hai kenek-kenek Faith Hah badan.pom senantiasa mendukung usaha pengolahan mikro dan kecil eh tadi ya kita

Hafal bukan buat supaya spp-irt itu lebih simple gitu ya untuk lebih hava diimplementasikan oleh pemerintah daerah dalam pengajuan produk izin izin edar produk ya Kemudian Kemudian komitmen pelaku usaha untuk selalu memonitor pintu and yang berlaku sangat menentukan jaminan produk aman bermutu dan bergizi jadi jadi bapak dan ibu ikuti saja prosesnya eh kemudian

Tadi ia penuhi komitmen karena karena tadi produk Bapak dan Ibu ini adalah makanan gitu ya yang kita konsumsi yang dikonsumsi oleh syara masyarakat gitu ya karena makanan maka keamanannya eh itu harus jadi jadi yang utama gitu ya jadi enggak jadi komitmen-komitmen Bapak dan Ibu tadi ketika dipenuhi maka

Itu adalah dengan kalau produk Bapak dan Ibu aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat Kemudian Kemudian untuk spp-irt ini merupakan bentuk penjaminan keamanan produk irtp yang beredar persyaratan.pt sama dengan perizinan yang lama ya kecuali alurnya tadi dirubah ya kalau sebelumnya harus menerima persyaratannya di awal kalau sekarang tadi pakai komitmen nah kemudian sertifikat hubungan komitmen

Pangan olahan sertifikat persetujuan dan izin edar badan.pom merupakan izin edar yang diterbitkan oleh Badan POM Eh tadi Nadia kalau tidak bisa spp-irt maka harus daftar di Badan POM Kemudian Kemudian badan.pom terus berinovasi agar pelayanan yang diberikan mudah dan cepat atuh Jadi jadi salah satunya ya tadi untuk yang produk menengah rendah

Sama-sama kau dengan spti bisa terbit satu hari ya seperti itu jadi jadi jangan takut untuk daftar baik-baik di spp-irt ataupun by ndek hebat Bapak dan Ibu Demikian Ya untuk eh apa kemudahan izin edar pengolahan Jadi kalau jadi kalau eh saat ini bapak dan ibu produknya belum ada izin edarnya

Eh saya harapkan setelah dapat NIP bisa langsung diurus ya Bapak dan Ibu dan mudah dan mudah-mudahan sih Nggak nggak lama ya dan cepat gitu ya Dari tadi satu lagi yang saya tekan Khan kalau ada kesulitan Bapak dan Ibu bisa menghubungi tadi tadi ya chanel-chanel yang di berikan Ya khusus untuk spp-irt bisa

Live chat di SPBU rtv.co.id mungkin demikian untuk Pa untuk presentasi saat ini saya kembalikan kepada udah-udah aktor Ya silakan pakai Baik terima kasih buruk ivanic atas penjelasannya bagaimana bapak ibu Oh ya boleh Tepuk tangan buat batnas sumber kita Oke kita langsung saja masuk ke Sesi diskusi untuk sesi diskusi ini kita akan

Membuka terlebih dulu Dua pertanyaan karena waktu kita terbatas juga oleh Langsung angkat tangannya BoBoiBoy ada yang bertanya silakan Ibu sebelah sini dibantu Hai mohon disebutkan nama dan asalnya dari mana ya Bu hai hai Hai dibantu untuk singkat saja pertanyaannya Boya ya terima kasih atas kesempatannya Nama saya denda suryasari dari Kabupaten Lombok Utara

Hai produk saya ikan kering Hai yang ingin saya tanyakan disini karena BRC nya sudah kami Buatkan pertanyaan saya adalah Hai apakah pirt ini Ada batas waktunya masa-masa berlakunya dan kalau memang waktunya sudah habis Hai apa yang dilakukan dan kapan itu saja Terima kasih baik Terima kasih Ibu Atas pertanyaannya mungkin diburu Ki

