Membangun Branding Desa Wisata & Produk Desa | SDG Center ITS #58

2022-08-03 20:12:43 01:31:26 [ • ] Hi Ho Hi Ho Hi Ho Hi Ho Hi Ho hai hai [Musik] Halo [Musik] assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Selamat malam kerabat tv-tv desa yang saya banggakan kami kembali sdc it’s hadir malam ini untuk membahas tentang branding Desa Jadi mungkin kita lihat dulu videonya Mengapa ijhssi tukok tertarik atau merasa penting ya Mengapa

Sdc Desa Mengapa branding itu sangat penting jadi SD cts tuh sudah eh pernah beberapa tempat beberapa desa itu sudah pernah ditekuni dan kemudian juga sudah dibantu untuk mengembangkan desa atau kawasan desa wisata Hai itu untuk menjadi lebih menarik menjadi lebih apa itu namanya bukan hanya menarik tapi punya kemampuan

Untuk bisa mengelola wisatawan yang ingin berkunjung ke desa sekarang ini kan mungkin sudah kita sadari sama-sama bahwa tren masyarakat untuk berlibur itu banyak ke desa Makanya sekarang sudah banyak sekali desa-desa yang akhirnya berubah menjadi desa wisata secara tidak langsung karena beberapa tempat yang tadinya itu kawasan pertanian biasa begitu lalu tiba-tiba sekarang menjadi

Ada cafenya ada cafenya itu berarti menjadi dikunjungi oleh masyarakat untuk menikmati sawahnya jadi sawah itu tidak hanya diisi di apa itu diambil hasil panennya jadi padinya misalnya tetapi justru sawah itu di kawasan wisata menjadi destinasi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi dan dinikmati oleh masyarakat itulah yang sekarang terjadi

Jadi mungkin silakan Mbak Selvi ditayangkan sedikit tentang bagaimana sih desa itu biasanya kalau kita sudah berada di desa merasa itu biasa-biasa saja tetapi begitu kita lihat fotonya kita lihat videonya ternyata uh ternyata Desa saya menarik juga ya ternyata banyak orang yang tertarik untuk datang ke desa saya mengapa seperti itu gitu

Ada desa di mana Di khotib Kabupaten Mojokerto namanya Pacet ya jadi kawasan wisata Pacet ini bahkan sampai macet gitu yang dulunya enggak pernah seperti itu tetapi setelah pandemi berakhir ternyata malah macet gara-gara begitu banyaknya orang ingin berkunjung di Pacet ini mengapa karena sekali sekarang tumbuh kafe-kafe baru destinasi wisata baru

Walaupun itu bukan tidak harus di apa itu namanya dilengkapi dengan berbagai Wahana tetapi ternyata menarik untuk dikunjungi hanya untuk misalnya ngopi-ngopi atau misalnya dia itu eh menikmati makanan khas Desa itu dan sebagainya jadi ini fenomena baru yang sangat menjanjikan bagi penduduk desa Mengapa tidak mengapa kita hanya bertani saja Mengapa pertanian itu tidak

Dijadikan suatu destinasi wisata yang akhirnya bisa dinikmati oleh semua orang untukku dinikmati Dan juga mungkin menjadi tempat belajar ini yang mungkin perlu kita bahas bersama-sama dan kali ini kita akan bicara tentang brandingnya Karena bagaimanapun Desa itu ingin dikenal oleh masyarakat supaya didatangi gitu Silakan Mbak selfi Hai

Titik potensi wisata alam yang indah ada hutan air terjun sawah perkebunan yang menghasilkan buah-buahan kemiri durian dan manggis dan lain-lain Berikut ini adalah contoh destinasi wisata desa papuani yang memiliki air terjun yang sangat bagus dan jalan menuju air terjun juga sudah bagus dan desa pakuan itu juga punya masjid yang sangat unik yaitu

Mesjid Ar Ridwan di desa papuan yang memiliki arsitektural Cina kemudian yang lain seperti desa sesaot juga mempunyai destinasi wisata berupa air terjun yang sangat indah dan demikian juga untuk desa Bun sejati bahkan sekarang Desa guwo sejati masuk di dalam 50 desa wisata yang terbaik di Indonesia nah bagaimana Club membangun kawasan wisata

Sekawan Sejati ini kita sudah melihat bahwa potensi kawasan Sekawan Sejati ini luar biasa namun belum terjual secara optimal untuk menjadi desa wisata atau destinasi wisata yang diminati masyarakat secara luas oleh karena itu perlu dikemas menjadi lebih menarik sehingga akan banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung nah it’s sudah melakukan beberapa kajian selain

Melakukan pemetaan potensi wisata di kawasan sejati tidak juga membuat kajian masterplan di kawasan tersebut dan it’s sudah menemukan lokasi yang sangat menarik untuk dijadikan titik atau dijadikan pusat layanan yang mengarahkan wisatawan menuju berbagai lokasi destinasi wisata Sekawan Sejati dan ini adalah lokasi titik pusat tersebut yang bisa menghubungkan Tiga desa sekaligus

Nah di titik lokasi tersebut maka Ki membayangkan ada rest area sebagai titik kumpul namun rest area ini lalu pun dirancang secara modern tetapi tetap harus memanfaatkan atau menunjukkan ciri khas lombok Oleh karena itu bangunan-bangunan yang diharapkan berada di ras Arya ini adalah bangunan-bangunan yang menunjukkan budaya Lombok arsitekturnya adalah arsitektur khas

Lombok nah Selain itu dibutuhkan juga penataan kawasan utama untuk membuat menjadi semakin menarik yaitu misalnya membuat Jalan Setapak karena mungkin nanti akan ditawarkan jogging track misalnya Jalan Setapak ini dibuat semenarik mungkin dan seindah mungkin dengan lingkungan yang Asri kemudian juga memungkinkan untuk dijadikan destinasi wisata atau dijadikan paket wisata berupa tracking tapi menggunakan

Sepeda atau kendaraan yang lain Jadi intinya adalah membenahi lingkungan di kawasan wisata yang sejati untuk itu dibutuhkan strategi promosi yang tepat materi promosi yang bagus sehingga bisa diviralkan melalui berbagai media perlu dibentuk lembaga pengelola kawasan desa wisata Sekawan Sejati yang profesional yang mampu mengkoordinasikan Tiga desa yaitu desa papuan buah sejati dan sesaot

Kemampuan secara teknis dalam memberikan layanan kepada wisatawan sangat dibutuhkan untuk itu kami akan menyelenggarakan workshop mengundang Pemuda desa atau pokdarwis pemangku kepentingan aparat desa misalnya untuk sama-sama belajar dan membentuk atau mengembangkan Bagaimana bentuk paket wisata di kawasan sekolah sejati ini workshop akan dilakukan selama dua hari dan diselenggarakan di

Kampus poltekpar cukup Mbak ya Terima kasih Mbak selgi Jadi itu tadi hanya sekedar contoh desa wisata yang sudah dibina oleh it’s yaitu d-day Raha Nusa Tenggara Barat tepatnya itu adalah kawasan wisata Sekawan Sejati Jadi kami sudah melakukan banyak hal disana mulai dari momen memetakan potensinya persoalannya dan bahkan kita juga sudah bersama-sama

Dengan teman-teman di desa itu merancang eh Master plannya kemudian juga apa membuat warga desa itu mampu memberikan layanan kepada para wisatawan yaitu misalnya belajar untuk memasak Mengapa itu menyajikan makanan yang khas Desa itu tetapi disajikan secara menarik dan layak untuk dikonsumsi oleh mungkin bukan hanya tamu-tamu lokal tetapi termasuk tamu-tamu asing dan

Seterusnya Nah tadi di video tadi juga disampaikan ternyata tidak cukup banyak-banyak begitu saja karena Hai dibutuhkan eh apa itu promosi gitu ya yang sekarang zamannya adalah promosi digital Oleh karena itu Mengapa lalu kami dari pusat gajian sdc it’s itu mengundang teman-teman yang ahlinya ini dibidang promosi Desa promosi untuk

Pariwisata Desa khususnya tetapi juga nanti akan dibahas tentang bagaimana membranding Desa sedemikian rupa sehingga aparat wisatawan atau calon wisatawan atau masyarakat secara luas itu sangat ingin datang ke desa tersebut karena eh salah satu indikator adalah kalau yang berkunjung itu bukan hanya penduduk lokal tetapi justru dari Apa itu

Kota-kota lain atau dari kabupaten lain bahkan dari luar pulau bahkan dari luar negeri itu yang kita inginkan ke eh baik-baik saya Sabtu silahkan mulai dari siapa dulu dari emas Duta dulu untuk menyampaikan kira-kira eh apa itu bagaimana sih membranding desa itu dan apa yang dibutuhkan dan seterusnya Dan

Ini juga nanti mungkin akan dijelaskan secara detail oleh pak rabindra pak rabindra ini adalah salah satu dosen di Desain Komunikasi Visual kemudian ada lagi Bu putri putri ini juga dosen di Desain Komunikasi Visual yang sudah Malang melintang di soal branding desain yg jadi nanti kita akan lihat seperti

Apa sih yang namanya branding itu Apakah hanya logo saja atau ada banyak sekali instrumen branding yang yang saya kira sangat membantu untuk promosi Desa nah silakan dilanjutkan eh baik Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh perkenalkan Eh rekan-rekan sekalian sama saya Duta eh saya disini bertiga gitu ya bisa dikatakan gitu Bye otomatis dekat-dekat nipu Agnes putih

Juga tapi memang saya kebetulan praktisi saya rekanannya it’s memang kita sedang eh apa namanya sedang banyak kolaborasi itu kami dengan jadi saya praktisi di lapangan secara langsung memang dan banyak trend termasuk it’s yang kami sering kerjakan begitu ya Jadi boleh di-share pt-nya Bahasa oke mungkin Hai

Baik langsung aja Adek musik baik Ah ini ini adalah rancangan kami eh selama beberapa bulan terakhir kami berdiskusi begitu Kebetulan kami juga sering sering bersentuhan langsung dengan desa dan UMKM ke-13 itu menganalisa jadi ada ada banyak jadi desa di Jawa Timur saja itu sekarang juga ada kira-kira

8500 desa dan desa wisatanya itu 479 Desa Sedangkan jumlah UMKM nya otomatis kalau kita ngomong Desa kan kita tidak bisa lepas dari web bukain ya Wen kawinnya sendiri sudah ada sekitar empat juta lebih bahkan 4,6 juta Gitu ya yang terbanyak ada di Jember Malang cat Banyuwangi dan sebagian besar when KM ini

