BONGKAR RAHASIA! Cara Hitung Harga Jual Produk Handmade ✨

2022-11-11 14:03:12 00:22:27 [ • ] Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh di video kali ini sesuai dengan judulnya Kita akan sama-sama belajar cara menghitung harga jual produk Handy [Musik] menentukan harga jual produk handmade memang menjadi tantangan terbesar buat kita-kita nih yang usahanya jualan produk bikinan sendiri alias handmade kita mungkin udah jago Ya bikin suatu produk kayaknya kita udah yakin banget

Nih karya kita nih layak jual tapi begitu sampai tahap menentukan harga Biasanya kita bingung lagi kita mundur lagi kalau dijual sendiri kira-kira kemahalan enggak ya atau dijual segini kemurahan gak kalau kemahalan nanti ada yang beli atau enggak ya kalau kemurahan untungnya di mana Nah di video ini saya

Mau coba sharing sedikit cara yang biasa saya pakai untuk menentukan harga jual dari beberapa kali workshop dan training Metode ini cukup populer diajarkan dan semoga nanti teman-teman di rumah juga bisa mengaplikasikan di bisnisnya jangan lupa siapin catatannya karena kita akan sedikit belajar hitung-hitung walaupun akan mungkin terlihat rumit Ya tapi saya

Percaya rumit sekali manfaatnya bisa dipakai berkali-kali Jadi gak perlu bingung-bingung lagi nanti kalau punya produk baru untuk mempermudah penjelasan dan proses perhitungannya Saya akan menggunakan whiteboard ini sebagai catatan jadi untuk menghitung harga jual produk handmade ada 3 hal yang harus diperhatikan intinya ada tiga hitungan yang pertama kita harus menghitung dulu

Berapa sih besar biaya produksi atau yang biasa disebut dengan istilah cost Yang kedua kita perlu juga hitung harga grosir atau Homestay dan yang ketiga ada yang namanya harga ecer atau retail nanti saya akan jelasin satu-satu Apa yang dimaksud dengan cost dan retail price juga cara berhitungnya Tapi sebelumnya saya ingetin lagi metode

Ini bukan satu-satunya metode yang digunakan untuk menghitung harga jual produk handmade tapi ini adalah cara yang biasa saya pakai dan ini metode yang cukup populer yang diajarkan di berbagai macam training dan pelatihan yang pernah saya ikuti dan Hari ini saya mau berbagi sama teman-teman gitu Jadi kalau misalnya kok kayaknya nggak cocok

Ya aku kayaknya agak beda ya sama hitungan saya nggak masalah oke langsung aja kita bahas yang pertama Apa sih yang dimaksud dengan biaya produksi Oke untuk menghitung biaya produksi kita dapatkan dari menambahkan material ditambah upah material ini apa material ini adalah semua biaya yang terlibat dalam proses produksi mulai dari bahan baku kalau

Misalnya kita beli bikinnya kalung gitu ya manik-maniknya tali senarnya waktu tentunya pokoknya semua yang kita pakai terus juga ongkos kirim bahan baku itu sampai ke rumah kita itu berapa itu harus dihitung juga kalau misalnya kita Belinya di supplier di toko ada supplier yang ada tokonya ya kita harus hitung

Juga tuh ongkos dari rumah ke supplier itu berapa Ada jajan nggak itu juga harus ditambahin terus yang ketiga ada packing kan kita kalau packing yang ada tambahannya Ada kardusnya ada kertas Thank you card-nya ya cetaknya berapa itu semuanya harus dihitung pokoknya semua deh sampai nanti kuota internet

Itu juga harus masuk Supaya apa supaya kuota internet dan biaya-biaya lainnya itu bisa kita dibayarkan Dari hasil penjualan ini gak harus suntik-suntik modal lagi sebutlah misalnya setelah kita Hitung semuanya satu persatu material yang kita gunakan itu ada di angka 10.000 Untuk membuat satu Princess aksesoris Itu modalnya ternyata Rp10.000 Nah

