[LIVE] Bisa Tanya Kebijakan PANRB: “Standar Pelayanan Publik”

2023-04-06 11:29:50 01:18:35 [ • ] Pengen dibagikan silahkan saja bisa langsung berinteraksi melalui kolom chat di YouTube baik perkenalkan dulu sebelumnya bapak ibu host atau moderator ya pada saya sendiri pada pagi hari ini terkait standarisasi pelayanan Bapak Ibu dan rekan-rekan sesi pada pagi hari ini yang mana nanti akan disampaikan materi umum terkait standarisasi pelayanan oleh ibu Martina yaitu

Selaku koordinator atau analis kebijakan muda di pelayanan publik khususnya di Asisten Deputi standarisasi pelayanan publik dan pelayanan inklusif Baik bapak ibu dan rekan-rekan tanpa mengurangi rasa hormat dan mempersingkat waktu setelah ini saya akan berikan kesempatan kepada Ibu Martina untuk dapat menyampaikan materi itu terkait standarisasi pelayanan secara umum yang mungkin ini Bapak Ibu

Dan rekan-rekan sering gitu ya ada hal-hal yang ditanyakan ke kami nah ini nanti harapannya bisa memberikan pencerahan kepada bapak ibu dan rekan-rekan dan memberikan wadah juga jika nanti ingin berinteraksi baik kalau begitu silakan untuk ibu berpindah untuk waktu dan layar saya perserahkan untuk dapat memberikan materi terkait standarisasi pelayanan publik silakan

Terima kasih Mas Kiki Selamat pagi bapak dan ibu sekalian Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Om Swastiastu nama budaya salam kebajikan Terima kasih untuk Bapak dan Ibu yang sudah bergabung ya kepada pagi hari ini melalui Zoom Ya sudah ada 70.000 orang ini mungkin di YouTube ada sudah mencapai 10.000 ya

Ya sebenarnya bisa tanya Pan RB ini adalah forum yang kita lakukan setiap minggu secara rutin memang ditujukan untuk membuka ruang diskusi sebenarnya ruang diskusi yang seluas-luasnya terkait dengan kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh Kementerian panrb karena kan kita punya waktu itu terbatas gitu ya Bapak Ibu apalagi kalau misalnya Bapak

Dan Ibu datang langsung hanya untuk berkonsultasi atau menanyakan terkait kebijakan tentu kita tidak akan bisa melayani semuanya gitu ya di dalam waktu yang sangat-sangat singkat apalagi Bapak Ibu yang ada di lokasi yang sangat jauh gitu Oleh karena itu forum ini memang diberikan khusus untuk bapak dan ibu sekiranya ada hal-hal yang

Ingin ditanyakan di klarifikasi terkait dengan kebijakan-kebijakan bisa kita di sini Oleh karena itu juga topik-topik yang diberikan itu setiap minggunya akan berbeda gitu ya Sesuai dengan topik kebijakan yang memang dikeluarkan oleh Kementerian nah khusus untuk pagi hari ini kami diberikan tugas untuk menyampaikan terkait kebijakan standar pelayanan publik

Saya udah dijadikan kohos ya Mas Kiki ya saya mohon izin Share screen ya Saya pingin mungkin materi Saya tidak akan terlalu banyak saya sampaikan karena memang forum ini lebih banyak untuk ruang diskusi Oleh karena itu saya ingin memberikan kesempatan yang lebih luas nanti untuk bapak dan ibu untuk bertanya Ataupun mungkin menyampaikan

Sharing pengalamannya gitu di dalam implementasi kebijakan tentang standar pelayanan publik ya jadi saya mungkin akan menyampaikan poin-poin penting saja terkait dengan kebijakan standar pelayanan ini karena sebenarnya kebijakan ini termasuk yang sudah cukup lama ya Bapak Ibu ya dari mulai undang-undang pelayanan publik nomor 25 tahun 2009 itu sudah mewajibkan

Adanya penyusunan standar pelayanan dan setelah itu kita sudah mulai menyusun pedoman mohon maaf ya kalau agak berisik ya teman-teman jadi penyusunan pedoman standar pelayanan itu sendiri sudah mulai disusun ya sejak tahun 2011 itu bapak ibu dan saya sendiri terlibat pada waktu itu saya masih CPNS nggak papa Ya sambil

Sharing masih CPNS tapi saya sudah terlibat gitu ya ya sebagai notulen gitu ya mencatat pembahasan-pembahasan tentang standar pelayanan ini yang dibahas bersama waktu itu dengan teman-teman dari resep Sekretariat Negara Kemudian dari lembaga administrasi negara ya dari ruangan kita juga mengundang Banyak pakar waktu itu untuk bisa membahas terkait Bagaimana

Pedoman standar pelayanan ini itu pada tahun 2011 kemudian diterbitkanlah tahun 2012 itu Permenpan 36 tahun 2012 yang saya ingat sekali di sana disusun juknis ya kita waktu itu menyebutnya juknis petunjuk teknis penyusunan standar pelayanan publik pada unit penyelenggara pelayanan publik karena ini masih baru pertama waktu itu penyusunan standar pelayanan jadi juknis

Itu berisi banyak petunjuk teknis Ya Termasuk format-format yang sangat banyak gitu ya bagaimana Mengidentifikasi jenis layanan dan sebagainya nah kemudian di tahun 2014 dilakukan revisi terhadap petunjuk teknis tersebut mengingat perkembangan zaman gitu ya kemudian juga dengan prinsip kesederhanaan supaya pedoman itu lebih sederhana maka tersebut direvisi menjadi

Permenpan 15 tahun 2014 yang saat ini sampai saat ini mesti kita Domani yaitu tentang pedoman standar pelayanan dan di dalamnya tetap mengacu kepada 14 komponen bapak ibu sama seperti yang di tahun 2012 hanya saja isi dari pedoman itu lebih sederhana tidak terlalu banyak lagi detail-detil format format untuk mengidentifikasi produk layanan

Dan sebagainya karena dirasa itu terlalu mengikat gitu terlalu kaku sehingga Permenpan 15-2014 ini lebih fleksibel lebih terbuka untuk menentukan jenis layanan mengidentifikasi dan sebagainya tidak tertutup dengan format-format yang kaku Oleh karena itu permen ini sudah mulai 2014 dan sekarang sudah tahun 2023 Bapak Ibu artinya ini sudah berjalan 9 tahun dan kewajiban

Penyusunan standar panel ini pun setiap tahun kita dorong gitu artinya ini bukan hal yang baru lagi ya Bapak Ibu ini yang nantinya Kita pingin Justru lebih banyak mendengar nih Seperti apa kira-kira pengalaman Bapak Ibu dalam jangan sampai pelayanan dan Apa kira-kira kendala ataupun kesulitan-kesulitan yang dihadapi sekilas ya Bapak Ibu ya untuk sejarahnya

Gitu ya kenapa bisa muncul pedoman standar Finance ya kemudian berbicara standar pelayanan publik itu tidak terlepas dari sebenarnya tujuan utamanya gitu ya tujuan mendasar dari standar Finance itu sendiri sebenarnya hanya satu bapak ibu yaitu memastikan kualitas ya kualitas pelayanan yang diberikan oleh pemerintah gitu yang diberikan oleh penyelenggara pelayanan

Publik kepada masyarakat itu sebenarnya Tujuan mendasarnya ini yang sering Disampaikan oleh Bapak Presiden yang meskipun beliau tidak menyebutkan secara spesifik terkait standar pelayanan tapi di berbagai kesempatan beliau itu selalu menyampaikan terkait kualitas ya kualitas dan nilai-nilai yang mendasari penyelenggaraan pelayanan publik itu seperti apa ya ini disampaikan bahwa hakikat dari pelayanan publik itu

Sebenarnya adalah bukti nyata dari kehadiran negara di tengah masyarakat ini yang kita yakini bersama ya Bapak Ibu bahwa masyarakat itu melihat kehadiran negara itu ya dari pelayanan publik yang mereka dapatkan gitu mereka berangkat bekerja mereka kan pergi dengan misalnya kendaraan umum atau transfer koperasi portasi publik itu adalah pelayanan publik dan ketika

Mereka merasakan kenyamanan di sana mereka merasakan kehadiran negara di sana gitu bahwa saya difasilitasi dengan baik sehingga saya bisa beraktivitas dengan nyaman untuk pergi ke kantor untuk bekerja untuk berkarya seperti itu nah sebaliknya yang disampaikan di sini bahwa pelayanan yang baik akan meninggalkan pesan yang Baik Sebaliknya pelayanan yang buruk akan memberikan

Persepsi yang buruk jika kita biarkan dapat menurunkan kepercayaan realitas sebenarnya negara nah ketika misalnya masyarakat untuk berangkat bekerja saja mengalami kesulitan transportasi publiknya misalnya tidak tersedia atau mungkin tersedia tapi tidak memadai gitu tidak nyaman di sana dia atau di masyarakat ini merasa tidak aman tidak nyaman mengalami kecopetan misalnya atau