Langsung dijawab saja terkait batas waktu atau SPPT yang sudah didapatkan oleh pelaku usaha ini dalam jangka waktu berapa lama berlakunya mungkin langsung dibantu Ibu Rocky untuk dijawab silakan oke oke Bull dan daya Eh masa berlaku spp-irt ataupun Beijing ada rem gitu sama yang lima tahun Ibu jadi

Jadi eh bisa dipakai selama lima tahun asal asal tadi komitmennya dipenuhi ya Bapak Ibu jadi jadi Bapak Ibu mengikuti pengingat penyuluhan keamanan pangan kemudian hasil pemeriksaan sarananya masuk di level 1/2 dan label-label dan iklannya dipatuhi Nah kalau sudah semua dipenuhi maka Masa izin edarnya edarnya ini berlaku selama lima tahun Nah kalau

Sudah lima tahun Bapak Ibu kembali mendaftarkan ulang knuth ikuti sama dengan prosedur pada saat ibu Melati dapatkan spp-irt hehehe jadi jadi kalau Paul sudah sesuai semua satu hari jadi lagi gitu ya izinnya ijinnya bicara Demikian Ibu pakai Baik terima kasih Pertanyaan selanjutnya Ibu sebelah sini the plane kita buka satu pertanyaan lagi

Dari sisi sebelah kiri saya ya silakan ibu mohon disebutkan nama dan bidang usahanya Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh nama saya adalah wardatun Ilmi beralamatkan di Lombok Timur Selong Jalan Pattimura usaha saya adalah aneka kripik dan quick kering pertanyaan saya apakah boleh kita tidak membuat pirt karena kita menjual dalam bentuk curah

Tidak mengemas dan tidak ada pelabelan terima kasih Oke Baik pertanyaan yang singkat dan padat dan juga jelas silahkan buruknya untuk dibantu dijawab pertanyaan dari ibu silakan ibu Oh ya ya oke oke mungkin saya tanya dulu ini berbentuk curah terus dijualnya ke mana ya Hai Mentari books penjualnya langsung

Kari sylar kebetulan dia yang mengemas Hai Oge riseller ya Yah kami tidak mengemas yang mengemas yang mengemas Islam Origin nya apa Hai yang mengemas nomor izinnya apa Ibu yaitu nggak tahu ya kalau ijinnya apa dia hanya membeli kepada saya dengan bentuk curah kemudian dia kemas Saya tidak detil menanyakan kea

Hai apa yang izinnya dan vagina curah disini dalam eh kiloan ya oke sendiri oke baik silakan Ibu Rocky penjelasannya oke Ya mungkin ini ada sedikit perbedaan ya kalau pengemas terakhirnya itu dia pakai izin edarnya spp-irt atau pirt maka Ibu sebenarnya pada saat ini ya ketentuan saat ini Ibu harus punya nomor p-irt juga

Eh itu yang ia yang ini ya Hai jadi tetap haruslah daftarkan ya goyah atapnya tapi kalau untuk bapak ibu ya harus tetap didaftarkan untuk mendapatkan nomor p-irt Nah kau tapi kalau nanti resellernya itu zodiak emas terus dia pakai nomor izin Emil izin edarnya MB eh berlabel Ibu tidak

Tidak perlu juga punya izin edar gitu Ya nah tapi sebenarnya kalau kalau kalau memang saat ini eh apa ya saat-saat Inikan gampang ya dapat spp-irt jadi kayak gitu sih mendingan Ibu terdaftar saja gitu ya ajukan aja spp-irt nanti tinggal masuk ke OSS udah punya ide kan ya Bu

Hai sudah Nah kalau sudah punya ide tinggal masuk aja ke OLX bikin spp-irt satu hari bisa jadi kau begitu ya lebih bagus sih ngomong mah mempunyai izin ya untuk seperti itu Oke Baik berarti lebih baik didaftarkan bukannya sekarang kan mudah hanya satu hari udah terbit nomor