Sekarang untuk menghitung upahnya ini nggak upah bulanan gitu bukan jadi upah yang dimaksud adalah berapa sih upah yang teman-teman mau dapet untuk mengerjakan satu produk ini maka cara menghitung upah sendiri adalah upah per jam dikalikan lamanya atau waktu yang digunakan untuk memproduksi satu produk misalnya upah per jam saya sebagai seorang

Karakter Saya mau dibayar itu satu jam itu misalnya gini deh satu hari deh satu hari saya mau dibayarnya berapa ya 100.000 misalnya ya 100.000 nih Saya di sini saya hitung dulu upah perhitungan upahnya 100.000 itu per hari terus saya kerjanya 8 jam maka 100.000 dibagi 8 12.500 maka upah saya adalah

12500 per jam karena ini Kerjanya 8 jam ya tadi ya 12.500/jam kayak itu 1 jam nah misalnya untuk bikin kalung atau aksesoris yang tadi kita lagi bikin itu saya butuh waktunya 2 jam misalnya ya Saya butuh waktunya 2 jam artinya upah yang saya perlu adalah 12.500 tadi dikalikan 2 karena kan

Prosesnya 2 jam maka upah yang saya harus dapat dari satu produk itu adalah Rp25.000 gimana sampai sini Semoga nggak bingung ya angkanya sudah fix Ya materialnya 10.000 dan upahnya 25.000 Untuk membuat satu produk dengan hitungan yang seperti tadi sudah saya jelaskan maka biaya produksinya adalah 10.000 ditambah 25.000 angka akhir untuk

Biaya produksi satu buah kalung atau satu buah gelang ceritanya ya contohnya adalah 35.000 ini adalah biaya produksi kita yang diperlukan Rp35.000 Apakah terus bisa ditambahin dikit deh Mbak yang penting udah untung yang penting penjual dulu saya sangat tidak menyarankan perhitungan yang seperti itu ya teman-teman karena di sini saya mengasumsikan bisnis yang kita

Bangun adalah bisnis yang ingin bertahan dalam jangka waktu yang cukup panjang bukan sekedar laku terus dapetnya capeknya doang nggak jangan Saya pengen temen-temen punya bisnis yang sustainable yang berkelanjutan yang nggak cuma sekedar tahun 2 tahun tapi bisa Nanti menghidupi kita sampai kita sudah masuk-masuk pengin pensiun Mungkin gitu kan

Oke ini adalah biaya produksi Sampai detik ini semoga mudah dipahami jadi teman-teman harus tahu dulu nih upahnya itu mau dibayar berapa Nah biasanya yang bingung adalah menentukan sih 100.000 ini datanya dari mana kadang kita nggak tahu saya harus dibayar berapa ya satu hari ya Nah Saran saya untuk menghitung upah itu

Teman-teman bisa ikuti aturan upah minimum regional di kota teman-teman Kenapa karena biaya hidup dan pengeluaran untuk saya yang ada di kota A pasti berbeda sama teman-teman yang ada di kota B Begitupun sebaliknya jadi nggak bisa disamain juga ada faktor pengalaman Sudah berapa lama sih kita berkecimpung di dunia Crafting ini atau

Di dunia yang kita sedang kerjakan ini kalau misalnya masih baru ya mungkin nggak bisa semahal yang sudah berpengalaman gitu ya kira-kira ya Jadi ini bener-bener subjektif ya 100.000 per hari ini hanya contoh mau temen-temen pasang tegangan 1000 sehari juga nggak masalah atau kalau masih baru 50.000 aja deh gitu terserah disesuaikan saja sama

Pengeluaran dan kebutuhan atau upah minimum di kota teman-teman intinya biaya produksi adalah material ditambah dengan upah per jam saat kita proses produksi kita lanjut ke pembahasan yang kedua yaitu hole price Duba saya nggak pernah dapat orderan grosir paling cuma satu dua paling banyak satu lusin kayaknya Nggak perlu