Mengalami perlakuan-pelakuan yang buruk nah di sana tidak ada tuh kehadiran negara di sana gitu karena saya untuk berangkat bekerja pun eee mengalami kesulitan mengalami misalnya bahaya gitu yang mengancam Jiwa Saya bahkan gitu ketika menuju ke tempat kerja nah di sini ada hal-hal yang kualitasnya tidak baik Berartikan dari penyelenggaraan dan itu

Akan menurunkan kepercayaan terhadap kredibilitas penyelenggaraan negara masyarakat itu jadi tidak tidak menyerahkan keyakinannya gitu bahwa negara akan menjamin kehidupan saya Yamin aktivitas saya bisa berjalan dengan baik nah di sanalah Kenapa pelayanan publik itu apa namanya dijadikan hakekatnya itu sebagai penyelenggara peranan publik harus semakin baik ya tuntutan masyarakat terus meningkat di sinilah

Peran dari standar pelayanan itu bapak dan ibu karena standar pelayanan itu menyebabkan adanya perbaikan berkelanjutan dan hal ini diharapkan dapat mengikuti apa yang disebut tadi tuntutan masyarakat yang terus-menerus meningkat itu kalau kita lihat ya Bapak dan Ibu Ya sekarang harapan atau tuntutan masyarakat itu semakin meningkat itu dalam bentuk kecepatan kemudian juga kemudahan

Dan juga amanah dan kepastian ya Bapak Ibu itu sebenarnya tidak berubah dari waktu ke waktu banyak harapan terutama masyarakat itu sebenarnya itu-itu aja sebenarnya maunya cepat maunya mudah murah gitu ya maunya aman nah itu yang ingin kita kualitas yang ingin kita bangun gitu ya di dalam penyelenggaraan

Pelayanan yang kita sediakan dan itu di dalam bentuk standar pelayanan itu yang seringkali dalam berbagai kesempatan disampaikan oleh [Musik] di dalam undang-undang nomor 25 tahun 2009 tentang peran publik ini dijelaskan dengan sangat perih gitu ya bahwa pelayanan publik itu adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan pelayanan sesuai peraturan perundang-undangan bagi setiap

Warga negara dan penduduk atas barang jasa dan atau layanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik ini ruang lingkup dari pelayanan publik itu untuk setiap warga negara dan penduduk tidak terkecuali ya Bapak dan Ibu dan itu melingkupi barang jasa dan atau pelayanan administratif Jadi seluruh ruang lingkup pelayanan publik ini perlu

Disusun standar pelayanan untuk menjamin kualitas pelayanan Lalu siapa masyarakat tersebut kita perlu mengidentifikasi Bapak Ibu Ya siapa masyarakat yang kita layani untuk kita bisa mengukur gitu ya sejauh mana pelayanan yang kita berikan itu bisa menjangkau ya menjangkau masyarakat menjangkau pihak penerima manfaatnya disebutkan bahwa seluruh pihak baik warga negara maupun penduduk

Sebagai orang perseorangan kelompok maupun badan hukum yang berkedudukan sebagai penerima manfaat pelayanan publik secara langsung artinya kata kuncinya di sini adalah penerima manfaat layanan publik penerima manfaat peranan publik ini yang merupakan yang kita sebut sebagai masyarakat tadi Jadi sebenarnya dia sangat luas ya Bapak Ibu ya masyarakat itu

Dia bisa pelaku usaha gitu ya dia juga bisa sesama instansi pemerintah juga sebagai penerima manfaat dari pelayanan kita kemudian masyarakat itu juga bisa banyak ya pada misi masyarakat Ini semua tergantung dengan jenis layanan yang kita ya ini dasar hukum Kami pikir ini sudah sangat-sangat seringnya Bapak Ibu ya disampaikan sejak undang-undang 25 itu

Diterbitkan itu sudah mewajibkannya seluruh penyelenggara pelayanan untuk menyusun dan menetapkan standar pelayanan kemudian kewajiban yang kedua bahwa dalam menyusun dan menetapkan standar pelayanan penyelenggara pelayanan wajib mengikutsertakan masyarakat dan pihak terkait nah ini saya ingin tekankan nanti di poin yang Bapak Ibu ya kewajiban untuk masyarakat dan pengertiannya ini sudah cukup ini Nah

Ini mungkin saya sedikit menjelaskan ya atau menyampaikan terkait dengan prinsip-prinsip penyusunan standar pelayanan itu seperti apa yang pertama itu sederhana ya jadi standar pelayanan yang kita susun itu harus sederhana artinya dia mudah dimengerti diikuti dilaksanakan di ukur dengan prosedur yang jelas jadi apapun yang kita tulis kan di dalam atau yang kita

Rumuskan di dalam standar pelayanan itu khususnya terkait dengan persyaratan dan prosedur harus kita pastikan itu sesederhana mungkin dan semudah mungkin untuk bisa dipahami dimengerti tapi dalam arti bukan menjadi gampangan ya Bapak Ibu ya jadi bedakan artinya sederhana dengan gampang ya Gampang itu seolah-olah mengabaikan peraturan perundang-undangannya tapi kalau sederhana lebih kepada prinsip hal-hal

Yang tidak penting hal-hal yang tidak relevan tidak perlu kita cantumkan gitu ya sebagai persyaratan atau sebagai prosedur hal-hal yang mungkin tidak perlu itu kita bisa pangkas gitu ya kita bisa pangkas tahapannya sehingga prosedur itu bisa lebih sederhana bisa lebih cepat bisa lebih mudah itu yang dimaksud di dalam prinsip sederhana

Kemudian prinsip berikutnya partisipatif bahwa penyusunan standar pelayanan harus melibatkan masyarakat dan pihak terkait jadi standar pelayanan itu sifatnya tidak satu arah melainkan melibatkan ya melibatkan pihak-pihak terbaik karena standar Finance itu kan nanti yang menggunakan kebanyakan adalah pengguna layanan gitu ya pengguna layanan kita masyarakat yang tadi penerima manfaat

Yang kita sebutkan di awal tadi Nah masyarakat penerima manfaat dari jenis layanan kita inilah yang kita ingin libatkan gitu ketika kita melakukan penyusunan standar pelayanan atau bukan hanya dalam proses penyusunan tapi ketika kita melakukan evaluasi terhadap standar pelayanan yang berjalan ini kita juga bisa melibatkan masyarakat menerima manfaat itu kemudian prinsip berikutnya

Akun tabel setiap hal yang diatur dalam standar pelayanan harus dapat dilaksanakan dan dipertanggungjawabkan jadi apapun yang kita tuangkan di dalam standar pelayanan baik itu persyaratan prosedur Waktu penyelesaian biaya itu semuanya harus dapat dilaksanakan dan dipertanggungjawabkan artinya ada dasar hukumnya ya yang mendasari hal-hal tersebut kemudian juga ada kapasitas gitu yang bisa

Memastikan bahwa hal tersebut kita dilaksanakan Gitu contohnya misalnya untuk mendapatkan untuk mendapatkan misalnya layanan keimigrasian misalnya ya tentu kita tidak ingin membuat apa namanya persyaratan-persyaratan yaitu tidak dapat dilaksanakan misalnya ya persyaratan Kalau tidak salah waktu itu pernah ada persyaratan itu harus ada ijazah ya Kalau tidak salah ijazah

Jasa dari sekolah ya artinya itu kalau tidak salah ya zaman dulu itu sekarang itu kan Tidak semua orang juga menganyam Pendidikan gitu ya Nah Artinya ada hal-hal yang akhirnya sih penerima manfaat tidak dapat melaksanakan tuh gitu ya tidak dapat dilaksanakan karena saya memang belum pernah sekolah atau mungkin saya memang

Ya tidak tidak pernah sekolah gitu mendingan yang pendidikan formal gitu ya sehingga saya tidak pernah mendapatkan ijazah nah hal seperti ini harus dipertimbangkan ketika menyusun standar pelayanan Apakah dalam memenuhi persyaratan ataupun prosedur itu itu dapat dilaksanakan jadi perlu diperhatikan berbagai aspeknya berbagai hal yang memungkinkan itu mungkin tidak bisa dilaksanakan oleh

Kalangan-kalangan tertentu nah ini yang dimaksud dengan akun tabel kemudian contohnya dalam menentukan tarif gitu ya tarif Kenapa bisa menentukan tarif sekian Oh ada dasar hukumnya dari peraturan tentang penerimaan pajak penerimaan negara bukan pajak gitu nah itu perlu Ada aturan-aturan khusus yang mendasarinya itu yang disebut kemudian prinsip berikutnya adalah berkelanjutan dimana standar pelayanan

Harus terus-menerus melakukan perbaikan sebagai upaya peningkatan kualitas dan artinya itu bukan akhir Bapak Ibu Ya bukan titik akhir dari penyelenggaraan pelayanan melainkan itu perlu terus dilakukan evaluasi sehingga ada perbaikan dan juga ada penyesuaian-penyesuaian dengan kondisi perkembangan lingkungan yang ada dan dari sana akan muncul nanti peningkatan kualitas dan bahkan inovasi-inovasi dalam pelayanan

Kemudian prinsip berikutnya adalah transparansi bahwa standar pelayanan harus dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat nya standar pelayanan itu perlu dipublikasikan seluas-luasnya kepada masyarakat khususnya kepada target-target masyarakat yang memang kita tahu akan menjadi penerima manfaat dari pelayanan kita tidak ada gunanya Bapak Ibu kalau kita punya standar pelayanan tapi kita tidak publikasikan