Hai rata-rata memang kebanyakan dari mereka belum memiliki rating yang kuat itu ya jadi benteng itu memang jadi salah satu problem atau jualan itu menjadi salah satu problem teman-teman webm Kebetulan saya sendiri sering sekali menghandle teman-teman UMKM di Jawa Timur Edi apa namanya di Sidoarjo terlebih Jawa Timur itu

Memang program utama mereka adalah di jualannya gitu karena produk mereka sayang banget karena mereka produk meja ini bagus-bagus tapi eh weddingnya tidak ada mulai dari ruko packaging dan sebagainya dan rata-rata UMKM itu mereka tidak memiliki akses eh terhadap designer jadi Emang teman-teman tidak sini Kenapa kami berkumpul aku berkolaborasi dengan it’s karena ya

Kalau ngomong sign otomatis kita harus ke di tempat ininya ya ke pusatnya abc’s rtk BTS itu memang disitu tempatnya di sana Beb salah satu Designer Designer terbaik yang ada di Indonesia itu ya memang dari sampai itu terjadi like dan mereka sangat senang sekali untuk membantu kita dalam hal berkolaborasi membantu teman-teman dari UMKM

Dan memang untuk membentuk dalam pemberian ingini dibutuhkan pengetahuan dan keterampilan dalam dalam hal membranding sebuah kawasan dan desa gantung KM terutama mungkin next masa Oke Jadi sebenarnya eh tujuan dari branding Itu kan untuk memperkenalkan produk gitu ya atau memperkenalkan kawasan atau daerah karena memang yang paling susah dari

Dari dari jualan itu kan atau kita menjual sebuah begitu adalah supaya Gimana caranya calon customer kita atau orang yang mau beli produk kita itu setelah beli produk kita setelah tahun manfaatnya mereka terus-terusan Gimana caranya bisa membeli produk kita gitu bahkan itu bisa Banjir bisa bisa panjang otomatis kalau kita maunya seperti itu

Nah disitulah branding itu berperan serasa untuk wenken desa itu sama-sama pentingnya ya gitu Jadi kita bisa ambil contoh misalnya seperti di apa namanya di paling gampang ya Bali itu orang kalau tahu wisata mau yang pantai otomatis kita maunya ke Bali itu atau kalau kita mau sesuatu yang berbau atau

Apa namanya kita mendapatkan suasana pegunungan otomatis kita ke Bromo Nah kenapa kok orang tahunnya Bromo dan Bali karena memang branding itu yang berusaha Bromo Itu adalah perannya itu tapi brandingnya kuat kita selalu berusaha memberikan kesan gimana promo itu enak dingin disana kita bisa naik kuda dan sebagainya nah program-program ini memang kita sedang

Merancang Gimana caranya kita bisa membantu mereka nextnya Mbak selgi tentu saja dengan Dengan apa namanya dengan bukan cuman jualannya harus bagus atau prediksi harus bagus Tentu saja itu juga didampingi dengan Gimana caranya mereka bisa memberikan kualitas produk yang bagus Nah ini berikut ini sebenarnya adalah sasaran dari kami ya Jadi ini ini

Metode sederhananya saja kita sasarannya yang seperti yang saya tadi sudah jelas kan Di situ ada desa dan produk UMKM sederhana saja sebenarnya kita memberikan pilihan buat mereka kalau kalau kalau apa namanya desa atau UMKM itu mau melakukan workshop kita bisa memberikan workshop itu dengan cara misalnya workshopnya 3-5 hari Mulai dari pengetahuan umum

Praktek dan sebagainya sampai pada pendampingan Gimana caranya bisa mereka bisa mengaplikasikan branding ini atau yang biasa kita Tawarkan ke mereka juga adalah daripada mereka ribet mendesain sendiri karena memang pada umumnya ini UMKM sekian juta UMKM ini mereka tidak punya source atau mereka tidak punya alatnya atau bahkan mereka tidak mengerti caranya otomatis mereka

Membutuhkan bantuan gede otomatis mereka membutuhkan jasa kami gitu nah Kita mending menyediakan jasa rebranding baik Desa maupun UMKM ini yang tentu saja dengan harga yang sangat-sangat terjangkau dan ini kita sudah lonceng metodenya sedemikian rupa dan Insyaallah temen-temen yg TS akan dengan senang hati membantu dari Desa baik bahwa maupun UMKM itu

Oke untuk selanjutnya mungkin bisa dilanjutkan oleh Putri ya Seandainya Mbak Selfi nah ini Aduh untuk program Bagaimana cara Indah sebagainya nah ini nanti Putri akan menjelaskan baik segitu aja dari saya terima kasih Mbak Terima kasih Pak Duta Selamat malam kerabat TV desa yang saya banggakan saya akan melanjutkan inilah mengenai program dari

Eh kami di sdgs dan MDGS dan dkv its mungkin bisa di next back Oke jadi di sini ada kami yang pertama adalah branding dan promosi Desa tadi sudah di singgung oleh Pak Huta bahwa di sini Ada workshop Nyai sini workshop ini sasaran Kami adalah aparat desa kemudian pokdarwis atau juga bisa Pemuda Desa

Gitu yang biasa disebut karang taruna dah di sini tuh Budaya adalah membangun pemahaman tentang pentingnya branding desa wisata ya eh di sini kita tahu bahwa branding desa adalah perencanaan pembangunan desa gitu ya dan produk turunannya dibidang ekonomi pariwisata juga budaya Yakult nya nanti mereka akan bisa memasarkan mempromosikan potensi

Desa yang ada gitu ya Yang yang potensi desa mereka untuk kemudian menjadi wisatawan untuk berkunjung atau kemudian dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat desa khususnya dalam menjalankan program sdgs Desa dah disini topiknya ada yang pertama adalah branding dan promosi Desta kemudian ada juga fotografi dan videografi promosi Desa ya dan yang

Terakhir adalah desain grafis dari tadi sudah saya Sebutkan oktovia adalah terbangunnya pemahaman mengenai dagingnya branding Desa bisa next Mbak Eh Disini yang kedua adalah jasad ya sasaran Kami adalah desa-desa wisata yang ada di Jawa Timur itu di sini eh tercatat ada empat 179 desain ya Deni sini eh tujuannya adalah branding

Kawasan desa wisata dan outputnya banyak gitu ya kalau branding itu outputnya banyak seperti yang disampaikan oleh Bu plus tadi di awal bahwa elemen itu banyak yang pertama tidak hanya logo GTA tapi ada grafik standard manual kemudian ada gapura Desa ada media audio-visual yang nanti bisa digunakan untuk promosi di media sosial atau media

Internet dan sebagainya kemudian ada directional style dan ada media luar ruang nah disini saya mencontohkan kali ini juga produk dari sdg hasil kerjasama sbbs it’s dengan dkv ITS Ia gerbak ada biasa gapurosukolilo Putih yang ada di Gresik ini adalah di-install eh eh yang ada di Gresik dia bisa next bak

Dan disini adalah contoh outputnya eh yang pertama tadi sudah ada terlihat ya ada logo Desa gapura sekolah itulah darah output untuk blending edisi ini tuh klo gue itu sangat penting karena disusun berdasarkan brand value dari sebuah desa kemudian lugu itu dibuat agar dapat mempresentasikan Budaya Sejarah gede yang lekat dengan kehidupan

Masyarakat desa jadinya eh membangun sebuah logo mendevelop sebuah logo juga sangat harus dikaitkan dengan visi misi desain video sejarah Desa perkembangannya Seperti apa dan lain sebagainya dan Disini yang tercantum di sini adalah panduan identitas visual atau gsm-gsm Disini sangat penting gitu ya ya ini tuh ibaratnya sebagai cerminan dari sebuah merek mereknya adalah

Dexstar ya yang didalamnya disini itu terdapat visi-misi Desa kemudian nilai yang dimiliki oleh merek yakni Desa itu tadi kemudian berisikan tentang aturan Luku berisikan tentang pemilihan jenis pohon kemudian lay-out Peter dan segala elemen yang digunakan oleh sebuah Grand itu yang jadi gunanya GSM ini adalah membangun identitas visual yang kuat

Selain itu gitu ya deadline ini GSM itu Sebagai panduan gitu ya dasar agar tidak keluar jalur gitu ya dan tetap konsisten gitu penggunaannya dan disitu kemudian bisa next udah di sini yang paling utama juga adalah Kami membuat sebuah gerbong itu ya karena memang jika ingin lebih dikenal gerbang ini juga penting dia

Karena Desa gapuro Sukolilo ini orang itu Ia hanya eh apa namanya tempat gimana makam Sunan Maulana Malik Ibrahim dia tapi enggak tahu deh soalnya itu dimana sunnah maka apa Maulana Malik Ibrahim ini dimana padahal ini adalah di desa gapuro Sukolilo orang menyebutnya hanya makam Sunan Maulana Malik Ibrahim tapi dia saya enggak

Terkenal seperti yang sudah disampaikan oleh Pak Duta dia di awal progreen ini kurang kuat setiap periode saya ini sangat banyak potensinya itu jadi disini kapur itu sebagai tanda batas Desa gitu ya sebagai wujud ungkapan selamat datang mewakili ke apa keramahan GTA rasa hormat Desa terhadap yang datang itu ini wisatawan Jadi kami rasa

Gerbang ini juga sangat penting itu bagi sebuah program branding untuk desa terletak oke lexmark nah Ini juga jadi ini adalah sign system GTA bahwa disebuah desa wisata asisten itu sangat dibutuhkan jika mau membranding sebuah pedesa wisata jadi kadang pengunjung itu kesulitan getir mencari dimana Apa namanya letak toilet

Misalkan tersimpel ya tak tahu dimana parkir di mana Dan itu yang memang belum ada di desa gapuro Sukolilo ya jadi tempatnya masih rendem ini yang kami Kemudian kami formulasikan disini saya sistem itu berfungsi sebagai tanda yang dirancang untuk memberikan informasi berupa identifikasi ideal directional kemudian larangan ataupun himbauan kepada

Pengunjung untuk mengatur lokasi di agar lebih jelas dan terlihat kota menuju juga ada terlihat ada letak makam menyediakannya di sana dan beberapa GTA ada makam pusponegoro satu kemudian letak Pasar masyarakat gimana gitu ya Taman merekam dimana Jadi ini membuat para lebih jelas idealnya namanya eh apa namanya sign system disini saya

Sistem ada dua GTA ada Direction alshain dan ada identification identifikasi alshain dah kalau identification Wilson di sini tuh berisi tentang pengenalan gitu ya berupa identitas waktu ruang atau tempat yang kalau yang directional sains itu berisi informasi penunjuk arah yang mungkin bisa dilihat di next slide bisa di next dah ya