Deh jangan ya teman-teman kita tetap perlu pasang harga grosir atau minimal ada hitungannya Kenapa karena ini adalah bentuk harapan jadi kita Positif thinking aja dulu walaupun sekarang mungkin belum pernah terima orderan banyak tapi kita nggak pernah tahu nih Apa sih yang akan terjadi sama bisnis kita kalau misalnya bayangkan sekarang

Kita udah pasang harga murah terus tiba-tiba ada orang yang mau pesan 100 pcs pasti dia akan minta harga grosir kan Nah harga grosirnya apa dari yang udah murah itu udah nggak bisa di grosir lagi karena itu udah murah gitu yang ada nanti temen-temen modalnya aja nggak nutup atau Biasanya nih mentok-mentok

Nih Yang penting lampunya banyak ternyata dapatnya capeknya doang jangan ya jadi saya sih pengennya dengan adanya hitungan ini nanti apa ya pemasukannya lebih terhitung gitu lebih lebih siap ketika dapat orderan yang banyak jadi penting banget pakai harga grosir dalam menghitung harga grosir kita akan kenalan sama satu sistem yang namanya

Mark up mark up ini bahasa gampangnya seperti pengali dia adalah nominal atau bilangan yang mulai dari angka 2 2,5 seterusnya sampai mungkin 10 market ini pengali jadi nanti menghitung harga grosir adalah tadi biaya produksinya dikalikan mark up dia akan menjadi pengalih biaya produksi terus kita pakai yang mana Mbak Apakah 2

2,5 atau 10 itu tergantung balik lagi tergantung karena bisnis ini personal teman-teman yang punya jadi teman-teman yang tahu gimana sih level Kita pernah nggak sih kayak ada satu brand yang bahan-bahan aksesorisnya tuh kayaknya kita tahu deh kayaknya kita tahu deh range harga modalnya berapa tapi kok dia

Jualnya mahal banget ya itu itu gimana gitu Menurut saya itu nggak papa karena mungkin dia memang menggunakan make up yang cukup tinggi Kok bisa sih Orang itu banyak banget alasannya pertama Apakah desainnya itu original atau cuma sekedar ATM atau cuma sekedar nyontek desain orang lain tentu saja kalau desainnya original maka mark up

Maunya mau 10 juga nggak papa itu hak yang bikin desain terus Apakah brandnya itu sudah exted atau sudah terkenal sudah punya nama sudah berpengalaman dan hanya menyajikan barang-barang atau produk-produk yang eksklusif atau limited nah ini juga jadi bahan pertimbangan semakin spesial produknya semakin sedikit barangnya karena memang dibuatnya limited edition maka semakin

Tinggi marketnya apakah nanti akan ada yang beli kalau brand itu sudah punya customer yang sangat sepi ya yang nggak peduli lagi sama harga pasti ada yang beli jadi nggak usah heran ya kenapa ada satu brand yang jualan mahal banget tapi kalau aku aja kita yang murah aja nggak ada yang beli

Tapi itu memang terjadi nah buat kita nih yang masih merintis yang belum punya belum punya warna sendiri dalam bikin karya atau belum ya belum eksklusif banget lah masih masih mulai bisnis sendiri Masih bikin brand sendiri biasakan kita mulai dengan angka yang paling rendah yaitu 2 jadi mark up kita adalah 2 Oke kita

Masuk ke rumusnya rumus untuk menghitung host adalah biaya produksi dikalikan make up tadi masih ingat ya biaya produksi kita adalah 35.000 Maka kalau Cell prize kita atau harga grosir kita adalah 35.000 dikali 2 karena marketnya 2 maka harga yang kita dapatkan adalah 70.000 ini dia harga grosir kita

70.000 itu dia tentang harga grosir sekarang kita pindah ke step yang terakhir atau perhitungan yang terakhir yang disebut dengan harga retail retail price ini adalah harga final atau harga akhir yang kita tawarkan kepada customer biasanya belinya ya ecer 1 atau 2 PC aja untuk menghitung harga retail atau harga