Sehingga masyarakat itu tidak bisa mengakses nah Artinya kita perlu memanfaatkan media-media publikasi yang sudah sangat-sangat banyak saat ini baik itu Media elektronik ya ataupun media-media sosial ataupun platform website yang kita punya itu merupakan media-media yang sangat efektif untuk mempublikasikan standar pelayanan jadi misalnya saya mau bayar pajak kendaraan nih gimana ya caranya

Biasanya itu saya langsung Googling saya langsung cari di Web saya bagaimana membayar pajak kendaraan saya nih sudah jadi tempo misalnya nah kalau misalnya saya tidak menemukan gitu ya standar pelayanan Tentu saya akan menjadi kebingungan otomatis kalau mau tidak mau Mungkin saya akan bertanya gitu ya kepada orang lain dan

Sebagainya nah artinya kan ada hal-hal effort yang bertambah lagi gitu untuk mengakses pelayanan tapi ketika itu dibuat transparan terbuka mudah diakses saya dengan mudah mengakses informasi tersebut dan bisa dengan segera melakukan kewajiban saya gitu ya untuk membayar pajak kendaraan misalnya dan itu adalah bagian dari pelayanan juga gitu ya memudahkan saya untuk melakukan

Pembayaran misalnya Oh ternyata sudah bisa ya dilakukan secara online Oh ada aplikasinya Oh saya di apa dituntun untuk melakukan apa namanya download aplikasi misalnya dan itu ketika saya mengakses dengan mudah kemudian juga prosesnya cepat itu akan menimbulkan kepuasan gitu ya bahwa saya mendapatkan pelayanan yang mudah kemudian aspek maksud kami prinsip yang

Terakhir yaitu prinsip keadilan bahwa standar pelayanan harus menjamin bahwa pelayanan dapat menjangkau semua masyarakat yang berbeda baik itu status ekonomi jarak lokasi geografis dan perbedaan kapabilitas fisik dan mental prinsip ini yang diharapkan mendasari penyusunan standar pelayanan bahwa pelayanan publik itu atas tanda Pan itu harus bisa dijangkau ya oleh semua kalangan tanpa melihat

Perbedaan-perbedaan kondisi-kondisi yang tadi itu yang sosial ekonomi geografis bahkan kapabilitas fisik ya dan mental ini 14 komponen yang kami yakin Bapak dan Ibu sudah mengetahuinya ya di yang diatur di dalam pedoman penyusunan standar primer itu ada 6 komponen service delivery atau pemberian pelayanan atau penyampaian pelayanan kemudian ada 8 komponen Manufacturing

Atau komponen standar pelayanan yang terkait dengan proses pengelolaan pelayanan internal organisasi Nah untuk Komponen service delivery ini adalah komponen-komponen yang wajib ya yang wajib dipublikasikan sedangkan komponen Manufacturing ini tidak lagi dikasihkan tapi perlu untuk di pedomani oleh penyelenggara pelayanan ketika ya ini untuk siklusnya bapak dan ibu secara sederhananya

Siklusnya itu seperti ini mulai dari penyusunan rancangan kemudian pembahasan rancangan dengan masyarakat lalu ditetapkan kemudian diterapkan sp-nya sekaligus juga ditetapkan maklumatnya lalu dilakukan pemantauan ini untuk kewajiban tadi ya kewajiban masyarakat pelibatan masyarakat ya dalam penyusunan standar pelayanan tujuan utamanya adalah untuk memastikan bahwa standar pelayanan itu nanti sesuai

Gitu ya dengan harapan dari masyarakat atau pihak terkait yang merupakan penerima manfaat dari pelayanan publik tersebut Nah siapa saja sih mereka itu banyak ya Bapak Ibu yang masyarakat kita itu sangat-sangat luas ya tergantung dengan jenis layanan yang kita berikan ya tapi kita bisa melibatkan misalnya tokoh masyarakat akademisi akademisi ini kan biasanya

Mereka pengamat-pengamat ataupun pegiat-pegiat pelayanan publik juga ya kemudian punya usaha organisasi profesi dan atau lembaga swadaya masyarakat ini juga mereka-mereka yang mungkin merupakan pemerhati pelayanan publik yang memiliki apa ya memiliki keinginan ya untuk melakukan perbaikan-perbaikan di dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang tadi kami sampaikan ya tujuannya bentuknya seperti apa ya sebenarnya

Untuk bentuk-bentuk lipatan masyarakat ini saat ini sudah semakin beragam ya Bapak Ibu tidak perlu lagi harus tetap muka langsung ya bisa seperti ini ya kita bisa melakukan secara virtual atau kita juga bisa melakukannya itu dengan melihat dari hasil survei kepuasan masyarakat bapak ibu kemudian juga dari hasil-hasil pengaduan Nah ini bisa kita

Jadikan bahan untuk menyusun standar pelayanan jadi banyak sekali Bapak Ibu mungkin sekarang malah lebih lebih beragam ya caranya misalnya dengan podcast ya Bapak Ibu Sekarang kan sudah banyak tuh podcast ini bisa menggali lebih dalam nih harapan-harapan dari masyarakat atau penerima manfaat dari layanan kita jadi banyak sekali sebenarnya caranya yang paling penting adalah

Keterlibatannya keterlibatan partisipasi sebenarnya saling membutuhkan ya saling membutuhkan kita membutuhkan informasi dari masyarakat apa sebenarnya harapan mereka sehingga pelayanan publik itu bisa menyesuaikan gitu menyesuaikan kemudian harapan dari kebutuhan dari masyarakat sendiri mereka di butuh untuk harapan mereka bisa terpenuhi gitu kan jadi ini memang tujuannya adalah mendekatkan nah ini menyelaraskan kemampuan penyelenggara

Pelayanan dengan kebutuhan atau kepentingan masyarakat sesuai dengan kondisi lingkungan misalnya dukungan pendanaan jumlah pelaksana sarana prasarana dan fasilitas jadi di sinilah nanti bertemu gitu ya diharapkan antara kemampuan penyelenggara dan harapan ya ini mungkin Secara teknis terkait dengan mengidentifikasi jenis-jenis layanan tentu itu semuanya tetap berdasarkan pada tugas dan fungsi kewenangan

Dan juga apa namanya kewenangan menyelenggarakan pelayanan Ya baik itu instansi unit maupun satuan kerja mungkin untuk komponen-komponjelasan komponen-komponen ini saya lewatkan saja Bapak Ibu karena memang sudah sudah sering ya untuk disampaikan untuk kita lebih banyak mendengar diskusi dari bapak dan ibu ataupun pertanyaan yang terkait ya mungkin ini sedikit saja ya terkait

Dengan kondisi di lapangan ya terkait dengan standar pelayanan ya ini juga sama karena kita masih melihat banyak perbedaan ya terkait dengan persyaratan jangka waktu dan prosedur serta biaya ya khususnya ini untuk di pemerintah daerah jadi layanan-layanan yang diberikan oleh pemerintah daerah yang satu dengan yang lain itu masih mungkin masih ada

Perbedaan dari kualitasnya yang misalnya yaitu tadi prosedurnya biaya dan sebagainya itu dan ini diharapkan nanti dapat kita atasi atau kita komodir ya dengan adanya digitalisasi sebenarnya dan digitalisasi pelayanan publik itu sebenarnya sangat-sangat tergantung pada standar pelayanan perlu Ada kesamaan ya interoperabilitas istilahnya antara satu jenis layanan dengan jenis yang layanan lainnya sehingga ketika

Diakses secara digital itu bisa bisa apa ya bisa di berikan secara baik sistem ya Sesuai dengan standar yang berlaku baik itu secara nasional Ya baik itu a daerah B daerah c itu harusnya bisa diakses dengan kualitas yang sama kira-kira seperti itu tapi nanti kita bisa diskusikan ya terkait hal ini Bapak

Dan Ibu Mungkin itu saja sebagai pemantik diskusi lah ya pemantik diskusi supaya kita lebih banyak ruang waktu untuk bapak dan ibu menyampaikan pertanyaan-pertanyaannya Baik terima kasih kami kembalikan kepada Baik terima kasih Madinah untuk paparannya tadi lengkap untuk pemantik diskusi Bapak Ibu Ya silahkan jadi sekarang sesi diskusi atau tanya jawab

Dari bapak ibu Atau rekan-rekan jika ada pertanyaan bisa disampaikan via kolom chat di YouTube Nah Bu Dina ini tadi saya perhatikan ada beberapa pertanyaan yang sudah disampaikan dari peserta yang join di YouTube ini yang pertama terkait SP ini sendiri apakah ini hanya berlaku di Kemenpan RB atau bisa

Diterapkan juga di instansi lain gitu kemudian dilanjutkan dengan pertanyaan lanjutan yaitu terkait SP ini sendiri gitu Apakah ada apakah termasuk seperti nota pemeriksaan pengawas atau apakah bisa petugas mediator punya produk yang bisa disegani dari berbagai pihak karena sepertinya kalau saya coba tangkap dari pertanyaan ini Bu Tina itu di daerah sepertinya kurang kurang