Kemudian ini juga ada banner jadi kalau kalau apa namanya kerabat TV Desa Biasanya kalau sering lihat umbul-umbul gitu ya mendekati lokasi dan ini pentingnya juga gitu ya jadi banner disini itu berisi t-clean Desa gitu yang diletakkan di lokasi menuju tempat wisata ya jadi sedekat ganti itu kita sebelum eh sebelum kita melihat gerbang

Itu kita sudah melihat bagaimana umbul-umbul ini sudah terpampang di desa gapuro Sukolilo ya ndak kemudian X dan kemudian juga ini ya kami membuat TVC yakni television commercial atau iklan jadi ya Dan ini tidak hanya dipasang di iklan ini kan tidak tidaknya dipasang di televisi kita misalnya ini bisa nantinya dipakai oleh desa tersebut

Untuk dipasang di media sosial di website dia Kemudian untuk promosi misalkan mereka kedatangan tahu kedatangan kemenparekraf Misalkan seperti itu ya atau Wow ditunjukkan ke pihak luar juga bisa jadi jangan terlalu lama type-c ini hanya berdurasi sekitar eh satu menit gitu ya karena Emang sekarang kan eh channel-channel juga

Tidak terlalu panjang ya iklannya ketiak nanti Oke disekitar kalau misalkan mau dimasukkan gitu Jadi jangan terlalu lama dia jadi di sini nanti bisa dilihat ini ya menceritakan profil diesta sejarah unik saling preposition dari sebuah desa Gebyar Untuk menginformasikan potensi desa jadi Hai melalui TV sini kita bisa bisa tahu gaya terutama juga Babi

Satahun bisa atau potensi desa ayat Seperti apa dan paling tidak visi-misinya itu karena gitu ya oh bahwa Miami malam makam Maulana Malik Ibrahim ini ada di desa gapuro sebagai lah mungkin bisa diplay mbak 600 tahun silam orang saudagar keturunan paraf datang tah jawab menyebarkan Cahaya Islam hingga ke penjuru nusantara [Musik]

Beliaulah Syekh Maulana Malik Ibrahim Sunan Gresik Walisongo pertama Gresik menjadi saksi kisah desa gapuro Sukolilo bermula sebuah daerah harmonis yang memiliki sentuhan Arab dan Jawa salah satu diantara warisan Kerajaan Majapahit Timur Legenda mewaris dan nilai sejarah dan akulturasi budaya menjadi pintu pembuka dakwah Walisongo percaya dan sebagai pusaka sang Wali

Songo pertama Hai dikenal sejah kenali biasa gapurosukolilo terbang Walisongo e-blue teh Kurang lebih tv-nya begitu kita ini versi long pvc kami juga membuat RCTI ndtv untuk untuk di-share saja gitu jadi eh tadi sudah sempat diutarakan juga ada gerbang Walisongo video dimana TVC ini juga ingin memperkenalkan teklin gitu ya

Mohon lebih menekankan t-clean dari dekat Desa gapuro Sukolilo yang sudah dikerjakan di Thailand juga sangat penting gede banget buat promosi Desa Satria kikwang lebih demikian yang bisa saya sampaikan nanti bisa dilanjutkan oleh Pak rabindra Yudistira Monggo Pak Lek Terima kasih banyak Bu Putri Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh semuanya Selamat malam

Kerabat Devi Desa Kin bisa dibantu next Oke jadi tadi sudah disebutkan oleh kedua rekan saya Pak Duta dan Putri bahwa strategi dari di pemberdayaan wisata desa wisata ini sebetulnya ada dua sasaran y Jadi yang tadi diceritakan Putri itu adalah bagaimana menjual branding desanya nah sedangkan eh salah satu sasaran yang lain itu adalah

Bagaimana desa wisata itu juga memiliki atau disupport dengan produk-produk UMKM yang baik yang memadai karena kedua hal ini kami anggap berkaitan erat satu sama lain jadi desa wisata yang sudah ramai sudah terkenal sudah viral di dibanjiri oleh banyak pengunjung begitu sudah dikenal tapi mungkin akan akan lebih ya akan lebih

Optimal jika ketika orang berkunjung ke sana itu ada sesuatu yang bisa dibawa ada sesuatu yang bisa dipilih itu ada sesuatu yang bisa diuji dijadikan memorable untuk dibawa pulang gitu ya jadi ya kami beranggapan bahwa potensi desa wisata itu juga termasuk bagaimana di dalam desa tersebut itu para penduduknya diberdayakan untuk membuat

Apa produk-produk yang bisa layak jual kita pada umumnya UMKM yang ada desa wisata itu ada dua gitu ya Ada ada dua kategori yang pertama adalah produk makanan dan minuman yang paling banyak ya memang Kemudian yang kedua itu ada produk kerajinan dan produk kerajinan ini biasanya mereka membuat souvenir GTA membuat

Produk fashion yang kecil-kecil bisa bertugas membuat benar-benar kerajinan keras gitu ya Yang yang punya nilai khas gitu nah eh berkaitan dengan pemberdayaan UKM tersebut nah sama tapi sudah disebutkan oleh Pak hutan Jadi sebetulnya perapat para UMKM ini setuju sudah punya produk yang baik kita sudah ia kualitas

Dan layak jual tapi yang kurang dari mereka pada umumnya adalah pada aspek pemasaran atau brand rata-rata mereka itu belum memiliki kesadaran terhadap brand yang tinggi Berdasarkan pengalaman kami itu ada tiga macam 33 kategori tidak kategori pelaku UMKM gitu ya kalau kita lihat dari aspek kita lihat dari aspek Bear brand-nya yang

Pertama mereka itu sudah punya produk ya entah itu bentuknya apapun makanan minuman atau kerajinan sudah punya produknya tapi setelah dijualnya itu rendem ya Dijual eceran dijual dititipin ke orang begitu ya Dan mereka sama sekali belum punya merek belum punya brand kadang-kadang malah mereka menganyam menjadi produsen tapi mereknya di

Diklaim oleh pihak lain gitu ya jadi itu yang paling paling bikin er biar hebat paling pemula jadi dia punya produk tapi enggak punya brand produknya Ya sudah cukup diproduksi dan mungkin sudah sudah apa sudah punya pasar begitu ya kamu tidak bisa optimal karena dia tidak punya brand yang kedua kategori

Yang kedua biasanya brand-nya sudah ada kitabnya sudah ada namun dia belum memiliki karakter visual yang baik gitu ya belum memiliki standar visual yang baik untuk disajikan didalam kemasannya atau di dalam label kepada produknya kalau yang ketiga Nah itu biasanya yang sudah sudah cukup baik secara visual jadi beratnya sudah punya kemudian tampilan visualnya

Sudah cukup baik namun eh di kategori yang ketiga ini biasanya mereka masih butuh panduan atau butuh pendampingan untuk Bagaimana memasarkan produk mereka dan mereka di pasaran gitu ya Nah kalau dalam era seperti sekarang sebetulnya akan kitab-kitab bicaraproduk.com yang tidak hanya pemasaran tidak hanya dilakukan secara fisik yang tidak hanya dilakukan

Bagaimana kemasan atau produk tersebut bertemu langsung dengan pembeli tapi juga pemasaran itu juga banyak didominasi bisa juga dilakukan secara digital atau biasanya dengan sosmed atau marketplace Nah itu juga yang akan menjadi salah satu materi dalam workshop Kami nanti orang-orang pelaku UMKM ini akan diajari tidak hanya bagaimana mereka desain

Kemasan atau levelnya ya kamu juga kita juga akan mengajarkan mereka bagaimana secara konsisten berpromosi untuk membesarkan brand yang mereka miliki melalui marketplace atau melalui sosial media Oke next mungkin Eh bisa di next jadi yang kedua tadi sama seperti di branding Desa tadi ya Jadi tidak hanya pelatihan tapi Hai kami juga

Menerima jasa untuk pembuatan produk-produk redesign kemasan tadi jadi tidak hanya melatih tapi jika mereka itu dirasa seperti akan kesulitan meskipun kami itu ke sudah dilatih tapi kami tetep kesulitan akses menuju Para desainer itu ya jadi Eh ini juga menjadi problem karena beberapa kali kami kami melakukan pelatihan gitu ya itu Eh sebagian bisa

Langsung mengimplementasikan kita bisa langsung eh desainnya itu mereka bisa secara mandiri merubah gede dalam waktu 3-4 hari hari kelima itu desainnya udah kelihatan Jadi tapi ada juga mungkin pelaku-pelaku UMKM yang yang kesulitan Meskipun mereka sudah paham apa yang harus dilakukan tapi mereka tidak punya akses untuk ke ranah desainer grafis

Jadi saya ngerti logonya harus bagaimana saya ndak tahu kemasannya Saya pingin seperti ini tapi saya gak bisa mengerjakannya karena saya di desa saya atau mungkin saya tidak ada sekitar saya tidak punya SGM yang punya kemampuan untuk itu sehingga mau nggak mau harus dibantu secara dalam tanda kutip instan

Begitu ya Didik dibantu sama it’s untuk desainnya dari kami untuk desainnya dan langsung diberikan juga pendampingan untuk beberapa kali jangka waktu tertentu untuk promosinya wis seperti itu Oke next ada beberapa contoh yang mungkin pernah kami lakukan mint tapi yang bisa kami Contohkan mungkin tidak tidak banyak ya Ini salah satunya adalah

Eksperimen tugas akhir dari dari mahasiswa kami tapi ini juga berdasarkan stakeholder yang nyata itu ya Jadi bagaimana perubahan kualitas visual itu eh cukup membawa dampak baik pada Green value atau nilai jual dari produknya ya jadi ketika kemasan itu punya aku nah kualitas yang baik otomatis nilai jual dari produk itu bisa-bisa

Sangat terangkat juga itu Ya sepertinya kita lihat disini produk contohnya produk Semanggi Dempo ya umumnya kesalahan-kesalahan umum yang bisa biasa dilakukan oleh eh apa visual kemasan pada UMKM itu kalau mereka sudah punya brand itu brand-nya kecil sekali gitu jadi mereknya itu kecil kalah sama nama produk jadi misalkan di sini Semanggi

Nya itu lebih besar daripada mereknya merek cairan Semanggi Dempo tapi eh kadang-kadang nama produknya itu lebih besar seperti yang beberapa kali kami temui di UMKM Jombang itu juga begitu ya jadi ada tahu isi Barokah misalkan ya Nah kata-kata tahu isinya itu lebih besar jauh lebih besar dibandingkan barokahnya padahal harusnya melalui

