Cara Bisnis Modal KECIL

2023-06-20 17:52:48 00:09:27 [ • ] Ini cara mulai bisnis dengan modals Rp1 juta, 10 juta, dan 100 juta. Sebenarnya gw bakal spill juga gimana cara mulai tanpa modal. Soalnya kan ini konsep bisnis yang menurut gw semua orang wajib tau Dan gw bakal coba untuk jelasin sesimpel mungkin. Termasuk contoh-contoh bisnis yang bisa dimualai dengan beberapa jenis modal.

Langsung aja bagian pertama. Bisnis dengan modal Rp1.000.000 Pertama kita harus ngerti dulu ya konsepnya. Sebelum gw spill bisnis apa aja, modal—ujung-ujungnya dari sebuah bisnis adalah untuk pengeluaran. Perlu dong—kita perlu keluarin uang untuk bisa jalankan bisnis biar bisnisnya dapetin pendapatan. Tapi sebelum kita lanjut, gw harus jelasin beberapa konsep dulu.

Jadi kita tarik papan tulis dulu. Pengeluaran dari sebuah bisnis bisa dikategoriin jadi 2. Capital expense sama operating expense. Capital itu yang jenisnya—mungkin sekali beli. Misalnya mau bisnis es krim. Kalian harus beli mesin es krimnya, sekali beli doang tuh. Atau bisnis printing fashion. Kalian beli mesin print-nya. Nah itu capital expenditure.

Di satu sisi yang satu lagi, ada yang namanya operating expenditure. Semua biaya yang dibutuhin untuk menjalankan bisnis. Dan sifatnya bisa setiap bulan keluar terus. Yang kayak gaji karyawan, bayar kantor, bayar listrik. Dan di bawah operating expense bisa dikategoriin ke dua— variabel cost atau fixed cost. Fixed cost itu sesuatu yang wajib kalian bayar—

Mau bisnisnya bagus, mau jelek, kalian bayar setiap bulan. Kayak gaji karyawan, sewa kantor, administrasi. Di satu sisi, ada juga variabel cost. Ini yang gw paling suka banget nih. Jadi pengeluarannya cuma keluar kalau bisnisnya pun berjalan. Misalnya bagi komisi, profit sharing sama tempat kantor. Kenapa semua ini penting?

Soalnya di titik-titik modal yang berbeda untuk mulai bisnis, cara kalian puterin duitnya itu luar biasa beda dan penting banget. Nah sebenarnya teori CAPEX OPEX ini gw bahas jauh lebih dalam— termasuk seluruh strateginya—di program yang lagi berjalan di Sevenpreneur. 7 hari, 14 sesi—

Gw kumpulin semua ilmu gw buat lu bisa tau semua yang lu butuhin untuk mulai bisnis apapun. Tenang, nanti pelan-pelan gw bakal mulai share yang di program itu ke YouTube gw. Again, kalau views video ini banyak. Makanya pantengin aja Instagram Sevenpreneur, gratis kok. Misi gw buat ciptain banyak pengusaha di Indonesia.

Balik lagi ke topik bisnis Rp1 juta. Dan ini berlaku untuk yang ratusan ribu ya. Untuk modal kecil, gw sangat saranin untuk coret CAPEX-nya. Jangan bikin bisins yang harus mesinnya mahal-mahal atau alat-alat yang mungkin butuh modal gede. Tapi kan OPEX perlu ada? Gw perlu packaging—mungkin karyawan buat packing-packing. Dan gw sangat saranin,

Untuk pengeluaran jangan keluar fixed cost sama sekali. Yang kalian bisa kreatif adalah main di variable cost. Oh, sebelum gw lupa—ini hal penting banget. Kalau misalnya modal 1 juta, hal yang gak boleh banget kalian lakuin adalah lupa subscribe— sama nyalain lonceng kali ini. hal yang gak boleh banget kalian lakuin adalah lupa subscribe—

Sama nyalain lonceng kali ini. Oke, back to topic. Dengan modal 1 juta, kalian gak leluasa untuk bisa nge-stock barang banyak-banyak. Gak bisa bikin produk atau jasa yang butuh riset dalam-dalam. Jenis bisnis yang cocok di kategori ini bisa dimulai dengan jual jasa atau freelancing. Dropshipping—jadi kalian jualan barang orang lain,

Kalian dapet komisi dari sana. Affiliate marketing. Jadi ada banyak jenis-jenis bisnis yang mungkin gw bakal taruh di layar— yang biasanya gak butuh modal untuk memulai jualan. Terus 1 jutanya dipake buat apa? Gak Ada CAPEX, gak ada fixed cost. Sara gw yang paling gede adalah kategori direct cost atau pengeluaran apapun yang menciptakan pendapatan.