Diterapkan begitu sp-nya atau kurang kurang bisa tajam gitu diterapkan kepada para pengguna layanan pertanyaan pertama itu Ibu Tina yang penting bisa dibantu untuk diberi pencerahan ini dari pertanyaannya dari Kabupaten Pasuruan dinas dua-duanya dari Pasuruan ya pertanyaannya betul tadi pertanyaan pertama dan pertama pertanyaan lanjutannya Oke saya coba ya menanggapi untuk SP

Apakah perilaku di Kementerian saja oh tentu tidak ya Pak ya jadi peraturan atau kebijakan terkait penyusunan standar pelayanan publik ini jelas disebutkan di undang-undang pandangan publik bahwa setiap penyelenggara pelayanan publik ya yang wajib untuk menyusun Kantor Pelayanan jadi tidak hanya satu atau beberapa instansi saja tapi setiap instansi yang menyelenggarakan pelayanan publik

Tentunya kita Sebagai penyelenggara negara gitu ya tentu yang tadi itu ya kehadirannya adalah untuk menyelenggarakan pelayanan publik dan standar pelayanan publik itu wajib untuk disusun gitu ya oleh instansi instansi penyelenggara publik Kemudian yang kedua standar planner apakah termasuk nota kesepakatan pengawasannya tadi saya kurang menangkap Ya maksudnya apa tapi

Yang saya tangkap ini tadi dari apa yang disampaikan oleh Bagaimana caranya ya memastikan penerapan standar pelayanan itu bisa berjalan sesuai yang diharapkan gitu ya khususnya misalnya di daerah-daerah ya Ini pertanyaan Bagus sekali pak nomor 2 ini karena memang tantangannya di sini Sebenarnya tantangannya di dalam implementasi standar pelayanan itu sendiri Jadi sebenarnya

Ketika standar pendek itu sudah disusun ditetapkan tadi Seperti yang saya sampaikan itu bukan akhirnya gitu ya tapi justru itu adalah awal dimana standar pelayanan itu menjadi tolak ukur kan tolak ukur acuan penyelenggaraan pelayanan itu bisa diberikan gitu bisa diberikan Dan itu menjadi ukuran dari kualitas layanan yang kita berikan kepada penerima

Manfaat dari layanan itu nah bagaimana untuk memastikan hal tersebut untuk memastikan hal tersebut ada beberapa cara Sebenarnya ya Bapak Ibu Ya mungkin kalau cara yang umum itu ya tentu melalui monitoring dan evaluasi berkala ya Monitoring evaluasi berkala ini juga caranya juga banyak ya Bapak Ibu Ya bisa dengan

Pengamatan langsung gitu ya seperti sih istilahnya kalau di swasta itu kan ada supervisor gitu ya untuk memperhatikan ini kasir saya ini bekerja dengan baik atau tidak apa namanya produk-produk yang ada ini semuanya masih bagus atau sudah expired atau apa itu Nah ini kan memang day today basis yang dilakukan yaitu

Monitoringnya itu atau supervisinya itu nah sebenarnya itu juga bisa sangat-sangat mungkin ya dilakukan tapi kalau dalam konteks penyelenggara pelayanan publik biasanya memang ada apa ya secara struktural gitu ya Ada pejabat yang memang ditugaskan untuk memastikan pelayanan publik itu bisa berjalan itu jadi itu sejarah dengan supervisi langsung gitu

Istilahnya kemudian ada juga dengan cara lain yaitu dengan menilai kepuasan dari si pengguna layanan itu sendiri yaitu salah satunya dengan survei ya dengan melaksanakan survei pengguna layanan ketika setiap selesai memberikan pelayanan baik itu mungkin layanan administratif pelayanan jasa atau mungkin pelayanan pelayanan konsultasi dan sebagainya setiap selesai itu

Ditanya gitu sih pengguna layanan itu pengalamannya Seperti apa gitu Apakah ada yang kurang Apakah ada yang tidak sesuai dengan standar Finance tidak yang sudah ditetapkan itu bisa ditanyakan langsung melalui survei ya surveinya pun caranya bisa bermacam-macam Bapak Ibu ya Bisa misalnya dengan menanyakan langsung dengan angket atau mungkin ada secara digital disuruh mengisi

Survei atau bisa juga dalam waktu tertentu dilakukan fgd misalnya kita kumpulkan nih dalam satu waktu masyarakat yang mungkin sudah pernah mendapatkan pelayanan kita lakukan Kita gali pengalaman mereka maupun harapan mereka Nah ini bisa menjadi cara untuk kita memastikan standar planet itu berjalan atau tidak dan tentunya sampai pelayanan ini yang

Apa namanya komponen-komponen standar panen ini yang kita jadikan indikator gitu ketika melakukan pengukuran-pengukuran tadi misalnya dalam sesuai kekuasaan masyarakat maupun dalam fgd dan sebagainya kemudian cara yang lain juga kita mengevaluasi pengaduan yang masuk ya Bapak Ibu dari pengaduan-pengaduan itu kita bisa melihat Oh Ternyata masih ada nih pengaduan tentang waktu

Pelayanan yang tidak pasti Nah itu kan artinya tidak sesuai dengan standar pelayanan yang kita sudah susun misalnya Harusnya kan satu jam saja Udah selesai nih untuk direspon gitu pelayanannya tapi ternyata masih ada masyarakat atau penerima manfaat layanan kita yang asing mengeluhkan gitu Oh saya sampai 3 jam di sini gitu nah ini sebuah

Indikator bahwa standar pelayanan itu ternyata belum diterapkan gitu ya belum diterapkan mekanisme-mekanisme ini sebenarnya yang perlu dibangun ya pak atau Ibu dari Pasuruan untuk memastikan gitu ya dan itu juga sekaligus mengevaluasi apa yang salah gitu ya Oh ternyata SDM saya nih yang masih belum konsisten misalnya Oh ternyata sarana prasarana

Saya nih yang masih belum memadai sehingga kedepan saya akan melakukan pembenahan dalam hal itu sehingga terjadi perbaikan-perbaikan pelayanan ke depan seperti itu kira-kira semoga terjawab Bapak Ibu dari Pasuruan ya terkait tadi Bagaimana supaya membuat SP itu bisa berjalan dengan baik di instansi daerah berlanjut ke pertanyaan berikutnya ini Bu Tina ada dari bapak

Bawono pertanyaannya adalah untuk pembagian negara semacam antri Basarnas BMKG Brin BNN dan seterusnya Bagaimana penerapan sp-nya dengan melibatkan masyarakat secara partisipatif [Musik] agar lebih simple gitu atau lebih mudah digunakan oleh masyarakatnya itu sendiri pertanyaannya Andri Basarnas contohnya ada Andri bahasa ronas BMKG Brin dan BNN atau seterusnya Oke Oke jadi ini

Contoh-contoh penyelenggara negara atau penyelenggara pelayanan yang pelayanan pelayanannya itu mungkin tidak melayani langsung ke masyarakat ya kalau yang saya lihat ya BNN mungkin ada ya BNN mungkin ada layanan langsung kepada masyarakat tapi kalau seperti ini juga ada juga sebenarnya pelayanan langsung kepada masyarakat Basarnas BMKG Jadi bagaimana bentuk partisipatifnya Ya bagaimana bisa

Melibatkan masyarakat Ya kembali lagi ya kita perlu mengidentifikasi dulu siapa penerima manfaat gitu ya dari layanan-layanan kita ini misalnya kalau BMKG ini penerima manfaatnya banyak sekali ya ini misalnya layanan transportasi gitu ya maskapai penerbangan kemudian pemerintah-pemerintah daerah banyak ya sebenarnya untuk apa namanya penerima manfaatnya gitu Itu yang sesuai dengan apa namanya tugas

Fungsi ya substansi kewenangan dari institusi tersebut Jadi bagaimana melakukan pelibatan masyarakatnya tentu kita mengajak berpartisipasi ya para penerima manfaat tadi atau pihak yang terkait tersebut untuk bisa bersama-sama gitu menyusun standar pelayanan jadi ketika tidak kita sudah menyusun rancangan secara plan tersebut kita coba minta masukan itu dari pihak-pihak terkait tersebut untuk bisa menyampaikan

Harapan mereka terhadap standar pelayanan yang kita susun Jadi tergantung ya tergantung pada jenis layanan kemudian mungkin ada juga jenis-jenis pelayanan yang sifatnya umum tidak spesifik kepada substansi atau kewenangan dari tugas fungsi instansi tersebut misalnya ini berlaku umum sih sebenarnya contohnya permintaan data seperti itu permintaan informasi atau melakukan audiensi atau melakukan

Konsultasi Nah ini kan sebenarnya layanan-layanan yang sifatnya umum dan harusnya siapapun bisa ya mendapatkan layanan tersebut karena kita adalah penyelenggara planning publik yang harusnya kita terbuka gitu Ya maksudnya terbatas kepada informasi yang sifatnya Rahasia ya bapak ibu tapi secara khusus ketika itu adalah data atau informasi memang dibutuhkan untuk keperluan yang