Satuan kita rumusnya adalah harga grosir dikali mark up jadi mark up ini kita pakai dua kali ya untuk menghitung harga grosir dan menghitung harga ecer jadi ini berkesinambungan nih dari awal menghitung biaya produksi menghitung harga grosir dan menghitung harga ecernya harga grosir tadi yang kita dapetin adalah Rp70.000

Dikali Mark up-nya 2 ya sama dengan 140.000 Tetap sama seperti yang tadi harga grosir tidak berubah jadi dengan perhitungan ini tadi modalnya sudah dihitung upahnya juga sudah dihitung harga akhir penjualannya adalah 140.000 kalau teman-teman ada yang bingung maksudnya apa sih di mark up dua kali itu gimana atau cara yang sederhananya

Adalah gini pertama kita hitung tadi biaya produksinya dengan mark up dua kali itu sama dengan ditambah itu marginnya 300% dikali biaya produksi tadi kan biaya produksi kita 35.000 ditambah 300% dikali 35.000 nanti hasil akhirnya sama yaitu 140.000 ini lebih ringkasnya begini kira-kira nah gimana Mungkin ada teman-teman yang

Rasa gede banget Mbak itu nggak kegedean ya kalau dijual segitu dari model segitu jadinya segini Apakah itu nggak terlalu tinggi menurut saya hitungan ini adalah hitungan yang paling masuk metode yang paling pas untuk menentukan harga jual produk kalau kita hitung harga satuannya mungkin Kelihatannya kok gede banget ya

Tapi temen-temen saya tuh mau ngajakin temen-temen untuk punya perhitungan yang lebih matang untuk jangka waktu yang cukup panjang ingat dari 140.000 ini bukan untung semuanya tapi ada bagian-bagian uangnya yang harus kita sisihkan untuk modal lagi yang pertama misalnya nanti mau bikin produk ini lagi artinya kita harus beli bahan baku yang

Sama Terus yang kedua kalau bisnisnya mau maju Nggak mungkin dong kita beli Bahannya yang itu aja kita langsung tambah bahan-bahan yang lain artinya variasinya ditambah yang ketiga Sebagai penjual online kita harus banget belajar yang namanya branding karena di internet di Instagram aja itu udah Ribuan Orang yang jualan mungkin produknya sama kayak

Kita kalau kita nggak belajar branding nanti kita akan tenggelam nah belajar branding itu kan perlu ikutan training beli buku dari sini juga Uangnya belum lagi kebutuhan-kebutuhan dasar bayar listrik tagihan iuran itu semuanya kalau bisa kita bayarkan dari sini karena sekarang ini saya menganggap teman-teman sedang berbisnis sebagai pemasukan utama Jangan cuma dianggap

Sebagai hobi karena kalau kita anggapnya sebagai hobi selamanya akan menjadi hobi hitungannya nggak akan bisa akan bisa jelas kalau misalnya teman-teman ada yang sesi hobi aja sih Mbak nggak apa-apa lah nggak laku nggak apa-apa lah untungnya sedikit ya silakan tapi konsekuensinya adalah selamanya akan menjadi hobi tapi kalau kita punya

Hitungan yang jelas berapa besar jumlah pemasukannya untungnya sebenarnya berapa sih yang kita dapat itu insya Allah akan lebih tertata ya perhitungannya bisnisnya pun akan lebih maju pelan-pelan jadi ingat 140.000 itu bukan Semuanya masuk ke kantong kita terus kita bisa pakai ya kesannya banyak ya takut setelah dibagi-bagi kok ternyata nggak sebanyak

Itu terus juga nih misalnya kita ikutan bazar Oke saya akan tambahkan satu halaman ya tadi Produksi dan modal kita adalah 35.000 terus harga jualnya menjadi 140.000 Oke ini hasil yang kita dapetin ya dari perhitungan kita misalnya nih ada tanggal cantik 10 10 gitu terus kita ikutan bazar atau ikutan promo di