So, sekarang mikirnya gini ya. Kalau misalnya modal kecil, kalian harus ngerti konsep turnover. Seberapa cepat barang berputar, seberapa cepet uang masuk dan keluar. Dan game-nya di sana. Untuk kalian yang masih ngerintis dan modalnya kecil— inget, camkan di pikiran kalian— game-nya dalah perputaran. Gw bakal alokasi 1 juta kayak gini.

Mungkin 50% dari budget itu atau lebih dikit bakal dipake untuk direct sakes cost. Yaitu kebutuhan marketing—misal kalian advertising di Instagram, TikTok. Terus kalau misalnya gw mau grow lebih cepet gimana Ko? Kan gw butuh orang, gw butuh budget yang lebih gede. Mainin yang namanya variable cost.

Kalian bisa punya 5 karyawan dengan modal 1 juta. Caranya adalah membuat profit sharing atau misalnya commission based. Kalian pikirin gimana caranya kalian bisa ngeyakinin orang, “Eh mau gak coba ikutan gw bisnis ini? Kerjaan lu setiap hari posting di grup-grup Facebook komen di Instagram, stitch atau repost video-video TikTok.

Setiap penjualan yang lu bikin gw kasih lu X rupiah” Jadi itu yang dimaksud dengan variable cost. Kalau misal bisnisnya ga ada penjualan, ya kalian ga ada pengeluaran. Kalau misalnya tiba-tiba penjualannya 100 pcs— misalnya jualan baju nih affiliate marketing— baru pengeluaran keluarnya di sana. Dan itu harus cepet berputar.

Dan ini berlaku—menurut gw—untuk semua bisnis, bahkan di bisnis jasa. Kalau misalnya kalian bisa design atau bisa copywriting, nulis artikel. Budget 1 juta itu bagusnya dipake untuk apapun yang berhubungan dengan mendapatkan pendapatan. Paling simpel biasanya marketing. Atau misalnya—mentok-mentok hire freelancer lain untuk bikin lapak online. Dan ini macem-macem. Nanti kita mulai naik level nih.

Bisnis-bisnis yang gak butuh modal produk atau jasa pelan-pelan akan turn over-nya cepet. Dapet pendapatan-pengeluaran yang stabil. Kekeumpul nih sekitar 3 juta, terus 5 juta, terus Rp10 juta. Nah ini masuk level 2, Bisnis dengan Modal 10 Juta. Enaknya dengan modal 10 juta, kalian udah bisa masuk ke tipe-tipe bisnis yang butuh modal produk.

Jadi gak dropshipping, gak affilliate marketing. Pokoknya bukan produk orang lain, tapi produk kalian sendiri. Kalian bisa mulai beli alat-alat masak, beli bahan makanan, beli packaging, terus mulai jualan secara online. Kalian bisa White Label Product. Pesen produk kosongan dari China misalnya, atau dari toko-toko lain yang grosir. Datengin ke gudang atau ke rumah kalian,

Repackage, di-printing jadi brand kalian sendiri, terus kalian jual. Dan biasanya ini margin-nya bisa lebih gede. Kalau di bisnis modal 1 juta, kemungkinan kalian dapat komisi mungkin 10, 20%, 30%. Bisa dibilang kecil lah. Tapi muternya harus cepet. Nah di bisnis modal 10 juta, kalian boleh spending di CAPEX. Misalnya mau jualan boba.

Kalian perlu beli mesin untuk stikerin gelasnya. Tapi yang gw saranin, gak boleh lebih dari 10-40% dari modal 10 juta kalian. Jangan modal 10 juta, 8 jutanya kalian buat beli mesin cetak baju, boba. Apapun yang jenisnya CAPEX, kalau bisa di bawah 50%. Kenapa? Soalnya dengan modal 10 juta,

Kalian tuh bisa invest di hal yang jauh lebih penting daripada semua itu Human Capital. Kalian boleh deh tanya investor atau konglomerat manapun. Kalau lu mau bisnisnya grow, lu gak bisa kerja sendiri terus. Lu harus mulai hire orang. Cuma kalau 10 juta mau gaji siapa?