Sewajarnya itu perlu kita berikan misalnya untuk penelitian ya BMKG Brin ini kan banyak mungkin mahasiswa-mahasiswa ataupun akademisi ataupun peneliti Peneliti yang memerlukan pelayanan-pelayanan mereka itu dalam bentuk data ataupun informasi nah ini bisa kita libatkan juga kita bisa libatkan pihak-pihak tersebut mungkin pihak akademisi untuk bisa memberikan masukan Oh iya

Ternyata ada masukan nih dari kampus a misalnya harusnya ada dong Misalnya layanan yang bisa kita dengan mudah gitu ya mendapatkan data Ataupun mungkin ada saluran-saluran informasi yang dibangun gitu ya ini tergantung masukan-masukan ya dari pihak-pihak tersebut tapi kami yakin ketika kita membangun ruang-ruang partisipasi membangun ruang diskusi di situ akan banyak

Ide-ide kreatif dan juga inovasi-inovasi yang kita bisa terapkan ya Bapak Ibu ya di dalam standar-standar pelayanan kita gitu jadi standar panel kita itu nantinya tidak menjadi kaku dan monoton tapi justru akan menjadi dinamis gitu dinamisnya Itu karena Sesuai dengan perkembangan zaman kemudian sesuai dengan harapan dan kebutuhan dari penerima manfaat tadi dan

Itu akan mendukung juga peningkatan-peningkatan kapasitas kita itu Sebagai penyelenggara pelayanan oh karena ada kebutuhan masyarakat atau pengguna layanan kita perlu nih meningkatkan kapasitas kita Oh kita ternyata perlu nih untuk meningkatkan sistem informasi kita misalnya Oh kita perlu meningkatkan kapasitas SDM kita supaya bisa lebih lebih melayani sesuai dengan kebutuhan dari

Penerima manfaat layanan kita ya sama ya misalnya seperti Andri juga Basarnas juga sangat-sangat di sarankan gitu untuk membuka ruang-ruang partisipan tentunya ini dalam konteks apa ya maksudnya Contohnya kayak Basarnas ini ya Basarnas ini kan identik gitu ya identik dengan situasi-situasi atau kondisi-kondisi gawat darurat ya Nah justru pada saat tidak terjadi kondisi-kondisi

Tersebut disanalah waktunya sebenarnya kita menggali informasi nah ini kan banyak pasar nanas BMKG ini juga brand ini saling apa namanya berkaitan juga nih di sanalah mungkin bisa melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait ini untuk bisa menyesuaikan standar pelayanannya seperti apa yang sebaik-baiknya yang bisa lebih baik lagi untuk diberikan kepada masyarakat

Tertutup tidak kaku ya partisipasi itu yang penting kita bisa mengidentifikasi siapa penerima manfaat layanan saya siapa penerima manfaat kehadiran institusi saya siapa pihak-pihak yang terkait yang bisa berkontribusi memberikan masukan memberikan apa namanya semacam ide-ide gitu ya untuk bisa bersama-sama memberikan pelayanan lebih baik itu kira-kira baik betina berarti yang terpenting

Adalah harus mematahkan dulu ya betina ya Siapa saja pengguna layanannya atau penerima manfaat dari dari produk layanan instansi tersebut kemudian baru bisa ditentukan mungkin menggunakan metode apa untuk menjaring aspirasi dari masyarakat tersebut Nah mungkin tadi masih terlewat betina tadi untuk satu pertanyaan yang spesifik dan sedikit teknis itu terkait Tool apa atau metode

Seperti apa yang bisa digunakan [Musik] instansi untuk menjaring masyarakat supaya dapat berpartisipasi memberikan pendapatnya bisa dibantu dijawab juga terkait ini mungkin silahkan ya terkait tools ya jadi artinya ini sudah bicara teknisnya ya seperti apa gitu ya untuk bisa menjaring partisipasi pengguna layanan ini ya kembali lagi ya Bapak dan Ibu

Kita tadi benerin tadi kata Mas Dede kita sudah mencoba memetakan gitu ya memetakan siapa-siapa saja penerima manfaat Nah dari sana kita bisa menentukan toolsnya mungkin kalau misalnya penerima manfaat kita itu mungkin kalangan-kalangan yang muda gitu ya Misalnya yang milenial dan sebagainya ini bisa kita gunakan tools yang kekinian lah gitu ya Misalnya

Dengan menggunakan media sosial gitu atau bisa menggunakan sarana-sarana yang lebih ringan gitu misalnya dengan podcast dan sebagainya gitu kita bisa buatkan semacam Talkshow yang dikemas dengan kegiatan-kegiatan yang ringan gitu ya yang memang sesuaikan dengan kebutuhan-kebutuhan anak-anak muda gitu ya bisa dikema seperti itu tapi di dalamnya nanti kita

Bisa ada ruang diskusinya gitu ruang diskusi untuk mendapatkan masukan-masukan gitu jadi untuk pulse nya ini sebenarnya macam-macam ya Bapak Ibu ya tetapi yang secara umumnya sih secara umumnya ini memang bentuknya lebih kepada diskusi tatap muka ataupun non tatap muka Ya seperti ini kita bisa lakukan secara virtual juga sudah sangat-sangat memungkinkan ya kemudian

Kalau misalnya Bapak Ibu juga lebih kreatif lagi misalnya bisa juga membuka semacam apa ya ruangan khusus gitu ya untuk menampung gitu ya menampung berbagai macam masukan yang mungkin kita bangun kita bentuk dalam bentuk apa namanya sistem formasi misalnya yang di website kita atau di media sosial jadi sifatnya itu terbuka siapa saja

Tapi kita sampaikan gitu ya secara spesifik kepada orang-orang yang kita harapkan untuk bisa menyampaikan masukannya menyampaikan idenya itu bisa saja gitu aja istilahnya kita menampung lagi dia menampung berbagai pasukan atau ide Jadi mungkin itu ya Beberapa tools tapi mungkin yang lebih paham ini teman-teman di PPM ya saya sarankan

Bapak Ibu bisa juga konsultasi ke teman-teman di pemberdayaan partisipasi masyarakat itu mereka punya banyak program Ya seperti mungkin yang agak sudah lama itu forum konsentrasi publik kemudian yang sekarang itu ideatonnya juga merupakan salah satu mekanisme yang unik sebenarnya untuk bisa menjaring ide-ide masukkan-masukan yang kreatif gitu ya untuk penyelenggaraan pelayanan publik

Sebenarnya secara umum tapi cara itu juga bisa juga gitu ya kita lakukan secara dengan level instansi pada pihak terkait yang memang membutuhkan pelayanan kita ya nanti mungkin teman-teman dari PPM bisa memberikan banyak nih model-model partisipasi yang efektif gitu ya yang mungkin bisa di terapkan Oke Baik Ibu Dinar berarti

Kembali lagi ini tidak kaku begitu Ibu Tina tergantung pemetaan dari stay holders atau penerima layanan maksud saya siapa saja mungkin yang mudah akan lebih cocok dengan media-media yang modern media sosial dan lainnya tetapi kalau target pengguna layanannya adalah yang menengah sampai yang senior bisa digunakan cara-cara konvensional seperti itu betina ya

Betul-betul jadi lebih tepat sasaran cara yang digunakan gitu baik betina kemudian pertanyaan lagi ini menarik menyambung seperti yang tadi disampaikan betina juga pasti kondisi di lapangan itu dinamis gitu Ya baik di instansi internal maupun kondisi secara keseluruhan di Indonesia sendiri Nah kemudian ada pertanyaan terkait dalam siklus yang tadi disampaikan siklus

Penyusunan SP itu di bagian terakhir memang ada Pemantauan dan evaluasi nah ini ada pertanyaan dari bapak Ahmad Willy Santoso ini belum menyebutkan delesensi Mana buktinya tapi bertanya terkait hal tersebut proses Pemantauan dan evaluasi dalam penyusunan SP ini dilakukan oleh siapa dan idealnya dalam berapa lama jangka waktu yang ditentukan sehingga

Instalasi ini harus melakukan Pemantauan dan evaluasi terkait sp-nya proses ya proses pemantauan evaluasi Siapa yang melakukan pemantauan evaluasi ini ya betul ya ini Tentunya unit yang menyelenggarakan pelayanan itu sendiri ya Jadi mungkin kalau di level Kementerian lembaga itu pelayanan publik itu biasanya di bawah level 2 atau mungkin ada juga yang salah

Satu Nah mungkin unit kerja inilah yang tentunya lakukan pemantauan evaluasi ya bukan apa yang evaluasi kinerja Sebenarnya ya kalau si kinerja terhadap penyelenggara pelayanan yang diberikan tapi mungkin kalau di unit penyelenggara pelayanan langsung itu bisa berbeda ya Ada secara khusus gitu unit yang menilai misalnya kalau pelayanan langsung itu misalnya layanan

Pajak gitu ya atau layanan KTP misalnya itu Nah untuk menilai standar pelayanannya ini gimana gitu ya tentunya si ini sebenarnya kewajibannya itu ke pimpinan penyelenggara ya pimpinan penyelenggara namun tentunya pimpinan penyelenggara ini akan [Musik] apa ya mendelegasikan atau menugaskan salah seorang mungkin kalau dulu mungkin Secara eselon 3 Kepala Bidang gitu ya