Spp-irt nya caranya nanti dos ada ibu di menu bbm-ku namanya ya Oke Baik terima kasih satu pertanyaan dari 11 sini saya pilih Ibu ini silakan hai hai Oh ya assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh perkenalkan saya bu sumaini jadi saya memproduksi Eh ada cemilan ada sambal ada bumbu jadi ada dua brand yang saya pegang yaitu

Gelora ambung sama Prasta nah waktu sayang Gill ajukan izin pirt di dieu Dina Dedi tuas dan menggunakan dua nama itu Gelora sama Prasta tapi yang izin yang keluar itu namanya vlasta jadi yang memproduksi produksi by prahastha gitu Sementara saya butuh Pih bumbu saya bumbu kering saya itu atas nama Gelora yang memproduksi Gelora

Ambung nah di Gelora itu saya ajukan waktu itu Oh sama kering kemudian sambal Hai tapi makin kesini saya berkembang memproduksi bumbu mengolah bumbu basah menjadi bumbu kering menjadi bumbu basah ke Ubah menjadi bumbu kering kemudian saya gunakan nomor PRT itu dari sambal kering itu tadi Bagaimana Apakah saya mengajukannya ke mana untuk

Penambahan nomor atau tetep saya akan gunakan nomor itu gitu Terus yang kedua nama produksinya produksinya akan yang pelatihan untuk hygiene Itu saya tapi nama yang dua itu Gelora dengan Prasta apakah boleh saya ganti nama produksi Gelora gitu walaupun di terbitnya itu Prasta Oke tapi itu orang yang sama

Terima kasih baik-baik terima kasih ibu semua ini jadi pertanyaannya Ibu sudah memiliki PRT namanya produk yang kering tadi ya sambal kering sabar realoem Wah memiliki produk lagi yang untuk bumbu kering up mohon maaf RT untuk yang basah ya Bu ya Tadinya etterette PRT nya itu sambal kering Oke tapi saya sekarang

Memproduksi bumbu-bumbu kering bumbu kering sambal dan bumbu ah Oke baik dan bumbu kering Oke baik-baik buruk yg mungkin bisa dibantu Ibu ingin Oh ya hehehe untuk nomor nah ini Bapak dan Ibu eh untuk untuk nomor ini satu produk satu nomor artinya kalau komposisinya sudah beda ya bahan bakunya sudah beda misalnya sambel ada

Cabenya sambel B tidak semua pakai cabe atau sambal misalnya apa ya enggak ada misalnya satu pakai kunyit nah satu tidak Nah kalau sudah seperti itu bapak ibu nomornya harus beda jadi jadi satu-satu jadi jadi kayak cemilan produksi cemilan lagi nah cemilannya nomornya beda lagi jadi jadi

Kalau misalnya di 11 usaha Bapak dan Ibu punya beberapa varian untuk sambel bisa ada sambel bawang ada sambel cabe rawit saat bekal pagi tu ya Karena itu masing-masing satu nomor 6 karena nanti labelnya kan juga akan beda ya komposisinya kan beda nah tingkat resikonya juga jadi beda gitu terus

Terus tambah lagi cemilan cemilan nya apa keripik singkong satu keripik pisang satu nah itu nomornya udah beda lagi jadi satu produk satu varian satu nomor nah bapak ibu saat ini karena sudah sudah sangat mudah ya untuk dapatkan spp-irt bapak ibu masuk aja ke OSS lagi gitu ya

Jikalau Bapak dan Ibu punya 10 produk 10 varian Bapak dan Ibu temasuk 10 kali boss2 Kin 10 nomor seperti peti ini menjadi masing-masing eh produk masing-masing nomornya jadi jadi kalau tadi ada Bu dari bumbu siang sambil kering yang pertama kalau masih produksi tetap pakai nomor yang pertama nah ketika produknya berkembang ada lagi