Marketplace sampai 50% Oke promonya adalah 50% maka harga jual kita akan turun dari 140.000 menjadi dari 140.000 menjadi di diskon jadi 70.000 ya karena kan ada diskon 50% nah 70.000 ini Apakah kita masih untung masih karena modal kita Rp35.000 ya kan atau bahkan misalnya kita pasang diskon 70% maka harga jualnya akan menjadi

42.000 masih lebih tinggi kan daripada model produksi kita dari 35.000 kita dapat masih dapat untung kalau kita jualnya rp42.000 itu udah diskon 70% loh jadi kalau misalnya kita udah punya hitungan yang pas bahkan sekedar titip bazar di orang aja dipotong 15% nggak masalah kita akan tetap dapat keuntungan karena

Kadang mungkin kalau kita titip penjualannya lebih rame dibandingkan kita jualan sendiri ya kan kadang suka ada kayak gitu atau kita ikutan apa ya kurasi bisnis di sebuah dinas pemerintahan tapi ada potongannya 20% Oh nggak masalah harga itu masih masuk dan kita punya networking yang lebih besar caranya gimana ya caranya harus bener

Hitungnya harus ada harga ecer jangan lupa ditambah upah biar nggak cuma dapet capeknya aja Jadi kalau harganya itu udah kita hitung baik-baik maka produk akhirnya itu udah siap disebar di berbagai dalam channel penjualan mau itu online mau itu titip di toko mau itu ikut pameran itu semuanya udah ada hitungannya dan kita

Masih tetap dapat untung mungkin lebih sedikit Nggak masalah karena kan kita nggak capek kerja karena kita titip atau kita jual di tempat lain tetep aja masih ada untungnya gitu teman-teman Aduh gua tapi itu kayaknya masih ketinggian deh gini ya teman-teman banyak cara untuk menguranginya misalnya teman-teman upahnya dikurangin itu kan

Tadi 100.000 contoh aja misalnya setengahnya atau mungkin 25% nya nggak apa-apa dikurangin aja dulu yang penting ada hitungannya nanti kalau teman-teman bisnisnya udah lebih maju udah lebih berpengalaman tentu ditingkatkan lagi marginnya balik lagi yang penting ada hitungannya kira-kira begitu ya teman-teman semoga membantu semoga keuntungan yang didapat itu nggak cuma

Capek tapi beneran ada profitnya tersebut membiayai bisnis juga hidup teman-teman Nah itu dia teman-teman kira-kira begitulah cara menghitung produk handmade yang biasa saya lakukan gimana nih setelah menonton video itu apakah teman-teman tambah ide baru atau justru tambah pusing ternyata selama ini kemurahan ya atau ternyata selama ini

Kemahalan ya Nah Boleh banget tulis di kolom komen apa sih Inside yang teman-teman dapat Dari video ini supaya kita bisa sama-sama belajar juga dan kalau ada masukan saran atau ada tambahan ide Boleh banget sampai ketemu lagi di video berikutnya ya semoga bermanfaat bye bye

Menjawab banyak pertanyaan tentang cara menentukan harga jual, saya bocorin “rahasia” penting nih hehehe.

DISCLAIMER!
Ini bukan satu-satunya metode menentukan harga jual ya. Kalau manteman Crafters punya cara lain, boleh aja!
Yang penting, semua terukur dan jelas perhitungannya. Jadi, bisnisnya bisa semakin berkembang!

xoxo,
Ria
Sobat Cactus Flower, Info tentang #BONGKAR #RAHASIA #Cara #Hitung #Harga #Jual #Produk #Handmade ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 00:22:27 detik.


Sekedar mengingatkan bahwa, cso.biz.id siap membantu dan melayani berbagai masalah dan berusaha memberikan solusi terbaik untuk anda,

Apabila Dirimu, penggemar setia Cactus Flower memiliki MASALAH apapun itu, kamu bisa silahkan dikonsultasikan di website www.cso.biz.id ini guna mendapatkan Solusinya.

Selain itu, Apabila anda membutuhkan peluang untuk mendapatkan PENGHASILAN TAMBAHAN hingga puluhan juta Rupiah setiap bulannya, Sobat bisa bergabung dalam Forum komunitas cso bisnis indonesia ini. ini.