Hirarki kalau berdasarkan hirarki informasi semestinya kredit lebih besar pokoknya lebih besar baru mungkin nama produknya lebih kecil begitu ya jadi itu hal-hal yang sederhana gitu ya tapi sangat berpengaruh pada Bagaimana produk itu bisa dengan mudah diidentifikasi dan mudah diingat mudah ditemukan Gitu ya eh apa namanya tidak kalah bersaing dengan kemasan-kemasan

Lain ketika dijajarkan seperti itu Oke next kami juga eh mengajarkan gitu ya kira-kira dalam sebuah kemasan itu elemen apa saja yang masuk di dalam di dalam levelnya begitu ya jadi Meskipun tidak harus selengkap ini ya tidak harus lengkap pada 20 contoh elemen yang ada di contoh ini tapi paling tidak sebetulnya Apa sih

Yang seharusnya masuk ke dalam sebuah desain kemasan karena kemasan itu tidak hanya aspek fungsi materialnya saja untuk melindungi dan untuk distribusi tapi juga di aspek isi pada visualnya itu juga tidak kalah pentingnya karena dia juga mendeliver informasi ada beberapa produk yang membutuhkan panduan Bagaimana cara penggunaan produknya Bagaimana cara menyajikan

Produknya Bagaimana supaya produk ini siap-siap makan siap pakai gitu ya kadang-kadang Bahkan untuk produk kerajinan juga ada yang dijual dalam sistem knockdown gitu ya jadi sehingga orang yang beli harus eh merakit sendiri dirumah untuk melihat hasil jadinya dan itu kan juga butuh bantuan itu bagaimana cara membuat panduan yang mudah

Ditebak mudah dipahami dan sehingga Cut tidak menimbulkan kesulitan bagi pembelinya ini salah satu contoh aja Apa saja sih yang harus di dibuat dalam sebuah di label kemasan Oke next ada lagi yang pernah direkam lakukan adalah kisah next Mbak hal ini juga contoh yang pernah kami lakukan mereka design eh yg KM keripik

Bonggol pisang ya Ini juga digigit Jombang kerjasama dengan sdgs di kafe dan Astra dari pihak ketiga begitu ini ada grafik fungsi dengan beberapa varian rasa begitu ya kami juga merek desain untuk setiap setiap rasa itu warnanya berbeda namun meskipun warnanya berbeda-beda tapi mereka tetap terlihat sebagai satu kesatuan produk yang yang

Baik begitu kebetulan memang eh salah satu ya Salah satu kelebihan di dkv ITS itu Kebetulan kami banyak bermain dengan ciri khas ilustrasi sih jadi Meskipun tidak semua outputnya ilustrasi tapi rata-rata desain kemasan yang kami hasilkan itu mengandalkan visual ilustrasi sebagai daya tariknya Ya seperti yang tadi ya contohnya di Semanggi Dempo Cyborg

Dimakan ini nanti ada contoh lagi Teks itu kami memang kebetulan ya sumber daya andalan kami itu temen-temen mahasiswa atau alumni atau mungkin dosennya juga sendiri itu juga eh lebih banyak yang bergelut dibidang ilustrasi sehingga keluaran dari Ini kebanyakan berciri khas ilustrasi yang kuat seperti ini juga ini kacang garing

Bali waktu itu kerjasama dengan kemenparekraf dengan as Prodi dkv kebetulan yang dkv ITS kebagian ini dikerjakan juga oleh timnya bu Putri ini juga mengandalkan ilustrasi karena memang disamping disamping ilustrasi itu cukup mudah ya Jadi kadang-kadang kita cuma butuh waktu sehari dua hari untuk menyelesaikan sebuah desain kita beda

Kalau misalkan visualnya itu foto gitu ya kalau foto harus mengambil gambar kemudian ngedit dan itu agak-agak agak lama persiapannya tapi ketika ilustrasi itu bisa lebih cepat oke seperti itu Max hai nih Nah ini selain mereka desain kemasan menjadi lebih baik dan ada sedikit materi tambahan itu bagaimana mereka eh setidaknya bisa

Mempromosikan produk mereka di sosial media atau market-based senjata utama untuk berpromosi di kedua media tersebut ya itu tentu saja foto-foto atau video singkat bersama dengan narasinya hanya salah satu contoh bagaimana kita mengajarkan kepada para pelaku UMKM itu bagaimana mengambil foto dengan peralatan sederhana dengan dengan properti sederhana saja gitu yakin yang

Ada yang mudah ditemukan di rumah Gitu ya Atau mungkin juga Oppo itu tapi bisa menghasilkan gambar dengan kualitas yang baik komposisinya Bagaimana pencahayaannya bagaimana jarak kamera nah sudut kamera bagaimana itu kita juga ajarkan dengan bahasa yang paling sekian Jadi siapa aja bisa menghasilkan foto yang paling tidak proper untuk disajikan di

Media sosial atau masih sesuai mungkin itu mungkin download dari kami karena memang materi dari saya lebih banyak berfokus pada produk UMKM oke sekian saya kembalikan ke rekan saya emas juta Monggo Baik terima kasih Pak Hendra tas penjelasan dan Putri badan Putri juga atas penjelasan jelasannya jadi memang disini memang kami

Seringkali berkolaborasi bahwa ibu dan apa namanya dan teman-teman dari DPD saja di memang sudah saatnya memang kita ini banyak-banyak berkolaborasi itu ya bukan bukan saingan lagi jadi memang saya sebagai di pelaku branding yang dari sisi swastanya Pak Hendra dan putri dari dari it’s gitu ya itu kita memang sangat serius sekali

Memang mau menggarap kwini sehingga kita bisa tumbuh bersama begitu ya mungkin kira-kira ada sudah ini ada pertanyaan-pertanyaan gitu ya Dari dari apa namanya rekan-rekan atau dari pertanyaan-pertanyaan dari YouTube mungkin yang bisa ditanyakan kami kita kita akan kita akan tampung beberapa pertanyaan mungkin kita akan jawab untuk mempersingkat waktu supaya juga

Jelas gitu program kita Itu maunya arahnya kemana dan sebagainya kita mungkin akan menjawab tiga pertanyaan gitu ya Pak Hendra atau Putri ia Pak honggo J.Lo nggo kira-kira ada ada pertanyaan dari remaja pertanyaan di Cup saya bacakan aja ya boleh-boleh ngebo jadi branding Desa itu kan memang sangat dibutuhkan sebetulnya tapi tidak semua

Yang apa itu mengelola desa wisata itu saat dari bahwa itu penting gitu bahwa itu penting Tidak semua orang tahu Lalu bagaimana supaya mereka tahu gitu ya supaya mereka tahu badan sadar bahwa itu penting nah tentu Ini Membutuhkan repot yang tidak sederhana karena berarti harus ada penjelasan kepada pengelola

Desa akan bahwa apa itu namanya branding itu inilah branding dan ini penting dan Apa gunanya branding itu kan kira-kira perlu penjelasan Tapi sementara mungkin ini pertanyaannya begini desa wisata itu kan punya banyak destinasi destinasi yang bagus-bagus gitu ya yang mungkin ada yang peninggalan sejarah kemudian ada Nah tadi misalnya ada air

Terjun terus kemudian ada jadikan dicontohkan ada masjid gitu Bagaimana caranya kita memilih ini apa yang menjadi icon yang kitab kriterianya apa sih yang nantinya itu kita akan tonjolkan lalu menjadi ikonnya di desa itu gitu oke baik ada yang mau menjawab atau saya mulai dulu hongkong-master cantik putri ini

Biasanya yang paham kalau sah Saya saya akan akan menjawab sebisanya Kami menangani klien atau daerah atau website itu bagaimana kau dari pengalaman saya gitu ya jadi memang untuk memprediksi sebuah produk atau sebuah kawasan wilayah desa dan sebagainya itu kita akan menganalisa dulu gampangnya begini jadi kita akan menganalisa dulu sejarahnya

Bagaimana Desa ini atau produk ini terus habis itu kita juga akan mempelajari apa sih yang sudah dilakukan atau kayak tadi seperti apa yang dijelaskan menu saldo paytren kan ada ada tiga kategori gitu ya UMKM itu nah kita akan akan mempelajari dulu dari sisi itu sehingga nanti supaya tepat sasaran kita tidak akan

Mengungkit a tidak akan pernah menawarkan semuanya karena breeding ikan banyak mulai dari bikin logo packaging sampai ke apa namanya ada grafik standard manual tadi Kalau nggak salah ada Ulumul dan sebagainya GTA sampai mungkin membikin website mungkin ada materi premium juga untuk sosial media dan sebagai kalau semisal kan Produk ini

Tidak membutuhkan website ya kita tidak akan menyarankan untuk mengecek website misalnya seperti itu Jadi kalau di Kami memang kami Hai masuk bisa mungkin Gimana caranya kawasan atau wilayah atau produk ini itu bisa di apa namanya Bisa dimaksimalkan potensinya dari segi penting begitu mungkin ada tambahan dari Putri menganggap ya Iqbal kita terima kasih

Jadi memang itu ya memang susah gitu ya seperti beberapa desa yang kami tangani juga banyak potensi sebenarnya bisa digali tetapi mereka mungkin ada peribahasa yang dipelupuk Mata Lelaki akan GB melihat hijau ia pernah jadi memang riset itu penting gitu ya agar hipotensi duyung di potensinya sebenarnya apa sih

Yang bisa dicuri tapi kadang itu yang memang mereka tidak sadar gitu yang seperti yang disampaikan oleh Bu Agnes tadi kepada itu sangat-sangat berpotensi namun mereka malah mencari sesuatu yang lainnya itu yang jadi gali potensi penting dan kemudian existing gitu ya kira-kira itu di existing dan kebutuhan juga gitu

Kira-kira Apa sih yang bisa kemudian kita jual gitu ya simpel GTA desa-desa yang ada di Pujon misalkan gede mereka hanya Menjual sawah misalnya seperti itu You’re broke setia kayak dipuji untuk kan sekarang banyak kafe-kafe sawah gitu aja ya mereka hanya menjual Pemandangan itu dan dan apa namanya dan herannya

Laku gitu ya padahal kalau bisa di lihat itu kan berbeda apa sama gede hanya sawah namun mereka mempersiapkan ini ya mereka mencari itu USB itu apa sih keunikan mereka itu apa dibandingkan dengan yang lain gitu nah jadi saya rasa memang itu yang harus dicari gitu ya kita ini sebenarnya potensinya apa biar