Yang baru Hai jadi bumbu miring apa gitu ya Nah itu Ibu daftar lagi aja ih eh Kakbah di OSS Kemudian untuk brand nya nanti ada-ada ini ada pagi di dalam aplikasi SPP itu ada branding Jadi Bapak dan Ibu bisa tulis di situ Apakah nanti pakainya Gelora ataukah claresta gitu ya itu

Bisa-bisa di dimasukkan di aplikasinya nanti bapak dan ibu ada keluar nanti di masing-masing sertifikatnya brilink nya apa gitu Itu bisa dipakai di dilabel Ya Bapa dan ibu Nah kalau yang tadi sertifikatnya eh cuma punya satu mungkin sertifikat penyuluhan Ya maksudnya ya Bu ya Iya penyuluhannya cuma satu tapi brand-nya dua Prasta dengan Gelora

Di tempat produksinya satu Bu tempat produksinya Oh ya Oke kalau tempat produksinya satu masih di dapur yang sama maka tidak papa cuma punya satu sertifikat penyuluhan keamanan pangan jadi-jadi sertifikat penyuluhan keamanan pangan itu bisa di bisa yang yang punya itu bisa pemilik atau penanggung jawab yang memproduksi yang yang penting 1 RT

1 tempat punya satu sertifikasinya satu orang yang punya sertifikat penyuluhan keamanan pangan jadi jadi Kalau tempat produksinya satu boleh satu aja sertifikatnya untuk menjeda Baik terima kasih buruk yg sudah cukup dijawab ya bapak ibu semua ya nama bapak ibu untuk sesi diskusi kita akhiri sampai disini namun jangan khawatir

Untuk bapak ibu yang masih ingin melakukan konsultasi sebagaimana tadi sudah disampaikan oleh buruk yg bisa langsung masuk saja ke websitenya spp-irt dot pom.go.id di situ akan ada livechat Jadi silakan Bapak Ibu untuk konsultasi secara langsung menggunakan fasilitas dan nilai tersebut betul begitu ya boraks ya Oke Baik demikian

Tadi Bapak Ibu paparan yang telah kita saksikan bersama sangat menarik sekali dan tentunya pasti bermanfaat bagi bapak ibu semua Terima kasih buruknya atas penyampaian paparan pada bagi hari ini Salam sehat selalu dan boleh kita belikan Applause yang meriah kepadamu rupiah [Musik] [Musik] baik Bapak Ibu demikian tadi sesi pertama sudah selesai pembasahan

Pembahasan terkait pengurusan Izin edar dan selanjutnya kita akan masuk ke pada sesi yang kedua baik Bapak Ibu Desi yang kedua ini narasumber kita sudah

Mataram, 19 Agustus 2022
Sobat OSS Indonesia, Info tentang #Sosialisasi #Kemudahan #Mendapatkan #Izin #Edar #Pangan #Olahan #untuk #Pelaku #Usaha #Mikro #dan #Kecil #UMK ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 01:14:05 detik.


Sekedar mengingatkan bahwa, cso.biz.id siap membantu dan melayani berbagai masalah dan berusaha memberikan solusi terbaik untuk anda,

Apabila Dirimu, penggemar setia OSS Indonesia memiliki MASALAH apapun itu, kamu bisa silahkan dikonsultasikan di website www.cso.biz.id ini guna mendapatkan Solusinya.

Selain itu, Apabila anda membutuhkan peluang untuk mendapatkan PENGHASILAN TAMBAHAN hingga puluhan juta Rupiah setiap bulannya, Sobat bisa bergabung dalam Forum komunitas bisnis indonesia ini. ini.