Gw gajdi fresh graduate—UMR aja 4 juta, 1 bulan abis. Mau gak mau kalian harus bikin skema mirip-mirip sama bisnis 1 juta. Kalau 1 juta, karyawan kalian tuh lepasan yang gak ada kewajiban apa-apa. Di fase 2, 10 juta, kalian bisa perlakuin PKWTT atau pekerja tidak tetap. Yaitu kalian kasih base salary atau gaji pokok

Misalnya kecil aja, 500-1 juta. Tapi tetap berlakukan skema profit sharing atau komisi. Jadi mereka tetap semangat untuk jalanin kerjanya mereka. Di sini harus lebih hati-hati ya. Karena kalian udah mulai punya fixed cost. Saran gw gak usah sewa kantor, gak usah biaya-biaya lain yang pasti.

Karena luxury-nya, privilage kalian dengan modal lebih besar adalah bisa hire orang. Fokus di sana, pikirin mereka kerja apa. Social media yang bisa dibayar per post, content creator di TikTok yang bisa dibayar per orang yang beli di keranjang kuning. Enak deh, di sini kalian udah mulai bisa lebih leluasa untuk bisa eksplor bisnisnya.

Produk dan jasa yang kalian tawarin udah mulai ada keunikan. Bukan cuma sekadar jual produk orang lain. Ngerti kan bedanya di mana ya? Sekarang di bisnis tahap 3, yaitu modal 100 juta. Gw di sini udah bisa bilang, Dengan modal 100 juta lu bisa jalanin bisnis apapun.

Dan mulai boleh invest lebih banyak di CAPEX sama fixed cost. Kalau emang butuh ngestok barang jauh lebih banyak, misal 20-30 juta. Kenapa? Soalnya gw beli barang dari supplier lebih murah kalau gw pesen lebih banyak. Monggo distok. Asalnya turnover-nya cepet. Asalkan barangnya bisa habis dalam 3-6 bulan.

Kalau di bisnis 10 juta, kalau bisa barangnya abis dalam 1 bulan. Jadi itu namanya inventory turnover. Semakin gede modalnya, kalian semakin bisa punya ruang napas. Dan di sini kalian udah bisa ngejalanin bisnis berdasarkan divisinya masing-masing. Kalau gw ngajarin orang, selalu bilang bisnis tuh ada 3 divisi. Product, Marketing, dan Operation.

Biasanya kalau kalian business owner, kalian selalu involve di produk atau marketing. Siapa nih yang mikirin produknya? Packaging-nya gimana? Kalian udah bisa punya orang di sana. Marketing—udah ada orang khusus social media, khusus CS. Jadi kalian gak kerja sendiri lagi. Operation—sekarang kalian udah punya orang untuk ngerapiin accounting kalian nih.

Udah ngurus semua per-CS-an, bales-bales DM gak lewat kalian lagi . Kalau misalnya di fase 1 dan 2 fokusnya di perputaran yang cepat, fase 3—dengan modal lebih gede kalian harus lebih ngerti keuangan. Pengeluaran boleh ditambahin, karena itu bikin grow-nya lebih cepet. Tapi ngerti finance dan tetap bisa bertanggung jawab.

Misal setiap bulan pemasukan tetap lebih gede daripada pengeluaran. Dan yaudah—alokasinya bisa kayak gini. CAPEX 50% misalnya buka kafe di mana gitu. 50 juta modalnya, renovasi sama sewa kecil-kecilan. Gaji 3-4 orang untuk masak, waiter, mungkin tim social media sama accounting. Dan akhirnya—walaupun bukan gara-gara modal ya—kalian ngejalanin bisnis yang sebenarnya.

Karena bisnis pada umumnya itu tuh harus ada 3 ini. Bisnis itu sebuah organisasi yang mencari laba/profit dengan menjual produk atau jasa. Kalau misalnya kalian untung dengan menjual barang tapi gak ada tim, sama aja bohong. Jadi bisa dibilang sebenarnya di bisnis modal 1 juta

Itu yang gw ajarin itu bukan ngejalanin bisnis, tapi ngejalanin self-employed. Tapi kan itu step 1-nya. Jadi apa yang kita pelajari di sini? Sebenernya modal itu bukan alasan orang untuk gak memulai sesuatu. Cuma modal itu alat untuk mempercepat kita mencapai tujuan bisnisnya. Bisa kok, mulai dengan 1 juta. Selama kalian ikutin strategi yang tadi.