Berbeda itu seperti apa Oh sama-sama punya sawah Tapi salahku berbeda gitu Misalkan ya teman seperti tadi yang desa-desa religi wisata religi itu banyak namun apa yang kemudian bisa membedakan desa wisata religi ini dengan wisata religi lain meskipun sama-sama di Gresik nah itu yang memang er Bukan

Susah ya tapi kau tinggal itu pasti akan pasti akan dapat kita bisa akan dapat Yi seperti itu unit selling proposition yixing gitu ya Pak kita terima kasih y mungkin sekaligus menjawab pertanyaan di kolom komentar Yeah ini pertanyaannya langsung direct Berapa biayanya ini memang mikir kamu tentu saja tidak bisa

Menjawab secara gamblang ya soal nominalnya karena memang semua itu bergantung dengan layanan yang kami berikan jadi tadi sudah saya Sebutkan memang seperti produk UMKM kadang-kadang di desa ini pun bisa dikategorikan dalam beberapa level begitu Jadi ada mungkin desa wisata itu yang sebetulnya sudah tahu sudah tahu potensinya apa sudah punya data sudah

Punya sudah pernah Ya sudah pernah dikunjungi ahli atau mereka sudah menganalisa sendiri mau seperti apa Arah brandingnya itu sangat lebih memudahkan kami untuk atau membuat re-branding nya jadi oh Sudah jelas kan nggak perlu riset lagi itu tentu saja kan effortnya tidak sebesar jika memang bener-bener mulai dari nol ya kasarnya memang kami harus

Oblong pernah dilakukan riset atau mungkin wawancara atau mungkin penggalian catat sejarah statistik dan lain-lain itu mungkin efeknya akan lebih besar dan khasnya juga akan lebih tinggi jadi kalau kita bicara harga memang akan akan sangat bervariasi itu Tapi tentu saja karena kami bukan profit-oriented khasnya Kami adalah institusi pendidikan

Yang bekerjasama dengan pihak ketiga dan bagian dari pengabdian masyarakat tentu saja harga yang yang akan itu tentu akan sangat terjangkau seperti itu De mungkin itu sih sekaligus menjawab di kolom komentar tambah dari saya honggo saya boleh nambah pertanyaan Ya Hem wakil menunggu yang lain mungkin gede sambil menunggu yang lain siapa tahu

Nanti ada yang minggu bertanya yang lainnya jadi Apakah ini mungkin ya dikerjakan sendiri gitu oleh Abid katakan di desa itu kan ada yang namanya pokdarwis kelompok sadar wisata yang biasanya itu mengelola wisata desa mengelola wisata desa lalu di Bihar apel desa wisata itu juga dikelola oleh bumdes Gan Ya untuk

Apa itu namanya untuk mengelola wisatanya sendiri ya jadi seperti itu saya lihat seringkali kan gini ya Eh nggak pede gitu loh nggak pede Kenapa kok saya bilang nggak pede ngasih harga itu murah banget masih karcis masuk termurah sekali itu kan menganggap bahwa wisata di situ Itu anu apa itu namanya

Murah maksudnya itu ya mungkin sederhana gitu single murah-murah sadah itu Hai Nah jadi pertanyaan saya pertama adalah Apakah temen-temen dari desa itu itu memungkinkan untuk membuat branding atau membuat sendiri gitu atau ya memang mereka harus sekolah dulu gitu ya baru bisa membuat Sydney kira-kira syaratnya apa ya supaya mereka itu lalu punya inisiatif

Mengingini Apa itu ke punya inisiatif dan akhirnya tertarik untuk terampil Nah itu karena kan seperti di mana itu diesel kawan sejati yang terdiri saya tayangkan itu titiknya tuh banyak sekali nyawa jadi yang harus dibeli engko metu saya ya semuanya gitu ya karena tidaknya itu banyak yang ada hutan ada air terjun

Kemudian ada tadi Eh apa tuh Hai ke masjid ya yang unik gitu Apakah di branding sendiri-sendiri ataukah dijadikan satu menjadi satu kesatuan nah tapi itukan membutuhkan ilmu ya kira-kira untuk bisa Mengapa menyampaikan itu tuh membutuhkan ilmu menyampaikan kepada masyarakat itu gimana itu pak Hendra Pak betah dan Putri baik hati Terima kasih pertanyaannya

Brownies sebenernya ini ah seperti slide yang pertama awal-awal tadi yang waktu saya memaparkan bahwa sebenarnya pecakapan kami itu adalah desa dan UMKM begitu ya Dan kami menawarkan kepada desa dan UMKM ini ada dua program jadi yang kalau menjawab pertanyaan Ibu tadi Apakah bisa organisme lakukan sendiri aja banget dan kita akan memandu

Bagaimana caranya sampai mereka bisa melakukan itu sendiri Makanya disitu kita memerankan atau kita bisa memberikan sebuah workshop untuk mereka supaya mereka harapannya bisa melakukan sendiri sampai-sampai ia Insyaallah saya panjang gitu ya Dan memang apalagi kalau hubungannya dengan sosial media atau dengan digital yang sekarang ini otomatis kan yang namanya konten itu butuh

Dimintain secara terus-menerus yang berkala itu Jadi kami akan mengajari sampai-sampai sampai situ itu jadi bukan cuman caranya memberi ini aja tapi sampai dengan eksekusi nya sampai dengan manajemen apa namanya kontennya dan sebagainya kalau kalau mau tanya Bisa apa enggaknya Pasti Kami akan menjawab sangat bisa karena kami mempunyai mempunyai apa namanya

Fasilitas di kami bisa memfasilitasi teman-teman dari terutama dari desa dan UMKM ini untuk bisa melakukan brandingnya muslim sendiri mungkin ada tambahan dari Pak banner atau Putri Monggo yes oh game-game mungkin tambahan sedikit dari saya memang Eh kalau kita bicara soal skill lain skill kemampuan gitu kemampuan desain yang dibutuhkan

Misalkan di sini dalam hal ini adalah nama rata-rata sangat erat kaitanya dengan Desain Komunikasi Visual GTA memang tentu saja dengan pelatihan waktu yang terbatas dari kami itu tidak bisa langsung membuat orang itu langsung jago-jago memfoto jagung bikin logo ya jagung layout itu mungkin bukan itu sasaran kami GTA tapi setidaknya yang

Bisa kami lakukan itu memberikan wawasan pemahaman mereka apa saja yang yang perhatikan ketika mereka itu harus membanding Desa ya Nah harapannya tentu saja jika memang eh apa namanya ingin keberlanjutan tentu saja kami berharap di desa tersebut setidaknya ada SDM atau eh orang gitu ya Yang bisa menangani hal-hal yang berkaitan dengan Desain

Komunikasi Visual gitu ya karena pjur aja jujur aja memang dan idealnya itu kita tidak terus-terusan menyuapi itu tidak terus-terusan mendampingi gigi tapi mereka tentu saja harapannya bisa mandiri tahu apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya itu dan itu tentu saja akan akan butuh seorang desainer Komunikasi komunikasi visual di

Desa tersebut seperti itu sih tambahannya Dari saya Pak mungkin Putri mungkin ada tambahan lain go-wet Terima kasih sudah ini ya terjawab semua gitu mungkin bisa menambahkan dari pertanyaan dari guru Agnes kisah kalau misalkan desa dengan banyak potensi itu yang mau dikembangkan yang mana Itu semuanya bukti tidak jadi jangan dipecah-pecah itu malah malah

Akan ini Ya member branding ya gede jadi kita dokter media banyak kita ada website yang bisa kita kembangkan visi itu bisa kita tampilkan berbagai macam potensi-potensi desa-desa jadi kalau bisa punya banyak yang kita sampaikan semua di situ kita dijual kita jual semua di situ asal memang sudah siap

Seperti itu Jadi kalau memang belum siap ya jangan ditampilkan dulu mungkin bisa Di bisa di diapain rupanya bisa diambil Idul dengan ningsun Misalkan seperti apa sambil dipersiapkan Jadi kalau memang Desa Bapak Ibu itu Er para apa biasanya Bapak Ibu tuh punya banyak potensi lebih baik semua GTA dikembangkan gitu

Kalau memang sedang dalam proses pengembangan jadinya jangan pecah-pecah gitu jangan ambil sangat air terjunnya sendiri atau beban namanya Hai atau salah Yesaya Tetapi kalau bisa semua dikembangkan jadi jadi sebuah satu kesatuan branding desa yang utuh video seperti yang dihasilkan Sekawan tadi itu kan ada banyak potensi uh jadinya

Dikembangkan semua akan lebih baik dan akan menambah apa ya orang jadi lebih tahu bahwa uh Desa itu memiliki banyak potensi ya Jadi mungkin akan lebih tertarik ke sana tapi itu sih Ka pendek dari Pak siap ini mungkin ke pertanyaan berikutnya mungkin ini lebih diarahkan kepada Duta ya sebagai fotografer dan videografer

Apa profesional Jazz jadi eh kira-kira kriteria Kenapa kok foto dan video itu menjadi elemen yang sangat penting dalam dalam branding tahitu branding desa atau UMKM ya foto dan video kira-kira kualitasnya atau kriteria nya itu foto dan video yang baik itu siapa mungkin bisa dijelaskan secara disederhanakan jauh Pak Duta tentang foto dan video

Yang yang baik seperti apa Monggo Jadi kalau ngomongin foto kebetulan betul saya fotografi begitu Pak ya jadi saya sudah berkecimpung di fotografi itu mungkin kurang lebih hampir 18 tahun ya dan memang kalau kita ngomong kebutuhan sebuah promosi rata-rata dari semua produk apapun Bentuknya itu foto itu adalah salah satu

Ujung tombak dalam hal berjualan YouTube contohnya misalnya ketika kita mau pesen hotel otomatis kalau kita buka satu aplikasi apa namanya Katakanlah Traveloka atau akrodha dan sebagainya otomatis yang kita lihat dari hotel itu adalah fotonya duluan kan kita tidak mungkin maupun Hotel kita telkomsel ya dulu gimana sih kamarnya ini bentuk ceritanya

Rugi kenyamanan dan sebagai nah begitu juga dengan produk ritel gitu Jadi yang yang yang mau bikin menarik dari terutama makanan biasanya ya kalau mau bikin apa yang membedakan lari dari sebuah makanan dia foto makanan yaitu sendiri gimana caranya si calon pembeli ini bisa dibuat setel apa namanya setelah tarik mungkin dengan apa yang

Mau dijual itu atau apa yang mau disajikan untuk sini calon pembeli ingin lagi itu itu kenapa ada banyak brand besar itu atau kita ambil saja contoh misalnya McDonald Ronald itu setiap bulan sekali itu mereka ganti dan bukan cuman ganti foto dia Bahkan dia ganti menu itu salah satu strategi untuk