Punya Masalah Sosialisasi Kemudahan Mendapatkan Izin Edar Pangan Olahan untuk Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) ? ..!! DAPATKAN SOLUSINYA, KLIK DISINI

Begitulah sekilas tentang Sosialisasi Kemudahan Mendapatkan Izin Edar Pangan Olahan untuk Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) yang telah dilihat oleh 8815 penonton, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. © OSS Indonesia 4445 | #Sosialisasi #Kemudahan #Mendapatkan #Izin #Edar #Pangan #Olahan #untuk #Pelaku #Usaha #Mikro #dan #Kecil #UMK

 

KAMI MOHON MAAF APABILA ADA KESALAHAN KATA, KALIMAT  ATAU TULISAN,

HAL TERSEBUT BUKAN ATAS UNSUR KESENGAJAAN.

0 Reviews

3 thoughts on “Sosialisasi Kemudahan Mendapatkan Izin Edar Pangan Olahan untuk Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK)”

Tinggalkan Pendapat atau Komentar

Produk dan Layanan

ADITIA NUGRAHA AGEN BISNIS AKTIVITAS AGEN ASURANSI AKTIVITAS AGEN PERJALANAN WISATA AKTIVITAS AKUNTANSI, PEMBUKUAN DAN PEMERIKSA AKTIVITAS ARSITEKTUR AKTIVITAS BIRO PERJALANAN IBADAH UMROH DAN HAJI KHUSUS AKTIVITAS BIRO PERJALANAN LAINNYA AKTIVITAS DEBT COLLECTION AKTIVITAS DESAIN INDUSTRI LAINNYA AKTIVITAS DESAIN INTERIOR AKTIVITAS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL/ DESAIN GRAFIS AKTIVITAS DESAIN KONTEN KREATIF LAINYA AKTIVITAS DESAIN PERALATAN RUMAH TANGGA DAN FURNITUR AKTIVITAS FOTOGRAFI AKTIVITAS HOSTING DAN YBDI AKTIVITAS JASA INFORMASI AKTIVITAS JASA PENUNJANG USAHA LAINNYA Aktivitas Jasa Perorangan Lainnya YTDL AKTIVITAS JASA SISTEM KEAMANAN AKTIVITAS KANTOR BERITA OLEH SWASTA AKTIVITAS KEBERSIHAN BANGUNAN DAN INDUSTRI LAINNYA AKTIVITAS KEHUMASAN AKTIVITAS KEINSINYURAN DAN KONSULTASI TEKNIS AKTIVITAS KONSULTAN HUKUM Aktivitas konsultan kekayaan intelektual AKTIVITAS KONSULTAN KEKAYAAN INTELEKTUAL AKTIVITAS KONSULTANSI PARIWISATA AKTIVITAS KONSULTANSI TRANSPORTASI Aktivitas Konsultasi Bisnis Dan Broker Bisnis Aktivitas Konsultasi Bisnis Dan Broker Bisnis AKTIVITAS KONSULTASI KEAMANAN INFORMASI AKTIVITAS KONSULTASI KOMPUTER DAN MANAJEMEN FASILITAS KOMPUTER LAINNYA AKTIVITAS KONSULTASI MANAJEMEN LAINNYA AKTIVITAS KONSULTASI PAJAK AKTIVITAS MANAJEMEN DANA LAINNYA AKTIVITAS PEMROGRAMAN KOMPUTER LAINNYA AKTIVITAS PENEMPATAN PEKERJA RUMAH TANGGA AKTIVITAS PENEMPATAN TENAGA KERJA DARING (JOB PORTAL) Aktivitas Penerbitan lainnya AKTIVITAS PENERJEMAH ATAU INTERPRETER Aktivitas Pengembangan Aplikasi Perdagangan Melalui Internet (E-Commerce) AKTIVITAS PENGEPAKAN Aktivitas Pengolahan Data AKTIVITAS PENUNJANG ASURANSI, DAN DANA PENSIUN LAINNYA