Kalau sekarang kan Madya atau koordinator yang ditugaskan untuk melakukan Pemantauan dan evaluasi jadi lagi-lagi ini sangat fleksibel gitu ya Artinya tapi tentunya yang melakukan evaluasi adalah yang menyelenggarakan karena pemantauan evaluasi ini bukan lagi dijadikan sebagai suatu kewajiban tapi kebutuhan karena kita ingin tahu sebenarnya diterapkan tidak sih gitu ya standar

Pelayanan itu saya ingin tahu sejauh mana standar panel itu bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat pengguna layanan karena memang tujuan utamanya adalah perbaikan berkelanjutan tadi Nah Oleh karena itu apabila pimpinan penyelenggara pelayanan tidak melakukan ini nanti potensi untuk melakukan perbaikan itu jadinya tidak ada Atau mungkin lambat jadinya ya Nah ini dikaitkan dengan

Pertanyaan berikutnya lalu Berapa lama gitu ya berapa lama ini bisa dilakukan kalau di permenpannya sebenarnya setidak-tidaknya 3 tahun ya maksudnya paling lama itu 3 tahun tapi sebenarnya sangat disarankan dilakukan setiap tahun bisa mengantisipasi Ya permasalahan-permasalahan itu bisa berkepanjangan gitu artinya dalam satu tahun tentu kita sudah bisa menilai sejauh mana penyelenggaraan

Penerapan standar panah itu berjalan dan apa-apa saja kendala yang dihadapi dan potensi-potensi perbaikan yang bisa dilakukan apa saja nah memang pemantauan evaluasi ini suatu hal yang sering dilupakan ya bapak dan ibu terus terang saja gitu kalau tidak diwajibkan itu jadinya Terlupakan gitu Oleh karena itu kami sangat mendorong sebenarnya

Pimpinan penyelenggara ya pimpinan unit penyelenggara pelayanan itu untuk mendorong ya mendorong untuk pelaksanaan pemantauan evaluasi secara berkala terhadap tanda tayangan dan ini sebenarnya ketika kami lakukan evaluasi kinerja pelayanan publik ya Bapak Ibu yang setiap tahun itu pasti selalu kami tanyakan apakah dilakukan pemantauan evaluasi Nah ini salah satu cara kami

Juga gitu ya untuk mendorong supaya pemantauan evaluasi ini selalu dilakukan gitu tidak terlupakan dan ini justru menjadi bagian penting untuk memastikan standar panel itu bisa bermanfaat seperti itu Baik Bu Dina Berarti tadi sebetulnya sudah tercantum di Permenpan betina yang paling tidak itu 3 tahun tetapi akan jauh lebih baik jika memang ada

Dinamika yang ada satu tahun sekali itu dilakukan review dan yang menarik adalah ini bukan kewajiban sebetulnya ini sebagai kebutuhan karena pasti dinamika di kondisi lingkungan itu berbeda dan ada perubahan sehingga butuh penyesuaian juga dalam BSP ini Oke Baik betina ada pertanyaan berikutnya Oh ya Mbak Tina tadi itu dari dinas ptsp

Kabupaten Gresik yang bertanya terkait proses pemantauan itu tuh dari mana dan ini ada pertanyaan lanjutan dari Pak bowono tadi betina yang terkait penerapan SP manual maksud saya pelibatan masyarakat dalam pembuatan SP di instansi yang tidak secara langsung berkaitan dengan masyarakat pertanyaan lanjutannya adalah kalau di instansi-instansi tersebut itu banyak bahasa-bahasa teknis betina jadi

Masyarakat cenderung akan kesulitan untuk memahami hal-hal tersebut Apakah ada kiat untuk menanggulangi kondisi tersebut jadi banyak bahasa teknis harapannya masyarakat bisa memahami nah ini ada kendala di hal tersebut ya Makasih Mas IG Jadi yang pertama dulu ya polybata masyarakat Bagaimana yang tidak langsung gitu Ya maksudnya tidak langsung ini kan bukan

Masyarakat umum ya sebenarnya tadi saya sudah jelaskan juga ya bahwa ketika itu bukan masyarakat langsung artinya itu sesama instansi mungkin ya sama instansi atau mungkin perusahaan mungkin ya perusahaan-perusahaan ya Atau mungkin pelaku usaha ya mungkin atau kampus-kampus itu yang akademisi mahasiswa gitu atau mungkin juga sesama instansi pemerintah sendiri ya baik itu

Di pusat maupun di daerah sebenarnya tidak jauh berbeda ya cara pelibatan masyarakatnya yang penting itu tepat sasaran itu nah ini terkait dengan yang berikutnya ya bahasa-bahasa teknis tadi ya Betul Bapak Jadi kalau misalnya pelayanan yang kita berikan itu memang sangat-sangat teknis gitu ya sangat-sangat teknis menggunakan bahasa teknis Tentu juga penggunanya itu

Harusnya pengguna yang memang sudah sering ya mendapatkan pelayanan tersebut dan juga sudah memahami istilah-istilah itu sebabnya kita memetakan tadi Siapa pengguna layanan saya tapi kembali lagi ke prinsip sederhana tadi Bapak Ibu ya jadi perlu untuk membuat istilah-istilah itu sederhana mungkin ya sebagaimana supaya itu bisa dipahami secara umum kalaupun ada istilah teknis

Mungkin perlu membuat semacam keterangan ya Apa yang dimaksud dengan istilah itu sehingga masyarakat awam siapapun itu bisa memahami gitu ya memahami terkait dengan istilah-istilah tersebut tapi sebenarnya kalau kita memang sudah memastikan sasaran dari pengguna layanan ini sasaran dari penerima manfaat layanan ini bahwa mereka dipastikan adalah orang-orang yang tidak awam gitu dan

Memang bukan ditujukan untuk masyarakat awam tidak masalah sebenarnya itu dengan penggunaan teknis karena sudah jelas itu pengguna layanannya adalah mereka-mereka yang sasaran sasaran yang memang sudah memahami itu yang memang membutuhkan lain itu hanya mereka gitu Contohnya kayak BMKG gitu ya mungkin BMKG ini lain-lainnya banyak dibutuhkan oleh maskapai maskapai penerbangan nah

Seharusnya sih maskapai juga sudah memahami ya yang penting itu memang istilah yang sudah dipahami ya di dalam konteks yang memang sedang disusun gitu jenis layanan itu jadi bukan ditujukan untuk masyarakat secara luas kecuali ya yang tadi saya sampaikan ada layanan-layanan yang sifatnya umum general misalnya permohonan data dan informasi Kemudian untuk permohonan untuk

Konsultasi audiensi Kami pikir Harusnya sih tidak menggunakan istilah-istilah yang sulit ya di sana istilah-istilah teknis tapi lebih kepada general kalaupun ternyata memerlukan atau harus mencantumkan istilah-istilah teknis karena kaitannya dengan tugas dan fungsi dari BMKG ataupun dari gitu ya yang substansi nah ini yang perlu dijelaskan ya ketika itu ditujukan kepada masyarakat umum luas

Istilah-istilah tersebut wajib untuk diberikan keterangan ya Bapak Ibu ya Apa yang dimaksud dengan itu sehingga masyarakat awam itu bisa mendapatkan informasi bahkan mungkin menjadi apa ya menjadi terbantu gitu ya oh selama ini ini yang saya cari gitu karena sudah mendapatkan istilah tersebut ternyata ada di print atau di BMKG atau di antre

Seperti itu bapak jadi tetap kembali prinsip yang tadi prinsip sederhana mudah dimengerti gitu ya saling memahami gitu antara maupun pengguna atau penerima manfaat silahkan bisa disampaikan kembali Bapak berikutnya yang ada pertanyaan lagi dari ibu Rossa yang tidak betina ini bertanya terkait Apakah standar pelayanan yang ada di sub kepegawaian Apakah wajib

Disusun juga standar pelayanannya ya ini termasuk pertanyaan yang sering sekali ditanyakan ya jadi artinya internal ya layanan-layanan yang sifatnya internal gitu ya ke dalam Jadi bukan yang sifatnya memberikan pelayanan keluar atau kepada masyarakat tapi yang untuk pegawai sendiri gitu ya untuk orang-orang di internal sendiri dan saya isi baterai

Untuk layanan-layanan yang sifatnya ke dalam Apakah standar pelayanan perlu dibuat juga kalau saya menjawabnya perlu ya tapi tidak wajib yang wajib itu adalah keluar karena sebenarnya standar pelayanan itu sifatnya adalah untuk memastikan layanan kita yang tadi itu ya substansi kehadiran institusi kita itu bisa menjangkau masyarakat itu dengan mudah

Dengan cepat dan pasti tapi kalau untuk internal itu perlu juga karena kita perlu juga memberikan layanan yang berkualitas ya untuk internal kita Tapi itu tidak wajib gitu maksudnya tidak diwajibkan oleh undang-undang gitu yang dimaksud oleh undang-undang itu adalah layanan kepada masyarakat pengguna layanan artinya perlu atau tidak itu saya jawab