Berjualan nah lalu apa bedanya dengan video sebenarnya foto dan video itu sama-sama gambar yang satunya dan satunya tip satunya tidak bergerak begitu aja sebutin sederhananya begitu nah tapi semakin kemarin memang kebutuhannya sudah berbeda jadi misalkan kami dulu memang sering membuat iklan untuk TV itu Yang kayaknya khusus untuk tipis sekarang kita goreng dijelaskan

Oleh putri kami sudah mulai bergerak ke Youtube ke akan ke platform seperti netflix dan sebagainya Itu karena memang firmware atau apa namanya penonton itu sekarang sudah tidak menonton TV lagi terutama di Indonesia kebanyakan kita pegang HP Kalau semalam atau lagi apalagi sebelummu sebelum tidur gede kita pegang

HP kita lihat video-video yang lucu atau yang refreshing dan sebagainya nah disitulah Seberapa pentingnya visualisasi apa namanya dari sebuah produk yang akan kita mau jual di rumah jadi sederhananya memang untuk nah memang kadang-kadang seringkali dari setiap output ini kita juga akan sesuaikan dengan kebutuhan yang maksudnya begini kalau butuh hanya

Adalah untuk jualan kita akan membuat produk ini gimana caranya bisa-bisa semenarik mungkin artinya itu product oriented tapi ketika itu branding dengan skala yang besar dan panjang itu otomatis treatmentnya akan berbeda itu pak Hendra kira-kira apalagi untuk desa-desa itu akan sangat menarik sekali ketika ketika sebuah kawasan ini kita punya

Cerita jadi foto ini sebenernya bisa menceritakan menceritakan sebuah kawasan atau adegan apa di sana atau ada Historia pada sebagainya Kebetulan kami juga punya klien di Australia waktu-waktu itu Bapak Ibu jadi Hai tugas kami adalah mendokumentasikan kegiatan apa-apa saja selama 10 waktu setahun waktu itu jadi setiap hampir setiap hari kami ke satu

Kawasan itu untuk mendokumentasikan apa yang terjadi di sana misalnya ada-ada penguin-penguin ya ini lagi ngapain terus habis itu ada penelitian apa tentang tentang kawasan itu atau ada ada apa namanya observasi apa dan sebagainya sehingga itulah yang akan dibeli kalau kita ngomong kawasan otomatis Kenapa kok sebuah kawasan ini menjadi

Sangat menarik karena cerita-cerita itu tadi yang dijual Kalau di luar negeri begitu Kebetulan kami dulu salah satu tim dari yang menggarap sebuah kawasan yang kebetulan juga untuk MotoGP di tanah gitu Jadi itu sangat menarik sekali karena itu semua yang kita hasilkan itu pun juga Berdasarkan riset yang lumayan dalam dan panjang menjeda

Ya jadi Hai Kak kalau apa apakah ini bisa disederhanakan melalui apa yang kita punya seperti tadi apa yang ditanyakan papeda bisa banget kita Kami sering mengajarkan beberapa banyak webmd.com Adi Jawa Timur itu kalau bisa pakai HP pakai HP aja deh yang penting rutin misalnya foto produknya rutin walaupun walaupun misalnya produknya cuman nggak

Sampai lima itu Ya tapi kan produk ini bisa kita bawa kemana-mana misalnya untuk produk yang di taman atau foto produk jadi background putih misalnya atau foto prodak Yadi lagi dipegang atau lagi digigit dan sebagainya itu malah Justru itu Yang sekarang kita lagi butuh tangga saya juga melihat saya juga

Mempelajari temen-temen yang berada di luar negeri yang kebetulan juga Kami sering akun komunikasi dengan mereka mereka sekarang sedang menjalankan itu justru Hai sesuatu itu akan menjadi sangat menarik karena apa yang kita lihat di social media itu adalah sesuatu yang repetitif itu ya informasinya itu jadi memang kalau apa-apa kabar HP

Bisa sangat bisa bahkan saya kemarin membantu travel agen umroh haji gitu ya dokumentasinya full pakai HP nggak perlu pakai kamera profesional tidak perlu pakai lighting mic Apa microphone profesional tapi itu jadi gitu Itu kira-kira pak Hendra siap deh kena demo ditambahkan dari Googling atau Bu Agnes mungkin Putri mungkin

LCD Cukup jelas Bu itu apakah yang diterima ini sudah sudah dijawab iya eh terus gini dari Bu Esti Nur Ibu Oh guesting oke silakan G mungkin Bu Putri bisa bantu menjawab untuk pertanyaan Bu Esti udah gue Sindur Ya saya belum badan saya baca dulu minta bocoran sedikit dari bapak-ibu expert kalau ada pengalaman

Menangani klien dengan wilayah secara potensial alam tidak ada produk UMKM standar dimana-mana juga membuat tapi di wilayah itu kini disediakan ngapa-ngapa UMKM yang membesar dari mana memunculkan iconnya supaya unik antara satu dengan yang lain Terima kasih gimana nih Pak benderane tadi produk UMKM yang menarik pertanyaan dari ibu-ibu

Tinggi seperti ini tipe ini Saya jadi teringat ini ah nunsewu cafec beberapa hari yang lalu pas ngobrol ya ini mirip dengan kondisi distro beberapa tahun yang lalu ini sebetulnya kalau saya melihat hanya annya berarti Desa ini sudah punya kesadaran akan strategi strategi marketing yang baik deh gua

Kestutis juga Kapan hari ke Batu ke desa Pasar Pesanggrahan di Batu ini berarti UMKM di situ itu sudah punya kesadaran kolektif untuk membuat sebuah brand yang bersama-sama begitu J jadi persis mirip dengan kasusnya Desa Pesanggrahan dibantu yang beberapa minggu yang lalu kami tangani jadi disitu produknya itu

Semua olahan susu ya jadi produk olahan susu Desa Pesanggrahan batu nah di sana itu varian produknya banyak mulai dari permen ya camilan kue sampai susu segar sendiri ya sudah Itu itu semua produk olahan susu dan kebetulan dari kunjungan Bu Agnes dengan beberapa tim termasuk saya itu mereka bersepakat membuat bersama-sama membuat satu merek

Satu brand gitu Jadi tidak tidak lagi sendiri-sendiri eh susu susu merk apa kemudian Rote apa namanya kue merk apa permen merk apa tapi itu dijadikan satu mereknya ini bukan satu-satunya jalan tapi cuman contoh ya berdasarkan Nah itu juga punya kelebihan dan kelemahan juga gitu tapi kelebihannya adalah UMKM di sini akhirnya berkembang

Bersama-sama itu ya Jadi tidak perlu membangun brand yang banyak karena mengopeninya satu brand itu jauh lebih mudah itu tinggal membuat varian label atau varian visualnya sesuai dengan produk masing-masing jadi nanti mereknya satu tapi produknya banyak itu juga bisa jadi salah satu strategi yang bagus begitu ya Nah penentuan mereknya tentu saja di

Dilemparkan kembali ke Para pemilik UMKM tadi jadi dirapatkan waktu itu di balai desa atau di Posyandu Kalau nggak salah itu mereka ramai-ramai nulis kan nulis kan alternatif merek Gem ya pertama alternatif mereknya dulu namanya apa terus kemudian disepakati Nah setelah itu rame-rame brainstorming juga kira-kira visualnya seperti apa apa yang mau

Ditonjolkan dari merk tersebut apa yang menggambarkan produk mereka ya yang terakhir warnanya warnanya apa kira-kira jadi nanti produk-produk ini akan paling tidak punya 2/3 warna yang yang seragam atau menjadi corporate dari brand tersebut gitu nah seperti itu Nah itu eh sedang dalam proses kami kerjakan gitu ya setelah mereka menyepakati itu

Proses dosennya akan jauh lebih mudah karena eh nantinya kit kami cukup membuat satu Master desain Dan itu tinggal diturunkan ke produk-produk yang mereka miliki seperti itu Nah itu Kembali ke tadi cerita distro yang waktu itu beberapa tahun yang lalu ada yang bertanya gitu ya Kenapa kok distro di Bandung sama this saya itu

Lebih-lebih sambutannya atau ininya lebih-lebih sukses di Bandung begitu yaitu salah satunya salah satunya karena itu tadi kesadaran kolektif untuk maju bersama-sama gitu jadi enggak bersaing satu sama lain gak cuman maju sendiri-sendiri tapi mereka itu membangun eh brand-nya itu bersama-sama kalau di Bandung itu tempat-tempat distro yaitu berada dalam

Satu wilayah yang sama ya Meskipun kalau sekarang mungkin gaungnya tidak seperti beberapa tahun yang lalu tapi dari aspek geografi lokasi aja kita datang ke satu wilayah di Bandung itu sudah banyak sekali kita bisa menjumpai menjumpai distro di satu wilayah yang yang sama berbeda dengan di Surabaya dieselnya itu

Menyebar ada yang di sana di Unair Ella dekat Unair ada yang deket it’s nyebar semua gitu ya jadi Artinya mereka tidak bertidak berbicara geografi itu sudah sudah sulit untuk dijangkau gitu kan kadang-kadang kan karena kalau kalau konsumen itu pengennya ke satu tempat dapatnya banyak Nah kalau disini Saya melihat her pertanyaan flash sebetulnya

Ini sudah modal yang kuat bahwa ternyata eh lapaknya itu sudah dibikin memusat artinya kan sudah ada strategi yang yang tidak dari nol begitu mungkin seperti itu kalau dari saya mungkin Putri bisa menambahkan cukup simak Sudah Cukup jelas dilihat dari sudah cukup digambarkan sebagai jelas dari Pakwe sudah jadi kayak dihitung saya kok jadi

Penasaran ya dimana itu dibantu diperoleh bukan batu Sengkaling yang tepatnya itu kan ada satu gang ada satu jalan yang banyak sekali kafe-kafe yang dikelola oleh anak-anak muda ya itu kan sebetulnya apa yang dijual itu satu sama lain kan sama tapi mereka tuh sama-sama ininya loh sama-sama ramenya gitu sama-sama ramenya berarti yang dibanding

Itu wilayah itu ya bukan cafenya 11 tapi wilayahnya yang diprint gitu ya Sehingga orangtua pengen ke situ nah itu siapa yang harusnya berinisiatif kan pasti tidak mungkin Cafe itu satu-satu dia berhenti tetapi yang yang kolaboratif tadi lo yang saya tertarik itu kan ndak mungkin satu-satu itu dia memberi link sendiri-sendiri Tetapi dia