Terus yang terakhir gimana? Bisnis yang gak pake modal. Kalian bisa copy-paste semua yang ada di strategi bisnis 1 juta, tapi mau gak mau kalian gak punya pengeluaran yang bisa dilakuin untuk direct sells cost. Untuk mencari pendapatan, kalian mau gak mau harus jualan dengan sendirinya. Dan belajar yang namanya organic marketing.

Mulai dari seorang diri nih. Kalian harus dateng ke Facebook, liat grup-grupnya, post terus di Instagram pake hashtag yang benar. Join komunitas-komunitas secara—diri ya—dateng misal, jualan barangnya. Mau gak mau—sampe kalian kekumpul berapa ratus ribu, sampe kekumpul 1 juta. Baru kalian belajar dan bisa putar uang itu untuk mencari pendapatan lagi.

Mulai bikin skema sama beberapa orang yang sifatnya komisi. Full variable cost. Tapi ya—kalau misalnya ada orang yang terbantu dari video ini sih gw more than happy. Karena again, gw lagi ngebangun Sevenpreneur. Salah satu misi hidup gw adalah gw bisa ciptain sebanyak mungkin pengusaha di Indonesia. Karena kalau banyak, Indonesia bisa jadi negara maju.

Dan itu salah satu passion gw yang gw dalamin banget. Sebenernya gw prediksi ya video ini tuh views-nya ga banyak. Karena sebagai content creator, kalau cuma edukasi— walaupun bermanfaat banget, orang gak bakal nonton sampe abis. Tapi kita coba ya. Gimana? Kebayang gak overall strategi dan perbedaan mulai bisnis

Dengan modal 1 juta, 10 juta, dan 100 juta? Semoga bermanfaat, I guess I’ll see you guys on the next video. Bye-bye!

Jumlah modal bisnis mungkin jadi salah satu faktor penentu bisnis yg sukses, tapi bukan satu-satunya faktor. Modal bisnis bisa ngebantu kita buat mempercepat bisnis kita. Dan tiap tahapan modal bisnis ada challenges sama tipe” bisnisnya masing”, coba share di comment bisnis kalian start di modal berapa?

Chapters :
00:00 Bisnis Butuh Modal Berapa?
00:18 Chapter 1 – Bisnis Modal 1 Juta
00:37 Jenis” Pengeluaran Bisnis
01:54 Tips Bisnis Modal Kecil
02:28 Ide Bisnis Modal 1 Juta
02:53 Turnover & Cashflow
04:17 Chapter 2 – Bisnis Modal 10 Juta
05:10 Capital Expenditure Guideline
05:30 Skema Benefit Buat Karyawan
06:21 Chapter 3 – Bisnis Modal 100 Juta
06:47 Inventory Turnover
06:54 Tiga Divisi Bisnis
07:33 Alokasi Keuangan Bisnis
07:59 Self Employed

#raymondchin #modalbisnis #bisnis #modal #bisnismodalkecil

Raymond’s Socials
Instagram: https://instagram.com/raymondchins
Tiktok: https://www.tiktok.com/@raymondchins
Sobat Raymond Chin, Info tentang #Cara #Bisnis #Modal #KECIL ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 00:09:27 detik.


Sekedar mengingatkan bahwa, cso.biz.id siap membantu dan melayani berbagai masalah dan berusaha memberikan solusi terbaik untuk anda,

Apabila Dirimu, penggemar setia Raymond Chin memiliki MASALAH apapun itu, kamu bisa silahkan dikonsultasikan di website www.cso.biz.id ini guna mendapatkan Solusinya.

Selain itu, Apabila anda membutuhkan peluang untuk mendapatkan PENGHASILAN TAMBAHAN hingga puluhan juta Rupiah setiap bulannya, Sobat bisa bergabung dalam Forum komunitas cso bisnis indonesia ini. ini.