Perlu karena memang kita perlu memastikan layanan seperti di Kementerian kita menyusun juga aku menyusun standar pelayanan keuangan kemudian kepegawaian Bagaimana untuk mendapatkan layanan cuti Bagaimana untuk mendapatkan layanan apa ya kalau internal kita tuh macam-macam ya layanan kepegawaian itu kan banyak sekali Nah itu kita tetapkan di dalam standar pelayanan yang disusun oleh

Biro biro SDM dan umum Jadi tapi itu tidak wajib gitu kalau kalau dilihat dari undang-undang itu lebih ke keluar tapi kalau perlu atau tidak kami sampaikan Nah mungkin ini ada kaitannya juga ya bapak ibu dengan SOP sebenarnya jadi Biasanya kan kalau internal itu diatur dengan SOP ya diatur dengan SOP

Misalnya yang tadi saya sampaikan contohnya untuk mengambil cuti op nya gimana sih gitu kan Nah ini mungkin kita bisa lihat sebagai sop atau sebagai standar pelayanan gitu ya untuk layanan yang sifatnya internal ini nah sebenarnya kita bisa lihat dari dua sisi itu sih sebagai sop atau sebagai istana pelayanan kalau kita melihatnya itu

Sebagai sop artinya itu sudah menjadi kesepakatan Ya sudah menjadi kesepakatan kalau untuk mengambil cuti sopnya seperti ini ya ini abcd gitu Diatur dan itu disepakati secara internal itu ya makanya secara internal tapi di sop itu Setahu saya tidak ada tidak mengatur Kepastian Yang Bapak Ibu di sana tidak diatur berapa lamanya kemudian [Musik]

Pengaduannya Seperti apa kalau tidak terpenuhi Nah itu tidak ada di sop nah tapi kalau kita Melihatnya sebagai SP itu kita ingin memastikan bahwa layanan kita itu bisa didapatkan oleh seluruh pegawai kita secara internal dengan sebaik-baiknya Jadi tergantung kita mau melihatnya seperti apa Apakah kita mau melihatnya dari perspektif kalau kita melihatnya dari perspektif

Sop kita hanya ingin memastikan itu berjalan sesuai prosedur saja gitu Tapi kalau kita Melihatnya sebagai standar pelayanan kita ingin memastikan layanan itu bisa diterima dengan baik oleh seluruh pegawai saya gitu di internal saya karena saya peduli dengan kesejahteraan mereka Saya peduli dengan harapan mereka untuk bisa dilayani dengan baik karena disana ada aspek

Kepastian ya kepastian waktu kemudian kepastian ya ya Bahkan kepastian ketika ada permasalahan ada mekanisme untuk melakukan pengaduan gitu Kemana saya harus mengadu Apabila saya ternyata tidak mendapatkan pelayanan yang sesuai standar pelayanan jadi tinggal dipilih saja ibu-ibu mau membuatnya sebagai sarana pelayanan atau sebagai sop saja baik ada yang mau ditambahkan lagi

Ya itu cukup baik Berarti tadi perlu dibedakan dahulu betina ya Apakah ini mau SP atau sop gitu karena memang untuk internal ya untuk internal karena memang ini tipis-tipis gitu baik betina dari YouTube Itu pertanyaannya cukup tetapi silahkan bapak ibu jika memang masih ada pertanyaan yang ingin disampaikan terkait standarisasi

Terkait standar pelayanan silahkan bisa disampaikan dan masih ada waktu sedikit kita untuk bisa berdiskusi terkait standar pelayanan ini tapi jika memang dari Madinah ada yang mau ditambahkan mungkin sebagai penutup itu yang betina ya ya Jadi intinya sebenarnya standar pelayanan itu jangan dilihat sebagai ya memang undang-undang mewajibkan ya sebenarnya undang-undang memang

Mewajibkan karena adanya itu tadi kebutuhan akan kepastian dari pelayanan-pelayanan yang kita berikan untuk menghindari tadi menghindari kualitas pelayanan yang buruk gitu karena tidak pasti tidak jelas kemudian biayanya mungkin tidak jelas juga nah hal-hal seperti ini yang sebenarnya ingin disasar Kenapa standar Pan itu menjadi wajib gitu ya supaya menjaga itu tadi kepercayaan

Masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik tapi kita harusnya sih saat ini ya karena ini sudah berjalan 9 tahun ya standar Painan ini harusnya kita sudah melewati tahapan kewajiban itu gitu artinya seharusnya kita sudah melihat standar panel ini sebagai kebutuhan bukan lagi semata-mata kewajiban yang kalau saya tidak dilakukan saya kena

Sanksi gitu jadi lebih kepada saya ingin memastikan yang saya layani itu terlayani dengan baik jadi mindset itu yang sebenarnya ingin Coba kita bangun sama-sama ya bapak dan ibu sehingga penyusunan standar panen itu tidak menjadi beban lagi gitu tidak menjadi beban dan juga tidak menjadi sebuah hal yang kaku karena

Itu sangat dinamis sebenarnya sangat dinamis seperti yang tadi pertanyaan dari ibu Rossa Apakah kepegawaian perlu wajib gitu ya menyusul Nah makanya saya tidak bilang yaitu wajib atau tidak saya kembalikan supaya kita bisa melihat kebutuhannya Oh kayaknya perlu nih gitu ya karena saya memastikan bahwa pelayanan saya di internal pun itu bisa

Mencapai kualitas yang baik yang maksimal sehingga semua yang saya layani itu bisa terlayani dengan baik jadi mindset itu yang ingin kita bangun sama-sama ya Bapak dan Ibu mengubah dari kewajiban menjadi kebutuhan karena kita mengetahui bahwa kebutuhan pelayanan publik berkualitas itu adalah kebutuhan semua orang termasuk kita ya Bapak Ibu

Karena kita pun adalah sebagai masyarakat di suatu waktu yang kita juga perlu paspor ya kita juga perlu layanan ke polisian kita juga perlu yang namanya layanan transportasi publik dan sebagainya nah Peran kita masing-masing ada gitu ya di sana untuk memastikan itu jadi saya berharap standar panah itu tidak lagi dilihat sebagai suatu yang

Kaku sesuatu yang beban gitu ya tapi lebih kepada menjadi kebutuhan untuk menghadirkan pelayan lebih baik terus-menerus gitu ya berkelanjutan dan lebih berkualitas mungkin itu aja baik betina Terima kasih banyak untuk closing statementnya tadi sudah ditutup dengan komprehensif gitu Bapak Ibu ya jadi saya tidak perlu menyampaikan poin-poin lagi dari hasil diskusi pada

Siang hari ini namun satu hal yang bisa saya sampaikan tadi terkait partisipasi masyarakat Bapak Ibu silahkan dapat bertanya dan berdiskusi kepada asistennya putih pemberdayaan dan partisipasi masyarakat yang kebetulan memang di video putih yang pelayanan publik juga bapak ibu yang nanti akan ada sesi tersendiri juga pada pada sesi

Bisa tanya Kemenpan RB ini nanti Bapak Ibu bisa mengulik lebih lanjut terkait Bagaimana melibatkan masyarakat itu dengan lebih efektif dan lebih baik kedepannya yaitu bapak ibu dari betina Apa ada yang mau disampaikan lagi sudah cukup Mas Kiki Makasih banyak Mas IG dan juga bapak dan ibu sekalian kalau

Misalnya ada hal-hal yang masih ingin didiskusikan tadi silahkan nomor kontaknya ada ya nanti di share ya Mas GG ya supaya bisa langsung ke depannya Makasih Bapak dan Ibu Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Kementerian PANRB rutin mengadakan Bisa Tanya Kebijakan PANRB terkait kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi. Kali ini, Kementerian PANRB akan membahas terkait “Standar Pelayanan Publik'”
Ikuti kami Twitter : https://twitter.com/kempanrb
Facebook : https://www.facebook.com/kempanrb
Instagram : https://instagram.com/kemenpanrb
Website : https://www.menpan.go.id/site/
Tiktok : https://www.tiktok.com/@kemenpanrb?is

#KemenPANRB #BisaTanyaKebijakanPANRB #Standar Pelayanan Publik #ASNBerAKHLAK #BanggaMelayaniBangsa
Sobat Kementerian PANRB, Info tentang #LIVE #Bisa #Tanya #Kebijakan #PANRB #Standar #Pelayanan #Publik ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 01:18:35 detik.


Sekedar mengingatkan bahwa, cso.biz.id siap membantu dan melayani berbagai masalah dan berusaha memberikan solusi terbaik untuk anda,

Apabila Dirimu, penggemar setia Kementerian PANRB memiliki MASALAH apapun itu, kamu bisa silahkan dikonsultasikan di website www.cso.biz.id ini guna mendapatkan Solusinya.

Selain itu, Apabila anda membutuhkan peluang untuk mendapatkan PENGHASILAN TAMBAHAN hingga puluhan juta Rupiah setiap bulannya, Sobat bisa bergabung dalam Forum komunitas cso bisnis indonesia ini. ini.