Melakukan branding bersama nah tentu ini menariknya adalah siapa yang akan di disuruh membranding itu atau yang artinya merasa berkewajiban lah gitu ya kira-kira Gimana Pak Ben reduce je ah kalau setahu saya Bu itu sama seperti ini ya tempe di Sanan Malang gitu ya jadi 11 Gang itu semuanya bikin

Bikin kripik tempe yang sama begitu ya yang paling sederhana aja Bu yang paling sederhana mungkin ketika mereka berpromosi melakukan promosi di di media sosial itu bisa saling saling bersalin mention satu sama lain satu pemain saling mention saling mengiklankan saling menyebutkan gitu ya istilahnya saling eutech itu satu sama itu yang

Paling sederhana di dilakukan jadi brandingnya itu bukan diserahkan ke satu dua orang tapi ya diserahkan ke masing-masing pemilik produk itu sendiri diserahkan ke masing-masing si empunya produk tadi tapi bahasa marketingnya bahasa visualnya yang ketika mereka memposting narasinya itu tidak individu gitu ya Meskipun Adakalanya mereka tentu saja mengumpulkan produknya ya karena bisa

Aja produknya itu berbeda dari yang lain gitu ya tapi semangatnya itu tetap semangat bersama itu makanya akan jauh lebih mudah ketika mereka itu punya sudah menyepakati dulu mereka mau pakai nama apa Oh kalau memang ternyata tetep namanya sendiri-sendiri Oh berarti kita harus punya pucat go nih jargon yang

Bareng gitu aja repot yang bareng kitab mereka pop enggak papa beda-beda merek-merek saya merek saya sendiri merk Anda merek saya sendiri gitu ya Tapi ketika kita memposting kita paling tidak punya narasi yang mirip gitu ya nyaris yang mirip misalkan datang ke tempat ini bukan hanya tidak hanya untuk

Mendapatkan produk saya tapi anda juga bisa berkunjung untuk mendapatkan blablablablabla air karena memang berbeda juga ya bahasa ketika menjual apa tempat cafe wilayah itu dengan menjual produk itu juga akan punya strategi ras yangberbeda Oke mungkin Bu Putri ada tambahannya terbaik menarik ditiup kalau sudah ngomongin Pak Boed Apa mungkin branding

Itu puanjang GB ya Karena gini eh berani gitu kan tidak berdiri sendiri ya Bu ya apalagi sebuah daerah marketingnya harus juga jalan gitu ya kalau dalam branding dan marketing Ken produk fisiknya gitu ya berarti kalau di dalam kasusnya Bu Agnes tadi adalah Cafe nyata dikit ya dan branding adalah non fisiknya sudah ngomongin

Konsumen kalau sudah komen konsumen ngomongin banding dan dua-duanya ini tuh penting gitu ya Ah untuk memasarkan sebuah produk eh Kemudian yang kedua kalau kata Steve Jobs GTA brownies simple trasir oleh salah kita jadi tinggal Bagaimana membangun kepercayaan di bagian yang mana gitu ya Jadi brandingnya kalau mau Ji Dimas duta-duta

Mau tetap Eh kalau kalau apa namanya tinggal konsumen membeli produk apa konsumen di daerahnya jadi Mana yang mau lebih dikembangkan jadi memang Berani tidak bisa berjalan sendiri dia jadi memang harus ada marketing juga rebranding ya marketing yang produknya kalau trendingnya adalah ngomongin konsumen yakin Non fisiknya gitu ya kita

Bayar trust ya disitu Gan Jadi kita yang dijual adalah daerah yaumian jadi yang dijual juga yang bisa cafenya gitu tapi gimana saya kemudian kita ngomong gitu ya di sosial media kalau trainingnya gitu Gan buktinya juga nggak ada apa-apa gitu Gak ada promosi apa-apa ya ruame juga dikata bobok Agnes gede jadi memang

Branding itu tadi ya simply transmit jadinya percaya yang mana gitu kalau produknya berarti yang dikembangkan dia produknya kalau personal yang menonjol ya personal yang lanjut yang ditonjolkan kemudian kalau kota asalnya tadi Apa tadi sekali ngepoin Killer itu yang kemudian dikembangkan dah jadi memang saling berkaitan dia Jadi tidak hanya

Branding gitu berdiri sendirinya ada marketing tiang jalan di belakangnya jadi biar biar ini akan saling membantu itu sih jadi Emang kuat edisi itu video brainly nggak bisa berjalan sendiri juga kita harus dibalik artinya Nanti kalau kita bicara branding itu harus selesai sekaligus ya betul batas mengenai promosi yang sekarang ini di sosial

Media gitu ya Bu Erna kalau sudah memiliki konsumen ketiak mengatasinya rohingya kalo udah ngomongin konsumen itu kan sudah intansi begitu ya Nah itu branding yang jalan gitu Tapi kalau produknya tetap dikembangkan dan untuk pergi bantu oleh pihak marketing Tapi tuh mungkin marketing Desa juga sangat dibutuhkan gitu ya Bu Agnes cahaya yaitu

Harus juga gitu Jadi oke Guys janur tadi belum muda-muda di SMP juga harus bisa apa ya teknik marketingnya juga harus Ayumi Aku punya ini kayak gini Kayak gini nih Cut ini juga dari mereka gitu yang paling utama itu sih Jadi enggak boleh diem aja ya Wih boleh dipencet penarik sekali loh

Hari ini kita belajar tentang branding ini baru sekali ini kita di sdc desa itu ngomongin branding logo Putri di SD di desa Mengapa sih kok eh Desa kok branding ya gitu mungkin orang-orang paling bertanya edisi itu kan ada 17 tujuan sdgs gitu kemudian sang itunya itu kan membangkitkan ekonomi kalau di

Sdc desa itu salah satunya yang membangkitkan ekonomi Desa meningkatkan kesejahteraan dan gitu ya Nah membangkitkan ekonomi itu kan jualan gitu ya Nah inilah Mengapa lalu sdc Desa juga mengangkat persoalan branding tapi nanti juga mungkin suatu saat dia Putri kita bahas khusus untuk promosi digital ya mungkin itu juga bisa membawa apa itu

Namanya membangkitkan tadi temen-temen deh pokdarwis untuk bisa memberi ending tak kemudian bisa mempromosikan desanya masing-masing dan tahu caranya bagaimana membranding desa dan mempromosikan diesel yang sekarang ini arahnya kepada digitalisasi gitu barangkali masih ada satu statement saja yang penting sekali yang menurut kata kunci lah ya kira-kira masih pesannya kepada para terutama untuk

Teman-teman yang menggerakkan desa wisata ditusuk deh Kalau mungkin dari saya dulu ya Bu Aat juta dan Pak Raffi enggak jadi kalau sekarang kan ada yang PowerPoint Oh gitu ya bikin Vivo info juliadi cinta gitu ya oke nah Ini Jangan sampai salah menangkap City Etihad desanya GTA jadi bukan harus sepenuhnya

Bergantung pada teknologi dan internet dengan dalam pengaplikasiannya and four point itu kan konsep yang mempertemukan strategi pemasaran online dan offline betina Jadi apa yang dilihat konsumen di dunia digital itu harus sama dengan Apa yang dirasakan langsung dilapangan Lite jadi nggak boleh videonya seperti yang tadi sudah disampaikan Kadita dan Pak

Pendek juga tua flash jadi apa ya kita harus harus ini yang harus harus sama harus seimbang itu nanti misalkan brand identitasnya kita berhasil digital eh ternyata begitu dateng loh kok rusak GB sdm-nya Eva eh jalannya bisa kok rusak kok G yaitu sudah kan kalau misalnya udah wisudah tidak berkelanjutan gitu ya

Gimana cara kita mau mengembangkan itu kita di ya telah jangan salah memaknai PowerPoint Oh gede apa digital ini misalkan Pokoke semua bisa difoto aja nih berbagai Angle gitu kemudian tapi begitu bisa kita pasalnya karirnya Joko perbedaannya itu kita sudah tidak bisa kita tidak terasa Jadi intinya adalah

Trust dulu itu jadi dunia digital dan hardan Apa yang dirasakan tuh saat dilapangan harus pesawat bersih silakan mungkin pak Dendra eh ya Mirip kelas seperti yang disampaikan bu Putri jadi memang karena kata kuncinya adalah trust memang itu sebelum kita memulai sebuah promosi sebuah apa bagaimana menarik orang itu supaya datang atau

Membeli produk itu memang yang pijakan utamanya tentu saja realitanya ya jadi jangan sampai orang itu sudah tertarik untuk datang marketingnya berhasil sekali narasinya viral kemudian orang itu pondok-pondok datang tapi justru tidak sesuai dengan apa yang diharapkan atau yang diceritakan dalam narasi di pasarnya dan itu ketika Trans nya udah

Jeblok gitu ya misalkan sudah ilfil orang datang tipe cewa pulang dengan dengarnya Joko plus wisanto gitu ya misalkan entah karena apa pun yang utama salah faktor keamanan infrastruktur jadi jalanannya macet kemudian ternyata eh apa desanya tidak indah atau rusak kemudian ya banyak-banyak faktor begitu ya itu hanya

Memperbaiki nya itu lebih sulit gitu ya ketika orang sudah harus cukup sepisan toko wes ngerti nah itu itu kata-kata yang yang berbahaya sebenarnya katakan tentu saja kita tidak tidak mengharapkan orang itu sekali datangnya Tapi dia itu memang tertarik untuk selalu Kembali ke tempat itu Erik benar-benar memerlukan kerjasama dari semua pihak yang tidak

Hanya pemerintah tidak hanya para desanya tapi juga eh pihak swasta dari pihak penduduk desa itu sendiri berkolaborasi bagaimana untuk mencapai tujuan bersama itu mungkin tambah dari saya pada siang Pak Duta Baiklah saya sedikit aja menyambung dari apa ini sudah diomongkan sama Putri dan Pavitra dari jadi dari trust dan kolaborasi inilah

Nantinya kita akan sama-sama bisa berkembang bersama itu jadi tadi banyak sekali contoh-contoh you sudah dikasihkan yang sangat menarik dan maaf memang sudah saatnya sekarang kita berkolaborasi dan itu sebenarnya salah satu ini dari dikabarkan namanya dari industri PowerPoint Oh itu tadi ya jadi terutama dalam hal apa sih yang kita pingin pingin capai