Punya Masalah Cara Bisnis Modal KECIL ? ..!! DAPATKAN SOLUSINYA, KLIK DISINI

Begitulah sekilas tentang Cara Bisnis Modal KECIL yang telah dilihat oleh 374390 penonton, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. © Raymond Chin 567 | #Cara #Bisnis #Modal #KECIL

0 Reviews

32 thoughts on “Cara Bisnis Modal KECIL”
  1. Umur gua 21 udah 7 kali gagal usaha tapi ngga pernah kapok.. Dan sekarang gua punya ide. Cuman kepentok modal sama koneksi.. Tapi gua masih ngerasa penunjang gua kurang kira kira ko apa sih penunjang umum buat jadi pengusaha? Biar lebih jelas dan ngga ragu buat mulai lagi

  2. Aku mulai bisnis beli snack kiloan, awal beli 2 kg harga sekitar 50 ribuan, beli hand sealer 180 ribuan, plastik+ stiker 20 ribuan dari modal itu uang terus berputar, semoga pengalamanku ini berguna untuk bisnis pemula dengan modal kecil

  3. alur nya memang benar spt itu, tpi msalah cepat atau lambat nya tergantung kebutuhan pribadi, kadang sewaktu jdi self employer sudah mendapatkan uang lumayan, uang yg di dapat hrus di gunakan utk keperluan selain mengembangkan usaha. terimakasih utk step by step nya koh, skrang masih berjuang dri posisi self employer ke tahap bisnis

  4. Keren bang, cuma yang jadi permasalahan, apakah bisa kita fokus pada 2 kondisi yang mana saya sebagai karyawan swasta di luar jam kerja saya menjalankan bisnis juga sebagai owner..apakah ada tips agar bisa menjalankan keduanya? Karena saat ini sebagai owner saya juga full fokus untuk memastikan fix cost tetap berjalan..