Punya Masalah [LIVE] Bisa Tanya Kebijakan PANRB: “Standar Pelayanan Publik” ? ..!! DAPATKAN SOLUSINYA, KLIK DISINI

Begitulah sekilas tentang [LIVE] Bisa Tanya Kebijakan PANRB: “Standar Pelayanan Publik” yang telah dilihat oleh 2027 penonton, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. © Kementerian PANRB 4715 | #LIVE #Bisa #Tanya #Kebijakan #PANRB #Standar #Pelayanan #Publik

0 Reviews

5 thoughts on “[LIVE] Bisa Tanya Kebijakan PANRB: “Standar Pelayanan Publik””
  1. Saya dari salah satu kabupaten di provinsi riau, izin bertanya bapak/ibu..apakah hak pns dan pppk dari segi tukin itu sama bapak/ibu?karena ada perbedaan yang sangat signifikasi tukin yang diterima pns dan pppk diriau. Sementara beban kerja mereka sama. Salah satu contih daerah diriau.. Untuk pns tukin dibayar 1,8 jt sementara pppk hanya 400 rubi rupaiah.

  2. Mungkin diluar, tapi cukup berpengaruh terhadap kinerja ASN dan Ilkim organisasi. 1). Setelah dicabutnya Seksi menjadi penyetaraan dan menjadi fungsional murni, tapi TPP atau tunjangan masih sama bahkan lebih tinggi dari golongan tertinggi, misal III / d dengan IV / c. 2). Perlakuan terhadap yang disetarakan walau sudah pada posisi Fungsional masih susah untuk bekerja sesuai jabatannya, bahkan terkadang menolak. 3). Kondisi tersebut berakibat pada tujuan semula yaitu Pelayanan publik agar lebih cepat dan berkualitas. 4). Saran : Yang disetarakan difungsikan sesuai jabatannya termasuk Tunjangannya, agar tidak menimbulkan kecemburuan dan ketidak sesuaian pekerjaan dengan Jabatan. 5). Menurut saya masih banyak di daerah Pejabat Eselon III dan Eselon IV yang belum memahami, apa itu Struktur, Skema dan Tatalaksana organisasi. 6). Dampaknya, Kinerja itu hanya mengejar administrasi penyelesaian program kegiatan, core atau poin of objective asal selesai. 7). Akhirnya ada anggapan bahwa menjadi pintar dan cerdas di lingkungan ASN kuran efektif, karena ukuran kinerja adalah program selesai administrasi selesai, finish. Terima kasih atas perhatiannya

Tinggalkan Pendapat atau Komentar

Produk dan Layanan

ADITIA NUGRAHA AGEN BISNIS AKTIVITAS AGEN ASURANSI AKTIVITAS AGEN PERJALANAN WISATA AKTIVITAS AKUNTANSI, PEMBUKUAN DAN PEMERIKSA AKTIVITAS ARSITEKTUR AKTIVITAS BIRO PERJALANAN IBADAH UMROH DAN HAJI KHUSUS AKTIVITAS BIRO PERJALANAN LAINNYA AKTIVITAS DEBT COLLECTION AKTIVITAS DESAIN INDUSTRI LAINNYA AKTIVITAS DESAIN INTERIOR AKTIVITAS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL/ DESAIN GRAFIS AKTIVITAS DESAIN KONTEN KREATIF LAINYA AKTIVITAS DESAIN PERALATAN RUMAH TANGGA DAN FURNITUR AKTIVITAS FOTOGRAFI AKTIVITAS HOSTING DAN YBDI AKTIVITAS JASA INFORMASI AKTIVITAS JASA PENUNJANG USAHA LAINNYA Aktivitas Jasa Perorangan Lainnya YTDL AKTIVITAS JASA SISTEM KEAMANAN AKTIVITAS KANTOR BERITA OLEH SWASTA AKTIVITAS KEBERSIHAN BANGUNAN DAN INDUSTRI LAINNYA AKTIVITAS KEHUMASAN AKTIVITAS KEINSINYURAN DAN KONSULTASI TEKNIS AKTIVITAS KONSULTAN HUKUM Aktivitas konsultan kekayaan intelektual AKTIVITAS KONSULTAN KEKAYAAN INTELEKTUAL AKTIVITAS KONSULTANSI PARIWISATA AKTIVITAS KONSULTANSI TRANSPORTASI Aktivitas Konsultasi Bisnis Dan Broker Bisnis Aktivitas Konsultasi Bisnis Dan Broker Bisnis AKTIVITAS KONSULTASI KEAMANAN INFORMASI AKTIVITAS KONSULTASI KOMPUTER DAN MANAJEMEN FASILITAS KOMPUTER LAINNYA AKTIVITAS KONSULTASI MANAJEMEN LAINNYA AKTIVITAS KONSULTASI PAJAK AKTIVITAS MANAJEMEN DANA LAINNYA AKTIVITAS PEMROGRAMAN KOMPUTER LAINNYA AKTIVITAS PENEMPATAN PEKERJA RUMAH TANGGA AKTIVITAS PENEMPATAN TENAGA KERJA DARING (JOB PORTAL) Aktivitas Penerbitan lainnya AKTIVITAS PENERJEMAH ATAU INTERPRETER Aktivitas Pengembangan Aplikasi Perdagangan Melalui Internet (E-Commerce) AKTIVITAS PENGEPAKAN Aktivitas Pengolahan Data AKTIVITAS PENUNJANG ASURANSI, DAN DANA PENSIUN LAINNYA AKTIVITAS PENUNJANG JASA KEUANGAN LAINNYA AKTIVITAS PENUNJANG PERDAGANGAN BERJANGKA KOMODITI LAINNYA AKTIVITAS PENYEDIA GABUNGAN JASA PENUNJANG FASILITAS AKTIVITAS PENYEDIAAN TENAGA KERJA WAKTU TERTENTU AKTIVITAS PENYELEKSIAN DAN PENEMPATAN TENAGA KERJA DALAM NEGERI AKTIVITAS PENYELEKSIAN DAN PENEMPATAN TENAGA KERJA LUAR NEGERI AKTIVITAS PENYELIDIKAN AKTIVITAS PENYEWAAN DAN SEWA GUNA USAHA TANPA HAK OPSI ALAT PESTA AKTIVITAS PENYEWAAN DAN SEWA GUNA USAHA TANPA HAK OPSI ALAT REKREASI DAN OLAHRAGA AKTIVITAS PENYEWAAN DAN SEWA GUNA USAHA TANPA HAK OPSI BARANG KEPERLUAN RUMAH TANGGA DAN PRIBADI AKTIVITAS PENYEWAAN DAN SEWA GUNA USAHA TANPA HAK OPSI MESIN PERTANIAN DAN PERALATANNYA AKTIVITAS PROFESIONAL, ILMIAH DAN TEKNIS AKTIVITAS TELEKOMUNIKASI AKTIVITAS TELEKOMUNIKASI TANPA KABEL ASURANSI JIWA KONVENSIONAL ASURANSI UMUM KONVENSIONAL DANA PENSIUN PEMBERI KERJA KONVENSIONAL DIAN RISQI GADIS DESA INDONESIA JAJAK PENDAPAT MASYARAKAT JASA INFORMASI PARIWISATA JASA JUAL KEMBALI JASA TELEKOMUNIKASI JASA KONTEN SMS PREMIUM JASA PENYELENGGARA EVENT KHUSUS (SPECIAL EVENT) JASA PENYELENGGARA PERTEMUAN, PERJALANAN INSENTIF, KONFERENSI DAN PAMERAN (MICE) JASA PRAMUWISATA JASA RESERVASI LAINNYA YBDI Jasa Reservasi Lainnya YBDI YTDL KEGIATAN PENUKARAN VALUTA ASING (MONEY CHANGER) LAYANAN PINJAM MEMINJAM UANG BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI (FINTECH P2P LENDING) KONVENSIONAL Manajer Investasi PEDAGANG BERJANGKA PELATIHAN KERJA BISNIS DAN MANAJEMEN PERUSAHAAN PELATIHAN KERJA PARIWISATA DAN PERHOTELAN SWASTA PELATIHAN KERJA PERTANIAN DAN PERIKANAN SWASTA PELATIHAN KERJA PERUSAHAAN LAINNYA PELATIHAN KERJA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PERUSAHAAN PENASIHAT INVESTASI BERBENTUK PERUSAHAAN Pendidikan Bimbingan Belajar Dan Konseling Swasta PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN SEJARAH/CAGAR BUDAYA PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN SENI PENELITIAN PASAR PENERBITAN SURAT KABAR, JURNAL DAN BULETIN ATAU MAJALAH PENYEWAAN VENUE PENYELENGGARAAN AKTIFITAS MICE DAN EVENT KHUSUS PERANTARA MONETER LAINNYA PERDAGANGAN BESAR BERBAGAI MACAM BARANG Perdagangan eceran bukan di toko, kios, kaki lima dan los pasar PERGADAIAN KONVENSIONAL PERIKLANAN Portal Web Dan/Atau Platform Digital Dengan Tujuan Komersial Portal Web Dan/Atau Platform Digital Dengan Tujuan Komersial Portal Web Dan/Atau Platform Digital Dengan Tujuan Komersial RDP GROUP REAL ESTAT ATAS DASAR BALAS JASA (FEE) ATAU KONTRAK REAL ESTAT YANG DIMILIKI SENDIRI ATAU DISEWA

Holding company

Kontakscreen tag