Sama-sama Jadi kalau yang saya ambil melayang saya tangkap utama dari Desa gitu sekarang yang lagi menarik untuk khasnya memang budaya atau ciri khasnya dari desa itu masing-masing dan itu sangat membutuhkan kolaborasi dari mulai dari masyarakatnya atau karang taruna nyakot harusnya dan sebagainya sampai ke jajaran yang mungkin lebih tinggi lagi

Sampai kepala desa dan Camat dan sebagainya Itu menit saja Ibu mana seperti sudah diwakili semua sama oleh petradab Putri Terima kasih atas waktunya ya terima kasih sekali para narasumber hari ini jadi eh kita mungkin akan minta lagi diskusi yang lain ya yang terkait dengan branding terkait dengan promosi tentu

Saja ya jadi kerabat TV Desa demikian hari ini kita membahas topik yang sangat menarik yaitu mengenai branding Desa mudah-mudahan ini bermanfaat dan mudah-mudahan akan membuat Desa Wisata Kita buka wisata produk-produk desa itu menjadi produk-produk yang menarik untuk dan memiliki value lebih tinggi setelah diberi ending Made Terima kasih saya

Kembalikan ke TV desa Mas Nauval Assalamualaikum Bu [Musik] [Tertawa] [Musik] Hi Ho

SUBSCRIBE:
TV Desa : https://www.youtube.com/mytvdesa
Radio DESA : https://www.youtube.com/user/PPRelawa…
TV Desa News : https://www.youtube.com/user/channeldesa
DESA Institute : https://www.youtube.com/desainstitute
SDGs DESA : https://www.youtube.com/sdgsdesa
Mimbar Desa Merdeka : https://www.youtube.com/mimbardesamer…
Forum Pendamping : https://www.youtube.com/forumpendamping
KEPOin DESA : https://www.youtube.com/kepoindesa

SOCIAL MEDIA :
Twitter : https://twitter.com/mytvdesa
Instagram : https://www.instagram.com/mytvdesa/
Youtube : hhttps://www.youtube.com/mytvdesa
Facebook : https://web.facebook.com/mytvdesa
Tiktok : https://www.tiktok.com/@mytvdesa
Telegram : https://t.me/myTVDesa

———————————————————————
Contact : mytvdesa@gmail.com
WhatsApp : http://bit.ly/PemirsaTVDesa
————————————————————————
Hotline WA : https://wa.me/6288801317160
———————————————————————–

#mytvdesa #tvdesa #desa #Kemendesa #Kemendagri #desainstitute #desamerdeka #desaisme
Sobat TV Desa, Info tentang #Membangun #Branding #Desa #Wisata #Produk #Desa #SDG #Center ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 01:31:26 detik.


Sekedar mengingatkan bahwa, cso.biz.id siap membantu dan melayani berbagai masalah dan berusaha memberikan solusi terbaik untuk anda,

Apabila Dirimu, penggemar setia TV Desa memiliki MASALAH apapun itu, kamu bisa silahkan dikonsultasikan di website www.cso.biz.id ini guna mendapatkan Solusinya.

Selain itu, Apabila anda membutuhkan peluang untuk mendapatkan PENGHASILAN TAMBAHAN hingga puluhan juta Rupiah setiap bulannya, Sobat bisa bergabung dalam Forum komunitas cso bisnis indonesia ini. ini.

Punya Masalah Membangun Branding Desa Wisata & Produk Desa | SDG Center ITS #58 ? ..!! DAPATKAN SOLUSINYA, KLIK DISINI

Begitulah sekilas tentang Membangun Branding Desa Wisata & Produk Desa | SDG Center ITS #58 yang telah dilihat oleh 971 penonton, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. © TV Desa 5486 | #Membangun #Branding #Desa #Wisata #Produk #Desa #SDG #Center

0 Reviews

2 thoughts on “Membangun Branding Desa Wisata & Produk Desa | SDG Center ITS #58”

Tinggalkan Pendapat atau Komentar

Produk dan Layanan

ADITIA NUGRAHA AGEN BISNIS AKTIVITAS AGEN ASURANSI AKTIVITAS AGEN PERJALANAN WISATA AKTIVITAS AKUNTANSI, PEMBUKUAN DAN PEMERIKSA AKTIVITAS ARSITEKTUR AKTIVITAS BIRO PERJALANAN IBADAH UMROH DAN HAJI KHUSUS AKTIVITAS BIRO PERJALANAN LAINNYA AKTIVITAS DEBT COLLECTION AKTIVITAS DESAIN INDUSTRI LAINNYA AKTIVITAS DESAIN INTERIOR AKTIVITAS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL/ DESAIN GRAFIS AKTIVITAS DESAIN KONTEN KREATIF LAINYA AKTIVITAS DESAIN PERALATAN RUMAH TANGGA DAN FURNITUR AKTIVITAS FOTOGRAFI AKTIVITAS HOSTING DAN YBDI AKTIVITAS JASA INFORMASI AKTIVITAS JASA PENUNJANG USAHA LAINNYA Aktivitas Jasa Perorangan Lainnya YTDL AKTIVITAS JASA SISTEM KEAMANAN AKTIVITAS KANTOR BERITA OLEH SWASTA AKTIVITAS KEBERSIHAN BANGUNAN DAN INDUSTRI LAINNYA AKTIVITAS KEHUMASAN AKTIVITAS KEINSINYURAN DAN KONSULTASI TEKNIS AKTIVITAS KONSULTAN HUKUM Aktivitas konsultan kekayaan intelektual AKTIVITAS KONSULTAN KEKAYAAN INTELEKTUAL AKTIVITAS KONSULTANSI PARIWISATA AKTIVITAS KONSULTANSI TRANSPORTASI Aktivitas Konsultasi Bisnis Dan Broker Bisnis Aktivitas Konsultasi Bisnis Dan Broker Bisnis AKTIVITAS KONSULTASI KEAMANAN INFORMASI AKTIVITAS KONSULTASI KOMPUTER DAN MANAJEMEN FASILITAS KOMPUTER LAINNYA AKTIVITAS KONSULTASI MANAJEMEN LAINNYA AKTIVITAS KONSULTASI PAJAK AKTIVITAS MANAJEMEN DANA LAINNYA AKTIVITAS PEMROGRAMAN KOMPUTER LAINNYA AKTIVITAS PENEMPATAN PEKERJA RUMAH TANGGA AKTIVITAS PENEMPATAN TENAGA KERJA DARING (JOB PORTAL) Aktivitas Penerbitan lainnya AKTIVITAS PENERJEMAH ATAU INTERPRETER Aktivitas Pengembangan Aplikasi Perdagangan Melalui Internet (E-Commerce) AKTIVITAS PENGEPAKAN Aktivitas Pengolahan Data AKTIVITAS PENUNJANG ASURANSI, DAN DANA PENSIUN LAINNYA AKTIVITAS PENUNJANG JASA KEUANGAN LAINNYA AKTIVITAS PENUNJANG PERDAGANGAN BERJANGKA KOMODITI LAINNYA AKTIVITAS PENYEDIA GABUNGAN JASA PENUNJANG FASILITAS AKTIVITAS PENYEDIAAN TENAGA KERJA WAKTU TERTENTU AKTIVITAS PENYELEKSIAN DAN PENEMPATAN TENAGA KERJA DALAM NEGERI AKTIVITAS PENYELEKSIAN DAN PENEMPATAN TENAGA KERJA LUAR NEGERI AKTIVITAS PENYELIDIKAN AKTIVITAS PENYEWAAN DAN SEWA GUNA USAHA TANPA HAK OPSI ALAT PESTA AKTIVITAS PENYEWAAN DAN SEWA GUNA USAHA TANPA HAK OPSI ALAT REKREASI DAN OLAHRAGA AKTIVITAS PENYEWAAN DAN SEWA GUNA USAHA TANPA HAK OPSI BARANG KEPERLUAN RUMAH TANGGA DAN PRIBADI AKTIVITAS PENYEWAAN DAN SEWA GUNA USAHA TANPA HAK OPSI MESIN PERTANIAN DAN PERALATANNYA AKTIVITAS PROFESIONAL, ILMIAH DAN TEKNIS AKTIVITAS TELEKOMUNIKASI AKTIVITAS TELEKOMUNIKASI TANPA KABEL ASURANSI JIWA KONVENSIONAL ASURANSI UMUM KONVENSIONAL DANA PENSIUN PEMBERI KERJA KONVENSIONAL DIAN RISQI GADIS DESA INDONESIA JAJAK PENDAPAT MASYARAKAT JASA INFORMASI PARIWISATA JASA JUAL KEMBALI JASA TELEKOMUNIKASI JASA KONTEN SMS PREMIUM JASA PENYELENGGARA EVENT KHUSUS (SPECIAL EVENT) JASA PENYELENGGARA PERTEMUAN, PERJALANAN INSENTIF, KONFERENSI DAN PAMERAN (MICE) JASA PRAMUWISATA JASA RESERVASI LAINNYA YBDI Jasa Reservasi Lainnya YBDI YTDL KEGIATAN PENUKARAN VALUTA ASING (MONEY CHANGER) LAYANAN PINJAM MEMINJAM UANG BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI (FINTECH P2P LENDING) KONVENSIONAL Manajer Investasi PEDAGANG BERJANGKA PELATIHAN KERJA BISNIS DAN MANAJEMEN PERUSAHAAN PELATIHAN KERJA PARIWISATA DAN PERHOTELAN SWASTA PELATIHAN KERJA PERTANIAN DAN PERIKANAN SWASTA PELATIHAN KERJA PERUSAHAAN LAINNYA PELATIHAN KERJA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PERUSAHAAN PENASIHAT INVESTASI BERBENTUK PERUSAHAAN Pendidikan Bimbingan Belajar Dan Konseling Swasta PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN SEJARAH/CAGAR BUDAYA PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN SENI PENELITIAN PASAR PENERBITAN SURAT KABAR, JURNAL DAN BULETIN ATAU MAJALAH PENYEWAAN VENUE PENYELENGGARAAN AKTIFITAS MICE DAN EVENT KHUSUS PERANTARA MONETER LAINNYA PERDAGANGAN BESAR BERBAGAI MACAM BARANG Perdagangan eceran bukan di toko, kios, kaki lima dan los pasar PERGADAIAN KONVENSIONAL PERIKLANAN Portal Web Dan/Atau Platform Digital Dengan Tujuan Komersial Portal Web Dan/Atau Platform Digital Dengan Tujuan Komersial Portal Web Dan/Atau Platform Digital Dengan Tujuan Komersial RDP GROUP REAL ESTAT ATAS DASAR BALAS JASA (FEE) ATAU KONTRAK REAL ESTAT YANG DIMILIKI SENDIRI ATAU DISEWA

Holding company

Kontakscreen tag