AKTIVITAS PENUNJANG JASA KEUANGAN LAINNYA AKTIVITAS PENUNJANG PERDAGANGAN BERJANGKA KOMODITI LAINNYA AKTIVITAS PENYEDIA GABUNGAN JASA PENUNJANG FASILITAS AKTIVITAS PENYEDIAAN TENAGA KERJA WAKTU TERTENTU AKTIVITAS PENYELEKSIAN DAN PENEMPATAN TENAGA KERJA DALAM NEGERI AKTIVITAS PENYELEKSIAN DAN PENEMPATAN TENAGA KERJA LUAR NEGERI AKTIVITAS PENYELIDIKAN AKTIVITAS PENYEWAAN DAN SEWA GUNA USAHA TANPA HAK OPSI ALAT PESTA AKTIVITAS PENYEWAAN DAN SEWA GUNA USAHA TANPA HAK OPSI ALAT REKREASI DAN OLAHRAGA AKTIVITAS PENYEWAAN DAN SEWA GUNA USAHA TANPA HAK OPSI BARANG KEPERLUAN RUMAH TANGGA DAN PRIBADI AKTIVITAS PENYEWAAN DAN SEWA GUNA USAHA TANPA HAK OPSI MESIN PERTANIAN DAN PERALATANNYA AKTIVITAS PROFESIONAL, ILMIAH DAN TEKNIS AKTIVITAS TELEKOMUNIKASI AKTIVITAS TELEKOMUNIKASI TANPA KABEL ASURANSI JIWA KONVENSIONAL ASURANSI UMUM KONVENSIONAL DANA PENSIUN PEMBERI KERJA KONVENSIONAL DIAN RISQI GADIS DESA INDONESIA JAJAK PENDAPAT MASYARAKAT JASA INFORMASI PARIWISATA JASA JUAL KEMBALI JASA TELEKOMUNIKASI JASA KONTEN SMS PREMIUM JASA PENYELENGGARA EVENT KHUSUS (SPECIAL EVENT) JASA PENYELENGGARA PERTEMUAN, PERJALANAN INSENTIF, KONFERENSI DAN PAMERAN (MICE) JASA PRAMUWISATA JASA RESERVASI LAINNYA YBDI Jasa Reservasi Lainnya YBDI YTDL KEGIATAN PENUKARAN VALUTA ASING (MONEY CHANGER) LAYANAN PINJAM MEMINJAM UANG BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI (FINTECH P2P LENDING) KONVENSIONAL Manajer Investasi PEDAGANG BERJANGKA PELATIHAN KERJA BISNIS DAN MANAJEMEN PERUSAHAAN PELATIHAN KERJA PARIWISATA DAN PERHOTELAN SWASTA PELATIHAN KERJA PERTANIAN DAN PERIKANAN SWASTA PELATIHAN KERJA PERUSAHAAN LAINNYA PELATIHAN KERJA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PERUSAHAAN PENASIHAT INVESTASI BERBENTUK PERUSAHAAN Pendidikan Bimbingan Belajar Dan Konseling Swasta PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN SEJARAH/CAGAR BUDAYA PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN SENI PENELITIAN PASAR PENERBITAN SURAT KABAR, JURNAL DAN BULETIN ATAU MAJALAH PENYEWAAN VENUE PENYELENGGARAAN AKTIFITAS MICE DAN EVENT KHUSUS PERANTARA MONETER LAINNYA PERDAGANGAN BESAR BERBAGAI MACAM BARANG Perdagangan eceran bukan di toko, kios, kaki lima dan los pasar PERGADAIAN KONVENSIONAL PERIKLANAN Portal Web Dan/Atau Platform Digital Dengan Tujuan Komersial Portal Web Dan/Atau Platform Digital Dengan Tujuan Komersial Portal Web Dan/Atau Platform Digital Dengan Tujuan Komersial RDP GROUP REAL ESTAT ATAS DASAR BALAS JASA (FEE) ATAU KONTRAK REAL ESTAT YANG DIMILIKI SENDIRI ATAU DISEWA

Holding company

Kontakscreen tag