Punya Masalah BONGKAR RAHASIA! Cara Hitung Harga Jual Produk Handmade ✨ ? ..!! DAPATKAN SOLUSINYA, KLIK DISINI

Begitulah sekilas tentang BONGKAR RAHASIA! Cara Hitung Harga Jual Produk Handmade ✨ yang telah dilihat oleh 11043 penonton, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. © Cactus Flower 1347 | #BONGKAR #RAHASIA #Cara #Hitung #Harga #Jual #Produk #Handmade

0 Reviews

12 thoughts on “BONGKAR RAHASIA! Cara Hitung Harga Jual Produk Handmade ✨”
  1. Makasih ya ilmu nya. Menghitung material itu gimana…misal bikin kalung yg dipake hanya 4 manik tp kita beli nya seplastik isi 10. Apa dibagi 10/4 gitu ? Hehe maap ya nanya..

Tinggalkan Pendapat atau Komentar

Produk dan Layanan

ADITIA NUGRAHA AGEN BISNIS AKTIVITAS AGEN ASURANSI AKTIVITAS AGEN PERJALANAN WISATA AKTIVITAS AKUNTANSI, PEMBUKUAN DAN PEMERIKSA AKTIVITAS ARSITEKTUR AKTIVITAS BIRO PERJALANAN IBADAH UMROH DAN HAJI KHUSUS AKTIVITAS BIRO PERJALANAN LAINNYA AKTIVITAS DEBT COLLECTION AKTIVITAS DESAIN INDUSTRI LAINNYA AKTIVITAS DESAIN INTERIOR AKTIVITAS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL/ DESAIN GRAFIS AKTIVITAS DESAIN KONTEN KREATIF LAINYA AKTIVITAS DESAIN PERALATAN RUMAH TANGGA DAN FURNITUR AKTIVITAS FOTOGRAFI AKTIVITAS HOSTING DAN YBDI AKTIVITAS JASA INFORMASI AKTIVITAS JASA PENUNJANG USAHA LAINNYA Aktivitas Jasa Perorangan Lainnya YTDL AKTIVITAS JASA SISTEM KEAMANAN AKTIVITAS KANTOR BERITA OLEH SWASTA AKTIVITAS KEBERSIHAN BANGUNAN DAN INDUSTRI LAINNYA AKTIVITAS KEHUMASAN AKTIVITAS KEINSINYURAN DAN KONSULTASI TEKNIS AKTIVITAS KONSULTAN HUKUM Aktivitas konsultan kekayaan intelektual AKTIVITAS KONSULTAN KEKAYAAN INTELEKTUAL AKTIVITAS KONSULTANSI PARIWISATA AKTIVITAS KONSULTANSI TRANSPORTASI Aktivitas Konsultasi Bisnis Dan Broker Bisnis Aktivitas Konsultasi Bisnis Dan Broker Bisnis AKTIVITAS KONSULTASI KEAMANAN INFORMASI AKTIVITAS KONSULTASI KOMPUTER DAN MANAJEMEN FASILITAS KOMPUTER LAINNYA AKTIVITAS KONSULTASI MANAJEMEN LAINNYA AKTIVITAS KONSULTASI PAJAK AKTIVITAS MANAJEMEN DANA LAINNYA AKTIVITAS PEMROGRAMAN KOMPUTER LAINNYA AKTIVITAS PENEMPATAN PEKERJA RUMAH TANGGA AKTIVITAS PENEMPATAN TENAGA KERJA DARING (JOB PORTAL) Aktivitas Penerbitan lainnya AKTIVITAS PENERJEMAH ATAU INTERPRETER Aktivitas Pengembangan Aplikasi Perdagangan Melalui Internet (E-Commerce) AKTIVITAS PENGEPAKAN Aktivitas Pengolahan Data AKTIVITAS PENUNJANG ASURANSI, DAN DANA PENSIUN LAINNYA AKTIVITAS PENUNJANG JASA KEUANGAN LAINNYA AKTIVITAS PENUNJANG PERDAGANGAN BERJANGKA