Tinggalkan Pendapat atau Komentar

Produk dan Layanan

ADITIA NUGRAHA AGEN BISNIS AKTIVITAS AGEN ASURANSI AKTIVITAS AGEN PERJALANAN WISATA AKTIVITAS AKUNTANSI, PEMBUKUAN DAN PEMERIKSA AKTIVITAS ARSITEKTUR AKTIVITAS BIRO PERJALANAN IBADAH UMROH DAN HAJI KHUSUS AKTIVITAS BIRO PERJALANAN LAINNYA AKTIVITAS DEBT COLLECTION AKTIVITAS DESAIN INDUSTRI LAINNYA AKTIVITAS DESAIN INTERIOR AKTIVITAS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL/ DESAIN GRAFIS AKTIVITAS DESAIN KONTEN KREATIF LAINYA AKTIVITAS DESAIN PERALATAN RUMAH TANGGA DAN FURNITUR AKTIVITAS FOTOGRAFI AKTIVITAS HOSTING DAN YBDI AKTIVITAS JASA INFORMASI AKTIVITAS JASA PENUNJANG USAHA LAINNYA Aktivitas Jasa Perorangan Lainnya YTDL AKTIVITAS JASA SISTEM KEAMANAN AKTIVITAS KANTOR BERITA OLEH SWASTA AKTIVITAS KEBERSIHAN BANGUNAN DAN INDUSTRI LAINNYA AKTIVITAS KEHUMASAN AKTIVITAS KEINSINYURAN DAN KONSULTASI TEKNIS AKTIVITAS KONSULTAN HUKUM Aktivitas konsultan kekayaan intelektual AKTIVITAS KONSULTAN KEKAYAAN INTELEKTUAL AKTIVITAS KONSULTANSI PARIWISATA AKTIVITAS KONSULTANSI TRANSPORTASI Aktivitas Konsultasi Bisnis Dan Broker Bisnis Aktivitas Konsultasi Bisnis Dan Broker Bisnis AKTIVITAS KONSULTASI KEAMANAN INFORMASI AKTIVITAS KONSULTASI KOMPUTER DAN MANAJEMEN FASILITAS KOMPUTER LAINNYA AKTIVITAS KONSULTASI MANAJEMEN LAINNYA AKTIVITAS KONSULTASI PAJAK AKTIVITAS MANAJEMEN DANA LAINNYA AKTIVITAS PEMROGRAMAN KOMPUTER LAINNYA AKTIVITAS PENEMPATAN PEKERJA RUMAH TANGGA AKTIVITAS PENEMPATAN TENAGA KERJA DARING (JOB PORTAL) Aktivitas Penerbitan lainnya AKTIVITAS PENERJEMAH ATAU INTERPRETER Aktivitas Pengembangan Aplikasi Perdagangan Melalui Internet (E-Commerce) AKTIVITAS PENGEPAKAN Aktivitas Pengolahan Data AKTIVITAS PENUNJANG ASURANSI, DAN DANA PENSIUN LAINNYA AKTIVITAS PENUNJANG JASA KEUANGAN LAINNYA AKTIVITAS PENUNJANG PERDAGANGAN BERJANGKA KOMODITI LAINNYA AKTIVITAS PENYEDIA GABUNGAN JASA PENUNJANG FASILITAS AKTIVITAS PENYEDIAAN TENAGA KERJA WAKTU TERTENTU AKTIVITAS PENYELEKSIAN DAN PENEMPATAN TENAGA KERJA DALAM NEGERI AKTIVITAS PENYELEKSIAN DAN PENEMPATAN TENAGA KERJA LUAR NEGERI AKTIVITAS PENYELIDIKAN AKTIVITAS PENYEWAAN DAN SEWA GUNA USAHA TANPA HAK OPSI ALAT PESTA AKTIVITAS PENYEWAAN DAN SEWA GUNA USAHA TANPA HAK OPSI ALAT REKREASI DAN OLAHRAGA AKTIVITAS PENYEWAAN DAN SEWA GUNA USAHA TANPA HAK OPSI BARANG KEPERLUAN RUMAH TANGGA DAN PRIBADI AKTIVITAS PENYEWAAN DAN SEWA GUNA USAHA TANPA HAK OPSI MESIN PERTANIAN DAN PERALATANNYA AKTIVITAS PROFESIONAL, ILMIAH DAN TEKNIS AKTIVITAS TELEKOMUNIKASI AKTIVITAS TELEKOMUNIKASI TANPA KABEL ASURANSI JIWA KONVENSIONAL ASURANSI UMUM KONVENSIONAL DANA PENSIUN PEMBERI KERJA KONVENSIONAL DIAN RISQI GADIS DESA INDONESIA JAJAK PENDAPAT MASYARAKAT JASA INFORMASI PARIWISATA JASA JUAL KEMBALI JASA TELEKOMUNIKASI JASA KONTEN SMS PREMIUM JASA PENYELENGGARA EVENT KHUSUS (SPECIAL EVENT) JASA PENYELENGGARA PERTEMUAN, PERJALANAN INSENTIF, KONFERENSI DAN PAMERAN (MICE) JASA PRAMUWISATA JASA RESERVASI LAINNYA YBDI Jasa Reservasi Lainnya YBDI YTDL KEGIATAN PENUKARAN VALUTA ASING (MONEY CHANGER) LAYANAN PINJAM MEMINJAM UANG BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI (FINTECH P2P LENDING) KONVENSIONAL Manajer Investasi PEDAGANG BERJANGKA PELATIHAN KERJA BISNIS DAN MANAJEMEN PERUSAHAAN PELATIHAN KERJA PARIWISATA DAN PERHOTELAN SWASTA PELATIHAN KERJA PERTANIAN DAN PERIKANAN SWASTA PELATIHAN KERJA PERUSAHAAN LAINNYA PELATIHAN KERJA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PERUSAHAAN PENASIHAT INVESTASI BERBENTUK PERUSAHAAN Pendidikan Bimbingan Belajar Dan Konseling Swasta PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN SEJARAH/CAGAR BUDAYA PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN SENI PENELITIAN PASAR PENERBITAN SURAT KABAR, JURNAL DAN BULETIN ATAU MAJALAH PENYEWAAN VENUE PENYELENGGARAAN AKTIFITAS MICE DAN EVENT KHUSUS PERANTARA MONETER LAINNYA PERDAGANGAN BESAR BERBAGAI MACAM BARANG Perdagangan eceran bukan di toko, kios, kaki lima dan los pasar PERGADAIAN KONVENSIONAL PERIKLANAN Portal Web Dan/Atau Platform Digital Dengan Tujuan Komersial Portal Web Dan/Atau Platform Digital Dengan Tujuan Komersial Portal Web Dan/Atau Platform Digital Dengan Tujuan Komersial RDP GROUP REAL ESTAT ATAS DASAR BALAS JASA (FEE) ATAU KONTRAK REAL ESTAT YANG DIMILIKI SENDIRI ATAU DISEWA

Holding company

Kontakscreen tag