KOMODITI LAINNYA AKTIVITAS PENYEDIA GABUNGAN JASA PENUNJANG FASILITAS AKTIVITAS PENYEDIAAN TENAGA KERJA WAKTU TERTENTU AKTIVITAS PENYELEKSIAN DAN PENEMPATAN TENAGA KERJA DALAM NEGERI AKTIVITAS PENYELEKSIAN DAN PENEMPATAN TENAGA KERJA LUAR NEGERI AKTIVITAS PENYELIDIKAN AKTIVITAS PENYEWAAN DAN SEWA GUNA USAHA TANPA HAK OPSI ALAT PESTA AKTIVITAS PENYEWAAN DAN SEWA GUNA USAHA TANPA HAK OPSI ALAT REKREASI DAN OLAHRAGA AKTIVITAS PENYEWAAN DAN SEWA GUNA USAHA TANPA HAK OPSI BARANG KEPERLUAN RUMAH TANGGA DAN PRIBADI AKTIVITAS PENYEWAAN DAN SEWA GUNA USAHA TANPA HAK OPSI MESIN PERTANIAN DAN PERALATANNYA AKTIVITAS PROFESIONAL, ILMIAH DAN TEKNIS AKTIVITAS TELEKOMUNIKASI AKTIVITAS TELEKOMUNIKASI TANPA KABEL ASURANSI JIWA KONVENSIONAL ASURANSI UMUM KONVENSIONAL DANA PENSIUN PEMBERI KERJA KONVENSIONAL DIAN RISQI GADIS DESA INDONESIA JAJAK PENDAPAT MASYARAKAT JASA INFORMASI PARIWISATA JASA JUAL KEMBALI JASA TELEKOMUNIKASI JASA KONTEN SMS PREMIUM JASA PENYELENGGARA EVENT KHUSUS (SPECIAL EVENT) JASA PENYELENGGARA PERTEMUAN, PERJALANAN INSENTIF, KONFERENSI DAN PAMERAN (MICE) JASA PRAMUWISATA JASA RESERVASI LAINNYA YBDI Jasa Reservasi Lainnya YBDI YTDL KEGIATAN PENUKARAN VALUTA ASING (MONEY CHANGER) LAYANAN PINJAM MEMINJAM UANG BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI (FINTECH P2P LENDING) KONVENSIONAL Manajer Investasi PEDAGANG BERJANGKA PELATIHAN KERJA BISNIS DAN MANAJEMEN PERUSAHAAN PELATIHAN KERJA PARIWISATA DAN PERHOTELAN SWASTA PELATIHAN KERJA PERTANIAN DAN PERIKANAN SWASTA PELATIHAN KERJA PERUSAHAAN LAINNYA PELATIHAN KERJA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PERUSAHAAN PENASIHAT INVESTASI BERBENTUK PERUSAHAAN Pendidikan Bimbingan Belajar Dan Konseling Swasta PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN SEJARAH/CAGAR BUDAYA PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN SENI PENELITIAN PASAR PENERBITAN SURAT KABAR, JURNAL DAN BULETIN ATAU MAJALAH PENYEWAAN VENUE PENYELENGGARAAN AKTIFITAS MICE DAN EVENT KHUSUS PERANTARA MONETER LAINNYA PERDAGANGAN BESAR BERBAGAI MACAM BARANG Perdagangan eceran bukan di toko, kios, kaki lima dan los pasar PERGADAIAN KONVENSIONAL PERIKLANAN Portal Web Dan/Atau Platform Digital Dengan Tujuan Komersial Portal Web Dan/Atau Platform Digital Dengan Tujuan Komersial Portal Web Dan/Atau Platform Digital Dengan Tujuan Komersial RDP GROUP REAL ESTAT ATAS DASAR BALAS JASA (FEE) ATAU KONTRAK REAL ESTAT YANG DIMILIKI SENDIRI ATAU DISEWA

Holding company

Kontakscreen tag